07/07/2013

Pola makan Sehat tanpa Nasi

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu itu saya diundang dari yayasan kesehatan perusahaan tempat suami saya bekerja ke acara seminar tentang Makanan Sehat. Wah saya bersemangat donk untuk datang ke acara tersebut, sayangnya semangat saya gak berbanding lurus dengan keriwehan di rumah. Karena anak-anak sedang libur jadi sebelum meninggalkan mereka di rumah, saya harus menyiapkan semua keperluan mereka, memastikan mereka sudah mandi dan makan saat saya berangkat.
Jadilah saya terlambat datang ke acaranya, huuuuu.....

Benar saja, acara sudah dimulai saat saya datang karena saya telat hampir 1 jam dari jadwal diundangan. Bertempat di Rumah makan Wulan sari Bekasi, undangan hampir memenuhi semua ruangan yang bertempat dilantai dua rumah makan tersebut. Saya ingat, saya juga pernah datang ke tempat ini saat silaturahmi komunitas beblog dengan Lintas me.

Saat itu Dokter Yakes Perusahaan sedang presentasi mengenai jenis-jenis makanan yang baik dan tidak. Mereka menyerahkan semua keputusan pada pilihan yang kita buat sebagai individu. PIhak Yakes hanya memberikan arahan dan penerangan tentang jenis makanan-makanan yang baik, juga yang tidak baik. Selanjutnya keputusan ada ditangan setiap kita, tentu saja karena kita yang akan mengambil manfaat dari kebaikan makanan tersebut atau menerima dampak negatifnya.

Saya mulai sadar saat bahasan makanan sehat ini lebih mengarah pada penyakit-penyakit ' orang tua ' seperti diabetes, serangan jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol, dll. Gak heran karena ternyata saya peserta paling muda di sana, kebanyakan mereka adalah pensiunan karyawan berserta istri atau suaminya.
Saya sempet cekikikan sendiri, dan merasa akh...saya kan masih muda, dan saya pikir saya baik-baik saja.
Tapi ternyata setelah saya ikuti presentasi pola makanan ini bisa diterapkan pada siapa saja, bahkan pada orang sehat, apalagi bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, jantung, kolesterol, dan dalam pengobatan kanker atau obesitas. Untuk kondisi riwayat medis dan prognosis kesehatan saya, menurut dokter ternyata sangat dianjurkan.

Jadi pola makan seperti apakah yang sudah mulai saya terapkan tiga hari ini hasil seminar makanan sehat tersebut ? ternyata cuma mengganti asupan karbohidrat dari nasi atau roti ke sepiring besar raw food/ sayuran mentah. Ada tiga macam sayuran yang dimasukan dalam menu dan aman bahkan untuk penderita kolesterol atau asam urat. Selada/ letuce, mentimun dan tomat, bisa juga dengan semangkuk brokoli yang direbus sekian detik. Lauknya biasa, seperti ikan, ayam, telur, tempe atau tahu. Hanya saja nasi nya kita ganti dengan setumpuk raw food.



Kenyang gak sih makan seperti itu ? kenyaaang bangettt.... kenapa ? iyalah dengan 200 gram selada/ letuce, 1-2 buah tomat buah, dan 1-2 buah mentimun. Awalnya saya juga susah payah menghabiskan setumpuk sayuran mentah itu. Saya mensiasatinya dengan sambal terasi, menurut dokter itu tidak masalah. Dan ternyata kenyang banget, saya makan setumpuk sayuran itu dan tempe 1 potong ditambah ayam bakar 2 potong kecil. Nikmat juga loh,...kok kaya lalapan ya ? heuuuu....kalo lalapan tapi gak sebanyak ini. Ini bukan lalapan tapi menu pokoknya, yang menggantikan nasi *_*. Dan ternyata kandungan karbohidrat sudah kita dapat. Menurut dokter, semakin bertambah dewasa, kita tidak lagi membutuhkan asupan nasi sebagai bahan makanan loh. Bahkan kondisi-kondisi tertentu seperti diabetes, nasi sudah harus dihindari.

Lemes gak cuma makan itu aja ? saya termasuk agak sensi soal abdomen dan makanan, dan ternyata saya gak merasakan lemes atau keleyengan karena kurang makanan. Untuk program diet juga bagus bagi yang ingin menurunkan berat badan. Sesuatu yang katanya menyehatkan gak ada salahnya di coba dan itu yang sedang saya lakukan. Alasannya tentu saja untuk kesehatan , kalau efeknya jadi langsing ya anggap aja itu bonusnya ;)


Makan dengan menu seimbang seperti ikan, daging, tempe, telur, dll tapi jumlah sayur dan buah ditambah dan nasi dihilangkan. Tiga hari ini aman dan nyaman tanpa nasi sepertinya, semoga abdomen saya cocok ya dengan pola ini. Ada yang mau coba ??

28 comments:

  1. saya sekarang nggak makan daging lagi mbak, cuma makan sayuran sama buah

    ReplyDelete
  2. Waw Raw Food, bisa gak ya,makan kayak gitu?

    ReplyDelete
  3. Bisa bisssa......mksh infonya :)

    ReplyDelete
  4. hemmm, gak pakai nasi kayake aku gak bisa deh

    ReplyDelete
  5. Kayaknya lebih enak kalo ditambah dressing. Kalo cuma sayur-sayur gitu kayaknya mentah banget. :|

    ReplyDelete
  6. Ini toh, cerita no-rice nya..

    ReplyDelete
  7. mbak mbak irma kok kayak kelinci yaa makanannya ijo2 semuanya :D

    ReplyDelete
  8. Udah pernah nyoba mbaak, selama stngah tahun BB bisa susut n badan jadi bugar :)

    ReplyDelete
  9. wah sehat nih mbak Irma..kayak gado-gado ya mbak?:)

    ReplyDelete
  10. memang benar-benar sehat ni, kapan-kapan bisa dicoba :)

    ReplyDelete
  11. waaah bisa di coba ini, biar menjaga badan tambah sehat lagi :D

    ReplyDelete
  12. Mbak Irma, adikku juga menerapkan pola makan seperti itu. dia gak mau makan nasi. menggantinya dengan sayur sayuran, tapi tidak melulu yang mentah. tahu tempe juga....

    dan hasilnya, sukses turun beberapa kilo dalam sekejap!

    ReplyDelete
  13. tetap aja mba aku tanpa nasi rasanya tetep kurang kenyang

    ReplyDelete
  14. bagus untuk penderita diabetes nih... makasih infonya...

    ReplyDelete
  15. informasi yang sangat menakjubkan...

    ReplyDelete
  16. informasi yang sangat menarik...

    ReplyDelete
  17. makasih infonya semoga bisa bermanfaat....

    ReplyDelete
  18. ikut komen ea gan... informasi yang sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  19. kaya nya enak tuh buat buka puasa..,.,

    ReplyDelete
  20. Ya ampun, lihat fotonya baru keinget punya pepaya di kulkas 3 hari belum di apa2in :(

    ReplyDelete
  21. salam kenal mbak :D saya coba buat sahur dan ternyata lebih mengenyangkan dari pada nasi.. saya kadang masih suka bosan sama sayuran mentah jadi sahurnya pakai buah. pisang dua biji udah cukup banget sampe maghrib hehe. bagusnya mimisan saya langsung berhenti. ini pola makan ajaib!

    ReplyDelete
  22. Wah kalo ngak pake nasi...ngak nendang rasanya ..he he.

    ReplyDelete
  23. Yang penting mungkin asal kandungannya sama yaitu karbohidrat ...

    ReplyDelete
  24. Bermanfaat sekali infonya.
    Jika Admin berkenan, saya ingin berbagi info tentang Dus Makanan. Barangkali ada dari pembaca blog ini butuh ataupun sedang cari bisa klik di sini

    ReplyDelete
  25. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat untuk
    gaya hidup sehat kita semua

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)