18/10/2010

Hemangioma

Hemangioma adalah tumor jinak yang paling umum yang menyerang hati.Hepatic hemangiomas berasal dari sel mesenkimal dan biasanya bersifatsoliter. Hemangioma terdiri dari massa pembuluh darah yang atipikal atau tidak teratur dalam aspek ukuran maupun susunan lokasi. Hemangioma walaupun digolongkan sebagai tumor, namun tidaklah bersifat ganas.Hemangioma juga bukanlah suatu hal yang unik yang umum terjadi pada hati, penyakit ini dapat timbul di mana pun disisi tubuh. 

Hemangiomas hati biasanya kecil dan asimtomatik. Mereka paling sering ditemukan bila hati sedang dirontgen untuk suatu alasan lain atau ketika hati sedang diperiksa secara laparotomi atau autopsi. Lesi yang semakin besar dan banyak dapat menimbulkan gejala. Goodman mencatat bahwa gejala dialami oleh 40% pasien dengan hemangioma 4-cm dan dari 90% pasien hemangiomas dengan ukuran 10-cm• Nyeri kanan atas atau kepenuhan adalah keluhan yang paling umum.• Komplikasi tergantung pada ukuran dan lokasi tumor.• Jarang, tumor besar pecah secara spontan atau setelah trauma tumpul. Pasien mungkin hadir dengan tanda-tanda shock dan hemoperitoneum sirkulasi.• Mudah kenyang, mual, dan muntah dapat terjadi ketika lesi cukup besar dan menekan perut sehingga menghasilkan obstruksi lambung.• Satu kasus telah dilaporkan, adanya edema pada ekstremitas bawah yang disebabkan oleh kompresi vena kava inferior oleh cavernous hemangioma dari lobus caudatus hati.Bila hemangioma membesar bahkan bisa menimbulkan gagal jantung.

Pengobatan :Mayoritas hepatic hemangioma tidak memerlukan pengobatan. Jika hemangioma menjadi semakin besar, terutama jika menyebabkan gejala, operasi pengangkatan adalah pilihan. Belum ada terapi medis yang dapat mengurangi ukuran hemangiomas atau untuk menghilangkan. bahkan disarankan untuk tidak melakukan tindakan biopsi karena sangat riskan bagi hati bahkan bisa menimbulkan pendarahan.


* hati-hati menjaga 'hati'.....



11 comments:

  1. Untuk itu marilah kita jaga hati ini dengan sebaik2 nya agar tiad lg kluar kt skit dr mulut ini, bukan hanya hati yg harus dijga tetapi semua anggota tubuh yang diberikan sang pecipta.

    ReplyDelete
  2. Wah berbagi ilmu tentang kanker ya teh, sgt bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. hmmm... aku harus lebih berhati2 ya.....

    makasih teh infonya

    ReplyDelete
  4. waduh penyakit hati ini banyak sekali ya mbak

    kabarku baik, kabar mbak senja giamna?

    ReplyDelete
  5. sya jadi inget lagunya jagalah hati.. :) info kesehatannya bagus sist.. memang kita semua harus selalu menjaga hati, baik itu dari segi jasmani maupun rohaninya.. :)

    ReplyDelete
  6. Orang yang memiliki kesempatan untuk membaca adalah orang yang bahagia, karena dia dapat memetik bunga dari taman alam sesta, bisa berkeliling mengitari keajaiban dunia, dan bisa melipat waktu dan tempat.

    Informasi yang menambah pengetahuan yang berwawasan. Terimakasih atas infonya.

    Belajar sesuatu yang kecil akan melahirkan sebuah sesuatu yang lebih besar.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

    ReplyDelete
  7. hati gw pernah luka, tapi bukan karena hemangioma. karena wanita... alah, paan sih... :p
    pencegahannya gimana tuh?

    ReplyDelete
  8. Wah, makasih dah sharing mbak..
    sebelumnya aku nggak tau tentang itu...
    Selalu semangat ya Mbak...

    ReplyDelete
  9. makasih.. artikelnya

    sering-sering dong nulis begini.. (ngarep0

    ReplyDelete
  10. 10 PERTAMA YANG MENDAFTAR DI FACEBOOK
    http://bagalao.blogspot.com/2010/12/1.html

    8 PESONA ARIEL YANG MEMBUAT WANITA TERGILA-GILA
    http://bagalak.blogspot.com/2010/11/8-pesona-ariel-yang-membuat-wanita.html

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)