11/09/2013

Enema



Kata Enema pastilah agak sedikit asing bagi sebagian orang, bagi sebagian yang lain mungkin menjadi familiar. Entah membaca dalam jurnal kesehatan atau bahkan mungkin pernah mengalaminya. Sangat disesalkan kalau saya termasuk kedalam bagian mereka yang pernah mengalami apa itu ENEMA. 

Tumbuhnya kanker dalam tubuh menandakan tubuh kita sudah penuh dengan racun, dan dipastikan Liver kita fungsinya sudah begitu buruk. Kanker adalah suatu penyakit akibat sistem tubuh yang lemah. Kanker kemungkinan adalah tanda bahwa hati sudah tidak kuat lagi dalam membuang racun-racun dari dalam tubuh, kemampuannya untuk memenuhi peran vitalnya yang lain dalam membantu menjaga nutrien-nutrien mengalir ke sistem kekebalan juga telah berhenti. 

Apa yang dilakukan selain pengobatan panjang dan theraphy seperti operasi, khemotheraphy baik infus/memasukan obat ke dalam intravena, lalu khemotheraphy oral hingga berbulan-bulan. Hal lainnya yang dilakukan adalah membuang racun dari dalam tubuh yaitu salah satu caranya memalui enema. Enema yang pernah saya lakukan adalah enema hanya menggunakan air panas dan sedikit entahlah sabun atau apa yang diberikan perawat di RS, karena pertama kali melakukannya di sana, rasanya tidak nyaman karena kita harus membiarkan orang lain (suster) berada dalam toilet yang sama untuk membantu prosesnya. Atau enema kopi yang ditambahkan kopi bubuk kedalam cairannya.

Jangan membayangkan enema adalah proses suntik atau infus, merasakan sedikit nyeri atau tusukan jarum. Tidak sesakit saat jarum mencari vena yang sebagian sudah rusak untuk memasukan obat khemo, tapi sungguh ini adalah proses yang tidak ingin terlalu sering saya lakukan. Enema adalah pembilasan usus secara lembut dilakukan dengan memasukan cairan lewat sebuah alat yang dimasukan ke dalam rektum. Karena proses detoksifikasi sangatlah penting bagi pasien kanker. Membersihkan dan mendetoksifikasi organ tubuh vital terutama kolon dan hati sangat dianjurkan, itu akan menjadi salah satu cara memutus pasokan makanan bagi musuh tubuh kita yaitu sel kanker.
Alat untuk Enema tersedia pada apotik atau toko kesehatan, atau RS. Terdiri dari satu botol air panas dan pengait, sebuah selang yang menempel pada botol dengan sebuah klem untuk mengatur aliran dan sebuah ujung yang tersambung pada selang untuk dimasukan ke dalam rektum.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan Enema/enema kopi :

1.  Persiapan cairan
     -  Hangatkan delapan gelas air suling hingga suhu tubuh
     -  Seduh tiga gelas kopi ( jangan pakai kopi instan, jangan pakai kopi yang tanpa kafein)
     -  Tambahkan lima gelas air suling agar suhunya turun menjadi suhu tubuh.
2.  Persiapan Kit
     -  Carilah tempat di mana anda dapat berbaring dan menggantungkan botol air panas 
        kira-kira dua belas inci di atas anda. 
     -  isilah botol dengan air
     -  Pasangkan selang ke botol dan bagian ujung ke selang (kencangkan)
     -  Biarkan air mengalir sedikit sebelum mengklem selang tadi, agar tidak ada udara 
        dalam saluran.
     -  Oleskan pelumas pada ujungnya, pastikan tangan anda bersih.
3.  Persiapan Tubuh 
     -  berbaringlah pada sisi kiri dengan pinggul anda dinaikkan 
     -  Masukan ujung tadi secara hati-hati ke dalam rektum, lakukan dengan lemah lembut.
4. Aliran
     -  Aturan alirannya sehingga terasa nyaman
     -  Masukan yang banyak sebatas masih nyaman, sembari memijat perut anda dari kiri ke
        kanan agar cairannya bergerak ke seluruh kolon. 
     -  Tutuplah penjepitnya sebelum mengeluarkan ujung tadi.
     -  Berbaringlah terlentang, lalu pada sisi kanan anda masing-masing selama dua sampai
        tiga menit, teruslah mmeijat perut. Cobalah menahan enema kopi selama lima belas
        sampai dua puluh menit.
     -  Keluarkan, sambil pijat perut dari kanan ke kiri.
5.  Pembersihan
     -  Cucilah areal kamar mandi, botol air panas, selang, ujung, dan tutup plastik dengan 
        air panas.
     -  Sterilkan permukaan kamar mandi dengan desinfektan.
     -  Taruhlah bagian ujung alat enema ke dalam cairan pemutih, cuci dengan air panas.

Enema adalah proses pembilasan kolon atau usus besar, untuk riwayat kanker usus hal ini memang dianjurkan untuk dilakukan. Manfaatnya untuk membersihkan usus besar, membersihkan semua racun dan lapisan yang tidak baik yang berpotensi tumbuhnya polip atau bahkan kanker. Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum melakukan enema/ enema kopi ini. 
 


 

29 comments:

  1. Jangan pernah menyerah ananda, doa ayah senantiasa menyertaimu. Ayah yakin, mental ananda adalah mental sang juara dan pejuang yang tak terkalahkan oleh apapun! Mari berdamai dengan penyakit, tapi tak ada kata untuk menyerah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ayah Dian, terima kasih untuk doa dan suport semangatnya untukku.
      Berdamai dan menerima adalah cara terbaik untuk akhirnya berjuang dan menang, benar ayah ??

      Delete
  2. Aku bacanya ngilu gitu ya mbak...

    Nice info, aku baru kali ini tau istilah enema.. Semoga sehat selalu ya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi bunda, hemm...iya sih agak ngilu gimana gituh :D
      trima kasih bunda kunjungannya...

      Delete
  3. baru tahu istilah ini mak, semoga selalu diberikan kesehatan ya mak

    ReplyDelete
  4. Mbak Irma pasti kuat :)
    Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan bahagia ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, Insyaallah...trima kasih mak :)

      Delete
  5. uwah,blognya ganti cat ya...sukkkkkaaaaa banget,kalem kyk mbk irma :D
    salut sama perjuangan mbk irma,semoga sehat selalu mbk aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba,...hehe jd lbh semangat nulisnya :D
      trima kasih mba untuk suportnya,
      doa yang sama untukmu jg ya mba :)

      Delete
  6. Hai Mak Irma...aku baru tahu ttg sakitmu....to be honest I was shocked. karena gak keliataaan samsek....well....aku turut mendoakan untuk selalu diberi kemudahan dalam menjalani semuanya...Be strong yah Mak Irma...peluk eraaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee,...perjalanan dan perjuanganku sudah cukup panjang dan lama mak :)
      Insyaallah sudah berdamai dan tetap semangat berjuang...
      *peluk mak Santi ;)

      Delete
  7. Semangat mak... makasih sudah share, aku baru tau detox dgn cara seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih Noe, iya agak tidak nyaman sih prosesnya :D

      Delete
  8. Ruangan ini dekorasinya berubah total berganti dengan warna yang soft, fresh dan ceria...
    berharap ini suatu isyarat bahwa suasana hati adikku saat ini dalam keadaan yang fresh dan selalu ceria, tanpa meninggalkan kelembutan hati, tidak ada kata sedih apalagi galau...
    tetap semangat ya adik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas Insan,...
      Anggaplah seperti itu ya mas, semoga berubahnya rumah virtual sekaligus gudang catatan hatiku
      menjadi perubahan ke arah yang lebih baik ya :)
      Terima kasih suportnya selalu mas ^^

      Delete
  9. Ehmmm. baru tahu tentang enema ini mbak. Semangat yah mbak irma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih Yanuar, insyaallah ya :)

      Delete
  10. nyaman atau tidak, yang penting tetap semangat ya Mak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman atau tidak judulnya jika harus dilakukan maka lakukan mak :D

      Delete
  11. Ternyata Enema seperti itu.
    Semoga lekas sehat dan tidak perlu enema lagi.

    ReplyDelete
  12. mba bisa share tentang operasinya,pasca operasi dan masa penyembuhan.soalnya sodara saya sudah divonis kanker kolon. sekarang tinggal menunggu keputusan keluarga mau dimana dan bagaimana cara berobatnya...terima kasih...

    ReplyDelete
  13. Kami, PT. Kopi Haruman Swarnadhipa, menyediakan kopi organik single origin Lamno Aceh, dengan kualitas terbaik dan telah dipakai secara luas oleh anak-anak celebrity fitness di Medan, Bekasi, Jakarta, Jogja, semarang dan Bandung. Untuk pemesanan hubungi 081264171353. Harga Rp 95.000 per kilogramnya. Info di www.ineedacoffee.co.id

    ReplyDelete
  14. Aku termasuk yg maju mundur, sebelum akhirnya melakukannya. Ngeri tadinya masa gituan masuk situ. Ha..ha...
    Setelah nyoba, akhirnya hobi. Sekarang aku rutin seminggu 2 sp 3 kali.

    Hayuk Mak, enemaan lagi. Biar makin sehat yukk

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)