13/10/2012

CT Scan Whole Abdomen with Contras


Ini bukan pertama kalinya aku melakukan pemeriksaan medis ST Scan, sayangnya tubuhku lagi-lagi harus mengalami proses medis yang sesungguhnya dunia medis sendiri 'galau' karena sedikit banyak ada efek dari radiasi alat CT Scan ini. Padahal dua minggu terakhir saja sudah USG abdomen dan rontgent thorax plus pemeriksaan darah beberapa kali.

Untuk CT Scan kali ini juga menggunakan cairan bernama contras, dulu karena usus besar juga akan dilihat maka cairan contras dialirkan melalui anus. Sedangkan besok karena yg akan diperiksa Whole abdomenku maka cairan contras itu akan diminum selama beberapa saat, kalau gak salah selama tiga sesi.
Dengan tenggang waktu 20 atau 30 menit dengan memastikan cairan itu menyebar keseluruh abdomen. Rasanya katanya pahit, dan bikin enek. Berwarna putih seperti susu dan agak kental. Hemmm,....agak gimana sih ngebayangin minum cairan contras itu. Tapi anggap aja sirup marjan ^_*

Dulu saat dimasukan menggunakan selang melalui anus, badan terasa agak panas. Saat cairan contras itu mengalir terasa hangat menjalar keseluruh tubuh dan ada rasa aneh dimulut. Dulu efek ke tubuhku, diare dan muntah plus pusing. Besok kalo boleh meminta efeknya jadi cantik atau sehat kali ya :D

Oh iya sebelum pemeriksaan CT Scan contras biasanya kita melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memeriksakan fungsi ginjal seperti ureum dan kreatin nya. Dan puasa minimal 8 jam sebelum pelaksanaannya. Karena besok ada jadwal pemeriksaan laboratorium juga yg mengharuskan puasa, jadi deh sejak malam ini aku puasa. 
Saya sempat agak keberatan waktu diminta untuk CT scan, saya fikir kalau tidak terlalu perlu saya keberatan. Ternyata profesornya bilang ini harus dilakukan. 
Pemeriksaan CT Scan sendiri cukup mahal, untuk CT scan whole abdomen contras di RS Premier International Jatinegara 5 juta rupiah. Itu pemeriksaan CT scannya saja, belum laboratorium dll.

Sebenarnya kondisiku membaik, sudah tidak lemas dan pusing lagi. Sudah masuk makanan, sudah bisa tidur. 3 minggu kemarin turun 7 kg, sekarang sudah naik lagi 1 kg.
Tapi hasil USG abdomen itu yang membuat dokter dan tentu saja aku jg hubby tidak ingin bermain-main dengan kesehatanku yang notabene survivor cancer. Tampak Lesi hiperoic  hemangioma/ focal fatty liver di lobus dextra kanan liverku. Dengan riwayat kanker usus, ini jadi warning. Sesungguhnya dengan divonis kanker, itu sudah menandakan kondisi liver dan imunitas tubuh kita tidak bagus. Tapi sepuluh tahun terakhir dalam pengawasan dokter, pernah tumbuh lagi di 5 tahun lalu, dan bulan ini adalah tahun ke 10 sejak aku pertama kali divonis kanker jelas bukan kabar baik. So,... doakan kali ini aku tidak harus bertemu sel jahat itu ya sahabat :)

Kanker hati jelas mimpi buruk untukku,...prognosis kanker hati sangat mengerikan. Peringkat ke tiga untuk kanker yang sulit disembuhkan dan dengan penyebaran yg sangat cepat  setelah kanker paru dan pankreas.
Focal fatty liver jika dibiarkan pun akan menjadi sirosis, dan jika sudah sirosis dipastikan menjadi kanker hati, jadi siapapun segeralah merubah gaya hidup, pola makan, olah raga, hindari stress dan teruslah menyertakan Allah dalam kehidupan kita.

Saya termasuk pemilih dalam soal makan, terlebih setelah kanker usus dulu, saya rutin yoga, dan terus belajar berfikir positif dan ringan menjalani hidup. Nyatanya,... saya harus melewati sekian pemeriksaan lagi dan terus dalam bayang-bayang kanker. Menyiapkan kemungkinan terburuk tapi mensugesti diri bahwa sel-sel itu takkan pernah kembali. 

Kehidupan adalah perjalanan,...saat ini jalanku agak terantuk, sedikit limbung tapi selalu ada Allah dihatiku. Tidak pernah aku ragu akan kasih sayangNYA sedikit pun. Jika ini kegelapan maka akan kunyalakan pelita dihatiku, yang akan menuntunku kembali pada terang.

Jika tak kutemukan lagi jalan untuk kembali, maka aku pastikan ini menjadi jalanku untuk lebih dekat kepadaNYA. 





# Alatnya nanti seperti ini, tempat tidur itu akan beberapa kali keluar masuk terowongan itu.
Dokter dan suster akan mengendalikan alat ini dari ruang sebelah yang dibatasi dinding dan kaca.
Mereka akan mengarahkan aku contohnya untuk menahan nafas melalui speaker dr ruang sebelah.


Contoh hasil fotonya nanti seperti ini, tapi bagian abdomen / perut.
Umur manusia tidak lebih dari rangkaian waktu dan jatah hidup, semoga ujian dan apapun yang diberikan adalah yang terbaik yang bisa kita lakukan sebagai mahlukNYA. 


Ya Rabb, hingga detik ini aku masih bahagia dan bersyukur menjadi seorang irma...dan kupastikan aku tidak akan menyesal 
menjadi diriku seperti KAU menjadikan aku saat ini.
Doaku malam ini hanya " Ampuni dosaku,... itu saja " amiin.

# Mari tidur dan kecup kaka dan sean dulu, mimpi indah sayap-sayapku... ayah bilang ibu seperti ilalang, rapuh dan mudah tertiup angin tapi tidak mudah kalah meski oleh badai gurun. Semoga ya nak... :)




















14 comments:

  1. berlinang air mata haru membacanya .....
    keteguhanmu kepada Alloh SWT begitu kuat.
    semoga dinda Irma diberikan kesehatan , panjang umur dan barokah dalam menjalani kehidupan yang fana ini ....
    Amin YRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, terima kasih...siapapun yg sudah meluangkan untuk menulis komentar disini :)

      Delete
  2. Tetap semangat Mba Irma, dan tetap cantik ;)

    ReplyDelete
  3. Mbak Irma Cantik...
    semoga mendapatkan segala sesuatu yang terbaik
    karena Allah hanya memilih hamba hambanya yang terbaik dan pilihan untuk menghadapi ujian yang demikian itu...

    semangat yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear mba elsa,...
      Makasih udh ditengokin, aku bhkn blm sempat jln2 ke rmh para sahabat bloggerku.

      Insyaallah, smg diberi tambahan kekuatan :)

      Delete
  4. Replies
    1. Fb nya : Irma susanti
      Twitternya : irmairmasenja

      :)

      Delete
    2. Izin add ya mba Irma....

      Salam kenal ^_^

      InsyaAllah. Allah selalu memberi yang terbaik untuk hamba2 Nya. Aamiin :)

      Delete
    3. Izin add ya mba Irma...

      Salam kenal ^_^

      InsyaAllah. Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hamba2 Nya. Aamiin. :)

      Delete
  5. Hadir dengan menyapa sahabat lama. Semoga elau diberikan ketabahan dadalam mensyukuri nikmati dengan segala keadaan.

    Bila dengan logika manusia segala permasalahan dan persoalana sudah kita optimalkan, maka gunakanlah logika Tuhan dalam mebhadapi ini semua.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn,..terima kasih sudah dijenguk sahabat lama.
      semoga pak,..semoga disembuhkan kembali...trima kasih ya

      Delete
  6. Ya, aku pun tau... kekuatan yang ada dalam dirimu mampu membuatmu bertahan hingga saat ini. Tak perlu khawatir dengan kemungkinan-kemungkinan yang kau ceritakan padaku. Tapi yakinlah pada keikhlasan yang kau tanamkan dalam dirimu. Allah selalu bersama orang-orang yabg bersabar dan ikhlas. Semangat, cin :) *peluk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiksss,.... Gak selalu aku kuat mba :(
      gak selalu, ada saat aku bahkan nyaris gak sanggup meski untuk menguatkan hatiku sendiri.

      Tapi semangat yg patah hanya membuat aku semakin lemah, dan melihat anak-anak adalah smngt terbesarku.

      Doakan aku ya....*peluk sambil mewek

      Delete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)