13/11/2010

Menemukan humor

Beberapa tahun belakangan saya melupakan humor,saya berperan sebagai seorang wanita yang selalu tampak murung,moody dan menarik diri,bahkan keluarga dan teman mengatakan terkadang saya sedikit autis dan selalu terlihat sedih,mereka yang sebelumnya mengenal saya mengatakan saya berubah,meski sebelumnya saya juga tidak terlalu periang.

Lalu beberapa hari yang lalu saya kembali membaca sebuah buku di rumah saya. Saya menemukan pernyataan didalam buku ini " para ahli medis mengatakan bahwa tertawa itu sehat.Sebenarnya, menahan tawa itu tidak baik. Itu akan mengalir dari punggung ke bawah dan meregangkan pinggul anda.Bayangkan betapa nyerinya jika itu terjadi di dalam usus besar anda. "

Pikiran yang lucu, humor dan tertawa itu penting ternyata.
Sebuah substansi-substansi menyerupai morphin yang dihasilkan oleh otak manusia,namanya endorphin,bertindak sebagai zat anestesi dan relaksan alamiah. Ketika endorphin masuk ke aliran darah seseorang mengalami peningkatan perasaan sehat. Tertawa menstimulai pelepasan endorphin, humor memiliki cara untuk mengusir racun emosional dari pikiran,meninggikan semangat, dan membuat perspektif baru terhadap masalah kehidupan.
bahkan tertawa yang tidak terkontrol hingga menyebabkan tulang iga nyeri pun, ekspresinya itu mungkin tepat tetapi nyerinya itu adalah nyeri yg enak, yang membuat perasaan seseorang menjadi rileks.

Saya memutuskan mengganti peranan saya, saya sedang berusaha mengisi banyak humor di dalam kehidupan saya.

" mengapa harus menunggu bahagia jika hanya untuk tertawa dan tersenyum, sedangkan tertawa itu mudah dan menyehatkan "



40 comments:

  1. yups, nice

    'hidup kan panggung sandiwara, hmmmm
    jadi banyak hal yang bisa membuat kita tertawa atau tersenyum,,,
    so tersnyumlah tanpa harus menunggu hal yang bahagia sekalipun, :)

    'kuingin tersenyum :) ,untuk senja

    wilujeung eunjing...

    ReplyDelete
  2. suka deh sama tulisan ini,,y mba irma,,stuju bgt,,kadang aq juga merasa terlalu serius dan kurang rileks menghadapi sesuatu,,

    ReplyDelete
  3. Humor membuat orang tertawa. Untuk itu aku ingin tertawa kwk..., kwk..., kwk....

    Sukses selalu

    Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

    ReplyDelete
  4. irma(ku) pakabar? maab baru berkunjung lagi.
    ehhh udah ganti ajah tampilan blognya, but it's nice. btw, you know what? salah satu tujuan yang saya cari ketika bertemu dan bersosialisasi adalah hanya untuk bisa membuat saya tertawa. apalagi kalo ketemuan ama buibu be blog, ngakak mulu. ibu mila mijawara pakabar ya?

    ReplyDelete
  5. hehhe baru datng wow beda bgus mba templatenya heheeeeeeeee

    ReplyDelete
  6. tertawa itu sehat, jadi mari tertawa sebelum ditertawakan

    ReplyDelete
  7. Ketawalah sebelum ketawa itu ilegal :D

    Ketawa itu boleh saja sista, asal lihat kiri kanan dulu, bahaya kalau ketawa sendiri, hehee kidding peace

    ReplyDelete
  8. nonton OVJ aja
    pasti tertawa
    terpingkal pingkal
    hehehheeee

    ReplyDelete
  9. Dija juga suka tertawa lho Tante...

    ReplyDelete
  10. betuuul, lagipula senyum itu ibadah ... Mari kita tertawa dan bahagia, tentu saja sesuai tempatnya hehe ...
    salam, selamat berakhir pekan

    ReplyDelete
  11. Wah Tamplate baru nih mba....keren2....Kalau tulisannya sih sudah pasti paten.

    ReplyDelete
  12. wah nda puisi neh seperti biasanya...?

    ReplyDelete
  13. saya juga sering dianggap terlalu serius dan jauh dari humor... =_=

    ohya, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. kalau berkenan, silakan mampir lagi :)

    ReplyDelete
  14. hehe.. setuju,
    kayak kata orang bijak.
    jangan hanya tertawa ketika kau bahagia.
    tapi tertawalah agar kau bahagia.

    hehe.. gak tau orang bijak mana yang berkata ini, yg jelas aku percaya, tersenyum dan tertawa itu, dapat membuat hangat hati kita.

    ;D

    ReplyDelete
  15. yup, tertawa menyehatkan mba'...
    asal jangan pas dijalan ketawa-ketawa sendiri :p

    kebahagiaan itu tak perlu dicari karena sebenarnya ia tersimpan pasti dalam diri kita ^^

    keep smile mba'ku sayank ^^

    ReplyDelete
  16. coba datang kemari, berkumpul dengan para pengungsi merapi. sepulang dai sini kita bisa sangat bersyukur dan merasa bahagia dengan yang kita punya

    ReplyDelete
  17. Semoga banyaknya komentar teman2 disini membuat mb.Irma kembali tersenyum bahagia ya ^^

    ReplyDelete
  18. senang kalau mbak irma bisa tertawa dan menuliskan nuansa kegembiraan selamat pagi juga mbak template dari prodezain mantap

    ReplyDelete
  19. ayo kita selalu tertawa dan tersenyum mbak... bersyukur atas hidup yg sudah diberikanNya...

    ReplyDelete
  20. tertawalah sebelum tertawa itu dilarang :D

    mari kita tertawa :D

    ReplyDelete
  21. Jadi Inget Gus Dur, yg bahkan orang segarang Fidel Castro pun diajak guyon.. sebab hidup hanya mampir guyon

    ReplyDelete
  22. Dengan ketawa maka segala yang kita hadapi bisa lebih mudah.
    Asal jangan ketawa sendiri tanpa alasan saja.

    ReplyDelete
  23. Tersenyumlah, karena itu juga bisa meluaskan jiwa dan melapangkan dada.
    Salam.. .

    ReplyDelete
  24. Karenanya orang humoris itu awet muda ya senja. Maka tertawalah kawan, sesekali pandanglah dunia dari sisinya yang lucu, hehe.

    ReplyDelete
  25. " mengapa harus menunggu bahagia jika hanya untuk tertawa dan tersenyum, sedangkan tertawa itu mudah dan menyehatkan "

    mantab quate nya mbak.. :)

    ReplyDelete
  26. Selamat pagi sahabat tercinta

    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Dengan bangga saya mengundang anda untuk mengikuti K.U.M.A.T ( Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun ) di BlogCamp. Tali asihnya sih tidak seberapa tetapi sensasinya sungguh ruaaaaaarrrrrrrr biasa.
    Silahkan simak artikel pengantarnya dengan meng-klik.
    http://abdulcholik.com/2010/11/16/kontes-unggulan-muhasabah-akhir-tahun/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Surabaya

    ReplyDelete
  27. lalu hari ini senyumnya mana nih bu guru...^_^

    ReplyDelete
  28. rugi lho kalo melupakan humor, sayang

    ayo temukan humor n posting

    kayak daku

    hehehehehe

    ReplyDelete
  29. tersenyum dan sesekali tertawa, sungguh membahagiakan. Senyum yang tulus dari seseorang bisa "merubah" banyak hal... selamat tersenyum ya, tapi jelas jangan sendirian hehehe

    ReplyDelete
  30. ayo tersenyum
    lalu...
    tertawa
    semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  31. iya, aku jg sering ketawa2 sendiri
    (gila mode stand by)hohohohoho

    ReplyDelete
  32. Kalo gw sama Ayahnya Zahia sebelom tidur pasti ketawa2 dulu berduaan. kadang bahasannya ga lucu pun teteup ketawa kaya orang gila. Makanya Mama suka bilang kami ini pasangan gila hehehe

    ReplyDelete
  33. betul... senyum itu ibadah, tertawa itu sehat+ bahagia, mari mulai tertawa bersama... LOL, ok slam kenal.. sy dah follow..

    ReplyDelete
  34. 10 PERTAMA YANG MENDAFTAR DI FACEBOOK
    http://bagalao.blogspot.com/2010/12/1.html

    8 PESONA ARIEL YANG MEMBUAT WANITA TERGILA-GILA
    http://bagalak.blogspot.com/2010/11/8-pesona-ariel-yang-membuat-wanita.html

    ReplyDelete
  35. benar sekali tetehku yang manis, harus sering tertawa ya...ketika murung saja kau terlihat imut, aplagi klo tertawa ceria, pasti lebih awesome!!!

    ReplyDelete
  36. Ya, tertawa memang penting untuk kesehatan. :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)