27/12/2013

Untuk apa ?



Image by Google

Hari ini saya benar-benar berkeliling sejak pagi diluar rumah, diawali ke klinik lalu 'ngasuh' krucil yang pengen nonton dan jali-jali ke mall. Kebetulan mama dan papa saya juga sedang berkunjung ke Bekasi. Setiap awal tahun saya memang harus persiapan menjalani pemeriksaan rutin terkait kesehatan saya, dan tadi agak dicemberutin gitu sama pasien lain karena kelamaan di ruang dokter kayanyah xixixii... begitu saya keluar ruang, ibu yang duduk antri pada asem :)))
Maaf ya bu, tadi malah asyik rumpi sama dokter saya yang baik hati ituh.

Jadi apapun keluhan saya, teuteup apapun bentuknya kudu di follow up karena history saya yang lumayan agak panjang terkait kesehatan. Jadi ada jadwal lanjutan untuk check up bertemu specialist besok atau awal minggu depan. Hemmm, saya sempet cerita-cerita dengan dokter klinik tadi, dan dokter sempet ngingetin saya juga tentang jadwal check up kolonoskopi saya awal tahun nanti.

Rempong ya kalo ngomongin soal RS dan medis, asli deh... makan waktu, makan biaya belum lagi emang enak jadi pasien ituh apah ??. Saya jadi teringat curhat seorang teman disosial media beberapa hari lalu yang katanya merasa dibodohi sama seorang sahabatnya yang mengaku sebagai survivor kanker tapi sebenarnya dia gak pernah sakit kanker. Saya sempat bengong sekian menit mendengar ceritanya, dan gak habis pikir mengapa ada orang yang mau berpura-pura sebagai survivor atau pasien kanker ???

24/12/2013

Diantara rintik hujan di kota Bogor bersama emak blogger.

Selamat pagi, hawa liburan sudah terasa sangat ya mak... bagi sebagian teman-teman mungkin sudah ada yang sedang berlibur diluar kota ya. Aihhh senangnya, saya dan keluarga memang belum punya rencana liburan kemana pun.

Oh iya, ada cerita istimewa di hari ibu kemarin. Selain bertebarannya kisah-kisah inspiratif para emak bersama ibu-ibu tercintanya. Anak-anak saya juga mengucapkan selamat hari ibu pagi itu, dapet pelukan dan say i love u dari kaka dan sean. Dan yang berbeda mungkin karena hari itu, saya berkesempatan bersilaturahmi dengan para ibu luar biasa di Taman Koleksi Bogor dari emak-emak Blogger. Meski diiringi hujan dan lagu-lagu galau di mobil, saya dan mak Mira sahid semangat berkunjung ke kota hujan.

22/12/2013

Ibu, Cinta Tanpa Akhir


Mama adalah pelita setiap gulita hidupku, doamu adalah penerang langkahku

Dear Mama,...

Dan ketikan jemariku terhenti dikata pertama ketika mengingatmu dan mataku mulai berkaca. Bagian mana yang harus aku tuliskan disini tentang kecintaanmu pada anak-anakmu Ma ? Bagian mana yang harus kuabadikan dalam aksara, karena semua mengabur dan menjadi butiran bening yang mengalir dari sudut mataku saat mengingat pengorbananmu bagi kami.

Tentang kesakitan dan tetesan darahmu saat melahirkanku...tentang malam-malammu yang terjaga ketika menemaniku saat aku merengek sepanjang malam. Tentang langkah-langkah pertamaku yang membuatmu lelah karena ku berlari kesegala arah, tentang kenakalanku , tentang perlawananku kala masa remaja yang membuatmu mulai mengurut dada. Tentang kecemasanmu pada pilihan-pilihan hidupku. Tentang keluhan-keluhanku dan kegelisahanku yang kadangkala tak peka kutumpahkan padamu, tentang kesakitanku , tentang konflik hidupku , tentang debat-debat kita karena aku kadang sok pintar dan sok benar.

Bagian mana yang harus kutuliskan atas semua rentetan kecemasan yang kuberikan padamu, tentang kekhawatiran yang harus kau rasakan karena aku. Bagian mana Ma ? karena semua episode hidupku selalu ada doa-doamu yang tanpa lelah mengiringiku. Selalu ada cinta kasihmu yang tak pernah berubah arah apapun adanya aku.

Tidak akan usai jika harus kutuliskan betapa berartinya dirimu bagiku Ma,...tidak akan terbalas dan terbayarkan meski seisi dunia kuberikan padamu untuk membalas semua cinta kasih dan pengorbananmu. Bahkan Allah mensyaratkan keridhoanNya karena ridhomu. Bahkan Allah menutup semua pintu kebaikan dan ampunan tanpa keikhlasanmu.

Mama,... di hari ibu ini, aku hanya ingin mengatakan terima kasih untuk cintamu yang tanpa akhir. Untuk kasih sayangmu yang menyembuhkan, untuk kesabaranmu yang tanpa batas, untuk ketulusan dan air matamu yang meneduhkan. Mama,... neng sayang mama.

“ Ya Allah,...terima kasih untuk anugerah terbaik yang kumiliki yaitu Mamaku “

21/12/2013

Smart dalam Definisi ku

Apa sih definisi " SMART " buat kamu ?

Ketika kita dihadapkan pada pilihan-pilihan kehidupan yang kadangkala membuat langkah kita  terhenti sesaat karena ragu untuk melangkah, namun tetap memutuskan berjalan dan membuat pilihan setelah mempertimbangkan segala konsukuensi yang akan kita hadapi. Menurut saya itu smart.

Ketika seseorang datang entah keluarga atau sahabat untuk bercerita dan berkeluh, lalu kita bisa menempatkan diri, dengan terlebih dulu banyak mendengar sebelum memberinya saran atau masukan. Tidak hanya bersimpati namun dengan tulus memberi empati. Mencoba berdiri pada posisinya, dan mempertimbangkan saran yang akan kita berikan baik buruknya. Menurut saya itu juga smart.

14/12/2013

Rahasia Kesehatan Kewanitaan dan Sensasi Privē

Berawal dari pesan FB yang saya terima dari Mba Ulfa beberapa minggu lalu yang meminta alamat rumah saya untuk dikirimkan produk perawatan kewanitaan ( feminine hygiene ). Sampai akhirnya saya mendapat tawaran untuk hadir pada acara press conference dan memberi testimony di sana. Tapi gak pas rasanya kalau saya bahkan belum kenal seperti apa produk pembersih kewanitaan tersebutkan ?

Ngomong-ngomong soal feminine hygiene sebenarnya saya kapok menggunakan pembersih kewanitaan seperti yang banyak beredar dipasaran saat ini. Kenapa ? karena saya punya pengalaman kurang menyenangkan berkaitan dengan produk pembersih kewanitaan sebelumnya yang saya pakai. Sebagai seorang wanita yang sudah menikah, niat hati ingin slalu tampil segar dan fresh saya justru alergi setelah menggunakan pembersih kewanitaan. Entah karena kandungan produknya atau karena area pribadi saya yang cemderung sensitive pada produk tertentu.  Akhirnya saya memilih kembali ke cara tradisional deh, menggunakan rebusan daun sirih. Tapi hari gini cari daun sirih jelas gak gampang loh, apalagi diarea kompleks perumahan dimana saya tinggal sulit sekali menemukan pohon daun sirih. Harus pesan khusus dari mba sayur, dan itu pun kalau dia gak lupa. Belum lagi gak praktis, harus dicuci dan rebus-rebus dulu. Tapi gimana lagi, saat itu saya memang kapok dengan aneka jenis sabun pembersih kewanitaan.

  Paket cantik dari privē

13/12/2013

Intermezo

Beberapa hari lalu saya menerima mention dari mba Astri mengenai permintaan dia sebagai reporter dari acara syafaat Trans 7 untuk meliput saya sebagai survivor kanker usus besar. Terus terang tawarannya gak langsung saya sambut, saya sempat berfikir dan merasa ragu . Saya khawatir liputannya lebih ke memaparkan penderitaan si pasien dan terus terang itu tidak ingin saya lakukan. Saya sempat diskusi dengan sahabat dan suami saya lalu karena masih juga ragu saya diskusi dengan papa saya.

Diniatkan untuk menebar sikap optimis dan berbaik sangka terhadap takdir Allah saya memutuskan menerima tawaran untuk diliput sebagai survivor kanker usus besar. Akhirnya kemarin syuting yang berlangsung sekitar hampir 2 jam dilakukan dirumah saya. Saya sempat menawarkan diri untuk pengambilan gambar ditempat lain mengingat rumah saya juga tidak terlampau besar tapi mereka memilih dirumah karena ingin meliput kegiatan saya sehari-hari.

Untunglah Mba Astri dan kameramennya Mas Sandy ramah dan supel banget, jadi saya nyaman ajah. Selain wawancara mereka jg meliput keseharian saya, ngeblog, minum obat yang memang saya konsumsi, main dengan krucil dan yoga. Mereka juga mengambil gambar beberapa file kesehatan mengenai perjuangan saya. Untung gak minta saya nyuci dan ngepel ya karena itu jaraaaang banget saya lakuin :))) . Baiklah,..will see seperti apa nanti saya ditelevisi yak, semoga gak malu-maluin banget *tutupmuka*

07/12/2013

Oleh-oleh Emak dari Jogja

Mau berbagi cerita oleh-oleh dari kota Jogjakarta kok saya malah bingung ya, seruuuu sih. Perjalanannya, penginapannya, makanannya, foto-fotonya, acaranya, tapi giliran diminta dituliskan malah bingung. Tahu dong perjalanan mana yang saya maksud ? apalagi kalo bukan ajang silaturahmi senusantara Blogger Nusantara #BN2013.

Acara apa sih Blogger Nusantara itu Neng ?

Acara ini diselenggarakan setiap tahun, saya kurang tahu sejak kapan tepatnya. Tapi baru tahun ini saya daftar, dan datang keacaranya yang diselenggarakan di kota gudeg Jogjakarta. Pertama daftar dan liat list pendaftarnya saya takjub dan geleng-geleng kepala, gilaaa lebih dari seribu blogger yang mendaftar loh.
Saya sempat berfikir, acaranya seperti apa ya ? dengan peserta sebanyak itu, dan sebagai blogger yang juga pernah beberapa kali ikut kepanitiaan diacara blogger saya tahu gak akan mudah menghandle segitu banyak peserta. Dan saya semangat banget ikutan acara ini.

Alasannya apa sih ikutan Blogger Nusantara Neng ? 

Alasan pertama ya karena dapet ijin dari hubby dan krucils untuk beberapa hari meninggalkan rumah, gak diijinin ya gak bakal datang :D. Alasan kedua pengen tahu seperti apa keseruan seperti yang dituliskan para admin blogger nusantara di web nya. Alasan lainnya karena bareng sahabat-sahabat makmin KEB donk, gak kebayang donk perjalanan panjang naik kereta api meski Ekonomi AC bareng emak-emak seru ituh. Pengen juga ketemu sama makmin KEB mak Carra yang bisa ketemu hanya jika menginjakan kaki dikota Jogja :D
Belum lagi bisa kopdar dengan para emak blogger dan teman-teman blogger lainnya daannnnn..... jali-jali di kota Jogja ^_^

25/11/2013

Kensu Wedang Ronde

Pagiiii,... *semangat ^_^

Bertemu lagi dengan hari senin, siap menjalani aktifitas minggu ini lagi ya. Liburan kemana weekend kemarin? jalan-jalan, shoping, ke mall, ke pantai atau santai aja di rumah. Apapun dan kemana pun yang terpenting menikmati waktu libur bersama orang-orang terkasih.

Weekend kemarin full time dengan keluarga kecil saya, riweuh sih dengan sabtu pagi karena berebutan jadwal masuk kelas yoga dan anter jemput yang eskul dan urusan rumah tangga. Sempet minta ganti hari untuk jadwal kelas yoga, tapi sayangnya banyak teman-teman yang ngantor dan tetep keukeuh kelas yoga dihari sabtu. huhuuuu...akhirnya saya jadi sering bolos dan harus puas hanya yoga dirumah sendiri.

Hari sabtu kemarin selain keriweuhan di pagi hari, jelang siang ke undangan teman sean disekolah. Lanjut nemenin hubby mengunjungi temannya yang melahirkan. Menjelang malam kita putuskan untuk cari cemilan setelah bermacet-macet di Bekasi. Luar biasa ya kalau weekend di seputaran bekasi ituh, pegel aja macetnya gak tahan. Karena bosen kulineran di seputaran harapan Indah, hubby ngajakin ke tempat angkringan yang sering dia lihat sepulang ngantor.

21/11/2013

Penyintas



Bila teman-teman pernah membaca tulisan-tulisan saya, pasti sering menemukan kata " penyintas " entah dalam puisi, atau artikel yang saya tulis diblog. Beberapa kali saya juga menemukan pertanyaan dikolom komentar yang bertanya tentang " apa sih arti kata penyintas itu Mba ? " .

Dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata kata penyintas muncul pertama kali sekitar tahun 2005. Kata ini muncul bukan dari kalangan sastra atau bahasa, tapi justru dari aktivis-aktivis kemanusiaan dan bencana. Mereka menyebut korban-korban yang bisa bertahan dengan sebutan penyintas. Mungkin saja para aktivis ini mencari kata yang lebih mudah dari sebutan survivor atau korban yang selamat. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata sintas adalah kata sifat yang berarti yang bertahan hidup atau yang mampu mempertahankan diri. Jika diartikan, penyintas adalah orang yang terus bertahan hidup atau yang selamat dari suatu peristiwa atau bencana berbahaya yang bisa saja menyebabkan kematian/ mengancam nyawa. 

18/11/2013

Alergi Dingin mendera


 Image from Google

Musim penghujan sudah dimulai, November yang dingin. Setidaknya seminggu ini udara kota Bekasi jadi dingin cenderung suram dan lembab. Semoga saya gak terlalu lebay menggambarkan udaranya ya, setidaknya itulah yang saya rasakan beberapa hari terakhir. Krucils juga sulit diajak kompromi, cuaca mendung dan hujan tapi AC tetap harus menyala. Alhasil Ibunya kedinginan dan sesuatu yang jarang terjadi pun terjadilah, alergi dingin. 

Gak asingkan dengan alergi dingin, biasa disebut dengan sebutan Cold Urticaria. Alergi ini biasanya bereaksi begitu seseorang terkena paparan langsung udara dingin atau air dingin, bisa juga saat terjadi perubahan suhu yang drastis. Reaksi alergi terjadi saat pelepasan Histamin yang cukup besar  menyerang sistem kekebalan tubuh, orang-orang yang mudah terserang alergi biasanya akan mudah sesak dan sulit bernafas.

13/11/2013

Happy Father Day, Papa

Papa,...

Terakhir bertemu kita hanya sedikit berbincang, tapi Papa tidak pernah lupa memeluk dan menciumku dan aku berbisik " doakan neng Pa " dan Papa selalu menjawab tentu saja sayang.

Orang-orang bilang kesayangan Papa adalah adikku. Tapi komunikasi kita selalu baik, Papa adalah temanku cerita dan curhat sejak jaman remaja dulu hingga kini. Papa dan Mama adalah sepasang orang tua yang memanjakan anak-anaknya, seringkali aku berfikir keegoisan kami saat ini mungkin karena terlampau kalian manjakan hehee... 

Komunikasi kita saat bertemu adalah bermanja-manja, bercengkrama tapi papa juga menguatkan disaat-saat terburukku. Aku dekat dengan Mamaku, anehnya setiap aku punya masalah Papalah yang menjadi tempatku curhat dan bercerita. Sesuatu yang buruk selalu menjadi terasa ringan jika curhat padanya.

Humaira


Credit


Aku masih di sudut ini, siku dari sebuah ruang bernama kehidupan.
Tidak ada yang akan menyadari betapa tatapanku hanya lurus memandang ke satu titik.
Saat bola mataku yang hitam hanya menujumu.

Kamu seperti drama Tuan,
yang tidak sejak awal tayang sudah aku gandrungi.
Tapi disetiap episode lanjutannya aku terpesona dan tidak bisa berhenti,
bahkan untuk sekedar mengalihkan pandangan.

Ini bukan tentang pesona visualmu yang membiusku,
ini tentang debaran tak kasat mata yang kau alirkan diam-diam lewat semesta.
Dan menemukanku dalam gelombang yang sama.
Ini tentang lintasan ingatanmu yang terus kau hidupkan,
meski waktu berjalan cepat atau lambat.

06/11/2013

Psikosomatis

Pernahkah teman-teman mengalami kondisi dimana tubuh kita sedang dalam kondisi sehat atau baik-baik saja, tapi tiba-tiba menjadi sakit ? kepala pusing, perut mual, ulu hati nyeri, dan keringat dingin bahkan seluruh tubuh , menjadi tidak nyaman. Bisa jadi teman-teman mengalami apa yang dinamakan psikosomatis. Tentu saja ada penyebabnya, bisa jadi bukan karena fisik kita yang sakit loh.

Jadi psikosomatis adalah : kondisi di mana sejumlah konflik psikis atau psikologis dan kecemasan menjadi sebab dari timbulnya macam-macam penyakit jasmaniah atau justru membuat semakin parahnya suatu penyakit jasmaniah yang sudah ada. Terdapat kaitan antara tubuh dengan jiwa. Contohnya, kemunculan emosi-emosi tertentu bisa disebabkan oleh faktor mental, namun juga oleh faktor jasmaniah. Maka jelas ada interdepensi atau saling ketergantungan antara proses mental dengan fungsi somatis/fisis. Konflik-konflik batin dan kecemasan-kecemasan hebat yang terus menerus bisa menjadi sebab dari timbulnya macam-macam penyakit soma. Dalam hal ini, ada kegagalan pada sistem syaraf dan sistem fisik untuk memperingan atau menyerap kecemasan dan konflik psikis tadi. Lalu muncul psychosomatic disorder atau gangguan/kekacauan psikosomatik. Dengan kata-kata lain: kondisi jiwa menentukan timbulnya penyakit soma/ badan. Sebagai contoh, oleh rasa ketakutan yang hebat, detak jantung menjadi sangat cepat dan ada kelelahan yang ekstrem dari reaksi asthenis. Percepatan detak jantung dan reaksi asthenis itu, kedua-duanya adalah betul-betul gejala fisiologis atau jasmaniah yang disebabkan oleh konflik-konflik emosional yang sifatnya psikologis. Reaksi somatis ini bisa mengenai segenap fungsi dan sistem-sistem organis penting dari badan manusia. Misalnya mengenai: lambung perut, alat pencernaan, sistem peredaran darah, alat pernapasan, sistem kelenjar, alat kelamin, sistem persendian, kulit, limpa, jantung, ginjal dan lain-lain. ( Sumber : Wikipedia ).

03/11/2013

Nilai anak turun mari koreksi diri

Akhirnya nilai ujian mid semester kedua buah hatiku dibagikan, dan nilai-nilai keduanya terjun bebas. Beberapa mata pelajaran mereka nilainya tidak bagus. Sebagai bunda tentu saja saya kecewa tapi itu tidak membuat saya uring-uringan lalu memarahi mereka, tentu selama awal semester ini saya tetap mendampingi mereka belajar tapi kenyataan nilai-nilai kedua anak saya mid semester ini anjlok membuat saya harus mengoreksi diri saya sendiri.

Dan inilah hasil koreksi saya pada diri saya sendiri,

- Saya kurang tegas menegakkan disiplin, masih mudah luluh saat mereka merajuk atau parahnya merayu emaknya ini dengan wajah memelas mereka.
- Saya terlampau memanjakan mereka,  gak tega kalau mereka meminta sesuatu padahal jelas itu diluar peraturan yang saya buat sebelumnya.
- Sebagai Bunda saya kurang konsisten soal disiplin tadi.
- Mungkin saja saya juga kurang fokus dan hanya sibuk dengan kegiatan saya, anak-anak mungkin tidak hanya membutuhkan kehadiran Bundanya saat mereka belajar dan di rumah tapi fokus orang tuanya terbagi juga pada hal lain. Saya berfikir multitasking itu tidak lagi cukup baik dalam mendampingi anak-anak. Kita pasti sering ya mak, multitasking. Sebagai emak kita pasti jago melakukan beberapa hal dalam waktu bersamaan.

28/10/2013

Benang Merah


Image By Google

Yang kamu bilang benang merah itu mungkin seperti,
meski waktu berjalan cepat atau lambat
kita jauh atau dekat...
terucap atau terendap, kita masih terus bersama.
 dalam hati yang saling mengikat.

Iya, benang merah kita...

25/10/2013

Mencari keseimbangan hidup dengan Yoga

Memasukan olah raga kedalam jadwal harian kita sebenarnya bukan hal yang sulit, tapi bukan juga persoalan gampang. Semua kembali ke niat dan motivasi juga disiplin. Saya bukan pencinta olah raga, sejak kecil olah raga adalah sesuatu yang sangat saya hindari. Jaman sekolah dulu, olah raga adalah duduk-duduk dipinggir lapangan dan melihat teman-teman saya bermain basket atau volley. Sekalinya dipaksa berolah raga, saya akan langsung jatuh sakit. Cengeng banget ya -__-

Setiap orang akan menemukan kesempatan untuk belajar, dan kanker usus membuat saya belajar menemukan dan mencari kecintaan karena kebutuhan tubuh saya terhadap olah raga. Saya bingung saat suatu hari saya datang ke ruang praktek dokter dengan keluhan pasca perawatan dan jatuh bangunnya kondisi fisik saya. Tubuh saya sakit, semua persendian nyeri, sakit kepala menerus, galau berkepanjangan, dan nyaris depresi. Dokter hanya memberi saya obat penghilang sakit dan obat penenang/obat tidur karena saya juga selalu insomnia. Dan saran untuk OLAH RAGA...

24/10/2013

Menurunkan Risiko Kanker Usus


Image by Google

Sebagai seorang survivor kanker usus, ada beberapa pantangan yang terus dikatakan dokter yang merawat saya selama ini, perbanyak buah dan sayur dan hindari makanan yang dibakar/panggang. Kebayang donk saya harus merelakan menu lezat seperti sate ayam, sate kambing, ikan bakar , daging panggang, atau ayam bakar menjadi makanan mewah yang tidak saya ijinkan untuk sering-sering ada di meja makan saya.

Menurut sumber kesehatan yang saya baca bahwa makanan yang di bakar/ dipanggang menjadi salah satu pencetus munculnya kanker usus. Zat yang berpotensi menyebabkan kanker disebut polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) dan ( HCAs) yang masuk ke dalam daging melalui asap saat pemanggangan. Karena favorite keluarga saya dulu adalah semua makanan yang di bakar atau panggang. Dan sudah pasti daging bakar, ikan bakar, sate, ayam bakar jadi kegemaran dan favorite saya. Dan tanpa saya sadari cara memasak seperti dibakar ini tidak begitu sehat, dan perlahan racun-racun karsinogenik masuk dan bertumpuk dalam tubuh dan menjadi kanker.

20/10/2013

Nyanyian Sunyi



Aku pernah menatapmu dengan begitu dalam,
tatapan yang kau artikan seteduh belaian embun,
tentang rintik derai hujan yang reda berganti pelangi,
kau juga melukisku dengan keindahan bunga tanjung,
kau abadikan pada kanvas juga lembaran catatan hati.

Maafkan untuk musimku yang selalu bergegas lekas,
membiarkan boulevard kita sunyi,
menerbangkan asa ke angkasa mimpi,...

Jangan imani aku,...
ikrarmu pada pemilik Arasy sungguh membuatku malu,
aku tak seindah lengkung indah warna pelangi.
Aku hanya ilalang kecil di tepi savana,
yang mudah tertiup angin,
meliuk kemana badai gurun mengepung.

Bukan aku yang membakar sajak kecilmu,
aku hanya berjalan dan mungkin tenggelam,
dalam taman cakrawalaku.
Aku pergi bukan untuk menerbangkan rindumu menjadi abu,
aku hanya ingin berhenti menjadi semu dalam lingkup langitmu...

18/10/2013

Kanker Payudara : Save Your Life


Saya menerima bbm dari Mba Wiwik kemarin lusa sudah hampir sore,ajakan untuk menghadiri talkshow" SAVE YOUR BREASTS, SAVE YOUR LIFE " yang diadakan oleh Grand Indonesia shopping town berkerjasama dengan salah satu perusahaan farmasi Roche, Yayasan kesehatan payudara Jakarta dan Majalah Grazia Indonesia.

Kami sepakat bertemu di Bekasi square jam 10.30 wib siang ( 17 Oktober 2013 ), agak terlambat dari jam yang disepakati sih karena saat hendak berangkat ada saudara yang mampir sebentar ke rumah. Alhasil saya sedikit ngaret, tapi segera saya kirim pesan ke Mba Wiwik kemungkinan saya akan datang sedikit terlambat supaya Mba Wiwik tidak terlalu lama menunggu disana. Dan benar, begitu saya memasuki parkiran besqi mobil Mba Wiwik pun baru memasuki parkiran. Saya parkir kendaraan saya di parkiran basement Besqi, dan menuju tempat talkshow menggunakan mobil Mba Wiwik. Sesuai dengan yang kami khawatirkan, memasuki tol dalam kota menuju Jakarta jalanan merayap padat.

Saya sempat berfikir pasti kami sudah ketinggalan acaranya nih, karena jadwal talkshow jam 12.00 wib dan menyesalkan karena saya begitu ingin hadir dan menyimak semua acaranya tanpa terlewatkan. Tapi alhamdulillah, sepertinya macet dan jalanan padat ini dialami oleh hampir semua orang yang menuju acara Talkshow ini. Sampai di West Mall Grand Indonesia jam sudah di angka 1.30 siang dan acara belum di mulai. Sekitar 15 menit kemudian acara dimulai, diawali dengan sambutan singkat dari Mba Dinia Widodo selaku Asistant Public Relations Manager Grand Indonesia Shopping Town.

FlashFiction maybe : Survivor


Dok. Pribadi

Udara tampaknya akan cerah hari ini, setelah menyempatkan yoga dan sarapan beberapa potong buang mangga aku mandi dan bersiap lalu mengendarai mobilku menuju acara keren yang akan memperkaya batinku. Sengaja kupakai blouse pinkku, dengan kulot warna lembut dipadu wedges. Syukurlah acara belum dimulai, standing banner dan pernik-pernik acara tampak serasi dengan blouse yang kupakai, pink cantik. Seminar dipaparkan, aku menyimak dengan penuh perasaan. Senang,...wawasanku akan bertambah.
Tiba pada sesi tanya jawab, telunjukku terangkat.

" Saya seorang survivor kanker kolon atau usus besar, bagaimanakah kemungkinan atau resiko untuk saya terhadap kanker payudara atau breast cancer. Terima kasih "

Narasumber itu menjawab " Sebelum saya divonis kanker payudara, saya menderita kanker kolon... "

Note : Sesaat ada yang tercuri hari ini, riangku...

14/10/2013

Lintasan Hati di Sunyinya Pagi

Selamat Pagi,...
Iya, langit Bekasi bahkan masih berwarna kelabu matahari masih bersembunyi ditudung langitnya yang maha tinggi. Sehari menuju hari raya Idul Qurban, udara seolah ikut serta menyejukkan alam raya.
Subhannallah,.. saat ini beribu,berjuta umatMu sedang berada di Padang Arafah menunaikan wukuf menyempurnakan ibadah dan ketaatan kepadaMu ya Rabb.

Tidak ada tempat yang paling dirindukan umat islam selain bernafas di tempat yang sama di mana kiblat semua muslim mengarah padanya. Menatap Kabah dengan haru dan rindu, mengucap takbir melihat dan berjalan pada padang dan tanah suciMu. Menyentuh Hajar Aswad, membayar kerinduan pada Nabi dengan mengunjungi makamnya. Seseorang pernah mengatakan padaku, apapun yang indah, yang menjadi impian dan keinginan. Lintaskan slalu dalam pikiran dan hatimu.

Kulintaskan dalam hati kerinduan pada rumahMu di Tanah Mekah, hanya dengan membayangkannya saja betapa begitu kecil pada segala keMaha BesaranMu di sana ya Rabb. Jadikan aku salah satu mahlukMu yang beruntung yang Engkau undang ke sana ya Allah. Amin.

12/10/2013

FlashFiction : Rumah Indah


Credit

Senyum manisku harus tetap terpasang indah membingkai wajahku, dengan gaun hitam memperlihatkan bahu dan leherku yang sempurna, aku pasti terlihat begitu cantik. Hiruk pikuk pesta dan sanjung puji seperti kabut berterbangan malam ini. Rekan dan undangan sibuk memberikan selamat untuk kesuksesan karier dan keluarga sempurnaku. Rumahku penuh cahaya benderang, gelak tawa terdengar disetiap sudutnya. Aneka kudapan tersusun dimeja begitu cantiknya, bunga-bunga segar dan sebuket ucapan happy anniversary teronggok indah disudut ruang. Dan Ryan suamiku tampak tersenyum mesra memberikan ciuman jauh saat melihat kearahku yang kubalas dengan senyum mesra dan kerlingan mata. Ryan tertawa menemani teman dan kerabat kami di sana, dia selalu sangat menawan penuh kharisma dan tanpa cela dimana pun. Kehidupan kami sangat sempurna,... hanya saja aku butuh lebih banyak obat tidur untuk membantuku tidur sepanjang malam, Ryan butuh lebih dari sekedar di mengerti. Dan kami tidur dikamar yang terpisah.

10/10/2013

Bila Tiba,...



 Saat tiba di ujung hela 
Mata tinggi tak sanggup bicara
Mulut terkunci tanpa suara

Bila tiba saat berganti dunia
Alam yang sangat jauh berbeda
Siapkah kita menjawab semua pertanyaan

Bila nafas akhir berhenti sudah
Jantung hati pun tak berdaya
Hanya menangis tanpa suara

Mati tak bisa untuk kau hindari
Tak mungkin bisa engkau lari
Ajalmu pasti menghampiri

Mati tinggal menunggu saat nanti
Kemana kita bisa lari
Kita pasti kan mengalami,
Mati...

  " Setetes air mata menyatukanku dengan mereka yang patah hati, seulas senyum menjadi sebuah tanda kebahagiaanku dalam keberadaan... Aku merasa lebih baik jika aku mati dalam hasrat dan kerinduan... ketimbang jika aku hidup menjemukan dan putus asa "  ~ Kahlil Qibran
Saat tiba nafas di ujung hela Mata tinggi tak sanggup bicara Mulut terkunci tanpa suara Bila tiba saat berganti dunia Alam yang sangat jauh berbeda Siapkah kita menjawab semua Pertanyaan Bila nafas akhir berhenti sudah Jatung hatipun tak berdaya Hanya menangis tanpa suara Mati tak bisa untuk kau hindari Tak mungkin bisa engkau lari Ajalmu pasti menghampiri Mati tinggal menunggu saat nanti Kemana kita bisa lari Kita pastikan mengalami Mati Mati tak bisa untuk kau hindari Tak mungkin bisa engkau lari Ajalmu pasti menghampiri Mati tinggal menunggu saat nanti Kemana kita bisa lari Kita pastikan mengalami

dari: http://iniliriklagunya.blogspot.com/2013/05/lirik-lagu-ungu-bila-tiba-ost-sang-kiai.html#.UlXrZlMY24w
salam kenal ya :)
Saat tiba nafas di ujung hela Mata tinggi tak sanggup bicara Mulut terkunci tanpa suara Bila tiba saat berganti dunia Alam yang sangat jauh berbeda Siapkah kita menjawab semua Pertanyaan Bila nafas akhir berhenti sudah Jatung hatipun tak berdaya Hanya menangis tanpa suara Mati tak bisa untuk kau hindari Tak mungkin bisa engkau lari Ajalmu pasti menghampiri Mati tinggal menunggu saat nanti Kemana kita bisa lari Kita pastikan mengalami Mati Mati tak bisa untuk kau hindari Tak mungkin bisa engkau lari Ajalmu pasti menghampiri Mati tinggal menunggu saat nanti Kemana kita bisa lari Kita pastikan mengalami Mati

dari: http://iniliriklagunya.blogspot.com/2013/05/lirik-lagu-ungu-bila-tiba-ost-sang-kiai.html#.UlXrZlMY24w
salam kenal ya :)
Saat tiba nafas di ujung hela Mata tinggi tak sanggup bicara Mulut terkunci tanpa suara Bila tiba saat berganti dunia Alam yang sangat jauh berbeda Siapkah kita menjawab semua Pertanyaan Bila nafas akhir berhenti sudah Jatung hatipun tak berdaya Hanya menangis tanpa suara Mati tak bisa untuk kau hindari Tak mungkin bisa engkau lari Ajalmu pasti menghampiri Mati tinggal menunggu saat nanti Kemana kita bisa lari Kita pastikan mengalami Mati Mati tak bisa untuk kau hindari Tak mungkin bisa engkau lari Ajalmu pasti menghampiri Mati tinggal menunggu saat nanti Kemana kita bisa lari Kita pastikan mengalami Mati

dari: http://iniliriklagunya.blogspot.com/2013/05/lirik-lagu-ungu-bila-tiba-ost-sang-kiai.html#.UlXrZlMY24w
salam kenal ya :)

08/10/2013

Celoteh saja


Image by Here

Bagaimana dengan hari senin mu ? semoga semenyenangkan weekend ya ?
Hari ini tanpa direncanakan bisa bertemu dengan sahabat saya karena jadwal ke dokter mundur ke sore hari, efek atau reaksi obat sudah agak reda, ada beberapa jejak ditangan, wajah dan kaki sudah tidak terlalu nyata. Atau mungkin karena memang sudah membaik sih dibanding hari sebelumnya. Soulmate yang saya kasih bocoran foto saya saat kondisi terparahnya sampe memekik kaget #heuuuuu lebay ah :))

Ada obrolan panjang hari ini, kebanyakan ya saling berbagi kehidupan masing-masing. Berbagi tawa judulnya, karena sebenarnya bisa jadi ketemuan tadi itu hanya salah satu cara dia untuk mensuport saya. Ngobrol ngalor-ngidul sampai tercetus kalimat dari bibir sahabat saya, kalau saya ini termasuk perfectsionis ( bener gak ya nulisnya ?). Alasannya meski sakit separah apapun saya selalu ingin terlihat baik (berpenampilan baik,gak kaya orang sakit), gak mau terlihat seperti pesakitan. Jangankan sekarang di mana saya hanya follow up dan berobat jalan, saat kondisi di rawat pun saya selalu berusaha rapih dan tampil baik-baik saja, kalau perlu lagi diinfus pun saya mandi dan berdandan ( dandan rapih bukan make up). Sebenarnya bukan persoalan sok kerapihan atau sok kecakepan sih, tapi saya percaya bahwa berusaha tampil baik adalah cara saya menghargai diri sendiri dan orang lain, dan tidak menunjukan kesakitan kita dengan berpenampilan menyedihkan adalah salah satu bentuk usaha saya kembali sehat. Saya tidak ingin memuaskan orang-orang yang ingin melihat saya lemah. #Ngikkkk

Terlihat buruk dalam artian sakit dan kita tunjukan kesakitan kita dengan berpenampilan menyedihkan itu bukan saya. Meski di saat tertentu saya juga sering kelihatan buruk, bisa jadi itu adalah usaha saya yang paling keras untuk terlihat baik dan saya gagal.

06/10/2013

Rumah Abadi Hanya Ada di Langit




 Dok. Pribadi 

Seperti bumi yang menerima dengan rela,
rintik hujan dan terik membakar dari sang surya.
Aku ingin dengan rela menerima segala,
tidak menangis ketika badai menerbangkan sukaku.

Seperti daun-daun kering ,
luruh jatuh ke tanah terinjak kaki-kaki
 tidak terluka dan marah pada angin,
yang menerbangkan dari ranting dan pohon.

Meski tak seteguh karang-karang,…
yang kukuh meski diterjang gelombang,
aku ingin menjadi aliran sungai kecil,
tenang,… sopan pada perahu-perahu
ramah pada ikan-ikan, tapi sampai di lautan.

Pada perjalanan yang membawaku pada arus dan gelombang,
aku ingin menjadi diam,
diam menerima,
diam dengan ikhlas,
diam bersama senyuman,
karena kehidupan adalah menerima dan dipahami dengan indah
karena kehidupan tidak kutakuti,
hanya ingin ku jalani , kunikmati dan ku syukuri…
  
* Mengabadikan catatan hati pada dinding virtual meski rumah abadi hanya ada di langit, karena masa muda abadi hanya ada di langit... * 

Note :  Sedang menikmati efek obat, MasyaAllah... *balikin semua cermin*  

04/10/2013

Ruang Harapan


 

Aku masih terlelap saat seorang suster memasuki kamarku, memeriksa aliran infusku dan mengecek detak jantung dan suhu tubuhku dengan seksama. Aku tersenyum sembari menggumamkan  " Selamat pagi, Sus.. "
Wajah ramahnya terus menyunggingkan senyum  " Bagaimana mba, sudah lebih enakan ? setelah minum obat tidur bisa tidur pastinya ya " tanyanya ramah.
Aku mengangguk " Bagaimana jadwalku hari ini ? apa aku boleh istirahat atau...? " aku sengaja menggantung pertanyaanku, menggoda meski aku tahu jawabannya, siapa tahu aku beruntung dan bisa istirahat di ruanganku hari ini. Tubuhku masih nyeri hingga keseluruh sendi-sendi, rasa mual yang menerus, lemah dan perasaan tidak nyaman yang hanya membuatku ingin tetap tinggal di atas tempat tidur dan tidur sepanjang waktu..

Suster itu menjawab " Hari ini mba harus tetap menjalani khemotheraphy, meski lengan mba sudah memar-memar tapi jadwal untuk seri pertama adalah 5 kali dan tidak boleh ada jeda. Ini hari terakhir untuk seri pertama loh...kalau kondisi mba baik, nanti sore begitu selesai sudah bisa pulang "
Sedikit menghibur, dia tahu betapa seri pertama dari rangkaian khemotheraphyku sudah membuatku lelah.

Secara perlahan seluruh sel-sel dalam tubuhku dihancurkan, khemotheraphy yang bertujuan membunuh dan membasmi sel-sel kanker di dalam tubuhku mau tidak mau juga menghancurkan semua sel termasuk sel sehat. Ya ini adalah rangkaian peperanganku melawan kanker kolon ( usus besar ) stadium 3 setelah dua kali operasi pembedahan, dan tidak ada yang menyangka jika 5 tahun kemudian aku menjalani kembali operasi pemotongan tumor yang ke 3. Rangkaian umum bagi seorang pasien kanker, pembedahan, khemotheraphy, bahkan radiasi. Syukurlah aku tidak harus membiarkan diriku pasrah menjalani radiasi. Meski khemotheraphy intravena dan oral harus aku jalani dengan suka cita kalau mengeluh dan menunda hanya membuat sel kanker ganas itu berdansa riang.

03/10/2013

Pernik Hati



Image by Google

Aku suka saat aku ngeyel, merajuk, menuntut perhatian
dan mengancam... " Aku pergi nih..." 
Dan lalu anda bilang,
" Pergi saja, silahkan... nanti aku susul "

Akhh,...

02/10/2013

RA


Image by Goole

Semalam saya terbangun karena nyeri sangat di bagian bahu dan leher sebelah kanan, bukan kali pertama sebenarnya hal ini terjadi. Sejak tahun lalu saya sering merasa tersiksa karena nyeri pada bahu kanan, lengan dan sendi-sendinya. Menurut dokter setelah melalui pemeriksaan bahwa kolesterol saya normal, asam urat normal. Ternyata nyeri sendi bahu dan tangan kanan, bahkan saat kondisi parah tampak agak bengkak dan suhunya sekitar bagian yang nyeri menjadi panas atau hangat, atau bahkan kaku dan dingin sekali dikarenakan saya menderita Rheumatoid ( apalagi siiihhhhh....? )

Dan menurut internist saya, Rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, dan jamur, keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri. sampai saat ini belum diketahui, namun diduga dipicu oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon. Perempuan lebih mungkin terkena penyakit autoimun ini dibandingkan laki-laki. Menurut dokter kasus yang terjadi pada saya karena gangguan hormonal, mengingat rasa tidak nyaman ini akan kambuh atau terasa saat jelang, selama dan sesudah menstruasi. Kadangkala saat kondisi fisik saya tidak begitu sehat/drop ditambah stress dan banyak masalah maka kumatlah rasa nyeri ini.

Pada Waktu Dhuha


 Image by Here

Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha itu waktu Dhuha-Mu,
keagungannya adalah keagungan-Mu, keindahannya itu keindahan-Mu,
kekuatannya itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu
dan perlindungan itu perlindungan-Mu.
Ya Allah, jika rejekiku masih di langit turunkanlah, dan jika di dalam bumi
keluarkanlah, jika sukar permudahlah, jika haram sucikanlah 
dan jika jauh dekatkanlah.
Berkat waktu Dhuha, kecantikan, keindahan, kekuatan, kekuasaan-Mu,
limpahkanlah kepadaku segala yang Engkau telah limpahkan kepada
hamba-hamba-Mu yang sholeh.
Amin.

30/09/2013

Talk My Self



 Image By Here

Kemarahan itu terapi untuk melalui proses terhadap alasan-alasan yang tak teruraikan. Rasa syukur, ikhlas dan damai adalah suatu sikap yang tidak mudah berkembang, terutama jika terkunci di dalam amarah. Membiarkan kemarahan mengendap, tak terkontrol akan menyebabkannya membusuk, akan menghancurkan dan mematikan hati dari dalam.

Kemarahan bisa seperti kanker di dalam pikiran, menjadi racun, melahap energi emosi seseorang. Dan saya membutuhkan detoksifikasi, semua racun emosi dikepala harus dikeluarkan. Kita bisa berteriak, terpuaskan dengan melemparkan amarah pada seseorang, dan yakinlah emosi negatif itu akan kembali pada diri kita.

29/09/2013

Tuan,...

 Image By Here

Tuan,...
Ini cinta, atau bisa jadi hanya rasa manis seperti susu kental bendera.
Meski ini manis yang tak biasa,
manis yang aku bahkan lupa pernah mengecapnya.
Semua mengalir adanya,
sampai pada titik aku dan kamu menjadi kita.
Lalu berjalan pada gelombang dan resonansi yang seirama.

Tuan,...
Aku sering bicara dalam tanda tanya, mengapa aku tuan ?
Dan tanpa ragu, anda bilang memang aku...

Tuan,...
Anda bilang sudah lama jatuh cinta padaku,
sudah terlalu lama hingga anda lupa sejak kapan itu bermula.
Lalu sejak kapan diam-diam anda menyelinap disini ?
Anda tidak romantis, nyaris tidak menghipnotis.
Tapi anda selalu tak menyerah,
dalam rentang jarak tak terbaca anda selalu ada.
Tulus dan slalu tak bersyarat selain anda mengasihiku.

Bersahabat dengan Makanan dan Tradisi Sehat

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua orang anak dengan riwayat kanker kolon atau kanker usus besar. Kanker kolon atau kanker usus besar adalah kanker yang tumbuh pada organ pencernaan atau usus besar. Sudah pasti pengalaman itu membuat saya sangat concern dengan apapun yang saya dan keluarga saya makan. Mampu melewati ujian kesehatan luar biasa berat menjadi pelajaran yang sangat berharga.

" Sebagian besar masalah kesehatan di mulai di dapur " Paul White, M.D
Quote itu jadi acuan saya selama ini, bahwa apapun yang saya sajikan untuk keluarga akan berpengaruh besar bagi kesehatan orang-orang yang saya sayangi.

Pengalaman buruk saya berjuang melawan kanker usus besar stadium 3 dan menjalani sekian perawatan kanker yang panjang dan menyakitkan, mengubah cara berfikir saya terkait kesehatan. Selain mengubah pola hidup khususnya soal makanan untuk saya pribadi, saya juga menularkan tradisi baik untuk keluarga di rumah. Seperti berolah raga teratur, ringan menjalani hidup dan menjauhi stress, banyak minum air putih, juga mengubah pola makan enak menjadi pola makan sehat. Seperti membiasakan mengolah makanan sendiri, membiasakan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah. Memilih menu yang tepat, memilih jenis makanan yang tidak hanya enak tapi juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya baik untuk saya sebagai seorang survivor yang sepanjang hidup harus terus memilih makanan dengan bijak, tapi juga untuk buah hati saya dan keluarga. Tidak mudah ditengah banyaknya gerai-gerai makanan saat ini, tidak mudah mengabaikan gerai junkfood yang selalu mengundang selera. Tapi bukan berarti kami juga tidak pernah makan atau jajan diluar loh, biasanya kami juga menyempatkan waktu sebulan 1 atau 2 kali untuk bersuka ria menikmati makanan restoran dengan tetap memilih menu dengan bijak.

27/09/2013

Matahari


By Here

Kali ini aku ingin matahari yang sejati. Matahari yang tinggi di tiang singgasananya yang jumawa. Matahari yang andai bisa mengubah warna hatiku yang temaram menjadi seterang siang, seperti membakar kulit pucat menjadi kecoklatan yang eksotis.
Aku ingin matahari yang menyilaukan pandanganku, memaksaku memakai topi atau kaca mata berbingkai lebar dan kaca hitam. Aku ingin matahari yang terik, yang mengeluarkan peluh dari seluruh pori-pori.

Mengapa,...??
Aku tidak menginginkan siapapun bertanya mengapa, karena aku tidak ingin menjawab.

19/09/2013

Seringan angin



Yang menyebalkan jadi seorang penyintas adalah bahwa seumur hidupmu, meski hanya merasakan nyeri pada abdomen, kepala, atau dada dan bahumu. Mungkin hanya karena salah makan atau kelelahan biasa. Bahkan dokter sekalipun akan berfikir pada kemungkinan sel nakal itu bangkit kembali dari remisinya.
Dan itu sangat menyebalkan,....

Yahhh begitulah temans, dokter di klinik yang saya temui kemarin menolak memberi saya obat untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan nyeri di tubuh saya. Dokter baik hati itu malah meminta saya menemui onkology saya hari ini. Kenyataan saya tidak boleh diberi obat sembarangan bahkan meminimalisir antibiotik membuat dokter di klinik yang saya kenal baik pun enggan memberi saya resep.

Saya jadi ingat saat saya menemui dokter kandungan untuk memasang IUD untuk KB, membaca rekam medik saya. Untuk pasien lain hanya langsung pasang saja setelah datang sehabis masa menstruasi dan sebelum melakukan hubungan suami istri. Prosesnya mudah saja. Tapi gak terjadi bagi saya, untuk memasang IUD atau spiral saja saya bahkan harus melakukan berbagai macam test seperti papsmear, periksa darah dan USG Abdomen. Saya sempat protes saat itu,... tapi saat dokter menjelaskan hal-hal yang sebenarnya saya tahu karena saking seringnya mendengar kalimat itu diucapkan, saya menurut.

18/09/2013

Si Jutek


Selamat pagiiii,.... setelah dua hari ini kondisi badan #Galau trus alias gak fit, alhamdulillah pagi ini enakan dan memutuskan untuk ke dokter. Kok udah enakan malah ke dokter ?
Sebenarnya rasa nyerinya masih hilang timbul, heuugh...bukan sesuatu yang baru ya kalau ada rasa nyeri di dalam tubuh. Sebenarnya obat penghilang sakit habis, dan harus ketemu dokter untuk dapet resepnya lagi kan ? Hubby sempat menawarkan diri untuk nganter ke dokter tadi, tapi membuatnya terlambat ke kantor sedangkan saya masih kuat nyetir kayanya gak bijaksana deh.

Hehehee,...mendadak saya ketawa sendiri nih karena buka inbox di FB, seorang teman di SMA menyapa saya. Sebenarnya saya masih lupa-lupa inget dulu dia yang mana ya ? *_*
Akhirnya terbayang sih, gak akrab juga bahkan seingat saya gak pernah ngobrol atau berinteraksi gitu. Dia sih tahu dan kenal saya katanya, secara siapa juga yang gak kenal Neng Irma ya. Yang kalau upacara sering pingsan di lapangan :))) , meski tetep nekat ikutan jadi paskibraka. Sukses jadi paskibraka di SMA begitu pelantikan paskibraka di kabupaten pingsan dong #ngikik
Setidaknya semangat dan jiwa saya kuat sebelum akhirnya menyerah sama kondisi fisik *hikss.

Jadi setelah basa basi tanya kabar dan tanya inget gak sama saya ? kata dia, saya jawab yang mana ya? eh dia bilang irma gak pernah bersosialisasi sama teman-teman cowok sih.
Saya jawab, iya... tapi teman-teman cowoknya juga kayanya segan berteman sama saya. Teman saya langsung membalas " Gimana gak segan bu, dirimu dulu jutek bahkan lebih dari jutek tapi judes hahahaa... "
Xixixiii,.. spontan aku tertawa ngakak :)))
" Tapi karena juteknya itu jadi pada penasaran tuh bu,... " si teman menambahkan, saya tambah terbahak. Maksudnya penasaran sejutek apa saya gituh ? *_*

Bersyukur Tanpa Batas


Ini catatan lama di awal tahun 2013, ada beberapa revisi yang aku buat terkait catatan medis. Tulisan yang kubuat sefiksi mungkin, namun berdasarkan kehidupan nyata dua orang wanita.

By Google

Di sebuah taman kota ketika langit pagi hari begitu terang dan awan putih melayang selembut kapas. Barisan bangku taman yang berbentuk melingkar. Pepohonan yang rimbun, air mancur , penjual balon, makanan ringan, hingga lalu lalang pejalan kaki.Yang bergegas atau berjalan lambat menikmati udara dan pemandangan sekitar. Aku diantara rimbun pohon bunga flamboyan yang kuncupnya baru saja bermekaran. Di sebuah bangku tak jauh tempatku menikmati keindahan hari ini, aku menyimak dan memandang lalu terpaku pada dua sosok wanita yang asyik bercengkrama.

” Bagaimana kabar Dokter Petrus ? minggu lalu saat ke RS, susternya bilang beliau sedang seminar di luar “  wanita usia 30 tahunan berparas manis itu bertanya sembari membuka bekal sarapan paginya.

” Beliau sudah kembali, kemarin aku baru menemuinya. Nih… ” wanita berselendang jingga itu menunjukan bekas tusukan jarum yang meninggalkan bekas lebam disepanjang lengannya.

” Syukurlah, obat-obatanku habis, ada nyeri di pinggul dan tumitku. TBC tulang ini gak asik banget buat wanita sibuk sepertiku…” Meski kalimatnya seperti keluhan keduanya justru berwajah secerah pagi hari, bahkan akhirnya tergelak berdua.

16/09/2013

Pagi dan Sunyi



Pernahkah merasa sendiri ? dalam artian sungguh-sungguh merasa sendiri, seolah ada ruang berongga di dalam hati ? perasaan hampa, sesak, dengan air mata yang mengalir tanpa suara. Mengalir diam-diam hingga jauh ke dalam hati. Namun tak ingin bicara dengan siapapun, tak ingin bertemu siapapun.

Ada saat kesendirian adalah waktu dimana kita mendengar lebih jelas bisikan hati yang terdalam, mendengar sejujur apa hati kita berkata. Ada saat air mata hanya cukup untuk dialirkan, bukankah baik untuk menghalau debu dari lingkar bening matamu. Ketika kehampaan dan kesedihan begitu menyiksa, tidak akan kuperturutkan amarahku. Biarkan rasa sakit melayang bertemu muaranya segala rasa.

Apapun rasa yang berefek pada berubahnya suasana hati menjadi kelabu, kuterima dan rasakan. Bukankah dalam hidup semua ini biasa, semua orang akan merasa benar. Semua orang akan bersedih jika merasa tersakiti. Dan bisa jadi ini hanya pembelaan diri, bagi pihak lain mungkin saja kitalah biang kerok segalanya. Semua orang akan merasa benar, semua ingin membela diri. Menuding orang lain dan menyalahkan orang lain memang paling mudah.

14/09/2013

Dekorasi baru di Dunia Senja ku



By: ayankmira.com

" Nggak bosen kah dengan template yang itu ? hitam, misterius, terkesan muram dan penuh tanda tanya  " hiksss...itu salah satu komentar mengenai template saya yang lama. Template lama saya adalah hadiah dari sahabat blogger juga, templatenya cantik sebenarnya tapi karena saya memintanya mengubah dengan warna hitam jadilah tampilannya sedikit penuh misteri. Halagh...

Benarkah pilihan atau selera terkait erat dengan kepribadian si empunya ? Bisa jadi, beberapa orang terdekat menilai saya sedikit penuh misteri, susah di tebak dan penuh tanda tanya alias gak jelas #Ngikikk.
Sebenarnya gak segitunya juga, saya gak semisterius itu kok. Saya terbuka, apalagi untuk orang-orang terdekat saya sangat terbuka. Saya juga gak sesuram tampilan blog saya sebelumnya.
Beberapa mengenal saya memang agak sedikit tertutup, dan tidak terlalu banyak bicara, apalagi di luar lingkup lingkungan saya. Moody sih sebenarnya...jadi kadang ngobrol trus tapi kadangkala jadi pendiam sangat. Hemmm....suka bingung sih kalau ditanya seperti apa saya, mungkin teman-teman yang harusnya menilai kali ya. :)

Dear Angin,...


By Google

 ” Di langit mana pun kini engkau menatap, di sejuk angin membelai atau badai gurun mengepung. Pada dinding berlukis keindahan fajar, atau lantai sunyi berpalung mimpi. Aku ingin merangkai aksara, tentang hari-hari berwajah puisi. Tentang ketegaran senja, atau keteguhan Sang Angin. Tentang tawa yang berderai, atau air mata yang jatuh di sudut yang sepi. Tentang hati yang jatuh pada tatapan sehitam malam, tentang langkahmu yang sesaat singgah pada kelembutan selendang jingga. Aku ingin membingkai puisi sekali lagi,… Ini tentang carcinoma dan khemotheraphy …. yang sudah seenaknya mengajarkan kita menerima garis nasib… ”


Dear Angin,…
Sudah lama jemariku tak menulis tentangmu,
entah berapa kali almanak berganti.
Masih ingat catatanku tentang harapan ?
Tentang kepasrahan yang kau sebut ketegaran,
tentang vonis satu beriringan vonis yang lain,
pernahkah kau berfikir kusimpan dimana air mata dan ketakutan?
Aku membiarkannya terbang,
menggantung pada batas langit dan melayang sejauh aku memandang.
Sesaat saja kubiarkan menyesak di rongga dadaku,
sesaat kubiarkan mengaktifkan kelenjar air mataku,
aku merasakan sakitnya, tepatnya menikmati dan kuterima.
Lalu kubiarkan terbang dan menggantung di angkasa.
Biar Pemilik Semesta yang merengkuh,
yang menyembuhkan dan menawarkan nikmatnya kesakitan.

Dear Angin,…
Aku bukan sahabat yang slalu ada untukmu,
bukan kakak atau adik yang setia diberandamu.
Bukan teman yang slalu ada saat kau butuh bercerita.
Apalagi kekasih dan pujaan hati,
entah apa…
Kamu pun tidak tahu label apa untuk seorang senja,
begitu juga aku, entah apa kamu bagiku,..
dan aku bagimu.
Aku mungkin hanya shiluet,
yang hanya sesaat hadir ketika langit berwarna tembaga,
setelah itu hilang tergantikan malam dan pagi.
Dan kamu angin, yang berhembus kemana kau ingin.

12/09/2013

Rekan seperjuangan


Beberapa saat yang lalu,...

Beberapa hari yang lalu, salah satu sahabat wanita saya menyapa di bbm. Singkat cerita kami janjian untuk bertemu sekalian menjenguk suami salah satu teman kami yang sedang di rawat di salah satu RS di Bekasi. Saat melihatnya pertama kali, saya tahu kalau teteh yang baik hati ini perasaanya sedang tidak begitu nyaman. Wajahnya sedikit pucat, matanya sembab dan kelelahan terbayang jelas di wajahnya yang ramah.

Akhirnya sepanjang jalan lalu disambung makan siang bareng, dia bercerita. Sudah lama saya tahu kalau ibu tercinta dari sahabat saya ini sedang sakit, beliau sedang berjuang melawan kanker payudara yang sudah bermetastasis ke paru-parunya. Astagfirullah....

Meski teteh menceritakannya dengan tampak ringan, saya tahu pasti dan matanya yang sembab menjadi bukti bahwa dia sangat terpukul dan khawatir. Kelelahan jiwa dan raga, bukan hanya emosi yang terkuras, ketakutan akan kehilangan,bahkan finansial yang tidak sedikit untuk terus mengupayakan kesembuhan bagi ibu tercinta. Posisinya saat ini jelas tidak mudah, bahkan bagi keluarga pasien penyakit ini mengubah banyak hal. Jika seorang pasien berjuang melawan sakit dan emosi, kesedihan yang tidak kurang juga menyertai para pendukung atau keluarga pasien.

Dibalik ketabahan seorang pasien ada pasukan lain yang berperan besar bagi kesembuhannya, yaitu keluarga dan orang-orang yang menyayanginya. Ada beberapa tips yang ingin saya bagi sebagai seorang penyintas untuk mereka yang sedang mendampingi orang-orang terkasih, kerabat atau sahabat yang sedang berjuang melawan Kanker.

11/09/2013

Enema



Kata Enema pastilah agak sedikit asing bagi sebagian orang, bagi sebagian yang lain mungkin menjadi familiar. Entah membaca dalam jurnal kesehatan atau bahkan mungkin pernah mengalaminya. Sangat disesalkan kalau saya termasuk kedalam bagian mereka yang pernah mengalami apa itu ENEMA. 

Tumbuhnya kanker dalam tubuh menandakan tubuh kita sudah penuh dengan racun, dan dipastikan Liver kita fungsinya sudah begitu buruk. Kanker adalah suatu penyakit akibat sistem tubuh yang lemah. Kanker kemungkinan adalah tanda bahwa hati sudah tidak kuat lagi dalam membuang racun-racun dari dalam tubuh, kemampuannya untuk memenuhi peran vitalnya yang lain dalam membantu menjaga nutrien-nutrien mengalir ke sistem kekebalan juga telah berhenti. 

Apa yang dilakukan selain pengobatan panjang dan theraphy seperti operasi, khemotheraphy baik infus/memasukan obat ke dalam intravena, lalu khemotheraphy oral hingga berbulan-bulan. Hal lainnya yang dilakukan adalah membuang racun dari dalam tubuh yaitu salah satu caranya memalui enema. Enema yang pernah saya lakukan adalah enema hanya menggunakan air panas dan sedikit entahlah sabun atau apa yang diberikan perawat di RS, karena pertama kali melakukannya di sana, rasanya tidak nyaman karena kita harus membiarkan orang lain (suster) berada dalam toilet yang sama untuk membantu prosesnya. Atau enema kopi yang ditambahkan kopi bubuk kedalam cairannya.

Jangan membayangkan enema adalah proses suntik atau infus, merasakan sedikit nyeri atau tusukan jarum. Tidak sesakit saat jarum mencari vena yang sebagian sudah rusak untuk memasukan obat khemo, tapi sungguh ini adalah proses yang tidak ingin terlalu sering saya lakukan. Enema adalah pembilasan usus secara lembut dilakukan dengan memasukan cairan lewat sebuah alat yang dimasukan ke dalam rektum. Karena proses detoksifikasi sangatlah penting bagi pasien kanker. Membersihkan dan mendetoksifikasi organ tubuh vital terutama kolon dan hati sangat dianjurkan, itu akan menjadi salah satu cara memutus pasokan makanan bagi musuh tubuh kita yaitu sel kanker.

05/09/2013

Diplomatic City Of ASEAN

Tema hari terakhir lomba menulis #10daysforASEAN adalah Jakarta, sebagai ibu kota negara dari Indonesia.

Mengapa Jakarta terpilih sebagai Diplomatic City Of ASEAN ? apa dampak positif dan negatifnya untuk Indonesia khususnya Jakarta. Persiapan apa saja bagi Jakarta sebagai tuan rumah bagi perhimpunan bangsa-bangsa di ASEAN?




Bicara tentang Indonesia saya bangga menjadi warga negara Republik Indonesia tercinta ini. Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang tidak hanya memiliki wilayah geografis yang luas dan kaya. Tapi juga memiliki sejarah dan perjuangan yang panjang. Sejak jaman penjajahan, Indonesia juga sudah menjadi bangsa yang disegani di kawasan Asia. Bahkan pada masa kerajaan, kemashyuran dan kekuasaan kerajaan majapahit jauh meliputi hingga ke negara tetangga.

04/09/2013

3 Pilar Persatuan ASEAN



Lomba menulis blog #10daysforASEAN memasuki hari ke sembilan, setelah membahas kebebasan berekspresi di Filipina kali ini tema yang diberikan adalah Persatuan bagi ASEAN itu sendiri. Dalam KTT ke 22 di Brunei Darusalam tema yang diangkat adalah

" Menyatukan rakyat, menciptakan masa depan " dengan pokok perundingan persatuan antar negara ASEAN dengan tiga pilar yaitu persatuan keamanan, persatuan ekonomi dan persatuan sosial budaya. Mampukah negara-negara ASEAN mewujudkan menyatukan rakyat, menciptakan masa depan ?

KTT ASEAN ke 22 dilaksanakan di Bandar Seri Begawan ibu kota negara Brunei Darusalam, dalam KTT sebelumnya yang dilaksanakan di Kamboja dengan komitmen membentuk badan persatuan sebelum 31 Desember 2015. Maka KTT kali ini para pemimpin kesepuluh negara ASEAN berkumpul kecuali Perdana Mentri Malaysia Najib Tun Razak yang berhalangan hadir karena bersamaan pemilu dinegaranya. KTT yang diselenggarakan selama dua hari ini menekankan persatuan bagi seluruh negara ASEAN, berpedoman pada tiga pilar persatuan ASEAN yaitu : Persatuan Keamanan, Persatuan Ekonomi, dan persatuan Sosial dan Budaya.

03/09/2013

Dear Daughter




Dear Daughter,... Tazkia Mutiara Senja

Mendapat tugas dari tante Indah dan melanjutkan tantangan menulis tentang anak-anak perempuan kami ( Makmin KEB ) akan ibu pergunakan untuk menuliskan perasaan ibu kepadamu Nak. Kelak ini akan menjadi salah satu catatan hati ibu tentangmu.

Skenario Tuhan yang membawa ayahmu ke dalam hidup ibu, beliau bilang didetik pertama bertemu, ayah langsung ingin menikah dengan ibu. Dan eyangmu segera mengatur pertunangan lalu pernikahan kami. Semua begitu cepat Nak, saat itu ibu berdoa semoga skenario Tuhan dan restu orang tua akan memudahkan segalanya.

Usia ibu masih sangat muda saat dinyatakan hamil, kemanjaan masa remaja masih melekat. Masa awal kehamilan yang tampak disebagian orang begitu indah menjadi begitu sulit bagi ibu. Anak manja yang sebelumnya tidak pernah jauh dari orang tua, tiba-tiba harus hidup terpisah. Meski ayahmu memudahkan segalanya tapi kesehatan ibu yang tidak begitu baik ditambah masa kehamilan membuat ibu begitu lemah dan selalu menutup diri. Namun gerakan mu di dalam kandungan ibu menyentuh jauh ke dalam naluri ibu yang terdalam.

Kaka lahir dengan selamat, sakitnya kontraksi, episiotomi dan melahirkan hilang tanpa jejak saat melihat wajahmu. Saat itu kaka mulai mengajarkan ibu makna tentang perjuangan dan kesabaran. Kaka tersayang... maafkan ibu karena saat itu ibu masih takut menggendongmu,belum mengerti bagaimana memandikan dan memakaikanmu baju. Ibu juga di landa baby blues. Untunglah ada Mba pengasuh yang bekerja di rumah untuk membantu mengurusmu, memandikan dan alhamdulillah saat itu ibu sempurna memberikanmu ASI. Perlahan ibu mulai belajar menjadi ibu yang sesungguhnya. Sekarang ibu tahu, dengan menghadirkanmu begitu cepat, Tuhan memberikan sekolah kehidupan lebih lengkap untuk ibu.

Kebebasan yang bertanggung jawab

Tema hari kedelapan berfokus pada negara Filipina :

Kebebasan berekspresi dinegara-negara ASEAN tidak sama, beberapa negara termasuk Indonesia bebas atau longgar dalam hal kebebasan pers dan kebebasan berekspresi bagi para blogger, yang sekarang menjadi salah satu alternatif dalam penyebaran informasi atau jurnalis warga. Tetapi ada juga negara yang mengekang kebebasan berekspresi warganegaranya, dan ada juga negara yang memenjarakan blogger jika tulisannya menentang pemerintahan negaranya. 

Bagaimana dengan Filipina ? Apakah Filipina termasuk negara yang longgar dalam kebebasan berekspresi warganegaranya, termasuk blogger atau jurnalis warga? 


Credit

Filipina adalah salah satu negara pendiri ASEAN, Filipina juga negara paling maju di Benua Asia setelah perang dunia ke II, meski sempat tertinggal dan mengalami kelemahan ekonomi dan meluasnya korupsi disana. Saat ini Filipina mengalami kemajuan ekonomi yang moderat, teknologi informasi yang tumbuh dengan pesat. Filipina disebut-sebut sebagai negara Benua ASIA yang banyak menyerap budaya barat begitu kuat. 



Saat ini Filipina termasuk negara yang terkenal dengan kebebasan berekspresi bagi warganegaranya. Negara yang indeks kebebasannya terus berkembang, di mana kemajuan teknologi dan informasi begitu bebas disana. Negara Asia yang mengadaptasi kebudayaan barat, bahkan warga negaranya fasih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.  Memang berbanding terbalik dengan kenyataan dimasa lalu negara itu. Filipina adalah negara paling berbahaya bagi pers saat itu, sejak memiliki pemerintahan sipil pada 1986, lebih dari 150 petugas pers terbunuh di sana.

Saat ini The World Press Freedom Day ( WPFD) di negara Asia tenggara baru di nikmati oleh beberapa negara salah satunya Filipina.  Khusus di ASEAN kebebasan memang menjalar, Indonesia, Singapura, Brunei termasuk negara-negara yang perlahan kebebasan berekspresinya semakin longgar. Meski demikian bukan berarti kebebasan berekspresi khususnya pers sudah terwujud di Asia tenggara/ASEAN. Kawasan ini dinilai masih jauh jika dilihat dari standar International dalam hal kebebasan pers. Dibandingkan wilayah lain, Asia Tenggara masih memprihatinkan. 

Kebebasan berekspresi bagi insan pers/blogger tentu merupakan hal yang paling menggembirakan. Meski masih banyak negara-negara yang membatasi penyebaran informasi melalui media, bahkan di Tiongkok pemerintah dengan mudah memenjarakan wartawan, blogger dan mengawasi dengan ketat para pemilik Blog dan memberlakukan sensor bagi setiap warganya dalam menyebarkan informasi. 

Jika kita bisa menyampaikan semua informasi, berita, fakta secara ideal, dan proporsional. Kebebasan berekspresi yang sehat akan kita dapatkan. Pemerintahan yang ketat atau bebas, kontrol diri memang seharusnya terjadi pada setiap individu. Tidak ada kebebasan berekspresi yang tanpa resiko, itu sebabnya pergunakan kebebasan berekspresi baik sebagai pers, blogger atau personal secara bertanggung jawab. 




02/09/2013

Sengketa Pulau Dua Negara Serumpun


Dengan sangat menyesal saya harus melewatkan tema hari ke 6 mengenai Laos dari lomba menulis #10daysforASEAN yang saya ikuti hampir satu minggu ini, karena keterbatasan waktu dan kesibukan yang membuat saya agak sulit meluangkan waktu untuk menulis kemarin #Ngelesss :D

Tema hari ke tujuh dari #10daysforASEAN adalah : 

" Singapore dan problematikanya. Ada dua negara ASEAN yaitu Singapura dan Malaysia yang memiliki sengketa antar negara, terutama terkait dengan perbatasan antar negara salah satunya yaitu sengketa pulau Pedra Branca atau pulau Batu Puteh. Bagaimana penyelesaian konflik ini terkait dengan komunitas ASEAN 2015 "


Pulau Pedra Branca atau yang dikenal sebagai Pulau Batu Puteh bukanlah Pulau besar, ukurannya hanya seluas lapangan bola. Pulau yang berada diperairan selat Singapura dan disebelah pantai Johor Malaysia ini memang dianggap penting bagi negara Singapura. Pulau yang terdapat Mercusuar Horsburgh adalah acuan navigasi bagi kapal-kapal yang hendak masuk ke Singapura. 

Sengketa menahun yang terjadi diantara dua negara ini memang tampak sulit dipecahkan, seolah masing-masing negara kukuh mempertahankan pulau ini sebagai bagian dari geografis negaranya. Padahal konflik yang dimulai sejak tahun 1979 ini sudah dicoba diselesaikan melalui Mahkamah International  pada tahun 2008, yang menyerahkan pulau ini pada Singapura. Nyatanya sampai saat ini sengketa dua negara tidak kunjung selesai.

Singapura dan Malaysia bukan pertama kali saja melalukan serangkaian negosiasi bilateral. Singapura yang merasa telah mengoperasikan mercusuar Horsburgh sejak tahun 1851 merasa sudah mengelola pulau itu dan merupakan indikasi adanya penguasaan efektif atas pulau tersebut. Begitu juga Malaysia sama-sama mengemukakan argumen dihadapan mahkamah International atas rantai kepemilikan pulau tersebut. Sampai akhirnya Mahkamah International memberikan kepemilikan Pulau Pedra Branca pada kedaulatan negara Singapura, meski disambut dingin oleh pihak malaysia. 

Terbentuknya komunitas ASEAN pada tahun 2015 nanti, diharapkan sengketa pulau ini mendapat titik terang. Adanya komunitas ini diharapkan akan membuka banyak kesempatan untuk saling berkomunikasi, saling bersinergi dan semakin merekatkan semua negara ASEAN khususnya dua negara ini. Melakukan dialog terus menerus mengenai konflik ini hingga menemukan titik temu yang memuaskan kedua belah pihak. Dengan komunikasi dan kerjasama disegala bidang yang lebih baik, diharapkan konflik-konflik seperti ini akan lebih mudah diselesaikan.

Sengketa dua negara ini mungkin bukan hanya soal perebutan pulau kecil ini saja, tapi menyangkut gerbang masuknya kapal-kapal yang menyangkut perdagangan dan ekonomi mungkin. Entahlah, sejujurnya saya tidak begitu paham. Saya mencoba membaca dan mencari tahu lewat Google dan mencoba memahaminya. Semoga saja pendapat saya ini tidak terlalu ngawur. 



31/08/2013

Kopi bukan hanya sekedar ngopi


Tema hari kelima dari #10daysforASEAN : 

" Sekarang ini minum kopi sudah menjadi bagian gaya hidup modern.Hampir diseluruh penjuru kota, tidak hanya di Indonesia tapi juga di ASEAN  banyak tersebar gerai kopi. Didunia, negara penghasil kopi  terbesar adalah Brazil, kedua Vietnam dan ketiga Indonesia. Kedua negara terakhir adalah anggota ASEAN, Menuju komunitas ASEAN 2015 ini, mampukah Indonesia dan Vietnam merebut pangsa pasar kopi dunia ? bisakah kedua negara tersebut menjadi partner produksi kopi,bukan menjadi rival atau pesaing. "

Saat ini kopi memang sudah menjadi gaya hidup, dari yang hanya penyuka sekedarnya sampai yang pencandu kopi yang menjadikan kopi sebagai minuman wajib mereka. Salah satunya sahabat saya Mira sahid yang menjadikan kopi bukan hanya sekedar pilihan saat duduk santai di coffee shop, tapi menjadi minuman wajibnya setiap hari bahkan sehari sampai beberapa kali. Ya kopi dengan efek cafeinnya yang membuat mata lebih 'terang' dan sensasi aroma dan rasanya yang berbeda. 


Jika Amerika punya Starbuck dan Vietnam dengan Trung nguyen nya, sayangnya saat ini Indonesia sebagai penghasil kopi terbesar ketiga belum memiliki brand yang mencitrakan kopi yang Indonesia. Padahal Indonesia memiliki kopi Luwak yang terkenal sebagai kopi Luwak terenak dan termahal didunia. Saya bukan penikmat kopi luwak, dan agak terheran-heran dengan aromanya yang terlalu khas menurut saya. Kopi luwak yang mengalami proses melalui pencernaan Luwak/musang, atau mengambil biji kopi sisa dari kotoran musang ini ternyata menjadi kopi termahal dan rasa terenak. Mungkin karena prosesnya yang unik itu ya. 


Indonesia memiliki sejarah panjang mengenai kopi yang berpengaruh pada perekonomian di negara ini. Sebagai negara ketiga terbesar sebagai penghasil kopi, dan dianugerahi letak geografis yang sangat baik untuk menjadi lahan perkebunan kopi. Seharusnya Indonesia bisa menjadi pengekspor kopi bagi negara-negara pengimpor kopi terbesar didunia seperti Amerika atau jepang dengan meningkatkan kualitas biji kopi menjadi kualitas terbaik. 
Indonesia dan Vietnam sebagai dua negara ASEAN juga bisa bekerjasama dan saling berbagi informasi untuk menyaingi Brazil dalam hal kualitas dan kuantitas produk biji kopi. Saling mencari inovasi atau cara untuk menanam lebih banyak kopi terbaik seperti Arabika, selama ini Indonesia dan Vietnam lebih banyak menanam kopi kualitas lebih rendah yaitu Robusta. Persaingan tentu saja menjadi hal yang lumrah terjadi sebagai dua negara ASEAN yang sama-sama menjadi penghasil kopi terbesar. Tapi dibentuknya ASEAN Economic Comunity 2015 nanti, yang akan memudahkan perdagangan antar sesama negara ASEAN diharapkan membuat kedua negara ini menjadi dua penghasil kopi yang bisa bersinergi bersama dan mampu mengalahkan pasar dunia. Dalam hal ini mampu menyaingi penghasil kopi terbesar dan kopi terbaik di dunia, Brazil. 


Kopi memang bukan hanya soal gaya hidup, rasa dan sensasi yang ditimbulkannya tapi juga memegang peranan penting bagi perekonomian sebuah negara. Menulis ini membuka mata saya, bahwa kopi bukan hanya duduk disebuah kedai, menghirup aroma dan rasanya. Ada para petani kopi yang menghadirkan keajaiban kopi di meja kita, yang harus diperhatikan kesejahteraannya. Saat ini sekitar 92 % kopi dihasilkan oleh petani-petani kecil di Indonesia. Semoga terbentuknya komunitas ekonomi di ASEAN2015 nanti akan meningkatkan kesejahteraan para petani kecil bukan hanya produsen besar saja. 


Tulisan ini diikutsertakan dalam : #10daysforASEAN






29/08/2013

Ketika berwisata ke Myanmar terganjal Visa


Tema hari keempat #10daysforASEAN semakin seru saja, alias semakin membuat kening saya berkerut. Beneran mengikuti lomba menulis 10 hari ngeblog untuk ASEAN ini lumayan berat untuk seseorang yang mengandalkan mood untuk menulis. *tutupmuka* 
Tapi menyerah juga bukan cara saya, " Sudah daftar ya buktikanlah kamu bisa ngeblog selama 10 hari untuk ASEAN" bisik hati saya menyemangati diri sendiri. Itung-itung bentuk dukungan saya untuk terbentuknya ASEAN Economic Comunity (AEC) 2015 nanti. 

Tema hari keempat #10daysforASEAN adalah : 

" Visa : Hampir semua negara ASEAN sudah membebaskan pengurusan Visa  bagi wisatawan yang akan berkunjung kenegaranya, namun tidak dengan Myanmar. kenapa ya ? berkunjung ke Myanmar gak cukup hanya dengan pasport saja. Perlu atau tidak Visa untuk perjalanan wisata "


Visa ? hemmm,...kalau pasport saya punya, tapi kalau Visa sayangnya belum punya gak ngerti seperti apa dan untuk apa. Tapi itu bukan alasan untuk nggak nulis tema ini kan ?. Pagi tadi sebelum suami saya berangkat ke kantor, saya sempatkan untuk bertanya soal Visa karena kebetulan beliau punya. 

Menurutnya Visa dan Pasport adalah sama-sama dokumen penting bila kita ingin melakukan perjalanan keluar negri untuk tujuan apapun. Entah untuk bekerja, berlibur, perjalanan bisnis, berobat dan lain-lain.  Jika pasport adalah dokumen berbentuk buku yang merupakan buku identitas diri kita yang dikeluarkan pemerintah Indonesia yang wajib diserahkan pada petugas imigrasi Indonesia dan petugas imigrasi negara tujuan.

Sedangkan Visa adalah dokumen tanda bukti ijin masuk yang dikeluarkan oleh negara yang akan kita tuju, kalau pasport berbentuk buku maka Visa berbentuk stiker yang nanti akan ditempelkan pada pasport kita. Contohnya jika kita akan ke Australia maka kita harus mengajukan permohonan pembuatan Visa ke kedutaan besar Australia atau negara yang ingin kita tuju yang berada di Indonesia. Karena permohonan pembuatan Visa memiliki banyak syarat, dikabulkan atau tidak tergantung lengkap atau tidaknya syarat yang kita penuhi. Jika permohonan Visa kita ditolak oleh kedutaan besar negara tujuan otomatis kita tidak akan bisa memasuki negara tersebut. Hufftt...ribet ya.

Nah berhubung Suami saya sudah hampir kesiangan jadilah pertanyaan-pertanyaan saya mengenai Visa seperti apa bentuknya dan kapan harus bikin visa ---> maksudnya kapan jalan-jalan supaya bikin Visa #Lol, harus terhenti begitu saja :D , dan dengan ringan meminta saya untuk bertanya langsung sama Om Google.

Untuk kunjungan ke negara-negara ASEAN ternyata kita gak harus bikin Visa, cukup berbekal pasport dan uang saku kita udah bisa masuk dan jalan-jalan ke hampir semua negara ASEAN kecuali Myanmar. Nah kalau temanya kenapa ke negara Myanmar kita harus tetep butuh Visa mungkin karena Myanmar adalah ' Negara baru ' di Asia, begitu juga di ASEAN. Kalau akhirnya negara Myanmar lebih selektif dan berhati-hati dalam memberikan ijin untuk mengunjungi negara mereka, menurut saya sih bisa di pahami. 



Myanmar adalah negara yang sedang berkembang, negara yang pernah dikenal karena  pelanggaran HAM nya dan rezim militer yang masih memegang kendali pemerintahannya. Jadi inget film berjudul The Lady yang dibintang artis cantik Michelle yeoh tentang kepahlawanan seorang tokoh wanita di Myanmar, Auk San Suu Kyi. Dimana digambarkan betapa ketat dan kerasnya pemerintahan militer di sana, hingga untuk masuk atau keluar negara itu begitu sulit. Bisa jadi karena Myanmar masih terus bergolak, mereka cenderung lebih berhati-hati untuk mengijinkan orang asing masuk ke negara tersebut. 

Untuk mereka yang senang traveling baik pasport apalagi Visa jelas penting dimiliki untuk perjalanan wisata. Dengan memiliki Visa negara mana pun tujuan wisatanya akan bisa didatangi.  Untuk yang belum punya Visa mungkin jalan-jalan di ASEAN aja dulu, untuk tujuan ke Myanmar tunggu penghapusan diberlakukannya VOA ( Visa On Arrival ) dulu kali ya.  Nah kalau saya saat ini belum membutuhkan Visa, saya lebih membutuhkan kartu ATM saja dengan saldo yang selalu terisi. Bukan Visa itu ???  *senyum 


Tulisan ini diikutsertakan dalam :  #10daysforASEAN