23/02/2009

Prepare to Endoskopi

Dua hari menjelang endoskopi,sedikitpun seharusnya aku tidak perlu takut.
Ini bukan yang pertama untukku,sudah beberapa kali...tapi tetap saja aku merasa sedikit takut.
Bukan prosesnya yang aku takutkan...tapi hasilnya,aku takut...selalu takut !
Endoskopi adalah pemeriksaan tubuh bagian dalam dengan alat yang dimasukan ke dalam tubuh kita.Endoskopi terbagi dua macam,jika memeriksa bagian dalam tubuh bagian atas seperti lambung dinamakan gastroskopi.prosesnya memasukan selang ke dalam lambung lewat mulut.
sedangkan endoskopi yang akan dan beberapa kali aku lakukan adalah melihat usus besar jadi di namakan kolonoskopi.

Kolonoskopi memerlukan dua hari persiapan,hari pertama aku cuma diperbolehkan makan bubur kecap atau roti tawar tanpa apapun dan minum air putih atau teh.
jam 06:00 sore minum garam inggris yang pertama ( gunanya garam inggris untuk menguras isi perut kita supaya benar2 bersih jadi kamera bisa melihat usus kita dengan jelas )
jam 22:00 malam berhenti makan sama sekali
jam 08:00 pagi minum garam inggris yang ke dua
jam 11:00 siang garam inggris yang ke tiga
jam 01:00 siang dulcolax sup
sedangkan tindakan nya jam 3 sore,selama itu kita tidak boleh makan apapun tapi kita akan sibuk bolak-balik ke kamar mandi. sampai benar2 gak ada yang bisa kita keluarkan alias benar2 bersih...

Terbayangkan gimana tidak nyamannya proses persiapannya,belum lagi garam inggris yang luar biasa pahit.
Proses kolonoskopi sangat tidak nyaman,prosesnya tidak bisa ditentukan berapa lama karena ada yg cuma 10 menit tapi ada juga yg sampai dua jam.
Alat seperti selang air diujungnya terdapat kamera untuk melihat isi perut kita dan kita bisa melihat lewat monitor. alat masuk lewat anus,sedangkan kendali di tangan dokter berupa remote yang akan mengatur selang yang masuk ke dalam tubuh kita.
Si pasien sendiri tentu saja bisa melihat langsung ke monitor,itu yang terkadang membuatku ngeri....apa yang ada di sana ? masih adakah penyakit mengerikan itu ?

Aku hanya berharap Allah memberikan kekuatan seperti yang slama ini Dia berikan padaku,di saat - saat sulitku dulu,saat aku berjuang dan bertahan melawan kanker usus yang terkenal dengan keganasannya.
Aku yakin aku bisa bertahan...!
aku yakin semuanya bisa aku lewati...hidup adalah perjuangan !
aku akan berjuang untuk tetap bisa melihat kedua cahaya mataku,agar tetap melihat mereka hingga kelak mereka dewasa,amien.

13 comments:

  1. bisa Teh, pasti Teteh bisa...
    kita slalu doain teteh..
    yg penting, tetep semangat ma selalu berusaha ya Teh..

    ReplyDelete
  2. Teh.....Sabar ya teteh ga sendiri kok......ada saudara teteh juga yang merasakan hal yang sama teteh rasakan tapi mereka masih tegar dan berjuang untuk menjalani hidup ......Teteh yakin ya Allah Sangat sayang dengan umatnya.......


    BY: Nurse Violet

    ReplyDelete
  3. Untuk dua sahabat anonimku yg entah siapa....
    trima kasih ya...seandainya aku tahu siapa kalian.
    Yup....aku percaya Allah sangat sayang pada umatNya.

    Aku tahu....banyak yg hrs berjuang dlm hidupnya melawan kanker,begitu jg aku....tapi Semangat,kita pasti bisa melawan kanker.

    ReplyDelete
  4. hi teh...
    sama, aku juga hari ini akan melakukan endoskopi...2 hari yang menyiksa ya , persiapan endoskopi itu...
    doakan aku juga ya..!!!

    xoxo

    ReplyDelete
  5. xoxo;

    tetep semangat yah xo,...
    pokoknya rilex aja jgn tegang OK ^_^
    kalo saat pelaksanaannya kamu tegang nanti akan terasa tmbh tidak nyaman,jiwa yg tegang akan membuat usus kita tegang dan itu membuat sakit.

    semangat ya sahabat...aku yakin semua akan berjalan baik dan hasilny jg baik.
    nikmati, anggap km melakukan perjalanan menerawang ke terowongan spesial hehe....

    ReplyDelete
  6. Semoga tetep istiqomah, dan selalu diberi yang terbaik dalam pandangan Alloh. SWT.

    Amin,

    ReplyDelete
  7. Semangat.....!!!!
    life must go on

    ReplyDelete
  8. semangat... semua pasti ada hikmahnya... byk2 berdoa saja... :D

    ReplyDelete
  9. Dyan Herningtyas8 June 2011 at 08:21

    Gastritis chronic kambuh seminggu ini sampai pada diagnosa duodenitis. dan dokter pun menyarankan untuk endoscopy, tapi sungguh saya takut sekali...

    ReplyDelete
  10. Ah besok saya juga mau diendoskopi, tepatnya kolonoskopi karena adanya diare lama dan sempat bab berdarah. Mudah2an tidak terkena kanker usus. Salam..

    ReplyDelete
  11. saya sudah sakit dilambung hampir 4thn, sudah endoskopi lewat atas, lewat dubur jg sudah, emg prosesnya ga enak, tp waktu itu saya koloskopinya di melaka (malaysia) tp kok saya bius total ya say? tp emg prosesnya itu sama persis, oiya terus belakangan ini saya kambuh lg maag nya, terus saya disuruh endoskopi lg tp sy masih mikir2, dlu diendoskopi knp ga sembuh jg, makanya saya lg googling2 ni buat masukam, btw tetap semangat yaaa!!!

    ReplyDelete
  12. Salam kenal,
    Mbak, boleh di-sharing pengalaman "saat-saat sulit dulu"-nya? Bagaimana proses ditemukannya kanker usus tersebut, proses pengobatannya, di mana tempat berobatnya, dan lain-lainnya? Mudah-mudahan Mbak selalu dalam keadaan sehat.

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)