28/02/2013

Mengatasi buah hati yang pendiam



Anak atau buah hati adalah anugerah untuk setiap orang tua, betapa anak adalah hal terindah dan terpenting bagi kehidupan orang tua di mana pun. Dan bagaimana pun keadaan anak kita, mereka akan selalu menjadi sumber kebahagiaan, dan pengharapan setiap orang tuanya.

Sebagai ibu yang sudah memiliki dua buah hati yang sudah cukup besar, SMP kelas 1 dan kelas 3 SD. Tentu saya mengalami segala macam suka dan duka menjadi ibu yang mendampingi mereka full time di rumah.
Ini menjadi kebahagiaan untuk saya ketika bisa menghabiskan waktu bersama mereka, saat-saat mereka bertumbuh dan saya ada disana.

Setiap anak itu unik , Sean, jagoan saya ini aktif, periang, cuex tapi sesungguhnya perasaannya sangat peka. Sedangkan si sulung, Tazkia. Pemalu, berpembawaan tenang, dan sangat pendiam.
Dan bicara galau, ternyata menghadapi anak yang pendiam lebih membuat saya galau.Anak yang periang akan lebih terbuka dan mudah diajak bicara, tapi si pendiam kita harus betul-betul memahami bagaimana suasana hatinya yang terkadang sulit di tebak.

Ada beberapa tips yang coba saya terapkan pada si pendiam kesayangan saya di rumah :

*  Aktif bertanya dan peka pada keadaan anak kita. Pahami sifatnya, saat dia marah, kesal, sedih, 
    bahagia, dan lain-lain.
*  Jika  karakter anak kita pendiam, pemalu. Sebagai orang tua kita juga harus sigap menyelidiki
    perkembangan psiko sosialnya. Jangan biarkan sifatnya itu menghambat perkembangannya. Segera
    atasi sebelum mengikis kepercayaan dirinya.
*  Ungkapkan perasaan kasih dan cinta yang kita miliki sesering mungkin, betapa kita menyayangi dan
    bangga pada dirinya. Lakukan banyak hal terutama yang dia sukai bersama, lalu selipkan ungkapan -
    ungkapan sayang, kalimat yang membuatnya nyaman, percaya dan akhirnya terbuka pada kita.
*  Beri pujian untuk pencapaiannya sekecil apapun
*  Tempatkan dilingkungan yang membutuhkan banyak aktifitas psikomotorik, yang memaksanya aktif
    bersosialisasi, dan berdiskusi.
*  Ajak diskusi, atau sertakan anak pendiam dalam membuat setiap keputusan, rencana atau apapun.

Beberapa tips diatas hanyalah masukan dan saran yang saya terapkan di rumah, sejauh ini anak saya mengalami banyak perubahan berkaitan dengan komunikasinya dengan saya. Dan mungkin untuk orang tua lain yang memiliki buah hati yang pendiam, semoga sedikit memberi masukan. Yang terpenting dari semuanya adalah kasih sayang yang kita berikan setulusnya untuk mereka. Mendampingi, menjadi sahabat mereka, dan mensuport apapun hal positif yang mereka lakukan, namun tetap menerima dan mengoreksi kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan dengan bijak. Dan tentu saja doa- doa yang terus kita panjatkan untuk mengiringi langkah mereka.

" Tidak penting anak-anak kita tahu seberapa besar kita mencintai mereka, 
 tapi pastikan mereka merasa kita cintai "
~ Irma Senja ~



24/02/2013

Heart to Heart




 

 Semalam itu insomnia melanda, saya tidur hampir lewat dari jam 3 pagi *_*
Akhir-akhir ini kualitas tidur dan makan saya agak buruk. Obat penambah nafsu makan dan penghilang mual yang dokter kasih memang berhasil, nafsu makan saya membaik sih meski segala pengen di makan. Dan saya menahan perih semalaman karena asinan yang agak kecut dan pedas itu, :D.

Sisi positifnya saya punya bahan postingan hari ini, Boleh ya saya share ocehan saya di twitter saat terjaga semalam... ^_^

Hal-hal paling baik dan indah dï dunia ini,tdk bisa dï lihat dgn mata atau dï sentuh. Tetapi dï rasakan oleh hati

Organ paling besar dlm tubuh, hampir 500 pekerjaan dan tugasnya.organ ini adalah mesin utama di dalam tubuh. Jika rusak, maka tamat riwayatmu.

Jika sel ganas sudah tumbuh bisa di pastikan fungsinya sudah buruk,dan saat sel-sel itu menyebar,organ ini akan kehilangan kemampuannya.

Hati yang rusak beda tipis dengan hati yg patah. Dua-duanya gak asik

itu pesan untuk liver dan perasaanmu/kalbumu... Dua-duanya butuh perawatan dan pengawasan

Makan yang sehat,hindari antibiotik, bahan kimia, jangan begadang, jangan stress, jangan emosian,jangan terlalu ambisius, selalu sarapan pagi, perbanyak humor. Kata bapak Dahlan Iskan di bukunya nih  

Penyakit hati slalu menguras kantong, patah hati slalu menguras air mata

Rata-rata yang mengendap di dalam hati slalu punya pengaruh besar, entah kista, tumor, rindu atau kamu

Berlakulah adil pada anugerah Tuhan yang satu ini, jangan abaikan bisikannya, penuhi haknya, dengarkan keluhan, rasanya dan hasratnya.  

Yang jatuh hati, yang main hati, yang pake hati, boleh...silahkan. Asal jangan patah hati dan makan hati  

Jadi, jagalah hati mu agar tetap sehat dan bahagia...





 

21/02/2013

40 Tahun AQUA


Pagi tadi saya dan Mbak Indah Juli sudah menyusuri jalanan Bekasi Barat menuju Harum Manis Restaurant di bilangan Jakarta untuk memenuhi undangan konferensi pers jelang ulang tahun AQUA Danone yang ke 40 tahun. Luar biasa memang perusahaan air minum ini, Brand AQUA  menurut saya sangat kuat. Coba tanyakan pada masyarakat pada umumnya, apa yang kalian minum ? mereka akan menjawab AQUA, padahal belum tentu yang mereka minum air kemasan bermerk AQUA. hebatkan... ?

Saya sampai di tempat acara jam 9 kurang sepuluh menit, mengisi registrasi, lalu menikmati coffe break berupa dua macam minuman hangat, kopi dan teh. Ditemani penganan khas indonesia, lemper/ arem-arem, pastel, dan kue lumpur. Saya sempat mengedarkan pandangan, menikmati keindahan restoran ini. Suasananya cozy dan homey banget, dengan nuansa etnik dan unik yang kental sekali dengan Indonesia. Seperti ada dapur/ area memanggang sate atau menu yang di bakar/barbeque di tengah ruang makan. Dengan hiasan-hiasan dari bawang putih dan cabe kering membuat suasana restoran ini unik tapi nyaman.

Acara dimulai hampir jam 10 pagi, dipandu MC beken Mba Becky Tumewu yang cantik dengan mengenakan blous hijau tosca dan rok batiknya, setelah sebelumnya mendengarkan sebuah lagu dari Band pengiring.

Mr Charlie Capeti sebagai Presiden Director AQUA Group menyampaikan kata sambutannya, juga pencapaian-pencapaian AQUA, dan harapannya bagi masyarakat Indonesia yang lebih baik. Setelah itu, ibu Prahma hadiningsih sebagai Vice President AQUA menyampaikan visi misi AQUA dengan sangat bersahaja, menceritakan sejarah perusahaan AQUA yang didirikan oleh seorang revolusioner bernama Bapak Tirto Utomo. Dilanjut dengan Ibu Feby Intan sebagai Brand Person AQUA.  " Karena AQUA berasal dari kebaikan, maka AQUA akan terus bersinergi memberi yang terbaik untuk masyarakat Indonesia yang lebih baik " ucapnya dengan semangat. Oh iya , ternyata tidak semua mata air pegunungan itu bisa menjadi sumber mata air AQUA loh. Tidak kurang dari 1 tahun sumber mata air itu akan diteliti kandungan dan kelayakannya untuk menjadi sumber mata air AQUA.

AQUA tidak hanya berusaha menjaga mutu produk dan menjaga kepuasan konsumen. Tapi berselaras dan mengupayakan kebaikan juga bagi alam. Mengandeng seluruh elemen masyarakat, seperti para wanita, Ibu, sampai anak-anak. Para undangan yang terdiri dari para blogger dan media, diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Kami juga mendapat kesempatan menikmati tarian para dancer sebelum menyaksikan cuplikan TVC yang akan di launch tepat pada tanggal 23 maret  sebagai hari Ulang tahun AQUA. AQUA juga memperkenalkan logo/ lambang AQUA yang baru, dan pasti lebih keren. Dua orang undangan media juga mendapat doorprize berupa camera digital, sayangnya Emak-emak blogger belum ada yang beruntung. Acara ditutup dengan makan siang bersama, menikmati aneka masakan Indonesia dari Harum Manis Restaurant Jakarta. 

Saya sebagai wanita dan ibu yang sangat concern terhadap kesehatan tentu menjadikan air minum sebagai salah satu faktor penting dalam menjaga stamina keluarga. Kita tahu bahwa tubuh kita sangat membutuhkan air yang sehat untuk menjaga organ-organ di dalam tubuh agar tetap bekerja optimal. Dan pilihan air minum bagi kesehatan keluarga saya sudah pasti AQUA.



 
 Inilah Logo baru dari air minum keluarga Indonesia AQUA 


# Mohon Maaf Jika ada kesalahan penulisan nama, dll.



17/02/2013

Indosat Super wifi membuat koneksi melaju cepat.



Melalui kompetisi social media Indosat super wifi memperkenalkan akses internet yang mudah, murah dan cepat di berbagai tempat favorite pilihan pelanggannya. Seperti hari ini tanggal 17 Februari 2013 saya dapat undangan melalui Blogger Bekasi untuk mencoba akses Super wifi nya di salah satu tempat makan didaerah Bekasi " Warung Tekko " Kalimalang.

Saya penasaran dengan fasilitas dan kecepatan dari Wifi Indosat kali ini, seperti yang sering kali saya alami bahwa fasilitas wifi khususnya di tempat-tempat umum,  sering membuat kesal karena koneksi yang sangat lemot, merayap seperti siput.  Gak terbayang dengan koneksi lambreta azizaaa, padahal kita dihadapkan pada deadline kerjaan, sedang ngadmin web komunitas atau sedang semangat-semangatnya menulis atau blogging. Otomatis menghambat pekerjaan, menguji kesabaran. Niat hati ingin bertemu teman, meeting di tempat favorite, atau menikmati kuliner sambil upload foto, pengen bernarsis ria atau ngetweet menjadi berantakan karena fasilitas wifi yang katanya disediakan untuk para pelanggan secara cuma-cuma tapi dengan koneksi yang membuat urat saraf menegang.

Katanya teknologi terbaru Internet Indosat super wifi kali ini dilengkapi teknologi EAP SIM ready ( SIM Autentication) yang bersifat SEAMLESS untuk kemudahan pengguna layanan Indosat sehingga koneksi internet ke berbagai layanan akses social media menjadi lebih mudah dan cepat.
Dengan teknologi terbaru  memungkinkan pelanggan Indosat bisa meng-akses internet dihandset atau tablet melalui wifi hotspot Indosat dengan menggunakan simcard Indosat. Keunggulan Indosat superwifi yaitu aksesnya cepat, cara koneksinya mudah karena tidak perlu repot memasukan username dan password . Begitu terkoneksi pelanggan bisa langsung berselancar di semua social media, browsing, atau blogging dengan speed up to 20 mbps dan unlimitted.

Saya sengaja membawa laptop dan tablet ,plus smartphone nih, dan niat banget pengen ngebuktiin kecepatan dan teknologi terbarunya dari Indosat superwifi.


Dannnn,....sepertinya saya mulai jatuh cinta  sama Indosat Superwifi. Saya yang sedikit rada-rada lama kalo soal tetek bengek settingan gadget/laptop mendadak gampang banget untuk konek ke jaringan wifi Indosatnya. Dan tralala... saya sudah asyik berselancar didunia maya dengan si lappy saya yang langsing, tablet juga smartphone #GilaGadget

Makasih loh Indosat, untuk icip-icip Indosat Superwifi nya di Warung Tekko Kalimalang, para officer Indosat nya juga ramah-ramah dan cepat tanggap membantu dan menanggapi kami para blogger. Aneka doorprize dan lombanya juga seru banget.

Jadi apa kesannya nyobain super wifinya Indosat hari ini ? kesannya puas.....koneksi lancaaarrr jaya, sempat agak tersendat di awal tapi lalu melaju. Untuk para blogger yang notabene koneksi is everything, Indosat Super wifi bisa jadi koneksi pilihan.
















Tips tetap happy dengan si Lappy dan family



Bergabung di sebuah komunitas khusus wanita membuat saya semakin menyadari bahwa internet, seperti berbagai macam sosial media, blog, web baik dunia online maupun offline begitu marak saat ini. Tidak bisa kita pungkiri dalam hal ini wanita atau para ibu atau istri menjadi bagian cukup aktif dari maraknya dunia online. Bukan hanya para wanita karier yang dalam tuntutan pekerjaan harus ‘melek’ internet, dengan banyaknya ragam gadget bahkan ibu rumah tangga biasa pun menjadi akrab dengan ‘online’ ‘browsing’ ‘googling’ bahkan seringkali semakin mesra di dunia tanpa off ini.
 
Karena saya seorang wanita, istri dan juga ibu, keasyikan saya dengan dunia menulis/blogging, berkomunitas, atau sosial media tidak ingin membuat saya menjadi ‘asing’ bagi keluarga saya di rumah, ada beberapa tips hasil pembelajaran saya dan suami di rumah yang mungkin bermanfaat. Tetap bisa berekspresi, berkarya, namun tetap fun dan tidak terjebak di dunia maya hingga mengundang masalah bagi kehidupan nyata dan keluarga di rumah.

        Tips aktif di social media, blogging, komunitas tapi tetap mesra dengan suami dan anak :

1. Pandai mengatur waktu
Semua yang berlebihan jelas tidak akan baik, begitu juga dengan dunia online karena hanya dengan smartphone di tangan kita bahkan bisa mengelilingi seluruh belahan dunia. Pastikan kita tetap bisa mengatur waktu. Tidak ber-bbm ria saat suami dan anak berada di dekat kita. Lempar semua gadget atau matikan laptop saat suami pulang kantor, saat jam belajar anak, dan semua hal yang menuntut kita fokus dan sepenuh hati bersama mereka. Abaikan email dan notifikasi jika buah hati dan suami sedang menuntut kehadiran dan hati kita.

2. Jangan mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat
Kalimat ini tampak simple, tapi resapi dan pastikan itu tidak terjadi pada diri kita. Dunia online memang menciptakan banyak sensasi, selalu penuh perhatian. contohnya setiap kita buka akun jejaring sosial, sudah di tanya tuh ” what on your mind ? ” ahaaa….. ini membuat kita lebih mudah curhat di status dari pada berbagi dan komunikasi dengan pasangan kan. Hati-hati…gak ada salahnya menulis apapun di jejaring social, apalagi di blog. Tapi tetap dahulukan berkomunikasi dengan pasangan dan keluarga.

3. Komit pada prioritas
Bagi seorang wanita, suami atau anak tentu prioritas terbesarnya, jangan buat mereka merasa di abaikan dengan keasyikan kita pada dunia online. Tetap berkomitmen, bahwa keluarga yang terpenting, yang nyata dan yang sepatutnya menjadi prioritas perhatian kita.

4. Bersosialisasi yess, dan keluarga tetap happy

Aktif di komunitas yang mendatangkan efek positif tentu tidak ada salahnya, sesekali melakukan kumpul-kumpul, berbagi banyak hal, belajar tentang banyak hal, bisnis, menulis dan lain-lain. Atau hanya sekedar bersilaturahmi dengan sahabat akan sangat membantu jika efek positif yang kita ambil. Memilih waktu-waktu yang tepat, seperti ketika anak-anak dan suami beraktifitas di kantor dan sekolah. Tentu dengan ijin mereka.
Menyerap hal-hal baik, dan ilmu yang bermanfaat akan membuat suami dan keluarga mensuport, buktikan dengan bersosialisasi di dunia online atau ofline bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik bahkan kalau perlu berprestasi. Contoh, juara menulis, mendatangkan penghasilan tambahan dan lain-lain.

5. Menjaga kepercayaan
Dunia online jika tidak di sikapi dengan kedewasaan dan tanggung jawab, banyak kemungkinan yang akan membuat kita terjebak. Ketika jarak tidak menjadi penghalang, keterbukaan dengan dunia luar, orang-orang baru, bahkan hanya dengan “klik” dan “ping” semua yang terasa jauh bisa menjadi begitu dekat.
Ingatkan diri bahwa ini adalah bonus dari era masa kini untuk kita kaum wanita, khusus saya dan teman-teman sebagai IRT apalagi. Tetap bertanggung jawab, tidak mengecewakan keluarga dengan berlebihan memaknai kehidupan online dan tetap menjaga kepercayaan orang-orang terkasih.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat, suami dan anak merengut itu pernah saya alami. Tapi itu bertahun lalu, saat saya menyadari betapa saya sangat menyukai dunia menulis dan blogging. Saya harus pastikan bahwa kesenangan saya ini tidak boleh mendatangkan rasa tidak nyaman bagi keluarga yang saya kasihi.
Ada yang ingin menambahkan tips tetap happy dengan si lappy (laptop) dan family…?
So,…keep writing, keep blogging… and keep happy with your family  ^_*







15/02/2013

Sajak tak terbaca



Hanya ingin mengabadikan sebuah karya dari seorang sahabat, 
Indah sekali... terima kasih yang terdalam :)

   Isyarat Musim
Kepada Sahabat Irma Senja
Dan pada setiap hujan yang runtuh di pintu-pintu jantungmu
adalah isyarat musim yang melengking dari riuh sunyi
mungkin kemarau
atau barangkali dingin matahari
bersaksi atas nama air mata
Senyum yang kau susun pada gugusan senja
adalah huruf-huruf kelu
rubuh ke tanah bersama tawa yang bertahun-tahun kau timbun
pada sebongkah embun
sebelum siang mencurinya dari dahan-dahan luka menahun di tubuhmu
Paragraf-paragraf yang mengalir di setiap sudut bibirmu
adalah nyanyian air yang senantiasa berzikir
diam
seriuh tawa si kecil bertembang hujan di beranda halaman
Teruslah menulis, senja...
sebelum huruf menjadi tua
atau sebelum aku berangkat
mencari doa-doa paling mujarab
agar alam sudi mengecap
isyarat musim yang tak terbaca
Purwokerto, menjelang siang beranjak, 2013


# Mungkin aku memilih menjadi senyum yang paling teduh
untuk membalas betapa catatan hatimu begitu indah,...
Hingga meluruhkan dua aliran sungai kecil disudut mataku.

Atau menjadi temaram langit senja, yang sekilas menampilkan keindahan warna tembaganya.
Betapa rasa terima kasihku yang terdalam.

Bahasaku adalah paragraf,...
kadang begitu nyeri hingga catatanku menjadi biru.
Tapi riangku juga puisi, yang pada bait dan rima menjadi asa dan doa yang terus terbang ke angkasa.
Karena DIA yang menggerakkan iman di dadaku,
juga karena penghiburan-penghiburan hebat sepertimu dan sahabat lainnya.

Kadang aku bertanya, " kelak seperti apa aku di kenang ? "
Kadang takut dan putus asa, tapi terkadang aku tahu aku akan hidup lebih lama.

Karena hidup adalah rahasia , tak terbaca olah kaca mata manusia.
Aku pasien kanker,...sejak bertahun lalu.
Aku mengalami remisi berulang kali, bahkan nyaris tertipu dan tumbuh lagi.
Tapi seperti yang kau tahu, aku tak mudah dikalahkan.

Aku masih disini,...dan aku tahu, esok dan nanti aku masih disini. Sekedar memberimu senyum atau memaksamu membaca paragraf demi paragraf pada catatan senja.....

i'm survivor indeed ;)

12/02/2013

Gagap tol dan Abdomenku

Jadi seharian ini tepatnya sejak jam 10 pagi saya beradventure ria menyusuri jalanan sendirian. Ah itu biasa... iya biasa, tapi kalau sendirian ke daerah yang saya belum pernah kesana. Lalu menyusuri tol lingkar luar /dalam masuk ke daerah Jakarta sendirian, itu pertama kali.  

Meski penyakit gagap tol saya kumat alias salah masuk ke jalur lain dan terpaksa keluar tol lagi lalu masuk lagi. Dan berulangkali galau dipersimpangan, untungnya ada sahabat-sahabat saya yang dengan senang hati memberi petunjuk meski lewat bbm. Norak bangett ya ? hiksss... begitulah, bisa jadi saya memang sudah menyetir kemana-mana. Puncak, pantura, keluar kota dan lain-lain. Tapi silahkan dampingi saya untuk menunjukan arah dan alamat :D

Saya tiba di salah satu laboratorium klinik di daerah jakarta pusat, hampir jam 2 siang. Dari jadwal tindakan jam 12 siang, terbayang dong saya sudah puasa sejak jam 10 malam. Lemes, lapar, sampai laparnya hilang berganti sakit yang melilit di uluhati dan abdomen. Karena Klinik nya jauh dari rumah saya di Bekasi, saya putuskan untuk menunggu hasilnya saja. Yang membuat saya terhibur adalah dokternya ramah dan baik sekali, namanya Dokter Sandra.

Sayangnya di Klinik sebagus itu tidak disediakan tempat shalat/mushola, saya sampai ijin ikut  sembahyang di ruang dokter.
Lalu bagaimana dengan hasilnya ? hemmm,....#garuk-garuk kepala#
Fungsi hati menurun dan tumor pada Liver saya membesar, dokter Sandra bilang ini bukan metastase dari kanker kolon. Saya sedikit bernafas lega, tapi dia bilang jika membesar terus harus dilakukan tindakan semacam tindakan memasukan alat atau cairan supaya tumor/hemangioma pada liver tidak membesar dan menimbulkan kerusakan pada tubuh lebih parah. Atau jika terus membesar dokter menyebutkan bisa saja diharuskan operasi pengangkatan hemangioma tersebut. Sayangnya resikonya sangat besar dan riskan bagi pasien.

Apapun itu,... apapun yang terjadi hari ini, itu adalah pembelajaran, proses hidup dan gift dari Yang Maha Tinggi. Sahabatku bilang.... Just is neng, accepting dulu... 

  " Ya, karena menerima dan hidup dengan apapun kepahitan dan ujian adalah bukan kekalahan, tapi kemenangan sebenarnya "

11/02/2013

Ketika aku bicara pada hujan di 11 Februari...


“Hidup telah menunjukkan dengan caranya sendiri bahwa aku senantiasa dipandu. Tak perlu tahu ke mana ini semua berakhir. ...” ~ Dee ~

 # Cukup aku meyakini bahwa ada yang Maha Tinggi yang mengawasi, memandu, dan membimbing langkah-langkahku. Batas dimana aku berakhir, aku tidak ingin tahu.
Cukup menjalani pasang surutnya, menikmati setiap gelombang dan angin gurun atau angin di musim semi. Menikmati indahnya matahari terbit, atau sendunya langit senja...

" Mengalah untuk kebaikan lebih banyak orang adalah seperti menimbun bahagia di kelak kemudian hari nak. Menekan ego dan kebahagiaan sendiri demi orang yang kau kasihi adalah caramu berjalan dengan penuh syukur. Tapi menerima dan memaafkan semua hal yang kau terima dari hidup adalah cara terbaik menjalani kehidupan ini "

Lelaki bijak beruban yang kupanggil papa,... mengelus punggung tanganku " Jika semua kakek dan nenek dari papa dan mamamu hidup dengan Kanker lalu kalah. Maka kau wajib memenangkannya..."

Angin bulan Februari begitu dingin pah,... tapi aku tidak kedinginan, banyak cinta di sekelilingku.
Banyak keajaiban yang aku dapatkan, jika dokter begitu takjub melihat kekuatan fisik dan semangat hidupku yang tak pernah menyerah. Maka aku jatuh cinta pada CaraNya mendekorasi setiap bagian berupa puzzle demi puzzle hidupku dengan begitu indah. Betapa aku jatuh cinta pada kemurahanNya memberiku banyak kemudahan dan kebahagiaan.

Ketika DIA memberiku kanker kolon stadium 3 kini pada tahap remisi dan yakin tertidur selamanya lalu kini kista pada ginjal, hemangioma di liver dan RA di sendi bahuku. DIA juga menganugerahiku banyak kebaikan dan kemudahan menjalaninya.

Adakah yang menyangka ketika memandangku, menatapku bahwa aku sakit ?
Tidak,.... Karena aku memang bukan pesakitan, aku hanya seorang penyintas...pejuang yang bertahan dan pasti menang. Dimana ujungku...batas akhirku ? aku tidak perlu tahu :)

Aku bahagia,... sangat bahagia, terima kasih Tuhan untuk segalanya.... ^_^












10/02/2013

Demam

Apa ini benar, baikkah ini untukku ?
Apa ini akan mendatangkan kebaikan dan meningkatkan proses belajarku?
Mampukah aku.... ?

#Tanya pada malam

Langit malam,...
Sembunyikan aku, agar energiku tak terbaca
bertahun-tahun pencarian.

 

09/02/2013

Curhat saja

Diluar sih udara lumayan terik, saya baru mandi setelah pulang yoga tadi. Mandi, dzuhur lalu menyiapkan #Chiken katsu pesanan Kaka Tazkia untuk menu makan siang dengan teman-teman sekelasnya yang hari ini datang ke rmh untuk mengerjakan tugas sekolah.
Saat hubby dan krucil bobo siang, tibalah me time untuk saya. Buka entri baru blog lalu ketak-ketik deh. 

Makmin KEB mendadak nyolek sambil bahas #olahraga dan yoga, ya... saya memang jatuh cinta dengan olah raga yang satu ini. Tepatnya Yoga Pilates, yoga membuat saya lebih fit dan tidak terlalu ringkih seperti saat saya tidak rutin berolah raga. Yoga membuat saya merasa beruntung sebagai mahluk berjenis wanita, kenapa ? saat yoga saya merasa nyaman dengan tubuh dan diri saya :)

Meski awalnya ikut kelas yoga karena anjuran dokter yang merawat saya, tidak seperti kebanyakan orang yang ikut kelas yoga karena ingin tetap langsing, sexy dan bahkan ada yang ingin menguruskan berat badan.
Saya hanya ingin lebih fit, olah raga ini juga baik untuk mengatasi depresi, rasa sakit, karena kita juga belajar fokus bermeditasi, olah pikiran dan pernafasan.

Jadi ingat tawaran instruktur yoga saya tadi pagi, bukan hal baru sih. Tadi beliau menawarkan kembali kesempatan untuk saya menggantikan beliau mengajar di depan kelas. Tawaran ini sudah sejak 2 tahun lalu sebenarnya. Dan saya belum juga berani, pertama ya karena ilmu saya belum banyak. Saya hanya suka melakukannya, dan belum tentu bisa mentransfer kesukaan dan spirit saya pada orang lain

Instruktur saya bahkan tadi bilang  " ya sudah sesion awal aja dulu deh sama Irma, setelah itu ganti tante lagi. Nanti selanjutnya terbiasa "
Saya nyengir dan bilang " Insyaallah ya tante... "  sambil mikir minggu depan aku ada acara kemana ya ? *alamatdicipokkalomakmintahunih*

Tapi ya itulah saya, bingung harus ngomong apa ya di depan kelasnya #ngikik. Padahal  cedera di lutut kiri kadang membuat gerakan saya gak maksimal jika harus bertumpu pada kaki itu. Tapi kalau sekedar mencontohkan di depan kelas sih mungkin gak masalah, tapi kalo harus ngajarin dan memberi instruksi . Itu yang bikin bingung. Harus ngomong apa ya ? wkwkwkkkk...... 

Yoga pilates hanya ruang bagi saya untuk tetap positif dan merasa sehat, berinteraksi di kelas olah raga menurut penelitian baik bagi kondisi-kondisi tertentu. Saya hanya suka, cinta... dan saya pikir mesti saya jatuh cinta, gak melulu saya harus menyerahkan hidup saya dengan resiko lutut kiri saya cedera kan ?

Seringkali saya harus menahan diri karena tubuh dan jiwa saya terkadang tidak sinkron *_*







# Kaka Tazkia dan 4 orang teman di kelasnya yang berkunjung siang tadi ke rumah. Foto dulu sebelum nyobain Chiken katsu buatan Bunda Senja ya :)

 

 

   

07/02/2013


Finaly,...sampai rumah langsung mandi, shalat, uyel-uyelan dengan krucil yang hari ini sudah membantu bundanya menjadi anak manis dan pintar. Mengerti saat aku harus seharian keluar rumah.

Special Day


Dear Ayah,....

Tibalah hari istimewa untukmu,
hari ketika kau di lahirkan lebih dari empat puluh tahun yang lalu.
Seperti yang sudah - sudah, tidak pernah ada yang bisa aku berikan
sebagai hadiah seperti yang kau lakukan padaku selama ini.
Sejak hari ulang tahun pertamaku sejak kita bersama,
Tidak pernah absen kau menghadiahiku dengan doa 
dan semua yang aku inginkan.

Hanya doa ayah,....
dan rasa terima kasih pada Tuhan dan padamu.
Terima kasih memilihku untuk mendampingimu,
untuk menjadi sandaran ketika kau lelah,
menjadi penghiburan ketika kau lara,
menjadi teman ketika kau butuh kawan.
Bukan aku anugerah terindah seperti yang kau bilang.
Tapi engkaulah anugerah dan kebaikan yang Tuhan berikan padaku.

Selamat Ulang Tahun ayah,....
Semoga kebaikan dan kebahagiaan selalu tercurahkan untukmu.
Semoga nikmat sehat dan kemudahan dalam segala
dan terwujudnya semua harapan-harapan baikmu.
Tetaplah menjadi ayah terhebat bagi Tazkia dan Sean.
Menjadi teladan dan imam bagi kami.

Semoga Tuhan memberiku banyak waktu untuk mendampingimu.
Untuk membalas semua kebaikan dan cinta yang kau curahkan padaku.
Semoga Tuhan memberiku kesabaran dan teguhnya iman,
agar aku tidak ingkar pada  semua hal indah yang ingin kulakukan padamu.

Menjadilah seteguh karang-karang, suamiku ....
Karena kau adalah nakhoda perjalanan kami.
Berikan cintamu yang terhebat pada Yang Maha Hebat,
karena kecintaanmu padaNYA yang akan mengikatmu erat.

Dear Ayah,....
Selamat Ulang tahun,
Semoga jalan yang kau arungi senantiasa mudah,
dengan segala keindahan disekelilingmu. Amin....

Sepenuh  kasih,

~ Irma Susanti ~









 



 




04/02/2013

Salah minum obat



Sudah melewati tengah malam, tapi mataku gak juga mengantuk. Kalau boleh mencari kambing hitam, pasti karena coffee vanilalatte tadi deh penyebabnya.
Akhirnya sembari menunggu kantuk, aku memilih membaca buku hemmm tepatnya komik jepang remaja. Kaka Tazkia dan Sean sudah pulas sejak jam 10 tadi, hubby terlihat di ruang tengah tadi.
Konsentrasiku buyar saat hubby masuk kamar dan menghampiriku.

" Yang, obat flu neng ini keras banget ya. Tapi tokcer banget sih,... setengah jam setelah ayah minum, ayah langsung enakan nih badan. Rileks dan enteng banget. Malah kayanya terlalu keras nih obat, perasaan ayah agak fly gitu " Aku sempat bingung mendengar ucapan suamiku.

" Obat flu yang mana yah ? " Tanyaku heran, karena sepertinya aku gak punya obat flu. Aku sebisa mungkin kalau hanya sekedar flu tidak  minum obat.
Suamiku keluar kamar dan mengambil obat yang dia maksud, menyerahkan plastik obat yang didalamnya terdapat lebih dari 15 butir kapsul obat milikku.

" Loh, ayah minum obat ini ? " aku bengong saat suamiku menganggukkan kepalanya.

" Inikan obat penghilang sakit sekaligus obat penenang punya neng yah. Jelas aja ayah melayang... dokter aja menyarankan neng minum obat ini kalau neng merasa benar-benar kesakitan. Kalau sakit yang masih bisa di tahan sih disarankan jangan di minum " ucapku sambil menahan tawa.

" Ya ampun, ayah pikir ini obat flu.... kayanya dulu obat flu neng juga bentuknya begini ? pantesan nih badan agak aneh. Ayah sih malah keluar keringat dingin, tapi badan enakan sih dan rileks banget. Sini buat ayah ajah... " ucap suamiku sembari ngakak.

" hahaa, enak aja....Iya, agak mirip, itu karena neng sebisa mungkin gak minum obat yang dijual bebas di warung-warung. Tapi  bukan kapsul ini ayah " aku ikutan ketawa.

Mungkin dia menyadari seharusnya dia bertanya dulu sebelum meminum obat dari kotak obat milikku.

" Ayah tahukan, neng kalau merasa sakit lalu minum obat ini. Setelahnya neng enakan tapi ya agak keleyengan dan gak bisa diganggu alias setelahnya tidur dan tidurnya kaya orang pingsan "

Suamiku mengangguk, mungkin dalam hatinya dia berfikir untuk lebih memperhatikan obat-obatan apa saja yang aku konsumsi dan gak sembarangan minum obat seperti yang sering dia lakukan selama ini.

Maka jadilah malam ini aku terjaga karena efek coffee, sedangkan suamiku yang biasanya sulit tidur malah pulas dan nyenyak sekali setelah salah minum obat. #hihihiii.... :p


Image From Google

02/02/2013

Cerita di balik noda - Fira Basuki


Ruangan dengan dekorasi cantik , sofa motif batik hitam putih dengan dasar warna hitam dan beberapa tirai dan bunga rumput di cafe Kembang goela daerah Sudirman Jakarta semakin menambah kesan " wanita,... " itu sendiri. 
Tepat pukul 10 undangan sudah duduk dan siap menyimak launching buku kisah Inspirasi jiwa " cerita di balik noda " yang dituliskan kembali oleh Fira basuki. Penulis muda dan cantik yang sudah menerbitkan puluhan buku best seller di Indonesia ini.

Pembacaan salah satu judul dari kumpulan kisah inspiratif buku " cerita di balik noda " secara monolog oleh Sitok srengenge membuat saya terpaku. Sitok membacakan cerita ini dengan intonasi, ekspresi dan penghayatan yang membuat saya dan undangan lainnya serius menyimak dan enggan melewatkan.


Dilanjutkan dengan tampilnya Presenter beken Alvin adam yang memandu acara, lalu Mba Fira Basuki yang tampil cantik dengan gaun putihnya. Disusul prikolog keluarga ibu Sani B. hermawan yang akhirnya berbagi pentingnya membiarkan anak mengeksplorasi dunianya dengan leluasa. " biarkan anak menjelajahi lingkungannya, dan noda adalah salah satu hal yang tak bisa di hindari. Bisa noda cat, pasir, lumpur dan tanah. Dengan membiarkan anak mengeksplorasi dilingkungan dan alam, itu akan membantu membentuk nilai-nilai karakter pada anak. Menumbuhkan rasa percaya diri, dan pengembangan fisik dan mentalnya secara optimal " ujar Psikolog Sani B Hermawan tersebut.


 
Jika ibu Sani menjelaskan makna noda dalam artian noda kotoran seperti pasir, atau lumpur dan manfaat memberikan kebebasan bertanggung jawab bagi perkembangan anak. Maka Fira basuki memandang "noda " tidak hanya dalam sudut pandang "kotoran" yang melekat pada tubuh atau pakaian.
Tidak ada kehidupan tanpa noda, baik sebagai kesalahan atau pelajaran.  Bisa di bilang selalu ada cerita di balik noda, selalu ada hikmah yang bisa di ambil dari setiap kejadian baik kisah manis atau pahit.

Alvin adam nyaris membuat Fira Basuki meneteskan air mata saat bertanya tentang salah satu cerita dari 4 judul yang di tulis murni oleh Fira Basuki. Dari 42 cerita, 4 kisah terinspirasi dari pengalamannya. Sedangkan 38 diantaranya terilhami cerita ibu Indonesia yang mengikuti lomba penulisan " cerita di balik noda " kerjasama dengan ahlinya pembersih noda yaitu detergent Rinso. Judul " sarung ayah " yang membuatnya teringat almarhum suaminya yang meninggal saat Fira basuki tengah mengandung putrinya yang kedua. Air mata saya pun nyaris jatuh melihat penulis ibu dari dua orang putri itu menceritakan kisahnya dengan terbata dan menahan air mata.

Sesi tanya jawab, dilanjut berbagi cerita dari 2 undangan yang menceritakan pengalamannya dengan " noda " dan anak-anak lalu acara dilanjutkan dengan pengumuman doorprize.
Sebagai acara puncak Launching buku Fira Basuki di dampingi Christopher Oey sebagai senior brand manager Rinso yang turut hadir di launching buku tersebut.

Buku ini menurut saya bagus sekali di baca oleh para ibu di mana pun, bahkan oleh siapapun baik ayah, paman, ponakan, ana-anak, dll.
Banyak makna dan inspirasi yang bisa kita ambil dari kisah sehari-hari yang di kemas dengan apik oleh Fira Basuki. Buku ini mengingatkan pada bacaan favorite saya Chiken soup.

Banyak pelajaran yang bisa kita petik, khusus saya sebagai seorang ibu bahwa memberi kebebasan bertanggung jawab dengan membiarkan anak-anak kita bahkan untuk bermain kotor-kotoran itu baik, selama ada Rinso #eh. Dan selalu ada inspirasi dan pelajaran yang bisa kita ambil dari noda-noda kehidupan.
Dan Fira basuki menuliskannya dengan  begitu apik

Acara selesai hampir pukul 12 siang, seluruh undangan launching buku menuju buffet makanan yang homey banget. Beberapa teman blogger berkomentar, selain tempatnya nyaman makanannya pun nikmat. Ajang narsis pun di mulai,...blogger gak foto-foto memang sepertinya kurang sah :D







Sebelum meninggalkan acara, kami mendapat buah tangan berupa goddie bag cantik.Thank you undangannya,... dan sukses untuk bukunya mba Fira Basuki.

 
  
  

 
 

01/02/2013

Prompt# 2 " Tas mahal Sri "





Usianya baru saja menginjak 20 tahun, kulitnya kuning langsat, rambutnya yang hitam bergelombang dengan mata bulatnya yang jernih, ditambah bibirnya yang penuh dan memerah, tubuhnya sintal dan tinggi semampai. Meski wajahnya tidak terlalu cantik tapi siapapun akan setuju bahwa gadis ini sangat mempesona.

Sinar matanya berbinar menatap etalase-etalase yang memajang tas, sepatu, baju-baju dan aneka barang mahal di pusat perbelanjaan elite ini. Setidaknya itulah yang di ucapkan dengan bangga oleh bibinya dengan angkuh saat mereka memasuki mall ini.

" Sri,... ini salah satu mall termahal di Jakarta, barang-barang disini merk terkenal dan harganya jutaan bahkan puluhan juta. Harga tas termurah disini saja bisa jadi sama dengan harga dua ekor kerbau kepunyaan almarhum kedua orang tuamu di desa "

Bibinya melenggang bak mantan peragawati yang sudah pensiun karena kehilangan bentuk badannya yang ramping, berlenggak-lenggok mengelilingi butik yang satu ke yang lain.. Frustasi.

" nasib punya suami kaya tapi pelit " wanita usia 50 tahun ini bergumam sambil meletakan kembali tas mahal seharga 45 juta ditempatnya.

"tunggu disini Sri, jangan kemana-mana...aku ke toilet dulu, takut pamanmu bingung nyari kita "  

Wanita gemuk itu meletakan belanjaannya di tangan ponakannya yang baru datang 6 minggu yang lalu dari desa kemudian bergegas menuju toilet. 
Sri melangkah menuju tempat tas yang tadi dipegang-pegang bibinya.

Sri menimang-nimang tas branded itu. Bentuknya cantik sekali. terbuat dari kulit sintetis yang diemboss berwarna putih dengan aksen kulit sintetis bertekstur kulit ular. Berkali-kali dia menimang lalu menaruhnya kembali, lalu kembali mengambil dan menimangnya lagi. pikirannya kacau.

" Tutup mulutmu ya Sri, kalau kamu mau tinggal di rumah mewah ini dan selalu menuruti keinginan paman, paman akan memberikan apapun yang kamu mau. Hidupmu akan senang Sri .... apapun dan berapapun harganya akan paman belikan. Baju baru, sepatu baru, uang saku, tas baru.... " 

Tiba-tiba Sri ingat kata-kata yang diucapkan pamannya dengan mulut bau tembakau, dan tubuh tambunnya yang berkeringat setelah merengut keperawanan dan menggagahinya semalaman.  

Sri menoleh ketika mendengar suara pamannya berdehem di belakangnya, ekor mata pria tambun 59 tahun itu mencari sosok istrinya dan tersenyum menyadari wanita itu tidak ada di sana. Tatapan matanya berubah genit dan penuh nafsu memandang Sri. Lalu Sri tersenyum licik,...

" Belikan aku tas ini paman, harus.... kalau ndak penyakit jantung bibi bisa kumat kalau aku cerita tentang paman yang setiap malam menyelinap ke kamarku " 

# 383 Words