29/10/2012

Kolonoskopi, lagi ??


Apa itu kolonoskopi ?

Secara teori kolonoskopi adalah  suatu pemeriksaan kolon (usus besar) mulai dari anus, rectum, sigmoid, sampai sekum dan ilium terminale, bahasa awamnya dari ujung ke ujung seluruh bagian usus besar. Tujuan pemeriksaan bagian dalam usus besar ini untuk menegakkan diagnosis pemeriksaan sebelumnya. Meneliti suatu penyakit pada mukosa kolon, ractum, polip di usus besar, atau follow up operasi atau evaluasi kanker pada usus besar, menilai keganasan atau evaluasi polipektomi.
Untuk saya pribadi, pemeriksaan kolonoskopi besok sore untuk melihat semua seperti penjelasan diatas. Melihat ada keganasan yang kambuh, tumbuhnya polip, atau evaluasi operasi pemotongan usus dan tindakan polipektomi.

Persiapan kolonoskopi sendiri sedikit tidak nyaman, bayangkan kita akan setengah puasa hanya boleh minum air putih lalu dikuras habis-habisan, begitu juga tindakan kolonoskopinya sendiri untuk saya pribadi rasanya ' sesuatu' ;)

- Satu hari sebelum tindakan makan bubur nasi dengan kecap tanpa lauk, minum air putih.
- Jam 6 sore minum garam inggris yg rasanya pahiiittt bo *_*
- Jam 6 pagi minum cairan garam inggris yang kedua
- Jam 10 siang minum cairan garam inggris yang ke tiga   
- Jam 1 siang pemakaian dulcolax sup

Prosedur diatas adalah prosedur yang biasanya dilakukan untuk persiapan kolonoskopi sejak satu hari sebelum, selama puasa,  kita akan bolak-balik ke toilet ya jeng...( diet cara ini jgn ditiru yak :D) 
Besok tindakannya dijadwalkan jam 3 sore oleh dokter internistku disalah satu RS swasta dibekasi barat.

Bagaimana perasaanmu ?
Pertanyaan salah satu sahabatku siang tadi via bbm ...hemmmm, rasanya jelas sakit dan tidak nyaman. Sudah beberapa kali melaksanakan prosedur ini, tapi masih saja takut tapi jalani saja. Berdoa dan pasrah :) 







Dua gambar diatas adalah prosedur kolonoskopi, sudah cukup ya menggambarkan gimana tegangnya saya malam ini :D
Sayangnya Kolonoskopi ini tidak dalam pembiusan, 
kita hanya akan diberikan obat penenang. Karena jika kita dibius dan
tidak sadar otomatis usus besar kaku dan tidak bisa dimasuki alatnya.
So,... Wish me luck ya ;) 
 

 

27 comments:

  1. huweeee :'( serem mbaaak ga kebayang kalo harus nempuh prosedur itu... :'( huweeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...thats okey suci, ini hny proses medis untuk pemeriksaan bagian dalam organ tubuh kita :)

      Delete
  2. Rasanya pernah liat di youtube deh, ntar alatnya itu semacam kamera ya mbak? Aku gak bisa ngebayangin rasanya 0_0
    Mdh2an hasilnya baik ya mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba,...aku bahkan pny CD perjalanan menelusuri usus besarku sebelumnya. xixiii....

      Delete
  3. Ananda,
    Jangan terlalu tegang ya nak! Karena bila terlalu tegang mungkin akan menimbulkan stres, sehingga membuat suasana hati, psikis maupun phisik tidak akan nyaman.

    Perbanyaklah istigfar dan zikir, semoga dengan demikian diharapkan ketenangan itu bisa di capai, karena ananda telah berserah diri pada Allah SWT.

    Ayah sendiri tetap akan menemanimu dengan kiriman doa, semoga Allah tetap memberimu ketegaran dan kesabaran, hingga proses pengobatan ini berjalan lancar hingga tuntas, dengan hasil terbaik seperti yang kita harapan
    amiiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayahku,....

      lega rasanya didoakan oleh ayah, aku terharu lg baca tlsn ayah. inget papaku... dan aku tahu papaku jg mendoakan kesembuhanku, begitu jg ayah :)

      Delete
  4. Masya Allah mbak cantik. Kirain sy udah yg paling sakit, tp mbak harus menjalani pemeriksaan seperti ini, menjadikan sakit saya sepele. Tp tulisan mbak menginspirasi sy untuk berbagi pengetahuan kesehatan juga. Semoga hasilnya baik. Saya doakan. Amien.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba,... iya, sy ingin membaginya disini krn ingin teman2 jg paham dan tdk merasa gentar melakukan proses medis jika itu untuk sebuah kesembuhan. saya srg mendenger teman2 sy sendiri bahkan tkt ke dokter pdhl sudah jelas ada yg tdk beres di tubuhnya.

      makasih ya mba :)

      Delete
  5. wah serem banget kayaknya
    aku malah baru denger istilah kolonoskopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu coba buka web ttg kesehatan...

      Delete
  6. Walau serem, Insya Allah aku yakin mbak Irma bisa santai menjalaninya. Bayangin aja wajah anak-anak ya, mbak.semoga itu bisa menjadi kekuatan terbesar. aku ikut mendoakan semoga semua berjalan lancar..,Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin,... iya mereka adalah alasan dari setiap perjuanganku mba ^^

      Delete
  7. ngeri liat gambarnya...smoga sukses ya...

    ReplyDelete
  8. Kata temen aku, pemeriksaan ini klo di daerah barat sono adalah pemeriksaan rutin yg harus dilakukan semua org bahkan yg ga sakit apa2 loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada pemeriksaan rutin seperti ini mba irma gak mau mil,...

      Ini pemeriksaan rutin untuk penderita kanker usus, polip usus, pasca operasi pemotongan usus dan polipektomi. Juga melihat atau mengambil sampel untuk biopsi jaringan disusu mil :)

      Delete
  9. semoga semuanya lancar ya Irma. ikut mendoakan

    ReplyDelete
  10. Masya Allah ... tidak dibius?
    Tetap tenang dan ikhlas ya, neng. Insya Allah semua akan berakhir baik. Allah akan memberi ganjaran bagi orang yang sabar dan ikhlas menerima takdirnya.
    Teteh doakan dari jauh, semoga semuanya berjalan lancar dan berakhir dengan kesembuhan.

    (*hug

    ReplyDelete
  11. hadeuuuh nyut2an sy bacanya mbak.. yg kuat y mbak

    ReplyDelete
  12. semoga semuanya lancar-lancar aja ya mb. cepat sembuh :)

    ReplyDelete
  13. aku pernah lihat proses seperti itu di Oprah

    pastinya menakutkan sekali.

    Mbak Irma, semoga semuanya baik baik saja yaaa

    ReplyDelete
  14. Tante Irma yang cantik...
    semangat yaaaaa

    ReplyDelete
  15. Semangat kakakku cantik.. prosesnya luar biasaaa deh. Seperti yang mbak bilang, pasti menegangkan....

    ReplyDelete
  16. hmm ini dikhususkan utk yg menderita apa yah mba? apa ada penyakit khusus gt?

    ReplyDelete
  17. jadi mau langsung periksa sama kondisi yang sekarang :(

    ReplyDelete
  18. halo mba, kalau boleh tau, biaya nya berapa ya?
    terima kasih

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)