02/02/2013

Cerita di balik noda - Fira Basuki


Ruangan dengan dekorasi cantik , sofa motif batik hitam putih dengan dasar warna hitam dan beberapa tirai dan bunga rumput di cafe Kembang goela daerah Sudirman Jakarta semakin menambah kesan " wanita,... " itu sendiri. 
Tepat pukul 10 undangan sudah duduk dan siap menyimak launching buku kisah Inspirasi jiwa " cerita di balik noda " yang dituliskan kembali oleh Fira basuki. Penulis muda dan cantik yang sudah menerbitkan puluhan buku best seller di Indonesia ini.

Pembacaan salah satu judul dari kumpulan kisah inspiratif buku " cerita di balik noda " secara monolog oleh Sitok srengenge membuat saya terpaku. Sitok membacakan cerita ini dengan intonasi, ekspresi dan penghayatan yang membuat saya dan undangan lainnya serius menyimak dan enggan melewatkan.


Dilanjutkan dengan tampilnya Presenter beken Alvin adam yang memandu acara, lalu Mba Fira Basuki yang tampil cantik dengan gaun putihnya. Disusul prikolog keluarga ibu Sani B. hermawan yang akhirnya berbagi pentingnya membiarkan anak mengeksplorasi dunianya dengan leluasa. " biarkan anak menjelajahi lingkungannya, dan noda adalah salah satu hal yang tak bisa di hindari. Bisa noda cat, pasir, lumpur dan tanah. Dengan membiarkan anak mengeksplorasi dilingkungan dan alam, itu akan membantu membentuk nilai-nilai karakter pada anak. Menumbuhkan rasa percaya diri, dan pengembangan fisik dan mentalnya secara optimal " ujar Psikolog Sani B Hermawan tersebut.


 
Jika ibu Sani menjelaskan makna noda dalam artian noda kotoran seperti pasir, atau lumpur dan manfaat memberikan kebebasan bertanggung jawab bagi perkembangan anak. Maka Fira basuki memandang "noda " tidak hanya dalam sudut pandang "kotoran" yang melekat pada tubuh atau pakaian.
Tidak ada kehidupan tanpa noda, baik sebagai kesalahan atau pelajaran.  Bisa di bilang selalu ada cerita di balik noda, selalu ada hikmah yang bisa di ambil dari setiap kejadian baik kisah manis atau pahit.

Alvin adam nyaris membuat Fira Basuki meneteskan air mata saat bertanya tentang salah satu cerita dari 4 judul yang di tulis murni oleh Fira Basuki. Dari 42 cerita, 4 kisah terinspirasi dari pengalamannya. Sedangkan 38 diantaranya terilhami cerita ibu Indonesia yang mengikuti lomba penulisan " cerita di balik noda " kerjasama dengan ahlinya pembersih noda yaitu detergent Rinso. Judul " sarung ayah " yang membuatnya teringat almarhum suaminya yang meninggal saat Fira basuki tengah mengandung putrinya yang kedua. Air mata saya pun nyaris jatuh melihat penulis ibu dari dua orang putri itu menceritakan kisahnya dengan terbata dan menahan air mata.

Sesi tanya jawab, dilanjut berbagi cerita dari 2 undangan yang menceritakan pengalamannya dengan " noda " dan anak-anak lalu acara dilanjutkan dengan pengumuman doorprize.
Sebagai acara puncak Launching buku Fira Basuki di dampingi Christopher Oey sebagai senior brand manager Rinso yang turut hadir di launching buku tersebut.

Buku ini menurut saya bagus sekali di baca oleh para ibu di mana pun, bahkan oleh siapapun baik ayah, paman, ponakan, ana-anak, dll.
Banyak makna dan inspirasi yang bisa kita ambil dari kisah sehari-hari yang di kemas dengan apik oleh Fira Basuki. Buku ini mengingatkan pada bacaan favorite saya Chiken soup.

Banyak pelajaran yang bisa kita petik, khusus saya sebagai seorang ibu bahwa memberi kebebasan bertanggung jawab dengan membiarkan anak-anak kita bahkan untuk bermain kotor-kotoran itu baik, selama ada Rinso #eh. Dan selalu ada inspirasi dan pelajaran yang bisa kita ambil dari noda-noda kehidupan.
Dan Fira basuki menuliskannya dengan  begitu apik

Acara selesai hampir pukul 12 siang, seluruh undangan launching buku menuju buffet makanan yang homey banget. Beberapa teman blogger berkomentar, selain tempatnya nyaman makanannya pun nikmat. Ajang narsis pun di mulai,...blogger gak foto-foto memang sepertinya kurang sah :D







Sebelum meninggalkan acara, kami mendapat buah tangan berupa goddie bag cantik.Thank you undangannya,... dan sukses untuk bukunya mba Fira Basuki.

 
  
  

 
 

28 comments:

  1. Typo :))
    Sebelum posting diperiksa lagi, diedit, biar nggak ada kesalahan nulis.
    Selebihnya, untuk kamu yang tak terbiasa menulis reportase, artikelnya bagus dan mengalir.
    Ayo semangat menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixii, masukan akan diingat selalu mba indah, huaaa senangnya.... jd semangat belajar lagi ^^
      mksh ya mba...:)

      Delete
  2. mantap maak.. gaya tulisan liputanmu sama seperti aku, tidak terlalu bersifat jurnalis, tapi dikemas dalam bentuk cerita, dan aku suka seperti itu. Soft selling bok heheheh. Tapi, masih perlu ditambahin waktu dan tempat juga sebagai tanda adanya acara tersebut. Okesip, cipoks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukan diingat, iya ya mba...kok bisa lupa itu, pdhl keterangan wktu sangat penting ya *_*
      nuhun makpon *kiss

      Delete
  3. kegiatannya asyik banget ya apalagi ada doorprize nya

    ReplyDelete
  4. Alvin Adam memang jago membuat pemirsa 'sedikit' merasa terharu.. but saya juga suka dengan acara ini, penataannya bagus, suasananya juga syahdu

    salam kenal mbak Irma ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bunda, wah kalo begitu bunda kemarin hadir jg ya :)

      Delete
  5. Wow... goodie bag-nya keren yak. Pdhl biasa kan pake kertas doang. Sekarang mirip kado. :D
    Sering ke sini, tapi gak ninggalin jejak, Irma. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, isinya jg keren ;)
      wahhh, tinggalkan jejak spy aku bisa tahu alamat rumahmu juga mba :)

      Delete
  6. kyaaaaa goodie bagnya banyakk isinya,, ingin,, :p
    acaranya berbau sponsor bgt ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acara tanpa sponsor gak ada acara, xixixi :D

      Delete
  7. Terpana melihat fotonya, Mak :) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto yg mana yang membuatmu terpana mak ? :D

      Delete
  8. asyiknya bisa hadir di acara launching buku bareng "geng" tercinta hehehe...
    Enak ya mbak gabung di KEB, banyak pengalaman berharga yang sangat sayang utk dilewatkan begitu saja.
    Soal cerita di atas.. aku suka sekali membacanya. :)

    ReplyDelete
  9. Tulisannya bagus Mak, apalagi poto terakhir tuh, posenya wow banget :) Senang bisa ketemu kemarin, moga lain waktu bisa ketemu lagi ya :)

    ReplyDelete
  10. jadi pengen baca bukunya...tengkyu yaa..tulisannya asik kok...siiiip daaah...

    ReplyDelete
  11. As the admin of this sіte is woгκing, no heѕitatіon νery
    quickly it will be famous, due to іtѕ
    featuгe contentѕ.

    Feel free to visit my web-sitе :: Come si crea un sito Come Si Crea Un Sito Fare Un Sito

    ReplyDelete
  12. Τhis sіte ωas... how ԁo you
    sау it? Relevаnt!! Finаlly I haνe found something thаt
    helрeԁ me. Thank you!

    My ωebpage; website maken met eigen template

    ReplyDelete
  13. You can definitely see youг enthusiaѕm wіthin
    the аrticlе you write. The arena hоpeѕ for more pasѕionаte writers ѕuch as you who агen't afraid to mention how they believe. All the time go after your heart.

    Also visit my website; BUILD A WEBSITE

    ReplyDelete
  14. I visited multiρle blogs but the audiο quality foг аuԁіo songs еxistіng at thiѕ web page іs really wondегful.


    Нere is my blog ... com.ua

    ReplyDelete
  15. A person еssentiаlly helρ to makе seriously posts I'd state. This is the very first time I frequented your website page and so far? I amazed with the research you made to make this actual submit amazing. Fantastic process!

    My web page - crear pagina web

    ReplyDelete
  16. Aρрreсiate the recommendation.
    Wіll try it out.

    Ηeгe іs my blog ... homepage erstellen

    ReplyDelete
  17. I аm sure this pieсe of ωrіting has touched all the internet usегs, itѕ гeally really nіce
    paragraph on buіlding up new blog.

    My web-site; http://idesweb.blogspot.nl/2012/10/desarrollar-un-buen-sitio-web-no.html

    ReplyDelete
  18. My геlatіves all thе time saу that I
    am ωаsting my timе here at web, but I know I am gеtting familiarіty dailу by readіng ѕuch
    good posts.

    Mу web site :: website generator software

    ReplyDelete
  19. Hello Therе. I fоund your blοg uѕing msn.
    Тhis is a really ωell wгitten article.
    ӏ wіll make sure tо bookmark it and come baсk tо read more οf your uѕеful infoгmation.
    Thanks for the post. I will certainly return.

    Feel free tο surf to my blog post ... criar site

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)