31/07/2010

Saturday and Me

Weekend yang seperti biasanya,..akh saya bahkan tidak tahu apa bedanya weekend dan weekday ^^. Seperti hari ini saya menghabiskan waktu saya full di rumah saja,saya bahkan tidak sempat menyapa matahari diluar yang lumayan terik meski tidak membakar.
Pagi-pagi saya malah sudah rumpi dengan sahabat saya ratu via YM,....sempat ada niat untuk mengunjungi sahabat kami yang sedang sakit tapi batal karena mobil mogok dua hari gak di pake akinya ngedrop.

Agak sedikit kepikiran dengan pak dokter 'Y' yg menyarankan saya untuk imunisasi ,uupss....sudah setua saya harus imunisasi ? hehehe...ternyata imunisasinya bukan imunisasi untuk bayi loh ^^.
Imunisasi untuk ketahanan tubuh saya yang harus di pagari dari virus-virus keren yg berusaha menghancurkan kekuatan imun saya. *menurut ketiga dokter yg merawat saya selama ini*
Saya sedikit meremehkan pendapat mereka,...toh saya baik-baik saja,saya masih terlihat manis kan ? hahaha..... *meskipun mulai mempertimbangkan juga untuk imunisasi yg tidak murah itu*

Beberapa hari ini saya mencoba menulis,tapi seperti biasanya saya hanya mengandalkan feeling saya untuk menulis. Sore ini saya membaca tulisan-tulisan kedua sahabat bloger,ratu sya dan itik bali. Keriangan dan keseruan mereka ternyata memancing saya untuk menulis,meski tulisan yang tidak penting seperti ini. terima kasih ya.....untuk semangatnya yang menular pada saya sore ini.


Quotes untuk senja ini :

* people may forget you say,....but they will never forget how you made them feel *
* mencintai itu butuh energi, saat sudah seluruh energi terkuras, setidaknya dia harus tahu kalau kita sudah mencintainya sepenuh hati...( chatingan ratu sya dan saya pagi tadi)




26/07/2010

SeNjA


Kini tlah melemah nyanyian samudera,
senandung para nelayan menghilang perlahan.
pun bisikan khayalku kini terdiam.
Tak ada simphony atau nyanyian bidadari.
tak juga nyanyian sang kala ketika langit menyenja....

Selimutilah tubuh rapuhku dengan keteguhan sang matahari.
Jangan biarkan dadaku terisi dengan keluhan dan serapahku,
Jika ini hukuman,lepaskan segala rasaku...
biarkan ku tak lagi merasa,
kuingin menjadi mau mu,
tanpa meneteskan air mata.

Aku tak kuasa,....sungguh !
ketika perlahan api cinta padam disudut-sudutnya.
impian... menjadi lukisan asap membumbung diangkasa,lenyap.
kau berdiri pada batas yang kian tegas.
Lukamu menganga,
nyeriku tersiksa....
Kita berdiri pada ruang kokoh tak tergoyahkan.
berdiri menggenggam tanya,dan luka-luka di masa lampau.
kau memakai topeng,kearifan dan bertahan.
sekali waktu....nyatamu terungkapkan,
dalam diam,tangisku tak terbendungkan

Teduhkan hatiku,....ya Penguasa Hati
seperti teduhnya embun di pagi yg menyejukan,
meski cahayamu membakar,
biarkan aku dengan sungai-sungai yg mengalirkan.
"lukislah senyuman dibibirmu,.... ! apa kata mereka tentangku jika kau bermuram"
ucapmu di malam yang kelu.
Kau benar,.... apa kah kau punya kenangan ?
yang akan menghangatkan sel-sel otakmu,
adakah kelembutan...? yang melemahkan jiwa-jiwa terluka.
sekedar sapa dan tanyamu tentang aku ? yang kau ikat aku pada takdirmu.
ketika nyeri dan lebam tubuhku,
ketika diam dan sakitku.
Kini jangan berkeluh,ketika terbiasaku pada sepi nan membekukan.





*langsung jatuh cinta saat melihat foto ini,
foto karya mas agoes, ini sangat
indah...sesosok wanita,berdiri dibibir pantai.
memandang lembayung yg menyenja.
Maaf kalo tulisanku tak mewakili keindahan image mu,
tapi,dimataku....image ini sendu.
makasih ya mas agoes ^_^

21/07/2010

LoVe SilenT

Aku diam ketika kau diam-diam hadir seperti udara di setiap putaran masa.
Aku terdiam,...ketika cinta melintas dari mata dan bibirmu.
Aku kian terdiam.....saat tak mampu ku cegah,rindu hadir selembut angin di relung terdalamku padamu yang juga slalu diam.

Jika cinta tak lagi memiliki harapan, biarkan cinta dalam diam menjadi doa dan rahasia antara kau,aku dan Sang Pemilik Hati.....




*Untuk sahabat-sahabatku yang masih diam karena cinta,yang diam demi cinta,yang selalu diam untuk cinta..... jika tidak siap untuk cinta,jika bicara menyakiti,jika cinta melukai....cukuplah cintai ia dengan diam. karena diam bukti cintamu padanya.

20/07/2010

Reason,....

Aku ingin menjadi alasan untuk semua hal indah yang terjadi...bukan alasan mengapa kau terluka,bukan alasan mengapa kau menangis,bukan alasan kau tersakiti...

Dalam hidup slalu ada alasan untuk segala sesuatunya,alasan untuk hidup,alasan untk mati,alasan untuk menangis,,,tapi bila kau tidak menemukan alasan untuk tersenyum,bisakah aku jadi alasan untuk itu ?.....

Meski cinta hadir di bilik hatiku,begitu saja....tanpa alasan !


cinta,...tidak akan sia-sia jika telah menghampiri hati kita.Dia tidak akan
pergi tanpa mengubah hati kita yang paling dalam......

18/07/2010

Just Smile



Ketika air mata begitu deras mengalir,
rasa sakit menghimpit,kesepian mengurung,
amarah menggunung......
pejamkan matamu ! tarik nafas perlahan...
beristigfarlah.....
tarik lekukan bibirmu,tersenyumlah.
Tak ada kesedihan yang abadi,
pun tak ada kebahagiaan yang lestari.

jangan menunggu berbahagia jika hanya untuk tersenyum,karena senyuman memiliki banyak manfaat.

* Senyum membuat anda lebih menarik
* Senyum mampu mengubah mood anda yang buruk menjadi lebih baik
* Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum
* Senyum dapat mengurangi stres
* Senyum dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh anda.
* Senyum dapat menurunkan tekanan darah anda
* Senyum mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit) dan serotonin
* Senyum melenturkan kulit wajah membuat anda lebih awet muda
* Senyum membuat anda tampak sukses dan bahagia
* Senyum membuat anda tampak positif

tersenyumlah sahabatku,tentu saja senyuman disaat dan suasana yg tepat dan tidak berlebihan.

* aku tersenyum....lihatlah,aku tersenyum untukmu. Jika pun ada air mata,cukuplah aku yang tahu*

14/07/2010

Kau simpan dimana air mata ?



Aku memandanginya sejak beberapa waktu yg lalu,....bahkan kini ku ikuti langkah kakinya disetapak, mungkin berakhir pada sebuah rumah jiwanya.
Sempat ku tertahan ketika langkahnya berhenti di persimpangan,
wanita itu tampak bingung...dan aku ikut termenung.

Wanita berkabut mendung,....
aku melihatnya menitikkan air mata disepanjang jalan,
berulang kali jemari menghapus rintik yang luruh di sudut kerlip itu,
kilaunya membias tertimpa cahaya sore.
Kupastikan itu air mata.

Ketika melewati sebuah kebun,kulihat dia menepi...
duduk perlahan di tanah,memetik mawar berduri,yang durinya melukaimu.
darah menetes menyuburkan tanah merah,
simpul terukir disudut bibir merah jambu.

Tungkai kakinya melemah,
aku pasrah,tak mampu meski menghapus keringat dikeningnya.
Apa saja yang kau rasakan,wanita ?
impian yang terhempas,kesakitan,cinta dalam diam,penghianatan ?
mana yang sungguh melukaimu,
atau nyeri di sekujur garbamu ?

kuhentikan langkah,ketika kau tiba disana....
sesuatu yang kusebut rumah,dan kau menyebutnya tempat ibadah.
Kau berhenti di depan pintu,mengulas bedak dan perona pipimu,
menghadirkan senyuman termanismu,
menghapus lara yg sedari tadi tersirat di matamu. tersenyum....memasuki sebuah pintu.

Dari luar,kudengar suaramu berceloteh riang....
kudengar tawa dan senda gurau bersama bintang dan matahari.
bercerita tentang pelangi,bunga,dan aroma kue.
Aku terpana....
tak percaya,kau simpan dimana air mata,
luka karena duri,dan kelelahan selama perjalanan ?
kau simpan dimana,....
kehampaan,kerinduan,dan kesakitanmu ?

Wanita,....aku pulang !
kuputuskan membiarkanmu didalam.



12/07/2010

jarum pentul dan jarum suntik

Hari ini saya ingin sekali menulis ,inspirasi datang saat saya hendak memakai kerudung dan tanpa sengaja jari saya tertusuk jarum pentul. Tidak terlalu sakit,...tapi itu membuat saya teringat salah satu kejadian beberapa tahun lalu,tentang tusuk menusuk :D

Saya ingat saat itu adalah hari terakhir saya menjalani khemotheraphy ( disuntikan cairan obat khemo lewat intra vena ) kalau tidak salah itu seri pertama di hari yang terakhir (satu seri terdiri dari 5 kali khemo,dilakukan setiap hari satu kali )
Seperti biasa hari itu saya diantar dengan kursi roda ke lantai 5 dari kamar saya di lantai 3,saya sangat bersemangat karena setelah khemo hari itu selesai bila kondisi saya baik saya akan diijinkan pulang,dan saya merasa kondisi saya lumayan baik.

Seperti biasa saya ditempat kan di sebuah ruangan yg sangat nyaman,sendirian! ..suster mempersiapkan obat dan segala sesuatunya.Kami biasanya berbincang-bincang meski saya tidak pernah bisa melihat wajah suster itu dengan jelas karena dia menggunakan masker,jubah,penutup kepala,dan sepatu boot...alasannya supaya tidak terpapar obat atau radiasi dari obat khemo yang akan dia suntikan secara perlahan ke urat vena saya.
Saya pernah bertanya pada suster itu " mengapa harus sedemikian perlahan memasukan obat itu,disuntikan sedikit demi sedikit.kenapa tidak sekaligus seperti menyuntikan obat biasanya supaya cepat dan rasa sakitnya tidak terlalu lama saya rasakan? " suster itu menjawab " kalau saya menyuntikan obat khemo ini sekaligus seperti menyuntikan obat yang biasanya,kulit dan tangan mba irma akan terbakar "
Benar,sahabat.....meski sudah sangat perlahan,bekas suntikan ditangan saya selalu membiru,bahkan membentuk memar yang melebar.

Hari itu ternyata tidak begitu baik untuk saya,entah mengapa suster kesulitan mencari urat vena saya. satu kali tusuk,dua kali,...dia mulai memanggil rekan suster yg lain. tangan kanan,...tangan kiri,tiga kali,empat kali,lima kali,enam kali,akhirnya mereka meminta maaf dan meminta saya menahan rasa sakit sedikit karena akan mencoba mencari urat vena di kaki saya !!! karena khemo harus tetap dilaksanakan hari itu sesuai jadwal.

Saya ingat ada lima atau enam suster yang mengelilingi saya,bergantian mencoba menusuk saya. Saya lupa ekspresi saya saat itu,tapi adik saya yang menemani saya saat itu melihat dari kaca bercerita bahwa saya tidak menampilkan ekspresi apapun. Mungkin saya mematikan semua rasa atau tidak tahu harus merasakan apa lagi,atau pasrah saja.
Satu hal yang saya ingat saya masih sempat tersenyum,saat suster-suster itu meminta maaf. tentu saja saya tidak marah pada mereka karena saya tahu,biasanya satu tusukan di vena bisa untuk sekali kita dirawat bukan? tapi urat vena saya langsung bengkak dan pecah hingga tidak bisa dipakai memasukan obat khemo lagi keesokan harinya.dan karena ini adalah khemo kelima di satu minggu saya dirawat,mngkn sudah tidak ada lagi urat vena yg bisa dipakai.kenapa ? menurut suster karena begitu kerasnya efek obat yang disuntikan ke tubuh saya.
jangan tanya efek di tubuh saya setelah khemotheraphy... ^^

Setelah kedua kaki saya ditusuk pun,mereka tidak berhasil juga. saya mulai sedikit panik saat mereka bilang akan mencoba di kepala saya.....entah apa rasanya,tapi saya memohon untuk tidak di kepala. Akhirnya mereka memanggil salah satu suster senior dari lantai lain,entah mengapa oleh suster itu langsung dapat urat vena yang bisa digunakan untuk memasukan obat ke tubuh saya. Setelah berkali-kali ditusuk....????!!! $@^&%$#@!#$........

Biasanya setelah obat khemotheraphy masuk ketubuh saya,saya akan dibiarkan sendirian di kamar itu dan hanya diberikan kantung untuk muntah (sampai saya merasa lebih enakan lalu diantar turun kembali ke kamar saya).
Lalu biasanya saya akan mulai menghitung atap-atap rumah dan gedung perkantoran yang bisa saya lihat dari lantai 5 di RS tempat saya berobat,atau membaca (jarang terjadi karena efek khemo membuat kepala pusing jg) atau mencoba tidur.

Benar,...seharusnya tertusuk jarum pentul tak harus membuat saya berteriak kesakitan lagi bukan ??






09/07/2010

Aku masih ada,....



Dengarkah kamu,...? aku ada.Aku masih ada.Aku selalu ada.
Rasakan aku,... sebut namaku seperti mantra yang meruncing menuju satu titik untuk kemudian melebur,meluber,dan melebar.
Rasakan perasaanku yang bergerak bersama alam untuk menyapamu (Dee)

*Sahabat,....
aku ada,meski tanpa mampu kau tatap lagi kedalaman mataku.
Meski tak mampu kau masuki ruang rahasia kalbuku,
tak utuh lagi kau simak senandung diksi dan prosaku,
aku ada disetiap lembayung senja menyapamu.



07/07/2010

CT scan abdomen kontrasku.



Pagi ini diantar oleh kaka ku aku berangkat menuju RSPAD pav kartika untuk CT scan abdomen kontras,jadwal yang tadinya hari senin mundur hingga hari rabu ini. Setelah dua hari puasa makan dan perut dikuras kondisi badanku lumayan lemes dan pusing. Dijadwalkan jam 9 pagi molor karena saya terus menerus bolak-balik ke toilet,hampir pingsan rasanya.

Akhirnya nama saya dipanggil,kaka saya urung menemani saya masuk ke ruangan CT scan setelah diberitahu bahwa radiasinya sangat berbahaya. Saya masuk ruangan CT scan setelah sebelumnya berganti baju dengan baju khusus seperti piyama mandi tp bukan dari bahan handuk dan melepas semuanya termasuk kerudung dan aksesoris. Ada perasaan ngeri saat memasuki ruangan,tapi suster yang baik sedikit menenangkan saya. Saya berbaring,karena saya juga akan dilihat abdomen bagian bawah,maka saya dimasukan alat seperti selang kecil sepanjang kira2 lengan anak kecil/30 cm ke dalam anus lalu perut saya dipompa dimasukan udara. Setelah itu tempat saya berbaring bergerak masuk kedalam alat CT scan sekitar 10 menit,saat alat CT scan bekerja semua suster dan dokter keluar ruangan itu,mereka mengoperasikan alatnya dari runagan sebelah yg dibatasi dinding kaca.

Alat ST scan berhenti lalu dua orang suster dan satu orang dokter muda masuk dan memasukan cairan kontras ke dalam urat nadi/vena saya seperti biasa saya harus beberapa kali ditusuk. Saya mencoba tertawa saat suster dan dokter itu sibuk menggoda saya,mereka bilang tangan saya terlalu halus hingga urat nadinya tidak terlihat sama sekali.
Saat cairan kontras di suntikkan ke tubuh saya,saya merasa ada rasa panas menyebar keseluruh tubuh,terasa sekali cairan itu menyebar ke seluruh aliran darah. Lalu sekali lagi mereka meninggalkan saya sendirian saat alat itu bekerja. Tak terbayangkan betapa berbahayanya radiasi dari CT scan ini hinggap ditubuh saya.

Sahabat terkasihku,....
kanker ganas yang pernah ada di usus saya tidak ada bahkan tidak terlihat ada keganasan di manapun,meskipun ditemukan ada kista simple di ginjal kiriku dan hemangioma/tumor jinak di liver saya. Menurut dokter itu semua terkendali,kista simple jika saya hidup sehat bisa saja menghilang sedangkan hemangioma karena tidak ganas dokter tidak akan melakukan tindakan apapun karena sangat riskan adanya di hati.Aku hanya harus hidup sehat,tidak stress,makan makanan yg sehat dan follow up terus kondisi tubuh saya. Aku sangat bersyukur... bayang-bayang kanker ganas sedikit menguap seperti angin,alhamdulilah. Saat aku menuliskan ini efek obat masih bekerja,menurut dokter pada sebagian orang cairan kontras tidak berpengaruh tapi saya terus menerus diare dan muntah. Hari ini cukup berat,....selama di RS saya terus menerus kesakitan,sebelumnya selama persiapan perut saya puasa dan dikuras ditambah efek cairan kontras,lengkaplah sudah.Tapi karena saya kelaparan kami memutuskan mampir ketempat makan favorite saya tapi saya justru bolak-balik ke kamar mandi ketimbang menghabiskan makanan saya.

Duhh,..... luar biasa ujian saya saat ini,tapi saya tahu Tuhan sangat mencintai saya. Dia selalu menunjukan jika mulai ada ketidak beresan ditubuh saya hingga saya memiliki kesempatan untuk berobat dan berikhtiar untuk sembuh. Banyak pasien kanker yang tidak tertolong karena kanker mereka ditemukan dalam kondisi yang sudah parah.
Lengan saya memar,suster bilang orang yg pernah khemotherapy venanya gampang pecah,memar dan bengkak.saya masih diare,sempat beberapa kali muntah....tapi saya bersyukur apa yang saya takutkan tidak terjadi,alhamdulillah......

Ini bukan hanya doa orang tua,keluarga dan saya sendiri saja...tapi banyak doa dari teman-teman dan sahabat saya,...termasuk sahabat bloger semua ^^
sahabat saya terkasih yang mendokan saya dari jauh,...yang menghibur dengan barisan kalimat indah dan doanya... Terima kasih,itu sangat berarti.
beruntunglah bagi siapapun yang mendapatkan tubuh yang sehat,...syukurilah dan jagalah ^^

Alatnya persis seperti ini,...

04/07/2010

Jangan ambil kekuatanku saat ini,Tuhan...



Aku mohon,...jangan ambil kekuatanku saat ini Tuhan,jangan...!
jangan ambil kekuatanku untuk bertahan,
untuk menjalani setiap ketetapanMu,
untuk menahan segala rasa sakit,
untuk menahan segala rasa sedih,
untuk menahan rasa sepi yang kadang merambati hati,
untuk terus berjalan meski kadang terantuk dan jatuh.

Jangan ambil kekuatanku,...
untuk tetap tersenyum agar dunia mereka tetap indah.



* aku lelah,....tapi jangan biarkan aku menyerah !

Sahabat blogerku terkasih,...mohon maaf jika aku belum mengunjungi kalian satu persatu,secepatnya insyaallah ^_^
rindu BW tapi kondisi sedang tidak memungkinkan,postingan ini pun hanya memindahkan catatan kecilku di hp ke blog ini. Doakan semoga semuanya berjalan lancar ya....


03/07/2010

CT scan abdomen kontras lengkap pertamaku



Akhirnya jadwal sudah ditetapkan untuk CT scan abdomen lengkap dgn kontras ^^
duuhh...penasaran apa sih CT scan ini ? karena pemeriksaan dgn kontras ini untuk pertama kalinya buatku. Searching dan mencari tahu pada om gogel...hasilnya ada sedikit khawatir,sedikit saja ^_* (teringat pesan dokter lebih baik tanya saya jgn asal browsing) hehe...:p besok saya tanya lagi sm anda dok.. :)

Bukan karena proses pemeriksaannya tapi efek yg ternyata ada bila CT scan menggunakan kontras ini,apa sih media kontras ini ? ternyata memasukan cairan ke dalam tubuh kita bisa oral atau di masukan lewat intravena atau arteri.
nah efek dari media kontras ini yang menimbulkan efek tekanan darah meningkat, sensasi rasa panas dan panas), Ion charge (perubahan EEG, gangguan neurologis, bradikardia) dan kemotoksisitas (menyebabkan muntah, nausea, reaksi alergi, broncospasme, dan reaksi anafilaktik),rasa nyeri,kerusakan otak dan ginjal. belum lagi CT scan ini menggunakan sinar X ray yang tentu saja pasti ada efek sampingnya.

Ini bukan proses pemeriksan medis pertama yang aku jalani,dari USG,papsmear,pemeriksaan jantung,kolonoskopi,segala macam pemeriksaan darah/lab,bahkan operasi dan khemotheraphy....sudah pernah aku jalani.
Tlah kutitipkan semua kekhawatiran,rasa sakit,sedih,gelisah...pada Dia Sang pemilik.
Begitu juga dengan hasil dari pemeriksaan ini nanti,...aku berserah sepenuhnya pada Dia.

Dan ternyata....ckckck,muahal sekali untuk pemeriksaan CT Scan abdomen lengkap dgn kontras ini @_@..... bisa sampe 8,5 juta
Kalo buat jalan-jalan dan shoping kan lumayan ckckck..... :(

Semalam udah buat janji dengan bagian radiologi salah satu RS swasta yg selama ini menjadi tempatku berobat,belum tanya soal lain2nya..pihak RS sudah langsung mendaratkan pertanyaan "ibu udah tahukan berapa biayanya ? " hemmm....tentu saja belum,yang saya tahu cuma muahal saja :p
Semoga semuanya dimudahkan,sebelumnya saya juga harus memeriksakan kadar ureum kreatin dalam darah saya dulu di lab untuk persiapan CT scan ini.

Apa yang saya rasakan...? biasa saja... sudah saya ikhlaskan ini adalah proses hidup yang harus saya jalani. Bukankah no body perfect...? no life perfect....apapun hasilnya nanti saya tetap akan menerimanya dengan senyuman termanis saya ^^
Syukur-syukur jika ini hanya kekhawatiran berlebihan saja dari dokter yang menangani saya 8 tahun ini :)

Buatku hidup hanya menjalani semua ketetapanNya,berusaha sebaik mungkin...sebuah perjalanan tentu akan bertemu dengan akhir,perhentian abadi. dan itu hanya soal waktu,semua orang akan mengalaminya.



* Kira-kira boleh gak ya narsis di alat ini hehehe..... ^_*