28/08/2010

Menulis dari hatimu

Kemarin aku baca email ttg manfaat menulis di milis komunitas,ternyata benar loh sahabat bahwa menulis itu ternyata bisa menjadi theraphy .Bisa menjadi theraphy diri,salah satu usaha untuk menyembuhkan luka emosi atau sekedar mengeluarkan emosi atau pun kecemasan di dalam hati.

Jadi sahabat jika hatimu merasa tertekan,bersedih,atau memendam emosi coba lah untuk menulis selama 20 menit dengan tanpa berhenti.keluarkan semua yg mengusik perasaan,jgn perdulikan EYD,tata bahasa,ejaan,atau apapun.
dan percayalah,setelah itu perasaan mu akan menjadi lebih lega.
dan itulah yg aku lakukan selama ini,menulis menjadi theraphyku di saat perasaan ku sedang sedih,marah,arau merasa gelisah.setelahnya aku merasa lebih baik :)

Yang menyebalkan,inspirasiku lebih sering hadir saat perasaanku justru sedang tidak baik. Seperti saat sedih,atau marah. Kapan bisa menulis dgn baik ya... *Huft


* catatanku di pagi ini :

Seribu kali kuucapkan I love You dari bibirku,
tak kan sama dengan satu kali kuucapkan di dalam hati...




28 comments:

  1. Wah bener banget mbak...dengan menulis akan membuat kita jadi plong...apa yg jadi uneg-uneg kita bisa tersalurkan...

    ReplyDelete
  2. Menyapamu di pagi ini, pakabar M' irma ?

    ReplyDelete
  3. waah..ntar tak coba ah...tipsnya..alo senja gimana kabar...lama ndak kesini ..he...he..he..

    ReplyDelete
  4. kata temen yg jurnalis, untuk menjadi seorang blogger awalnya sangat mudah, yaitu tulis apa yang tengah dirasakan, apa yg ingin dishare... jadilah saya seperti sekarang... :D

    ReplyDelete
  5. ketemu lagi mbak senja...tumben nggak merangkai kata nih..kayaknya ada yang lain nih..btw ma kasih tipsnya...ya..ini juga saya lagi belajar nulis mbak..

    ReplyDelete
  6. bnr bgt tuh sobat, makanya dari dulu aku paling suka yg namanya nulis, meskipun kadang aku bertanya, untuk siapa aku menulis cerpen ini? utk siapa aku menulis puisi ini? utk siapa aku menulis smua lagu2 ini?

    mungkin jawaban atas pertanyaan itu ada dipostinganmu ini sobat.

    yaitu: utk hati.

    ReplyDelete
  7. Bener banget Mba, dengan menulis bisa membuat perasaan menjadi plong. Makanya gw bikin blog, untuk menuangkan uneg2 yang ada di kepala :-)

    ReplyDelete
  8. menulis memang bisa untuk theraphy yah mba'... dan sepertinya kita sama, lebih banyak ide bermunculan ketika mood sedang tidak baik huhu

    ReplyDelete
  9. teteth, semoga sehat selalu dengan menulis... Ya kan?

    Menulis juga melatih kita berpikir tertata....

    ReplyDelete
  10. keinginan menulis ada tapi waktu tidak ada :)

    ReplyDelete
  11. emang iya kok. aku aja kalo pas suntuk di kerjaan dulu, pasti larinya ke nulis. makanya begitu ngangur kaya sekarang, malah susah banget mau nulis. suka celingukan nulis apa. udah maksain nulis, setengah jalan bengong lagi. ga bisa ngebut kayak pas sibuk dan setres dulu...

    ReplyDelete
  12. Benar sekali sister, aku gak bisa bayangin saja bagaimana aku sekarang jika tanpa blog kesayanganku...

    ReplyDelete
  13. Dalam Bahasa Yang sering ku Pakai, Dan Selalu Ku Sampaikan Kepada Pemotret Baru Adalah, Memotretlah Dengan Hatimu, Atau memotret dengan Hati.

    ReplyDelete
  14. benarkah bisa menenangkan hati dengan d ungkap!

    kepada perempuan.

    perempuan dirimu indah bagai lembayung senja yang ingin bisa ku pndang dengan penuh hati setiap waktu, tp sayang tidak bisa.

    bagaimana bisa menenangkan hati klo hanya terucap dalam hati!

    ReplyDelete
  15. matur suwun atas tipsnya....

    tipsnya emang begitu mbak kalo mau nulis, waktu kita ikut skolah menulis online punya bang jonru, tips pertama kali dalam nulis ya... mulailah menulis apa aja, apa yang terlintas di pikianmu, apa yang terlintas dalam hatimu (ksimpulan dari saya krng lebihnya spt itu...)

    ReplyDelete
  16. Tapi kadang dalam keadaan tak baikpun tulisan kita menjadi lebih baik dan bermakna.

    ReplyDelete
  17. MENUNGGU MU..!

    ReplyDelete
  18. sesuatu yang berasal dari hati bakal nyampe ke hati juga.. :D

    Keep writing

    ReplyDelete
  19. Siang Senja, bener kok dek..mb merasakan itu...dulu mb sering kali melakukannya...habis itu jarang2 dan sekarang mulai rajin lagi..
    Rasa stress yang ada bisa hilang begitu saja...

    ReplyDelete
  20. hihihi...kok sama yh bu guru, saya juga begitu, pas saat sedih kykny inspirasi lbh banyak datang...pas saat senang kykny susah bgt klo disuruh nulis ^_^

    btw saya suka sekali dgn kata2 ini :

    ..."Seribu kali kuucapkan I love You dari bibirku,
    tak kan sama dengan satu kali kuucapkan di dalam hati"...

    btw terus berkarya bu guru...^_^

    ReplyDelete
  21. setuju sama therapy itu Senja.. :)

    ReplyDelete
  22. jadi pengen nulis d milis nih..

    jadi gitu tho caranya mbak senja ngeluahin perasaan. hmmm bagus juga..
    pa kabar mbak..
    maaf baru bisa mampir :)

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. Met malam senja
    Setuju dengan senja, setidaknyA menulis dapat membantu mengeluarkan semua yang ada di hati
    So mengurangi tingkat stress yang ada

    ReplyDelete
  25. SETUJU!!!! Mari kita nulis ....yukz....

    ReplyDelete
  26. aku di lema mba. kalau aku menulis.. atau ngeblog dan tulisanku dilihat orang bagimana??
    aku punya oran yang kusayangi di berhenti menulis karena ibunya pernah melihat diary nya dan itu menjadi petaka buatnya. sekarang ia ngeblog tapi masa lalunya melihat blognya hingga ia jadi malas untuk ngeblog atau nulis diari lagi. padahal jika menulis tulisannya lebih bagus dari aku yang hidup hanya untuk menulis.. aku bingung apa menulis itu teraphy seperti yang mba bilang atau malah petaka..

    ReplyDelete
  27. setuju mbak. setuju banget :))
    Salam kenal :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)