16/05/2014

Asuransi JKN Harapan Baru Bagi Pasien



Image by Google

Beberapa hari yang lalu saya terlibat obrolan panjang dengan seorang teman via whatssapp, dia seorang pasien kanker yang bertanya banyak hal mengenai perjuangan saya dulu berjuang dan sembuh dari kanker. Lalu dia mengeluhkan kecemasannya karena setelah menjalani operasi pengangkatan tumornya dia tidak melanjutkan pengobatan khemotheraphy dikarenakan ketiadaan biaya. Padahal kankernya sudah stadium 3 loh. Miris rasanya mendengar ceritanya, tidak terbayangkan bagi saya menyadari sel-sel kanker masih bebas berkeliaran didalam tubuh dan kita menyerah pasrah untuk berobat karena ketiadaan biaya. Karena teman saya itu tidak mengikuti asuransi kesehatan satu pun.

Sebagai seseorang yang pernah berada di kondisi sebagai pasien dalam kurun waktu yang sangat panjang dan lama ( kaya iklan ) saya tahu betul bagaimana rasanya. Ketika fisik kita dilanda sakit, keuangan juga terkuras untuk biaya pengobatan. Beruntunglah saya karena asuransi kesehatan dari kantor suami membantu kami melewati proses itu. Nah bayangkan kondisi teman saya, sakitnya gak main-main, berkejaran dengan waktu dan tidak bisa memperjuangkan hidupnya dengan berikhtiar dan berobat karena tidak ada biaya. Hikssss,...saya benar-benar prihatin melihatnya.

www.liveolive.com

Image by Google

Saya sempat kepikiran kondisi teman saya itu, apa yang bisa saya lakukan ya. Sampai akhirnya saya ingat salah satu program jaminan kesehatan JKN dari BPJS. Jaminan kesehatan JKN ini menjamin semua penyakit yang terindikasi secara medis, bahkan cuci darah dan terapi kanker. Program jaminan kesehatan universal ini berlaku sejak januari 2014, untuk siapapun yang ingin jadi peserta JKN dan tidak ada batasan umur dan profesi. Ada tiga macam iuran yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan peserta JKN. Dan dibayarkan setiap bulan, untuk manfaat berobat yang begitu banyak, iuran nominal sekian sangat terjangkau.

Program ini mencakup semua pelayanan kesehatan, mulai konsultasi medis, pemeriksaan, pengobatan umum hingga terapi spesifik seperti kondisi khusus pasien kanker. Saya menemukan penjelasan lebih lengkap tentang JKN dan berapa iuran yang harus dibayarkan pada sebuah web kaya informasi yang banyak mengupas masalah keuangan di www.liveolive.com dan simak berbagai manfaat asuransi JKN dalam artikel BPJS : Apa Untungnya Buat Saya.

Untunglah saya menemukan informasi ini di situs liveolive.com, dan bisa sedikitnya memberikan saran dan masukan bagi masalah teman saya. Kenapa saya menyarankan teman saya untuk ikut asuransi JKN dari BPJS ini ? karena ternyata program pemerintah ini cukup berhasil loh. Saya banyak mendengar dari beberapa orang yang sudah mengambil manfaat dari program ini. Awalnya saya pikir pasti akan sedikit repot mengurus surat-suratnya seperti umumnya mengurus surat-surat yang berkaitan dengan lembaga pemerintah, dan ternyata saya salah, daftar asuransi JKN ini gak ribet kok dan bisa secara online loh. Info lengkapnya simak di Cara Daftar Asuransi BPJS Kesehatan ini deh.

Program pemerintah ini akan memberikan banyak harapan bagi masyarakat untuk mendapatkan kesempatan berobat yang lebih baik untuk semua kalangan. Tidak ada batasan bagi yang mampu atau tidak untuk mendapatkan fasilitas kesehatan ini. Saya pikir kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga dan patut diperjuangakan. Dan saya berharap teman saya ini mau mengambil manfaat dari program asuransi kesehatan pemerintah JKN ini, sehingga kesempatannya untuk sembuh menjadi lebih besar. Aminn...Mohon doa untuk kesembuhan teman saya ya.

22 comments:

  1. Semoga banyak yang baca indo mengenai asuransi ini ya jadi banyak membantu mereka

    ReplyDelete
  2. Kalau tidak sedang bermasalah dengan kesehatan, membayar asuransi kesehatan itu sepertinya berat. Tapi kita tidak tahu kapan penyakit itu datang, sekalipun berat bayar preminya, yang paling baik adalah tetap memiliki. Selamat sudah sembuh ya Mbak Irma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mak,...hemmm, alhamdulillah :)

      Delete
  3. JKN memang bagus dan cukup membantu, namun terkendala dengan petugas/instansi yang masih belum siap untuk melayani pasien-pasien JKN.

    Mudah-mudahan kedepannya jadi tambah semakin baik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya gak ikut asuransi JKN tapi mendengar beberapa cerita sangat membantu meski harus bersabar ria krn pelayanan dan antriannya ya mak...

      Delete
  4. Aaamiin semoga terbantu :))

    ReplyDelete
  5. informasi baru, mak... makasih *ketcup basah*

    ReplyDelete
  6. Semoga temannya dan masyarakat yang membutuhkan terbantu dengan adanya program jkn ya, Mba.

    ReplyDelete
  7. get well soon temennya mba Irma

    ReplyDelete
  8. JKN Kesehatan memang niatnya sangat mulia, tapi pelaksanaan dan pelayanan yang diberikan sangat minus dan menyakitkan, pengalaman pada tetanggaku yang kini sudah almarhum menggunakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemmm,...turut berduka untuk tetanggamu mas :(
      ini memang program baru dan tentu saja masih jauh dari sempurna, tp semoga kedepannya semakin baik pelayanan dan fasilitasnya hingga akan ada byk pasien yg mendapatkan manfaat JKN dgn baik. :)

      Delete
  9. wah blognya bagus sist yang terpenting info tentang bpjs nya juga informatif :)

    ReplyDelete
  10. wah aku juga harus punya nih...mau cobain

    ReplyDelete
  11. Daftarnya emang gak ribet, gue aja udah punya asuransi ini :D

    ReplyDelete
  12. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Asuransi. Asurasi merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan keuangan, namun dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat dan mitos miring yang beredar di masyarakat seputar asuransi membuat masyarakat enggan untuk membeli produk asuransi.
    Pertanyaan yang sering muncul di masyarakat adalah, seberapa penting asuransi di dalam kehidupan? Jawabnya adalah sangat penting. Untuk mengetahui seberapa penting asuransi, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Asuransi yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Asuransi

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)