18/11/2013

Alergi Dingin mendera


 Image from Google

Musim penghujan sudah dimulai, November yang dingin. Setidaknya seminggu ini udara kota Bekasi jadi dingin cenderung suram dan lembab. Semoga saya gak terlalu lebay menggambarkan udaranya ya, setidaknya itulah yang saya rasakan beberapa hari terakhir. Krucils juga sulit diajak kompromi, cuaca mendung dan hujan tapi AC tetap harus menyala. Alhasil Ibunya kedinginan dan sesuatu yang jarang terjadi pun terjadilah, alergi dingin. 

Gak asingkan dengan alergi dingin, biasa disebut dengan sebutan Cold Urticaria. Alergi ini biasanya bereaksi begitu seseorang terkena paparan langsung udara dingin atau air dingin, bisa juga saat terjadi perubahan suhu yang drastis. Reaksi alergi terjadi saat pelepasan Histamin yang cukup besar  menyerang sistem kekebalan tubuh, orang-orang yang mudah terserang alergi biasanya akan mudah sesak dan sulit bernafas.

Alergi dingin juga umumnya menimbulkan gejala-gejala lain, yang terjadi pada saya adalah kulit kemerahan, bentol-bentol, dan dibeberapa bagian seperti biang keringat. Dibeberapa orang terjadi hampir diseluruh tubuh, tapi alhamdulillah tidak pada saya hanya dibeberapa bagian tubuh saja. Ada rasa gatal, tapi saat itu terjadi pastikan jangan digaruk karena kulit akan lecet dan luka. Tepuk-tepuk saja. Menurut apa yang saya baca, alergi dingin juga bisa berbahaya. Jika tidak diatasi bisa beresiko menyebabkan kematian seperti pada hipotermia, menurunnya suhu tubuh secara terus menerus.
Tapi tentu saja itu dalam kondisi serius ya, yang terjadi pada saya hanya sistem imun tubuh saya bereaksi pada suhu dingin yang tidak biasa. Biasa menggunakan pendingin ruangan tapi pada cuaca panas sepertinya umum, yang tidak biasa udara begitu dingin tapi AC terus menyala ini yang menyebabkan tubuh saya kedinginan dan timbulah alergi dingin. Biasanya saya lumayan kuat pada udara dingin, tapi kali aneh juga saya bisa kena alergi dingin. Menurut jawaban dari dokter via bbm mengenai alergi ini, katanya bisa terjadi saat sistem imun kita tidak begitu fit.

Reaksi alerginya agak semakin parah saat saya mandi, dan sedikit memudar saat tubuh saya hangat kembali.Untuk mengatasinya saya balurkan kayu putih, dan bedak dingin untuk mengatasi rasa gatalnya. Pastikan juga menggunakan pakaian yang hangat dan sedikit tebal.  Jika masih belum hilang reaksi alerginya mungkin saya akan ke dokter.


"..... Cause nothin last forever, And we both know hearts can change.
And it's hard to hold a candle, in the cold November rain. "

 
 

14 comments:

  1. semoga tidak menjadi parah teh,, tetap sehat dan kuat yah :)

    ReplyDelete
  2. pas jaman SMP dan SMA sy juga pernah mengalami. udara dingin membuat saya selalu berangkat sekolah dengan malu karena sekujur tubuh bentol2 kemerahan :) menjelang siang seiring naiknya matahari bentol2nya akan hilang sendiri. untunglah sejak lulus SMA sepertinya tu alergi hilang dengan sendirinya. anak2 saya juga ngalamin alergi ini. pernah bentol2 parah sampai demam dan harus dibawa ke dokter. harus bagaimana ya supaya alergi ini tdk datang2 lagi... :) salam kenal..

    ReplyDelete
  3. wah..., ternyata ada teman juga akunya. aku juga mbak, enggak begitu kuat dengan udara dingin. syukurnya sekarang enggak seperti dulu, kalau dulu sampai bentol-bentol merah dan gatal. biduran katanya. Mudah-mudahan enggak keterusan ya alerginya sampai harus ke dokter.

    ReplyDelete
  4. Semoga dikaruniakan kesehatan selalu ya Mak cantik

    ReplyDelete
  5. Semoga sehat selalu ya mak. Aku aja kalau sore suka gak kuat mandi air dingin jadi masak air panas deh hehehe atau kalau mau mandi olah raga dulu supaya gak kedinginan

    ReplyDelete
  6. aku juga paling ga tahan dingin mba, asli gadis tropis. udara dingin gini badan aku jadi gak enak terus tiap hari, mukanya juga sembab terus ihiks

    ReplyDelete
  7. sama kayak mendiang kakakku....
    kalo kena dingin, misalnya camping di gunung, pastilah menderita sekali. langsung kulitany merah bentol bentol gak karuan, menggigil gak bisa ngapa ngapain... kasihhhan gitu ngeliatnya.

    ReplyDelete
  8. Hadir memberi salam, dan membaca kembali tulisanmu,

    Suka suka suka, mmmm. :)

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah tidak terserang :)

    ReplyDelete
  10. Kaligata ? Aku seringgg ... hehehe, tinggak di daerah dingin tapi alergi-an. Emang bener sih, kondisi tubuh pengaruh banget. Kalau sedang fit, jarang kaligata walau sedingin apapun.

    Cepet sehat ya ...

    ReplyDelete
  11. semoga tidak sering-sering terjadi ya. eh tapi susah juga, kan masih musim hujan...
    anyway, have a nice day! :)

    ReplyDelete
  12. hadeh kalau untuk alergi dingin gini aku juga sering, biasanya aku pake koyo di puser dan pake kaos kaki kak.. tetep dingin sih tp mendingan deh daripada gak pake.. trus kalo kena air dingin rasanya badanku ditusuk2, menggigil banget -_- bisa dicoba tuh saran pake minyak kayu putihnya mbak :p

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)