02/10/2013

RA


Image by Goole

Semalam saya terbangun karena nyeri sangat di bagian bahu dan leher sebelah kanan, bukan kali pertama sebenarnya hal ini terjadi. Sejak tahun lalu saya sering merasa tersiksa karena nyeri pada bahu kanan, lengan dan sendi-sendinya. Menurut dokter setelah melalui pemeriksaan bahwa kolesterol saya normal, asam urat normal. Ternyata nyeri sendi bahu dan tangan kanan, bahkan saat kondisi parah tampak agak bengkak dan suhunya sekitar bagian yang nyeri menjadi panas atau hangat, atau bahkan kaku dan dingin sekali dikarenakan saya menderita Rheumatoid ( apalagi siiihhhhh....? )

Dan menurut internist saya, Rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, dan jamur, keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri. sampai saat ini belum diketahui, namun diduga dipicu oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon. Perempuan lebih mungkin terkena penyakit autoimun ini dibandingkan laki-laki. Menurut dokter kasus yang terjadi pada saya karena gangguan hormonal, mengingat rasa tidak nyaman ini akan kambuh atau terasa saat jelang, selama dan sesudah menstruasi. Kadangkala saat kondisi fisik saya tidak begitu sehat/drop ditambah stress dan banyak masalah maka kumatlah rasa nyeri ini.

Penyakit rheumatoid arthritis lebih tepat dinamakan penyakit yang menjengkelkan daripada penyakit yang mematikan. Pasalnya penyakit ini memang jarang menimbulkan kematian, tetapi jika sudah menyerang, seseorang akan dibuat jengkel dan kelimpungan. Hal ini tak lain karena penyakit ini bersifat sering kambuh dan datang mendadak. Rheumatoid ini ternyata tidak hanya menyerang bagian tubuh seperti sendi saja loh, tapi bisa juga menyerang jantung bahkan pencernaan.Yang saya alami bukan asam urat atau pengapuran ya.

Saya selalu berusaha untuk berfikir positif dan menerima semua hal yang terjadi pada hidup saya dengan penerimaan terbaik yang saya bisa lakukan. Jika saya pernah berkali-kali mengalami rasa sakit yang hebat terkait peperangan melawan kanker. Kali ini, rasanya sungguh rasa tidak nyaman yang menyebalkan. Seringkali saya tidak bisa tidur karena nyeri mengganggu ini, kadangkala saya frustasi di waktu tertentu saat saya ingin melakukan banyak hal tapi tangan saya kaku. Saya suka menulis, menyetir dan melakukan banyak hal dan saya frustasi saat saya mulai agak kesulitan melakukannya. Dokter bilang tidak ada obat yang bisa menyembuhkan, pengobatan hanya pemberian obat penghilang sakit dan suntikan penghilang sakit juga. Menghindari stress, hidup sehat dan mandi air hangat ( heuggh...) 

Iya, saya sangat keras kepala. Selama saya masih bisa berjalan, beraktifitas, berbahagia, tersenyum dan terus berdamai dengan keadaan, meski diselingi  rasa sakit saya akan tetap melakukan semua hal yang saya sukai meski kadang memaksakan diri. Untunglah menurut dokter kondisi RA saya ini masih stadium awal, alhamdulillah ya.




10 comments:

  1. Semoga tidak sering-sering kambuh ...

    ReplyDelete
  2. Istirahat yang cukup ya Mbk, sambil tanya tanya untuk mengobati penyakitnya.

    Semoga lekas sembuh.

    Salam persahabatan dari Jember.

    ReplyDelete
  3. So, lebih tenang sja, ga usah terlalu banyak pikiran. Apa yang saat ini bisa membuatmu senang, nikmati saja :)
    Sehat yaa :*

    ReplyDelete
  4. kisah yang sangat menginspirasi kita semua. Terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  5. Jangan terlalu capek ya mbak... banyakin istirahat dan hindari hal2 yang membuat stress.
    Mbak pasti bisa melewati semuanya........... :)

    ReplyDelete
  6. ikut nyimak artikelnya mbak, salam kenal

    ReplyDelete
  7. banyak istirahat dan olahraga pastinya membantu kan ya maaak...aku kok sepertinya punya gejala-gejala yang miriiip...musti ekstra hati-hati dan rajin ke internis nih..btw, saya coba konsumsi air kangen mak..lumayan membantu...

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)