24/04/2013

Fashion Show ala Emak ;)

 
 Image by Google

Ditengah gegap gempita menjelang perhelatan akbar perdana dari komunitas khusus perempuan " Kumpulan Emak-emak Blogger " yaitu Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 saya melipir ke ruang pribadi saya diblog ini. Bagaimana keseruan dan perjuangan para board, makmin, dan panitia yang semuanya perempuan dalam mempersiapkan acara ini mungkin cerita lengkapnya nanti saat acara sudah digelar.  Saat ini kami masih deg-degan dan harap-harap cemas, berdoa semoga saat hari H yang hanya tinggal 3 hari ini semua akan berjalan seperti yang kami harapkan. Acara sukses, dan semua berjalan lancar. Insyaallah.

Dari sekian acara yang akan panitia persembahkan pada hari H, ada satu acara yang akhir-akhir ini membuat saya sebagai panitia nya senyum-senyum sendiri. Apalagi kalau bukan Fashion show emak-emak blogger.
Dari Thread di group yang selalu dibanjiri komentar panjang, penuhnya inbox Fb, sampai komentar-komentar seru yang membahas size, TB sampai berapa cm highheels yang harus dipakai.
Dari yang semangat sampai yang merasa gak PD, heuheu... tahukah emak-emak kalau saya sendiri merasakan hal yang sama :p. Tapi dari semuanya satu hal yang saya pelajari bahwa, kita sebagai emak yang sudah meninggalkan masa - masa emas alias bentuk tubuh sempurna, kulit terang dan wajah segar ala usia 17 tahunan memang sudah berlalu. Tapi semangat dan keinginan untuk melakukan sesuatu yang berbeda dan berkarya tetap terjaga. Itu yang terpenting :)

Lalu bagaimana dengan gak biasa pakai highheels, atau tubuh gak langsing menjulang ala model ? kita memang bukan model profesional kan, so lakukan dengan ringan saja. Berani melakukan sesuatu yang diluar keahlian/pekerjaan kita itu kereenn loh mak ;).
Jadi  mari ber pesion sow ala emak blogger, xixixiii.... Gak sabar rasanya bertemu dengan 19 orang model emak nanti. Hayoooo, yang udh angkat-angkat koper dan mau ratusan *Loh.... Tuhkan inget komentar mereka jadi cekikikan sendiri lagi. Seperti tagline KEB dan para makboad juga makmin bahwa KEB ada untuk berbagi dan menjalin persahabatan. Semoga acara ini akan meningkatkan silaturahmi kita ya Mak :)

* Ternyata lebih deg-degan dibanding mau Kolonoskopi / khemotheraphy loh, aslii... #ngakak




21/04/2013

Siapa Kartinimu ?


Selamat hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia dimana pun berada. Dulu Ibu Kartini berjuang pada masanya, maka sekarang kita seluruh wanita Indonesia juga berjuang dengan perjuangan-perjuangan kita masing-masing. Bentuk perjuangan tentu bukan hanya soal emansipasi wanita atau mengangkat senjata seperti Cut Nyak Dien. Menjadi wanita, Ibu, dan mahluk sosial di era ini juga membutuhkan perjuangan. Bagaimana sebagai ibu mendidik dan mendampingi anak-anak kita di jaman yang kian terbuka menjadi manusia yang baik juga sebuah perjuangan, menjadi wanita era kini diantara gempuran perkembangan jaman, yang menuntut kita untuk pintar membawa diri, melek informasi, dengan kemajuan teknologi saat ini tapi tetap sebagai kodratnya seorang wanita, istri, dan ibu. Juga bentuk perjuangan.

Bagi saya pribadi perjuangan adalah bagaimana menjalani kehidupan ini dengan tetap berada di rel yang benar. Berusaha memberi manfaat pada orang lain sebanyak-banyaknya. Menjalani semua takdir yang di berikan sebaik-baiknya. Kok kesannya nrimo ?? buat saya menerima bukan bentuk kekalahan tapi salah satu bentuk perjuangan.

Siapa sosok Kartinimu sahabat ? buat saya Kartini atau pahlawan wanita dalam hidup saya adalah Mama tercinta. Wanita yang melahirkan saya lebih dari 30 tahun yang lalu. Mama lahir tanggal 1 april 1961, dan sampai kini masih bekerja sebagai pegawai negri sipil di kota kelahiran saya Cirebon. Kasih sayangnya pada kami ketiga putrinya menjadi cermin cinta kasih saya terhadap anak-anak. Ya sisi negatifnya juga ada sih, mama selalu memanjakan kami dan itu juga yang akhirnya tanpa bisa saya cegah saya duplikasi pada dua anak saya. Perjuangan mama mendampingi ketiga anak perempuannya memang luar biasa, mama bekerja namun tidak pernah mengabaikan kewajibannya pada keluarga. Beliau selalu menyempatkan memasak setiap pagi buta sebelum berangkat ke kantor, menyiapkan keperluan kami dengan penuh kasih sayang. Selalu ada disetiap anak-anaknya membutuhkan kehadiran atau pelukan, dan mama menjadi sosok yang baik dan memiliki hubungan yang baik juga bagi lingkungan sekitar.

Dan kasih sayangnya tidak pernah berkurang sama sekali hingga ketiga putrinya bahkan sudah menikah. Tanpa batas dan tanpa pamrih. Dan dedikasi luar biasa juga mama berikan pada pekerjaannya, hebatnya hingga usianya yang hampir pensiun karier mama terus meningkat. Mama adalah pekerja keras, ulet, rajin dan jujur. Setidaknya itulah yang saya lihat saat mama menerima anugerah pegawai teladan untuk prestasinya dikantor. Saya pernah komplaint saat sedang berlibur disana dan pagi-pagi mama sudah bersiap berangkat ke kantor.  Saya bilang " mama kan sudah senior, bahkan kepala bagian... kenapa harus berangkat pagi-pagi sih, kan ada cucunya di rumah. "
Dan mama menjawab " Maaf ya nak, gak boleh begitu dong... justru mama harus ngasih contoh yang benar " hadeuuuhh.....

Tapi karena itulah saya bangga dan diam-diam mengagumi mama tercinta, beliau juga dekat dengan semua orang. Ramah pada semua orang, dan mama selalu mengingatkan saya untuk tersenyum pada siapapun ( mama tahu banget kalau wajah anaknya judes ). Mama sangat nrimo dan sabar, sikapnya itulah yang tercermin jelas dari mama. Sampai hari ini mama masih berjuang bagi anak-anak dan suaminya, tentu bukan bentuk materi. Dengan segala konflik kehidupan yang sewajarnya, mama selalu menjadi rumah bagi kami untuk pulang. Bukan untuk berkeluh, tapi telaga kasihnya selalu menjadi alasan kami untuk berteduh. Tempat kami meminta restu bagi langkah-langkah kami menjalani kehidupan. Ini bukan postingan hari ibu loh, hehee... tapi karena KARTINI ku adalah MAMAku... :)

" Selamat hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia, mari berjuang menebar manfaat dan inspirasi. Untuk keluargaku,... aku masih berusaha dan terus belajar menjadi yang terbaik untuk kalian


Mamaku Kartiniku
 


15/04/2013

Ketika diabaikan,...


Membuat keputusan besar menyangkut perasaan memang tidak mudah, hati selalu membuatnya menjadi rumit. Tapi berlama-lama berada dalam zona abu-abu dan merasakan situasi terabaikan juga bukan hal yang menyenangkan. Hal ini bisa berlaku dalam hal apapun, baik hubungan pertemanan, persahabatan, bahkan hubungan yang lebih pribadi. Berada dalam kepastian dan tahu harus menentukan arah dimana kita berpijak entah itu manis atau pahit akan lebih melegakan.

Ini efek saya menjadi seorang pendengar, dan entah mengapa menjadi perenungan bagi saya pribadi secara mendalam. Alangkah tidak menyenangkan berada dikondisi yang dianggap ada jika dibutuhkan saja, lalu diabaikan dan seolah tidak ada jika tidak dibutuhkan. Wow.... saya percaya teman saya akan mengambil hikmah besar dari situasi ini. Situasi yang kadang sering terjadi justru dari orang-orang yang dekat dengan hati kita.

Ayolah, jangan buat mereka bangga dengan keadaan ini. Jika mereka mengenal wanita karena ketulusan, lemahnya perasaan dan mudah luluh oleh kata-kata manis, tunjukan mereka salah !
Buktikan kita bisa mencintai sebesarnya rasa cinta, cintai sepenuhnya hati saat mereka menghargainya, lalu ajarkan sikap tegas, bertahan dan tinggalkan jika mereka bermain-main dengan perasaan dan harga diri.

Teman wanitaku,... rasa sakit tidak pernah bertahan lama. Memang membutuhkan waktu untuk menetralkan dan menawarkan rasa sakitnya. Tapi percayalah, lebih baik berada pada pijakan yang berayun dari pada pijakan yang tampak tenang tapi tak pernah membawamu pada tepian.

Perenungan ini mencapai titik di mana saya bisa mengambil hikmah dari kisah yang dialami teman wanita saya. Bahwa bersikap tegas itu perlu, dan ucapkan kejujuran meski pahit itu lebih baik dari pada membiarkan segalanya tanpa penghayatan dan penghargaan. Saya yakin teman wanita saya akan baik-baik saja setelah ini, dia akan menyadari bahwa sakit sekali akan lebih baik daripada sakit berulangkali.



02/04/2013

Jus sehat kaya manfaat

  

Kalau ditanya apa minuman favoritemu ? kira-kira mudah donk jawabnya. Jus, air putih, sirup, susu, atau kopi, teh dan lain-lain. Tapi kalau disarankan untuk rutin meminum salah satunya, yang ada bukan favorite lagi ya tapi wajib :D .Yes,...anggap aku wajib minum jus setiap pagi/hari, kira-kira tips nya apa ya supaya dapat jus yang kaya manfaat sekaligus enak dan gak bosen menikmatinya setiap hari.

*  Pilih buah/sayuran yang segar, lebih baik lagi kalau organik dan bebas pestisida. Buah-buahan lokal juga
    gak kalah enak dan sehat loh Sob :)
*  Cuci dan kupas jika ada yang harus dikupas terlebih dahulu sebelum di potong.
*  Untuk mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya jangan tambahkan air. Penambahan air sebenarnya
    supaya memudahkan meminumnya. Boleh diakalin dengan menambahkan buah yang memiliki banyak
    kandungan airnya seperti semangka.
*  Minum segera setelah jus selesai dibuat, mendiamkannya beberapa saat hanya akan membuat kandungan
    vitamin/enzim dalam buah menjadi rusak dan berubah rasa/tidak enak.
*  Jus lebih enak diminum dalam keadaan dingin, tapi menambahkan es batu atau mendinginkannya dalam
    lemari pendingin tidak disarankan. Tipsnya, dinginkan buah dalam lemari pendingin sebelum dibuat jus.
*  Buat jus hanya untuk sekali minum, jangan membuat jus dalam jumlah banyak hanya karena praktis dan
    gak mau repot. Meski disimpan dalam lemari pendingin kandungan vitamin atau mineral di dalamnya akan
    rusak.
*  Kurangi/hindari pemakaian sirup, gula pasir, atau susu untuk memetik manfaat lebih banyak dari
    buah/ sayuran yang dibuat jus. Untuk menambah rasa bisa tambahkan madu, dan bereksperimen dengan
    aneka buah untuk menambah rasa. Seperti perasan jeruk lemon akan menambah segar dan menghilangkan
    langu dari wortel misalnya.
*  Beberapa orang mengkonsumsi jus dengan mengambil sari nya saja, dengan menggunakan alat juicer yang
    otomatis akan memisahkan sari dan ampasnya. Tapi untuk saya pribadi akan ingin mengambil manfaat dari
    serat buah dan sayuran yang juga kaya manfaat untuk pencernaan/usus, saya memilih blender.
    Dan meminum berikut ampasnya, dan itu gak kalah sehat dan enak kok ;).

Semua yang berlebihan tentu tidak baik, meski sehat dan ingin menjaga berat badan jangan seharian hanya mengkonsumsi jus ya. Variasikan juga dengan aneka buah dan macam-macam sayuran supaya seimbang manfaatnya dan tidak bosan.

" Kesehatan selalu tampak lebih berharga setelah kita kehilangannya. Jadi sebelum
menyesali, menjaga adalah tindakan yang sepatutnya " 
~ Irma Senja ~