20/02/2010

" Manfaat YoGa "

Olah raga seharusnya masuk ke dalam agenda wajibku,tapi sayang disayang olah raga justru jauh bgt dari kesukaanku.

Alhasil badanku cengeng banget,gampang sakit dan mudah cape :(
dokter yg jelas2 menyarankan aku untuk olah raga pun gak mempan membuat aku rajin berolah raga. Bukan berarti gak pernah mencoba,tapi aku tidak juga menemukan olah raga yang pas sekaligus yang aku sukai tentunya.
Tapi kayanya sekarang masa-masa males olah raga sudah berlalu deh,seorang teman mengenalkan aku pada Yoga,hemmm,....alhasil sekarang dua kali dalam seminggu aku menyempatkan waktuku untuk masuk kelas yoga.
Hasilnya ?yg terasa awalnya badan memang agak kaget dan sedikit pegal dan nyeri,tapi setelahnya...aku merasa tubuhku lebih fit dan lebih fresh.Nyeri bahu kananku yang selama ini mengganggu tidak aku rasakan lagi.

Dan tahukah sobat ternyata Yoga memiliki banyak manfaat loh,ini nih diantaranya:

* Tubuh kita jadi lebih fleksibel loh,tidak kaku kaya robot hehe... ^_*
* Otot kita lebih kuat,kita gak gampang terserang nyeri sendi.
* Yoga juga bisa memperbaiki postur tubuh kita menjadi lebih baik dan proposional.
* Melindungi persendian dari rematik dan artritis.
* Melindungi tulang punggung
* Mencegah osteoporosis
* Melancarkan peredaran darah
Yoga melatih Anda rileks. Latihan rileksasi itu membantu sirkulasi darah, khususnya di tangan dan kaki. Yoga juga membantu oksigen untuk masuk ke dalam sel.
* Membersihkan limfa
Ketika berkontraksi dan meregangkan otot, menggerakkan organ-organ, Anda meningkatkan pembersihan limfa, cairan yang kaya akan sel kekebalan tubuh.
* Melindungi jantung. meningkatkan stamina, dan memperbaiki asupan oksigen maksimum ketika olahraga. Ini nilainya sama dengan olahraga aerobik.
* Menurunkan tekanan darah
* Menjaga memory,Yoga menurunkan kadar hormon kortisol. Normalnya kelenjar adrenalin mengeluarkan kortisol sebagai respon pada keadaan krisis akut yang kemudian secara temporer mendorong fungsi kekebalan. Jika kadar kortisol tetap tinggi setelah krisis berlalu, itu dapat menggerogoti kekebalan tubuh.
* Mendatangkan kebahagiaan
Penelitian membuktikan bahwa latihan yoga konsisten memperbaiki depresi, meningkatkan kadar serotonin, dan menurunkan kortisol.
* Menurunkan berat badan,karena Yoga banyak membakar kalori dalam tubuh.
* Menurunkan gula darah dan kolesterol jahat
Yoga menurunkan gula darah dan kolesterol jahat, sekaligus menaikkan kolesterol baik. Pada diabetesi, yoga membantu mengontrol gula darah dengan menurunkan kortisol dan kadar hormon adrenalin, menurunkan berat badan, dan memperbaiki sensitivitas pada insulin.
* Meningkatkan kecerdasan
Satu komponen penting yoga adalah fokus pada keadaan sekarang. Penelitian menemukan bahwa latihan yoga teratur memperbaiki koordinasi, reaksi, memori, dan bahkan nilai IQ. Orang yang berlatih meditasi transendental mampu memecahkan masalah, mengolah informasi lebih baik karena mampu berkonsentrasi, dan tak mudah terganggu masalah lain.
* Bagi yang sudah menikah,Yoga juga bagus untuk seks.


Wah ternyata Yoga banyak sekali ya manfaatnya, Yoga menjadi pilihan yang tepat untuk olah raga,pembentukan tubuh,dan mengendalikan pikiran untuk menghindari stress.

Yoga Yuk,.... ^_^


41 comments:

  1. jalani hidup apa adanya: sama2 sahabat ^^

    ReplyDelete
  2. yoga memeng bermanfaat!

    Makasih infonya kak!

    kalau berkenan follow balik ya!

    ReplyDelete
  3. jarang yoga ikz...
    *padahal gak pernah*
    :D

    ReplyDelete
  4. niat sih ada buat yoga,,*walaupun cuman niat yg sampe skarng ngga pernah terwujud*

    ReplyDelete
  5. Sudah lama sebenarnya tau manfaat yoga, tapi sedikit2. Artikel ini membuat saya lebih tahu secara detil. Hmm, tertarik yang poin terakhir euy..coz sy dah nikah heheheh, mantep tu kayaknya :D

    ReplyDelete
  6. aku paling benci olahraga

    gimana ya caranya biar mencintai aktivitas olahraga...

    ReplyDelete
  7. Wahhh...sama.. aku juga paling malez klo suruh olahraga...

    heheeeeee....

    nice info.. :D

    ReplyDelete
  8. Uwow kepengen juga sih dari dulu. tapi ntar dulu deh, kepengen fitnes dulu aja biar fit hehehe...

    Eh sekarang udah lebih fit dong yah.. selamat! selamat! pertahankan hehe

    ReplyDelete
  9. dulu henny pernah ikutan klub yoga mbak..sekarang udah ga aktif lagi. banyak kegiatan soalnya :)

    ReplyDelete
  10. Nha gitu donk olah raga biar ndak gampang sakit

    ReplyDelete
  11. Nice info Senja.

    Yoga, juga bsa membuat orang jadi PUJANGGAWATI kya Senja. :d

    Salam peace n good luck !

    ReplyDelete
  12. Bener, Orang bilang Yoga Bisa Memberikan Kesehatan Jiwa Yang Lebih Baik. Sayangnya di Aceh Gak Ada

    ReplyDelete
  13. Thanx ya sharing knowledge nya... manfaatnya bgs bgt,,,syg fasilitas seperti itu belum ketemu di kuningan...pny info kah brgkali di kuningan ada

    ReplyDelete
  14. jadi pengen Yoga....
    tapi ga ada temennya, apa bareng mbak senja aja ya hihihihi

    ReplyDelete
  15. sore SenjAku,,,

    mungkin dengan yoga, sahabatmu ini bisa lebih tenang,,,
    dan kosentrasi pada pikiran yang positif,,,

    salam SenjA ku...

    ReplyDelete
  16. Senja aku juga orang yang paling males buat olah raga, sampai2 aku beli alat buat olah raga di dalam ruangan biar bisa olah raga sambil nonton TV.
    Tadinya juga mau ikut YOGA tapi ga ada yang dekat....SEBEL sich :)

    ReplyDelete
  17. Yoga bisa cepet menurutkan berat badan ga sih..hehe
    pengen kurus nih..piss

    ReplyDelete
  18. kalau aq g pernah yoga, g tau caranya, jangankan yoga olah raga aja g pernah, cuma olah raga jari, alias ngetik di keyboard "ngeblog gt"

    ReplyDelete
  19. met malam kak...

    Tentang dua SeNjA dilangitku untukmu,,,,
    ...

    i miss U..

    ReplyDelete
  20. '''ʞɐqɯ ɹɐʇuǝq ʇɐɥɐɹıʇsı ƃuɐdɯnu
    hihihi... :D

    ReplyDelete
  21. To all : makasih ya untuk koemntrnya...bener bgt Yoga itu bgs dan banyak bgt manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan pikiran kita loh,karena mengajarkan cara pernafasan yg baik juga,konsentrasi,meditasinya jg untuk ketenangan pikiran.

    dan pastinya membakar kalori alias bisa bikin badan kita langsing ^_*

    ayooo,ikutan yoga yuk....intinya olah raga apapun yg penting kita sukai,itu aja.

    ReplyDelete
  22. dikantor padahal ada fasilitas gym, tapi tetep aja aku males olahraga, bandel yah :D

    ReplyDelete
  23. dEvi: ayoo olahrag supaya badan kita lebih fit,...hehe..pdhl dulu aku juga males dan ga suka bgt olah raga :p

    ReplyDelete
  24. Aku kalau susah tidur, selalu inget pernafasan ala Yoga

    Ditanggung langsung pules
    [hehehe...gak pakai Yoga saja pules apalagi pakai...]

    Salam

    ReplyDelete
  25. dulu aq pernah YOGA mba beberapa kali, memang benar tuh manfaatnya..cuma sekarang aq udah berhenti..hehe....

    ReplyDelete
  26. kalau d tulungagung dah beberapa hari ni g d hujani, panas terus mendung tak hujan

    Jadilah Top Komentar dan Dapatkan Pulsa Gratis 50 ribu Setiap Bulannya

    ReplyDelete
  27. Pilihan yg tepat! Membaca manfaat Yoga keknya cocok banget deh buat km.

    ngajak aku ikut yoga? Ayuuk, tapi ntar ajarin yah, soalnya nggak pernah ^_*

    ReplyDelete
  28. eshape waskita: makasih udh berkunjung mas ^^

    hehe,yoga memang bikin kita relaks ^^

    widya: ayoo ikutan lagi mba ^^

    Rizky2009: dikotaku hujan hampir tiap hari turun rizky ...

    Andre: benar,yoga memang pas bgt buat aku,selain membakar kalori yoga juga mengajarkan aku untuk meditasi,fokus,konsentrasi,menghilangkan stress,pernafasan yg baik,tapi juga membentuk tubuhku menjadi lebih proporsional.

    kamu mau yoga ?? aku pikir kamu sudah sehat dan bahagia.....

    ReplyDelete
  29. selamat atas aktifitas barunya semoga tambah sehat

    ReplyDelete
  30. ya, tentu saja mau. aku sehat, tapi siapa tau dg yoga seperti mu aku bisa lebih sehat lagi.

    bahagia? hemm...hanya aku yg tau dan yg Diatas..

    ReplyDelete
  31. ya, tentu saja mau. aku sehat, tapi siapa tau dg yoga seperti mu aku bisa lebih sehat lagi.

    bahagia? hemm...hanya aku yg tau dan yg Diatas..

    ReplyDelete
  32. ya, tentu saja mau. aku sehat, tapi siapa tau dg yoga seperti mu aku bisa lebih sehat lagi.

    bahagia? hemm...hanya aku yg tau dan yg Diatas..

    ReplyDelete
  33. ya, tentu saja mau. aku sehat, tapi siapa tau dg yoga seperti mu aku bisa lebih sehat lagi.

    bahagia? hemm...hanya aku yg tau dan yg Diatas..

    ReplyDelete
  34. Ayooo.... aku juga pengen belajar Yoga heuheu...

    ReplyDelete
  35. pernah ikut kelas Yoga kira2 3 bulanan... trus brenti karena susah menyisihkan waktu.... klo skrg cukup di kamar aj, itupun ga rutin. klo meditasi rutin stiap hari otodidak. Pengen sih ikut kelas yoga lagi tp malu soalnya perempuan smua hehehhe... Di tmpt Senja yg ikutan Yoga Cwe smua jg?

    ReplyDelete
  36. Selamat atas hujan awardnya, semoga semakin semanggad merangkai kata kata yang indah.
    Kunjungan pertama di blog ini, salam kenal

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)