16/02/2014

Menghalau Galau dengan Sedona Method


Dok. Pribadi

Masih ingat postingan saya sebelumnya ? saat saya merasa galau, kehilangan kontrol diri saya, dan mendadak dunia saya seperti zona abu-abu. Sedih gak jelas, tentu saja setiap hal pasti ada ujung pangkalnya. Gak usah bahas apa sebabnya kali ya yang menyebabkan saya mendadak melted melulu :D. Nah seharian kemarin itu ternyata perasaan gak nyaman itu juga dirasakan oleh tiga orang sahabat saya, dan mereka kompak curhat via bbm. Mereka gak kenal satu sama lain tapi kok ya bisa curhatnya memilih ke satu orang dan itu saya yang kebetulan sebenarnya lagi galau juga. Ini mungkin yang disebut resonansi ya pak guru ?? * colek sahabat saya Pak Adam Nova.

Perasaan-perasaan seperti ini jika dibiarkan tentu saja gak baik untuk kesehatan jiwa dan kehidupan kita sehari-hari. Semua hal bikin senewen, hujan, teman, lagu, parkiran, semuanya bikin perasaan meleleh kaya mentega yang dipanaskan.

Akhirnya saya ingat komunikasi saya dengan salah satu sahabat saya yang curhat dengan kegalauannya tapi masih ingat untuk tidak membiarkan perasaan dan energi negatif menguasainya, itulah kerennya dirimu solmet :d. Akhirnya saya aplikasikan salah satu ilmu yang saya dapatkan di seminar RLP ( Adam Nova ) beberapa hari lalu. Yaitu tentang memenej perasaan, gimana sih supaya galau, masalah, sakit hati gak bikin kita kehilangan makna kebahagiaan dalam hidup ini.
Ada metode psikotherapi yang saya pelajari diseminar kemarin itu, yaitu Sedona Method . Metode ini simple banget sebenarnya dan mudah dipelajari tapi powerfull, yang ditemukan oleh Lester levenson ini adalah merangsang alam bawah sadar untuk mengambil keputusan, mencari dan menemukan solusi dengan melakukan monolog atau komunikasi dengan diri sendiri.

Bentuk therapinya juga mudah, cari tempat yang tenang agar bisa membantu kita untuk duduk/berbaring dengan nyaman dan rileks. Lalu setelah kita merasa rileks, identifikasi masalah kita, misalnya marah, sedih, sakit hati, takut, benci, cemas dan lain-lain. Buat penilaian antara 10 - 0 untuk masalah yang kita hadapi. 10 untuk nilai maksimal masalah kita dan 0 untuk jika perasaan tidak nyaman itu sudah hilang.

Lalu ajukan pertanyaan ini pada diri kita sendiri : 
1. Dapatkah saya melepaskannya ?
    Secara otomatis pikiran kita akan langsung berdialog, mungkin menyangkal, berdebat,
    mungkin pergolakan perasaan atau kita bisa langsung memberi jawaban pasti.
2. Bersediakan saya melepaskannya ?
    Apapun bisa menjadi jawaban disini, iya, mau, atau tapiii, nanti, kadang saya belum -___-
3. Kapankah saya melepaskannya ?
    Sama seperti dua pertanyaan tadi, alam bawah sadar kita akan mencari dan terus mencari jawaban
    dan solusi yang paling bijaksana untuk kita.
    jika belum menemukan keyakinan dan nilai identifikasi masalah kita belum sampai titik 0,
    lakukan terus, bombardir alam bawah sadar, critical area kita dengan melakukan metode ini dan 3
    pertanyaan tadi. Terus ulangi sampai kita bisa merasakan nilai dari masalah kita 0, atau kita
    mampu melepaskannya dan perasaan kita menjadi lega.

Karena saya muslim, saya aplikasikan metode ini dengan menggabungkan dan mengucapkan istigfar berkali-kali dan ucapan laaillahailallah terus menerus. Biasanya perlahan namun pasti semua perasaan tidak mengenakan, sesak didada karena menahan amarah perlahan lepas.
Akhirnya saya akan mampu berfikir tenang, dan perasaan kembali menjadi lapang.
Masalah akan selalu ada, tersakiti atau tanpa kita sadari kita melakukan kesalahan namun menerima semua perasaan itu, biarkan pikiran dan hati kita merasakannya lalu biarkan berlalu dan lepaskan.

Jadi, sudah saya lepaskan apa yang terasa memberatkan kemarin. Efek perasaan saya lebih lega tentu saja salah satunya saya bisa menjadi pendengar dan memberi masukan positif juga untuk sahabat-sahabat saya yang sedang galau ( semoga ) dan kaka juga sean gak lihat bundanya murung terus ^_^.

 

38 comments:

  1. Mba, dirimu juga yoga pilates lover ya? Sama doong. Kalo lg ada perasaan ga enak trus yoga dan pilates biasanya pikiran dan body lbh nerima. Metode sedone ini ok juga niih, jd dibiarkn pikiran kita merasa galau hingga puncak trus perlahan menurun. Namun yah, istighfar tentu akn lebih mujarab ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku suka banget sm yoga pilates mba. Tapi pemula hihihiii.... bener banget, yoga atau yoga pilates secara otomatis menggiring kita untuk fokus. Iyaaa....berdzikir juara dari semua obat galau :)

      Delete
  2. Sip... menggabungkan dasar kekuatan dan keyakinan pada Lillahita'ala. Dan aku selalu menggabungkan Love healing dan nafas damai, serta sedona method. Worthed mak. Love love love.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyesss, mak... nafas damai, istigfar dan monolog dengan sang bijaksana didalam diri. Sangat worthed ^_^

      Delete
  3. NengNong lagi galau? :D Cemungut dong ^^

    Eh, aku juga suka melakukan terapi kayak gitu ke diriku sendiri kalau lagi galau dan mumet banget. Baru tau kalau namanya Sedona Method. Dulu pernah baca di salah satu buku, dan sejak itu praktekin ke diri sendiri. Salah satu terapinya dimulai sejak bangun tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihiiii..iyaaa makte, tapi skg feeling bettar mak.

      Nah itu sedona method mak, wihhh pantesan makte selalu tampak tenang dan bijak krn sering mempraktekan ilmu memenej perasaan ini ya :)

      Delete
  4. Replies
    1. Ayo coba mak... mudah dan powerfull bgt hasilnya :)

      Delete
  5. salam kenal mak Irma Susanti.. saya juga pengguna setia sedona method, waktu itu dikenalkan dosen saya sewaktu kuliah..
    awalnya kurang berminat, tapi sekitar 2 tahun kemudian, mencoba kembali metode ini karena galau sekali gara-gara putus cinta.. hihi :D
    sampai sekarang masih suka sekali dengan metode ini, sangat membantu melepaskan kegalauan yg berlipat-lipat karena sifat melankolis saya..
    btw, udah ga galau lagi kan mak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mak, benar sekali mak...menurutku jg tehnik ini mudah ya mak untuk kita aplikasikan dikehidupan sehari2 :)

      Delete
  6. Aku juga kadang nerapin metode itu mak. Saat kegalauan memuncak, mencoba menyandarkan semua pada sang khaliq. Pasrah total biar hati terasa plong

    ReplyDelete
  7. aku baru tau lho mak, soal sedona method *hihi, kemana ajaaa*
    relaks sambil zikir, itu obat galauku.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga obat galau paling mujarab mak, dzikir :)

      Delete
  8. wah ternyata beneran sederhana ya metodenya. Boleh ddong dicoba kalau galau :D
    Anyway, selamat beraktifitas mbak, semoga sehat semua lancar jaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, simplekok. Makasiih ya Rian :)

      Delete
  9. cobain ah metodenya, ketauan suka galau juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galau manusiawi kok mba...asalkan segera move on lg ;)

      Delete
  10. metodanya bagus bgt nih mba irma...

    ReplyDelete
  11. Sekarang sudah gak galau, pasti. Syukurlah ...
    ooh ... sedona method ya?
    apapun namanya, yang paling mujarab itu tadi asma Allah dan positif feeling, memenej ruhani dan pikiran.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah tidak teteh, alhamdulillah. Iya benar teteh...aku setuju :)

      Delete
  12. aku kalo lama ga kena sinar matahari jadi galau, cobain metode ini ah kapan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa....kalo g traveling galau y mil :)))

      Delete
  13. makasih udah sharing metodenya mak.. seminggu yg lalu saya jg lg dikelilingi energi negatif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, menurutku sangat membantu :)

      Delete
  14. Mirip mbak dengan cara saya. Saya suka bertanya kepada diri saya, misalnya kalo marah sama suami, saya tanyakan ha2 ini sambil terus istighfar:
    - Kenapa marah?
    - Apa alasan marah saya itu kuat dan masuk akal?
    Kalo jawabannya tidak jelas, maka saya berhenti marah secara berangsur2 :D

    Harus begitu ya mbak ... habis kalo bukan kita yang mengendalikan diri sendiri siapa lagi? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mba, sama ya metodenya intinya menganalisa dan berdiskusi dgn alma bawah sadar kita. setuju...kita sendiri yg harus mengendalikan diri kita :)

      Delete
  15. Bagus juga metodenya mak. Kalau aku selama ini menyibukkan diri, biar galaunya nggak kepikiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sering galau apa karena gak sibuk dan sering sendirian ya mak *_*

      Delete
  16. wah postingan yang menarik.
    sedona method ya, supaya lebih rileks dan tenang.
    bisa dicoba nih :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)