02/04/2013

Jus sehat kaya manfaat

  

Kalau ditanya apa minuman favoritemu ? kira-kira mudah donk jawabnya. Jus, air putih, sirup, susu, atau kopi, teh dan lain-lain. Tapi kalau disarankan untuk rutin meminum salah satunya, yang ada bukan favorite lagi ya tapi wajib :D .Yes,...anggap aku wajib minum jus setiap pagi/hari, kira-kira tips nya apa ya supaya dapat jus yang kaya manfaat sekaligus enak dan gak bosen menikmatinya setiap hari.

*  Pilih buah/sayuran yang segar, lebih baik lagi kalau organik dan bebas pestisida. Buah-buahan lokal juga
    gak kalah enak dan sehat loh Sob :)
*  Cuci dan kupas jika ada yang harus dikupas terlebih dahulu sebelum di potong.
*  Untuk mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya jangan tambahkan air. Penambahan air sebenarnya
    supaya memudahkan meminumnya. Boleh diakalin dengan menambahkan buah yang memiliki banyak
    kandungan airnya seperti semangka.
*  Minum segera setelah jus selesai dibuat, mendiamkannya beberapa saat hanya akan membuat kandungan
    vitamin/enzim dalam buah menjadi rusak dan berubah rasa/tidak enak.
*  Jus lebih enak diminum dalam keadaan dingin, tapi menambahkan es batu atau mendinginkannya dalam
    lemari pendingin tidak disarankan. Tipsnya, dinginkan buah dalam lemari pendingin sebelum dibuat jus.
*  Buat jus hanya untuk sekali minum, jangan membuat jus dalam jumlah banyak hanya karena praktis dan
    gak mau repot. Meski disimpan dalam lemari pendingin kandungan vitamin atau mineral di dalamnya akan
    rusak.
*  Kurangi/hindari pemakaian sirup, gula pasir, atau susu untuk memetik manfaat lebih banyak dari
    buah/ sayuran yang dibuat jus. Untuk menambah rasa bisa tambahkan madu, dan bereksperimen dengan
    aneka buah untuk menambah rasa. Seperti perasan jeruk lemon akan menambah segar dan menghilangkan
    langu dari wortel misalnya.
*  Beberapa orang mengkonsumsi jus dengan mengambil sari nya saja, dengan menggunakan alat juicer yang
    otomatis akan memisahkan sari dan ampasnya. Tapi untuk saya pribadi akan ingin mengambil manfaat dari
    serat buah dan sayuran yang juga kaya manfaat untuk pencernaan/usus, saya memilih blender.
    Dan meminum berikut ampasnya, dan itu gak kalah sehat dan enak kok ;).

Semua yang berlebihan tentu tidak baik, meski sehat dan ingin menjaga berat badan jangan seharian hanya mengkonsumsi jus ya. Variasikan juga dengan aneka buah dan macam-macam sayuran supaya seimbang manfaatnya dan tidak bosan.

" Kesehatan selalu tampak lebih berharga setelah kita kehilangannya. Jadi sebelum
menyesali, menjaga adalah tindakan yang sepatutnya " 
~ Irma Senja ~



57 comments:

  1. wah kesehatan memang selalu menjadi perhatian paling utama

    ReplyDelete
  2. Aduh, mau bikin sendiri nggak punya blender, mau minta tolong bikinin jauh amat ke Bekasi :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...beli aja jus yg udh jadi ayah :D, meski gak menjamin manfaatnya maksimal ^^

      Delete
  3. Alhamdulillah segala buah dan sayur doyan...
    sehat dan segaaaarrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiihh hebatttt...sama mas, aku juga ^^

      Delete
  4. wah,,, mantab mbak tips nya, saya sebagai mantan pembuat jus di sebuah rumah makan, ampasnya selalu dibuang karena untuk penggan, tapi kalau untuk sendiri, ya ampasnya di konsumsi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, paasti jago tuh bikin jusnya mas :)

      Delete
  5. Aku mau jus buatan Irma aja deh. :)

    ReplyDelete
  6. kesehatan yang utama ya Mak..
    seringnya aku bikin jus buah2an aja..
    belom ke sayuran gituh.. hihihi..belom tega minumnya :P

    semoga kita selalu di berikan kesehatan ya Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar teteh,...iya...amiin berkah dan kesehatan untuk kita semua ya :)

      Delete
  7. Jadi haus, siang gini ngomongin juz..

    ReplyDelete
  8. Jus emang bener2 bikiin segeeerr, bugaaar...

    ReplyDelete
  9. kapan2 boleh donk nyobain jus buatan teh irma :), salam kenal n thank 4 sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh,..hehe...salam kenal jg ya mba :)

      Delete
  10. aku suka banget jus tapi gak suka ngeblendernya hehehe, baisanya tinggal minum dibikinin suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. iihhh mba lyd malesss nih...untung suaminya baik bener mau buatin jus ^^

      Delete
  11. Aku juga lebih suka pakai blender dari pada juicer...

    ReplyDelete
  12. ga doyan bikin, sukanya mampir ke alfamart trus beli jus deh :D
    irmaaa, ikutan giveaway dongss

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaahhhh, niatnya sih mau ikutan tu *_*

      Delete
  13. kalo mau lebih optimasl, minum jus dengan pola food combining. pola diatas masih "acak kadut" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, diatas sih bukan pola mas...tp tips untuk membuat jusnya ;)

      Delete
  14. saya lebih sering minum kopi daripada jus, soalnya kopi lebih mudah didapat dan lebih praktis bikinnya. tapi dalam waktu dekat ini mau dibanyakin minum jus supaya lebih sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, ngopi boleh tapi jus juga sehat :)

      Delete
  15. waduh makanan yang menyehatkan nih... mantap deh

    My blog visit here >> Nama Bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa,...pasti aku jln2 ke sana sob :)

      Delete
  16. jus adl salah satu pengganti cemilanku,, drpd cemil2 ga sehat mending nge jus ajaa. kenyang dan sehat, hihi

    ReplyDelete
  17. Sekedar tambahan jus kulit manggis juga mempunyai banyak manfaat terutama untuk pengobatan penyakit kardiovaskuler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tp sampai skg blm nyobain :D

      Delete
  18. bner tuh gaan, ada baiknya kita rutin mengkonsumsi jus yang brkhasiat utk kesehatan.

    ReplyDelete
  19. Hi Irma Senja! AKu sering minum jus setelah running. Feels awesome!

    ReplyDelete
  20. aku suka jus, tapi males bikin sendiri. trus kalo beli jusnya dikit airnya banyak jd encer ga enak, hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuuuuu,...bikin dong mil. beli diluaran gak maksimal manfaatnya :)

      Delete
  21. tips yang bermanfaat mb.. dan bener t kebanyakan vit juga ga bagus karena bikin overdosis. tetap sehat dan tetap semangat!

    ReplyDelete
  22. + sejuta!! "Kesehatan selalu tampak lebih berharga setelah kita kehilangannya. Jadi sebelum
    menyesali, menjaga adalah tindakan yang sepatutnya "

    ReplyDelete
  23. kalo buah impor sehat ga ya??

    ReplyDelete
  24. tipsnya mantep mba :)
    saya & keluarga suka jus tapiiii saya suka males nyuci blendernya hehehe..
    ujung2nya dpotong2 trus lgsg dmakan aja deh :D

    ReplyDelete
  25. Benar sekali isi artikelnya mba, salam kenal..sukses ya mba

    ReplyDelete
  26. bermanfaat banget tuh infonya
    menarik...sekali
    maksihnya...
    sehat itu mahal...
    jika kita kehilangannya...

    ReplyDelete
  27. emng kaya manfaat ya mbak hehe

    ReplyDelete
  28. biasanya saya sering dibikinin istri saya jus tomat, apel dan wortel jadi satu

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. jus salah satu minuman favourite saya mbak.. terima kasih info nya ya... :)

    ReplyDelete
  31. wihhh.. seger nih pastinya... dicoba nih mbak.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)