27/11/2012

Gerimis pada langit dan hati


Langit nyaris sehitam beledu,...
Bunga kamboja, melati dan kenanga.
Dengan tanah merah yang menjadi pijakan,
kuhirup aroma yang serupa dengan kesedihan.

Tunaikanlah bisikan angin pada awan , gerimis menderaslah...
Alirkan senyawa air pada daun dan pohon.
Bukankah rintikmu tlah terbiasa,
menjadi harmoni hati yang sepi...
Dan suaramu selalu menjadi juara,
memanggil para pujangga menepi pada jendela. 
Diam memandang saling silang pada ranting pohon dan tanah basah.

Tentang gerimis yang membawa pesan perpisahan...
Hujan langit dan hujan air mata,
luruh satu demi satu...
Apa yang harus kutunaikan ?
Haruskah kuselami ziarah pada tanah merah yg basah,
haruskah kumaki carcinoma yang merengutmu jauh.
aku tertunduk dalam sedu dan sedan. 
Lebur pada Ke Maha KuasaanNya...

Gerimis yang lembut, kabut yang melayang.
Hati yang berawan, dan mata yang menjadi telaga...
Aku rindu dan kehilangan yang sangat !
Tapi aku tahu,...
pertemuan dengan sosokmu akan membawa pengertian-pengertian,
pada kehidupan selepas hujan reda.
Semoga.....

# Puisi ini di ikutsertakan dalam Giveaway Semua Tentang Puisi 



  Image From Here
 


 

131 comments:

  1. asyik akhirnya ikutan juga mba,

    .. gerimisnya jadi menunggu semoga,

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixiiii...iya, ikutan ahh meramaikan GA nya chika rei :)

      annur jg ikutan ya ^^

      Delete
    2. aih.. hujan emang bikin melankolis ya mbak.. *curcol* hehe. salam kenal, mbak Irma ^__^

      Delete
  2. Replies
    1. hehe,...ikut meramaikan mba, makasihh ya :)

      Delete
  3. ASYIKKK puisinya mbak irma syahduuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixii...sama2 meramaikan GA nya chika ya mba :)

      Delete
  4. ikutan juga ya mbak? moga sukses juga ya :)

    ReplyDelete
  5. Bagussss... Spt biasa. Semoga menang mba heheee

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. sedang musim penghujan memang sob :)

      Delete
  7. wah, masuk nominasi kyknya nih...
    moga menang mbak irma,,,

    ReplyDelete
  8. "kuhirup aroma yang serupa dengan kesedihan" gak ada yg bisa bikin kalimat sesendu itu selain mbak irma.. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixiii....bisa ajah, sendunya bukan seneng duit kan rif ? :D

      Delete
  9. Ananda,
    ayah tak tahu harus bilang apa
    karena aksaramu menusuk sukma
    hingga ayah terpana
    dan
    yang tergores dalam hati, hanyalah satu rasa,
    bangga...
    padamu, anakku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ayah,.. ikut meramaikan GA sahabat :)

      Delete
  10. disini ga cuma gerimis
    ujan deras
    berarti tingkat galaunya sudah membanjir ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa yg lg galau ??
      dirimu sdg galaukah?

      Delete
  11. sebuah karya yang akan terus mewarnai jagat ini. sang pujangga beranak dua. hehe ditunggu di rumahku www.bangmisno.com

    ReplyDelete
  12. Puisinya manteb banget deh Mba.. two tumbs up.. :)

    ReplyDelete
  13. selalu berdecak kagum membaca untaian kata-kata mu mba Irma...
    Bagus banget! Sukses yaaaa... :)

    ReplyDelete
  14. keren mbak :)

    #semangat dan semoga lekas sembuh yaa mbak senja :)

    ReplyDelete
  15. sediiih...
    siapakah yg sudah direnggut oleh carcinoma sobat?
    ini kisah nyata kah?

    aku dengar kamu sedang sakit, semoga lekas sembuh ya..
    semoga menang puisinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seorang temanku, dia baru berpulang beberapa hari lalu :(

      hemmm, membaik..terima kasih sahabat :)

      Delete
  16. aku harus koment apa ........
    selain bagus banget mba irma......
    aku selalu suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih pink, tulisanmu jg indah :)

      Delete
  17. speechless deh kalo baca puisinya mba irma :D

    makasih ya mba sudah ikutan GA semua tentang puisi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih chika,..senang bisa ikut meramaikan giveawaymu...

      smg gak pusing milih2 puisi yg cantik dan bagus2 nya ya... :)

      Delete
  18. judulnya aja sudah gimana gitu dalem banget, terimakasih banyak atas infonya......!

    ReplyDelete
  19. saya juga ikutan, tetapi rasanya masih terlalu cuit nyali saya jika dibandingkan dengan ounya mbak.. :)

    ReplyDelete
  20. Selaksa langit yang hamil mendung. Hati tak pernah lelah menerjemahkan kehadirannya. Sementara gerimis bukan berarti hujan ketika aku mengakrabi setiap bait puisimu.
    salam kenal ya mbak? Puisinya bagus. Kalau saya dewan jurinya pasti menang hehehe..(follow juga my blog dunks..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...sayangnya km bukan dewan jurinya ya *_*
      trima kasih ibrahim, sy sudah follow blognya ya

      Delete
    2. saya punya sebuah Ode Buat Irmasenja. Tapi bagaimana cara mengirimkannya yah? Kontak Blognya nggak ada sih?

      Delete
    3. Menunggu ode indah dari mas Ibrahim :)
      irmasenja@gmail.com...

      Delete
  21. puisinya bagus mbak ...
    semoga sukses ngontesnya ...

    ReplyDelete
  22. walau tema nya lebih ke mendung sama gerimis, ada aura manis nya di puisinya. (1st visit malah ngomen aneh2 :) )
    like this TU yaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semanis gula gak?
      trima kasih nurul ;)

      Delete
  23. Tahukah kau apa yang terkandung dalam mendung??
    Bukan hanya gumpalan air tak berarti
    Bukan juga tiuapan angin yg menguap...
    Itu adalah dzikir alam pada Khaliknya..
    Tetes air yg melayang bersama dzat yg bernama ikhlas ..
    Tak ada gerutu yang memaksa
    Tak ada amarah yang menggunung menuju mendung
    Semua untuk menuju ke arahmu..
    Arah dimana tanah mulai menggersang
    Dan aku adalah hujan air kecil yang kan membasahi...


    Puisi hujan yang menyentuh teh Irma...
    good luck




    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun kang,...

      ayoo ikutan, pasti puisi2mu mampu menyentuh hati jurinya deh :)

      nice koment...

      Delete
  24. "pada kehidupan selepas hujan reda"...manis sekali mba ir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu ada hikmah dibalik peristiwa seburuk apapun, right ?
      makasihh mba :)

      Delete
  25. puisinya bagus.. keep writing :)

    ReplyDelete
  26. Jikalau boleh jujur, saya sangat menyukai endingnya puisi mbak Irma! Seperti ada sebuah pengertian disitu... Sukses mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, endingnya pemahaman bhw setiap kejadian slalu membawa byk hikmah.

      makasih sandy ^^

      Delete
  27. kenapa saya nggak bisa ngasih komentar di tulisan yang "Besok Juga Sembuh"?


    "ke kamu", jadi penasaran apa/siapa yang disebut "kamu".. rindu sejatiku pada Rabb yang memilikiku..semoga benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm,kdg ada tulisan yg sbnrnya mngkn gak perlu tertulis bisa jd hny coretan semata. Malu rasanya jika menyediakan kolom komentar :)

      Delete
  28. ayo mbak senja,,
    saya penggemar setiamu,,
    teruslah berkarya,,
    jangan menyerah dengan keadaan,,
    sesungguhnya tak ada sakit yg tak bisa disembuhkan,,
    cukup berserah diri ma Allah,,
    karna tak ada yg abadi didunia ini,,
    cepat ataupun lambat semua kan kembali pada-Nya

    #thanks tuk selama ini karya tulisan mbak senja jadi inspirasiku, di tnggu buat selanjutnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Nda... suport mu luar biasa.
      tentu saja tidak, sakit hanya siklus biasa dlm kehidupan seperti jg sehat.
      pasti mba tetap semangat kok, terlebih disuport sm kamu ;)

      Delete
  29. ayo mbak senja,,
    saya penggemar setiamu,,
    teruslah berkarya,,
    jangan menyerah dengan keadaan,,
    sesungguhnya tak ada sakit yg tak bisa disembuhkan,,
    cukup berserah diri ma Allah,,
    karna tak ada yg abadi didunia ini,,
    cepat ataupun lambat semua kan kembali pada-Nya

    #thanks tuk selama ini karya tulisan mbak senja jadi inspirasiku, di tnggu buat selanjutnya :)

    ReplyDelete
  30. jd terselip kisah nyata jg ya dlm puisimu..
    semoga kerabat dari temanmu itu diberi ketabahan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,...

      seorang teman yg sudah berjuang dan akhirnya menyerah karena kanker/carcinoma :(

      terima kasih ya :)

      Delete
  31. saya lebuh suka sama judulnya gan,mantap keren abis thanks atas infonya.......!

    ReplyDelete
  32. Puisinya bagus banget, Mbak Irma
    Kata dan kalimat tertata dan bermakna.

    ReplyDelete
  33. Romantis.. manis :), aku bahkan lupa gimana cara nulis puisi yang bagus :(.

    makasih mba uda kembali menjengukku :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inul slalu pny cara menuliskan sebuha puisi menjadi sesuatu yg manis :)

      Delete
  34. gini deh klo pujangga beneran bikin puisi....dr kalimatnya bisa ikut merasakan kerinduaannya..heee
    sukaaaaaa ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaaahhh,....xixixi bisa aja nih mba ;p
      trima kasihhh untuk suka-nya mba ^^

      Delete
  35. karena datangnya, senja hanya sementara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ???

      senja singgah diduniamu kah hingga merasakan kesementaraannya?

      Delete
  36. suka banget mba sama puisinya seperti apa yang kurasakan saat ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba,smg kesedihan segera berlalu y :)

      Delete
  37. suka banget mbak sama puisinya seperti apa yang ku rasakan saat ini :)

    ReplyDelete
  38. Cakep banget puisinya, sis.

    Salam kenal dan kalau sempat mampir sekalian mengundang untuk gabung dengan teman2 lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas,..iya, saya akan berkunjung dan bergabung :)

      Delete
  39. Yang pergi semoga tidak hilang kenangannya, yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan dan bisa mengambil hikmah pada keadaan yang terjadi.

    Puisinya bagus Mbak, kehilangan yang tidak cengeng. Semoga sukses diacaranya Chika.

    Salam.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar,..terima ksh juga mas dan ternyata mas mood jg ikutan GA ini ya, puisinya bagus :)

      Delete
  40. kunjungan perdana sobat :) sambil baca2
    visit n koment back y dblogq :)
    skalian follow ya nnti ak follow balik

    ReplyDelete
  41. gak boleh nantangin mbak Irma buat puisi... hehehe.
    Puisinya bagus sekali. Aku yakin bisa menang di GA yg mbak ikuti.

    Sayang aku lama gak blogging, shg banyak GA lewat. Tp kalau GA buat puisi sih aku nyerah sj deh... jelas2 gak berani lawan mbak Irma.

    Apakabar mbak? #kangen

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii...terima ksh mba, tp pesertanya memang bagus2 mba :)

      aku baik mba, tepatnya membaik smg semakin membaik :)
      miss u too *hug* mbaku

      Delete
  42. sukses dengan kontesnya... Puisinya cantik dengan tema bahasa yg sederhana tapi kandungan maknanya sangant mengena.

    ReplyDelete
  43. Circunoma apa yaa mbak? Puisi super kerennnn!! :*
    Makasi banget supportnya di blog saya. Aduh, sampai berkaca-kaca membaca komen mbak. betul, saya harus tetap berjuang, bersyukur, dan tetap semangat. Semua ini hanya tertunda, dan saya yakin Tuhan memberikan yg terbaik. Tuhan pasti menjawab semua doa, sekecil apapun itu..... Terima kasih banyak Mbak. Semoga sehat selalu. xo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Carcinoma itu salah satu jenis kanker Gek, shbt saya meninggal krn kanker.

      Iya, tentu saja ... aku ykn Gek bisa,kalo kaka tazkia ( putriku yg skg di kls 1 SMP ) pny PR inggris yg bundanya gak bisa blh ya tny aunty gek ? ;)
      hihiii...

      terima ksh suportnya selama ini gek untuk mba ir, smg gek sekeluarga jg sehat...salam untuk sikecil ya *hug*

      Delete
  44. Akan ada kabar jingga kan hadir selepas hujan yang datang Mba. Semoga menang dalam kontesnya.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya,...semoga kabar jingga menjadi ending setiap kisah...seindah langit senja :)

      salam

      Delete
  45. Speechless mbak bacanya. Sangat menyentuh,terutama bagian ini "Bukankah rintikmu tlah terbiasa, menjadi harmoni hati yang sepi..." Apakah ini hiburan untuk sebuah pergulatan, untuk sebuah perpisahan, untuk sebuah kekecewaan, untuk sebuah keterpurukan? Namun nyatanya, kita harus siap menghadapi gerimis pada langit dan hati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,..ini kesedihan, sejujurnya ini kata hatiku yg terdalam. Kesedihan yg harus dilewati dan pasti terlewati. terima kasih sam :)

      Delete
  46. Aku suka dengan puisinya :) Salam kenal Mbak. Semoga sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ananda mutiara, salam kenal juga...:)

      Delete
  47. bagus sekali kata2nya,, terasa adem nih peraassaaan,, hehehehe..

    odingkprakoso.blogspot.com

    ReplyDelete
  48. Please let me know if you're looking for a article author for your blog. You have some really great posts and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely love to write some articles for your blog in exchange for a link back to mine.
    Please send me an e-mail if interested. Cheers!
    Also visit my homepage ... samson review

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear samson, will I think... my friend
      and thank you so much for your appreciate to my blog :)

      Delete
  49. Puisinya bagus sekali.
    Semoga bisa menang di "Giveaway Semua Tentang Puisi"

    ReplyDelete
  50. sedih gitu teh puisinya tapi bener teh,diriku salut sama teteh dan konsistensi ma puisinya ^^ smoga menaang

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheu...iya, ini puisi kehilangan yg sarat air mata. air mata untuk seorg shbt yg 'kalah' dan air mata pengharapan untuk aku sendiri.

      sbnrnya gak selalu puisi kok mba :)
      mksh dear *hug*

      Delete
  51. Ternyata bunda punya seorang teman yang jago puisi nih. Ajarin bunda ya gimana sih caranya biar bisa berpuisi-ria begitu indahnya seperti puisi-puisi Irma ini. Saluut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixiii,..bunda bikin aku GR nih.
      masih harus byk belajar aku nya bunda ^^

      Delete
  52. Bagus neng, #datarsambilmelengos, wkwkwkw *ditoyor.
    Kali ini puisimu bisa kucerna, walaupun mungkin maksudnya tak sama dengan yang kamu pikirkan. Keep syahdu, "Matahariku" #eaaa, teasernya keluar di sini tuh judul :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. #jitax :p

      jadi selama ini gak bisa mencera puisiku ternyata, payah xixixi....

      eaaaa, teasernya udh terdengar tp gak ada bukti. itu berarti hoax yak :D

      Delete
  53. Puisi hujan yg magis mba Irma...sukaaaa^^

    ReplyDelete
  54. Wah, ikutan giveaway ya mbak? Semoga sukses..
    Salam kenal balik mbak, terima kasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  55. tapi sayangnya siang ini lumayan terik... semoga gag berkepanjangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga teriknya tidak terlalu membakar ;)

      Delete
  56. aih puisimu, indahnya melulu membasahkan bu...:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak lebih indah dari puisi2mu pak guru ^^

      Delete
  57. Ini puisinya nyentuh bangeeeet. Aseli mbak! Juara lah!

    Salam :)

    ReplyDelete
  58. sambutlah gerimis dengan syukur,agar gerimis menjadi hujan yang menyirani hati mu hingga takkan pernah kekeringan....assalamu'alaikum,salam kenal sob,bahagiaitu indah di tunggu silaturrahmi nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam,...rasa syukur yang membuat gerimis atau treik tetap indah ya mas :0

      salam kenal jg

      Delete
  59. Gerimis merintik teratur
    Mengirimkan salam kerinduan pada hati yang gulana
    maka,
    pertemuan dengan sosokmu akan membawa pengertian-pengertian,
    pada kehidupan selepas hujan reda
    Pelangi kan membias

    ReplyDelete
    Replies
    1. gerimis selalu menghadirkan byk makna... :)

      Delete
  60. Ada yang lebih basah daripada genang air bah dalam hatimu. Buka mata dan lihat orang-orang baru sibuk mengetuk pintumu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. indahnya membuka hati dan menerima begitu byk kasih sesama :)

      Delete
  61. hai.. makasih ya sudah ikutan GA nya
    tunggu pengumumannya tanggal 1 januari 2013 ;)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)