07/07/2010

CT scan abdomen kontrasku.



Pagi ini diantar oleh kaka ku aku berangkat menuju RSPAD pav kartika untuk CT scan abdomen kontras,jadwal yang tadinya hari senin mundur hingga hari rabu ini. Setelah dua hari puasa makan dan perut dikuras kondisi badanku lumayan lemes dan pusing. Dijadwalkan jam 9 pagi molor karena saya terus menerus bolak-balik ke toilet,hampir pingsan rasanya.

Akhirnya nama saya dipanggil,kaka saya urung menemani saya masuk ke ruangan CT scan setelah diberitahu bahwa radiasinya sangat berbahaya. Saya masuk ruangan CT scan setelah sebelumnya berganti baju dengan baju khusus seperti piyama mandi tp bukan dari bahan handuk dan melepas semuanya termasuk kerudung dan aksesoris. Ada perasaan ngeri saat memasuki ruangan,tapi suster yang baik sedikit menenangkan saya. Saya berbaring,karena saya juga akan dilihat abdomen bagian bawah,maka saya dimasukan alat seperti selang kecil sepanjang kira2 lengan anak kecil/30 cm ke dalam anus lalu perut saya dipompa dimasukan udara. Setelah itu tempat saya berbaring bergerak masuk kedalam alat CT scan sekitar 10 menit,saat alat CT scan bekerja semua suster dan dokter keluar ruangan itu,mereka mengoperasikan alatnya dari runagan sebelah yg dibatasi dinding kaca.

Alat ST scan berhenti lalu dua orang suster dan satu orang dokter muda masuk dan memasukan cairan kontras ke dalam urat nadi/vena saya seperti biasa saya harus beberapa kali ditusuk. Saya mencoba tertawa saat suster dan dokter itu sibuk menggoda saya,mereka bilang tangan saya terlalu halus hingga urat nadinya tidak terlihat sama sekali.
Saat cairan kontras di suntikkan ke tubuh saya,saya merasa ada rasa panas menyebar keseluruh tubuh,terasa sekali cairan itu menyebar ke seluruh aliran darah. Lalu sekali lagi mereka meninggalkan saya sendirian saat alat itu bekerja. Tak terbayangkan betapa berbahayanya radiasi dari CT scan ini hinggap ditubuh saya.

Sahabat terkasihku,....
kanker ganas yang pernah ada di usus saya tidak ada bahkan tidak terlihat ada keganasan di manapun,meskipun ditemukan ada kista simple di ginjal kiriku dan hemangioma/tumor jinak di liver saya. Menurut dokter itu semua terkendali,kista simple jika saya hidup sehat bisa saja menghilang sedangkan hemangioma karena tidak ganas dokter tidak akan melakukan tindakan apapun karena sangat riskan adanya di hati.Aku hanya harus hidup sehat,tidak stress,makan makanan yg sehat dan follow up terus kondisi tubuh saya. Aku sangat bersyukur... bayang-bayang kanker ganas sedikit menguap seperti angin,alhamdulilah. Saat aku menuliskan ini efek obat masih bekerja,menurut dokter pada sebagian orang cairan kontras tidak berpengaruh tapi saya terus menerus diare dan muntah. Hari ini cukup berat,....selama di RS saya terus menerus kesakitan,sebelumnya selama persiapan perut saya puasa dan dikuras ditambah efek cairan kontras,lengkaplah sudah.Tapi karena saya kelaparan kami memutuskan mampir ketempat makan favorite saya tapi saya justru bolak-balik ke kamar mandi ketimbang menghabiskan makanan saya.

Duhh,..... luar biasa ujian saya saat ini,tapi saya tahu Tuhan sangat mencintai saya. Dia selalu menunjukan jika mulai ada ketidak beresan ditubuh saya hingga saya memiliki kesempatan untuk berobat dan berikhtiar untuk sembuh. Banyak pasien kanker yang tidak tertolong karena kanker mereka ditemukan dalam kondisi yang sudah parah.
Lengan saya memar,suster bilang orang yg pernah khemotherapy venanya gampang pecah,memar dan bengkak.saya masih diare,sempat beberapa kali muntah....tapi saya bersyukur apa yang saya takutkan tidak terjadi,alhamdulillah......

Ini bukan hanya doa orang tua,keluarga dan saya sendiri saja...tapi banyak doa dari teman-teman dan sahabat saya,...termasuk sahabat bloger semua ^^
sahabat saya terkasih yang mendokan saya dari jauh,...yang menghibur dengan barisan kalimat indah dan doanya... Terima kasih,itu sangat berarti.
beruntunglah bagi siapapun yang mendapatkan tubuh yang sehat,...syukurilah dan jagalah ^^

Alatnya persis seperti ini,...

33 comments:

  1. Irma, tabah yah...don't forget me

    ReplyDelete
  2. hehe.. sempet ngayal mcem2 pas baca memasukan alat kedlm anus.. Hehe
    yup.. doaku akan slalu menyertaimu.. Mkn yg teratur, dan slalu menbar snyuman.

    ReplyDelete
  3. Semoga Alloh memberikan nikmat berupa kesehatan kpd Irma, sehingga lekas sembuh dari penyakit. Yakinlah bahwa ini adalah ujian dari-Nya yang akan meningkatkan derajat kita. Ya semoga Alloh tetap memberikan rahmatNya kepada kita semua. Tetap semangat!

    ReplyDelete
  4. Ya Tuhan Lindungilah lah selalu hambamu ini dalam limpahan rahmatmu , sayangilah dia sebagaimana namamu Ar Rahman Amin, Amin

    ReplyDelete
  5. Saya hanya bisa berdoa untuk pemilik blog ini ya Allah

    ReplyDelete
  6. Irma Senja yang cantik..
    Tuhan tidak memberikan satu cobaan kalo kita tidak punya kemampuan untuk itu. iya kan?

    pasti semua ini... Irma bisa menghadapinya
    semoga diberi kekuatan extra yang luar biasa... bahkan yang kita sendiri gak tau kalo kita sekuat itu..

    amiiiiiiiin amiiiiiiiiiiiin

    cepat sembuh ya Cantik...

    ReplyDelete
  7. turut prihatin, semoga apa yang sedang di terima pada kondisi saat ini dapat segera puLih seperti semuLa. yakni cepat mendapatkan kesehatan dan afiat.

    kunjungan perdana, sekaLian ijin menjadi foLLower di bLog ini. saLam kenaL.

    ReplyDelete
  8. semangat dear

    Allah memberikan itu semua bukan hanya sebagai ujian tapi karena Allah sayang sama sampeyan
    dengan keyakinan dan ketetapan hati, insyaALLAH diberikan jalan kemudahan

    semoga segera pulih dear ^^

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah yah Mba kalo semuanya baik2 ajah. Dijaga hidup sehat yah Mba. jangan sutrisno, dan ga usah banyak begadang (coz blogger kan rajanya begadang hehehe).

    Semoga Mba sehat selalu yah. Salam buat Kaka dan Sean dari Zahia :-)
    NB: Gw kebayang tuh selang dimasukkin ke anus sakitnya kaya gimana. Wong dulu pas mo caesaran, ada selang 30 cm mo dimasukkin ke idung gw ampe dada, udah 3x dicob ga berhasil2. Darah keluar banyak banget setiap tu selang dicabut. Akhirnya suster nyerah dan gw di operasi tanpa tu selang hehhe

    ReplyDelete
  10. cepat sembuh ya mba...
    biar dunia bisa kembali melihat senyum indah mba....

    ReplyDelete
  11. hidup masih panjang mbak..
    yang semangat ya mbak,,
    semoga cepat sembuh,,
    ikuti alur kehidupan sehat seperti yang mbak bilang
    umy doakan yang terbaik

    ReplyDelete
  12. Sedih denger km sakit sobat .... Cepet sembuh ya senja ...

    ReplyDelete
  13. Semangat, Mbak.. Semoga selalu diberikan kemudahan dari-NYA.. aamiin...

    ternyata di balik keceriaanmu dalam setiap kali pertemuan, Mbak Irma punya sakit yang tidak semua orang bisa menyembunyikan dalam keceriaannya.. Saya sangat yakin, Mbak Irma sanggup menjalani ini semua... Kapan kita makan Mie Sehati dan Mie Jawara? :)

    ReplyDelete
  14. Sepertinya ada perkembangan positif ya....

    hidup yang sehat ya ka.... ^^

    *agak ngeri ngbayangin proses yang kaka uraikan.....

    ReplyDelete
  15. aslm wr wb

    tetap bjuang dn tabah, psti ad hikmah yg tbaik kalo kt pcaya

    bajuqueen.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. cepet sembuh ya mbak...
    aku slalu ngedoain mbak Irma....
    tetap tersenyum...
    ^_^

    ReplyDelete
  17. Adekku masih kuatkah dirimu, apa yang di alami senja si alami juga sama mb mu ini.
    Namun begitu mb tetap harus selalu kelihatan sehat demi anak dan suami..meskipun kadang rasa sakit datang. Tapi alhamdullilah menurut dokter tidak begitu berbahaya yang penting musti jaga kesehatan, dan hidup sehat.
    Cepat sembuh ya adekku

    ReplyDelete
  18. mb..alhamdulillah tidak apa2..jaga kesehatan ya,,

    maaf sya jarang online dan brkunjung..

    semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  19. mb senja yang cantik,
    luar biasa ketabahannya dan menginspirasi...

    cepat sembuh ya mb...
    Allah melindungimu mb... :)

    ReplyDelete
  20. p cabar
    blue titip doa pada Nya agar engkau diberkaih kesehatan serta kebahagiaan selalu
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  21. Irma,
    maaf bila aku nulisnya terlambat dan urutan paling buncit, bukannya aku abaikan dirimu, sama sekali tidak, alhamdulillah diantara sholat ini aku masih diijinkan berdoa untuk kesembuhanmu.

    Teruslah berupaya dengan air zam-zam dan almaul husna itu, bila tidak sanggup minta tolong sama ayah atau kakak mu. juga setelah selesai itu mintalah dengan doa ismul asham itu, insya Allah akan dikabulkan karena Allah. amin

    Terimakasih kau telah runtut ceritakan proses itu, dengan demikian aku seolah bisa ikuti untuk temani dirimu di meja scanner itu.

    Semoga cepet sembuh ya De...jangan khawatir kita semua selalu temenin dirimu juga kangen dengan senyum mu itu, ayooo matahari pagi rindu dengan dirimu juga seluruh alam semesta ini

    Salam untuk seluruh keluargamu dan pastinya khusus buatmu

    satrio

    ReplyDelete
  22. aku cuma bisa bilang, selalu semangat untuk mbak senja, karena pasti orang baik seperti mbak nggak akan ditinggal sendirian sama Tuhan ^^

    ReplyDelete
  23. sabar ya mbak...tetap semangat dan berpengharapan.. :)

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah, kabar baik ya mbk, kankernya gak mau dtg lagi ke badan mbk Irma, smg selalu sehat ya. Love U :)

    ReplyDelete
  25. Ramlan: mksh ya,iya ramlan :)

    Armand: pasti,makasih ya ^^

    The Michi: hahaha,..ngawur ah :D
    iya,mksh ya lang ^^

    Yans dalam jeda: amiennn,...aku yakin ini bukti kasih sayangNya padaku,terima kasih yans :)

    Brian seorang newbie: amiennnn,..terima kasih sahabtku :)

    Elsa: mba elsa cantik....
    terima kasih yaa,insyallah aku kuat menjalaninya ^^

    om rame: aminn,..terima kasih om,terima kasih juga sdh follow blog ini ^^

    inge: dear inge....
    cobaan boleh datang dan pergi,begitu jg rasa sakit,insyallah keyakinanku kepada Tuhan tidak akan berkurang....^^ thanks dear...

    Zulfadhli's: amin,..mksh ya mba ^^
    hemmm,...benar mba rasanya tidak enak,dulu saya pernah terbangun dari bius dan kanget setengah mati karena ada selang dari hidung saya,dari mulut ke lambung,dari dada,juga dari tulang belakang...duuhhhh..seluruh tubuh saya seperti robot,alhamdulilah terlewati.... mksh suportnya ya mba...sun sayang buat zahia dari aunty ya ^^

    Gallery indah: amien,trima kasih ya ^^

    pak tani: terima kasih pak,..mksh suportnya ya ^^

    umy diary: terima kasih umy,..insyallah mba semangat kok..mksh y dik :)

    Mpey: mksh ya mba....aminn ^^

    irfan: amiennn,mksh ya mas ^^

    hehe,..sebisa mungkin disembunyikan dong mas hehe,kalo ketahuan sakit nanti gak diajakin kopdar dan makan mie jawara dan mie sehati dong :D

    Arif chasan: iya arif,..mksh ya...doain kaka yah ^^

    raini munti: wlkslm mba...
    aminnn,terima kasih mba ^^

    riesta: makasih ya rista,...amiennn...trima ksh untuk doa dan suportnya ya :)

    ibuDini: mbaku,..smg mba tidak mengalami seprti yg aku alami dulu,enggak kan?
    benar,..seorg wanita akan menahan tangis dan rasa sakitnya demi melihat org2 yg dikasihinya tetap baik2 saja. salam syg untukmu mba....

    faiza: terima kasih faiza,...iya,mba juga susah bgt OL akhir2 ini,kendala badannya blm fit bnr ^^

    maiank: amiennn....terima kasih mba maiank ^^
    smg sellau diberi kekuatan seterusnya...^^

    bluethunderheart: amien...trima ksh blue...trima ksh doanya ya ^^

    Obrolan bloger.com:
    mas satrio yg baik,... terima kasih sudah menjenguk dan mendoakan saya disini.
    saya yakin,ada doa dari mas yang membuat saya kuat dan diberikan keikhlasan menjalani proses kmrn.
    Sekali lagi terima kasih mas,...semoga kebaikan mas mendapatkan balasan dari Allah,amien. salam kasih untuk klrg di sana ^_^

    Clara: amiennn,..terima kasih clara ^^

    Manajemen emosi: ^_^

    winny: alhamdulilah mba,...terima kash doanya ya mba.
    apa kabar rahma mba? smg sudah sehat ya...sun syg untuk rahma ^^

    ReplyDelete
  26. Irma, sabar tak berbatas; syukur tak bertepi; Get well yaa ...

    ReplyDelete
  27. Lia mutia: benar mba,...sabar tak berbatas ^^

    terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  28. Ayo Mba Irma... Semangaaaaadh ^__^
    cepet sembuh yaaach.. Muach Muach

    ReplyDelete
  29. Mudah-mudahan bisa ikhlas menerima semua cobaan yang Allah berikan kepada kita. cepat sembuh dan fit seperti sedia kala...aktifitas normal menunggu di depan mata kita.
    Tetap berpikir posiif, ada rahasia NYA yng belum kita mengerti maksudnya.

    ReplyDelete
  30. wah bgus blognya..
    mkasih buat info2nya

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)