06/06/2014

Pindah rumah tanpa resah

Image by Google

Tadi nyolek jengminnya ladaka di twitter berharap dapet gratisan ladaka heuheu..., ol shop kerajinan tangan miliknya  makmin Lusi yang sedang bagi-bagi gratis produk Ladaka karena belio mau pindah rumah dari Pekanbaru ke Jogjakarta. Makmin yang mau pindah rumah ini sepertinya sedang mengurangi barang-barang bawaannya. Beberapa hari lalu, baca juga curcolnya makpuh yang riweuh packing buku-bukunya yang segudang, belio berdua kompak mau pindah rumah. Mba Indah juli akan pindah dari Bekasi ke Jogjakarta.

Trus sahabat saya juga susah diajak janjian karena riweuh mau pindahan meski pindahan sementara karena rumah mereka akan direnovasi total.
Lagi musim pindahan rumahkah ? kok pada kompak mau pindahan ya *_*

Sebenarnya pindah-pindah rumah gini bukan sesuatu yang baru untuk saya, mengingat sebelum menikah saya adalah produk dari keluarga yang hobi banget pindah rumah dari satu kota ke kota lain, dari rumah satu ke rumah lain karena tuntutan tugas kedua orang tua saya.
Jadi saya tahu banget rasanya dan repotnya pindah rumah apalagi pindahnya keluar kota bahkan keluar pulau. Dulu yang saya ingat bagaimana sibuknya mama saya mengepak semua barang-barang kami, dan papa sibuk mencari truk untuk mengangkut perabot rumah dll. Bagaimana mereka juga harus mengatur budget pindahan yang tentu saja tidak sedikit. Kebayang deh repotnya, belum lagi menata ulang perabot dan rumah di tempat tinggal yang baru. Belum lagi proses menyesuaikan diri ditempat baru. Mencari sekolah baru dan lain-lain.

Kalau dulu belum ada tuh jasa-jasa pindahan seperti sekarang, yang akan membantu dari proses pengepakan barang, transportasi sampai memasukan barang di tempat yang baru.
Perlu gak sih menggunakan jasa pindahan gitu ? menurut saya sih sebenarnya tergantung kebutuhan masing-masing ya. Jika proses pindahan ini bisa dikerjakan tanpa perlu menggunakan jasa pindahan tentu itu baik dan jauh lebih hemat. Tapi menggunakan jasa pindahan juga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan jika teman-teman ingin lebih praktis.

Ada beberapa tips nih saat pindah rumah yang bisa menjadi panduan untuk teman-teman yang akan pindah rumah. Supaya pindahan rumah gak bikin resah dan gelisah ^_^

Memilah Barang

Memilah barang-barang dengan bijak, tipsnya jika sebuah barang sudah tidak digunakan minimal 6 bulan atau setahun bisa dipastikan barang itu sudah tidak akan dipakai lagi. Barang itu bisa menjadi kandidat untuk disumbangkan atau dijual. Jangan sampai kita menumpuk barang dirumah baru apalagi jika kita pindah ke tempat yang lebih kecil. Mulai packing barang-barang minimal satu bulan sebelum waktu pindahan supaya tidak terburu-buru.

Saat Pindahan  

Saat pindahan tiba jika teman-teman memutuskan menggunakan jasa pindahan, pastikan berbadan  hukum jika perlu pergunakan jasa pindahan dari rekomendasi teman atau kerabat yang sudah menggunakan jasa pindahan tersebut. Minta mereka datang ke rumah untuk survey dan memastikan perkiraan biaya dan layanan apa saja yang bisa mereka berikan. Apakah termasuk pembongkaran dan reposisi barang ditempat baru.

Sewa Truck dengan ukuran sekali jalan barang-barang yang akan diangkut, itu akan lebih praktis dibanding mengangkut barang-barang berkali jalan. Pilih penyewaan truck yang dekat dengan lokasi tempat tinggal, itu akan menghemat waktu. Pastikan perkiraan biaya, apakah sudah termasuk biaya bensin, tol, dll. Duhh, gak kebayang rempongnya pindahan ya... tapi teman-teman bisa simak lanjutan tips praktis dan hemat di Kiat hemat saat pindah rumah .

Untuk mereka yang terbiasa berpindah dari satu kota ke kota lain, selain kerepotannya pasti banyak juga sisi menariknya ya mak. Yang penting kita tahu tips dan triknya supaya proses pindahan tetep happy ^_^. 

44 comments:

  1. Thank you tipsnya mak nengnong tsakep. Sebenere sudah menghayati hidup sederhana, tapi aneh juga ya udah lama menikah gak punya apa2. Habis pindahnya jarak jauh gini, kalau bisa tak kasih semua deh, bawa koper aja hikhik. Tapi ntar disononya payah juga beli2 ember & baskom. Deuuuh puciiiing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi,...iya maklus, smg segera selesai persiapan pindahannya ya mak...kapan2 kalo aku ke jogja boleh ya mampir ke sana :)

      Delete
  2. terima kasih atas tipsnya gan,
    sukses terus aja. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, tapi saya bukan agan :D

      Delete
  3. Waktu merantau, aku pindah rumah nyaris setahun sekali, mak. Duh kangennya pengen pindahan lagi #eh
    Garage sale dadakan jelang pindah jg sering digelar. Dg sedih melepas ke tangan org main: lemari, kulkas, kitchen set, tv, sampe stroller :'(
    Kalo packing, biasanya cuma dikasih waktu seminggu aja. Soalnya pemberitahuan pindah sering mendadak :D
    Setuju. Yg penting kita tahu tips n triknya spy proses pindah tetep hepi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh punya banyak pengalaman ttg keriweuhan pindahan berarti ya mak :)

      Delete
  4. Saya malah baru tau, kalau MakPuh pindah jogja juga, Mba. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, makpuh dan maklus kompak pindah ke JOgja :)

      Delete
  5. Aku juga akuuuu... akhir bulan mei ini mau pindahan rumah :D *masuk daftar tren*
    Makasih tipsnya tante cakep.. Tapi sebagai pasangan baru yang rumahnya kosong melompong, pindahan 2 minggu lagi, kita masih sama sekali belom ngapa2in x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixiii,...horeeee pungky ikutan trend pindahan juga :P

      Delete
  6. Bener mbak, kalau namanya barang didapur dibongkar untuk dipindah, woww, repot deh, barang2nya buanyakkk dan kecil2 ... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas, rempong pastinya ya :)

      Delete
  7. Mantap artikelnya, Sukses selalu ya :)

    ReplyDelete
  8. Ngomong2 pindahan rumah, barangku masih banyak yg tertinggal diDublin, blm sempet dikirim kemari, karena tinggalnya msh blm jelas dibumi mana >.<
    Thank you for the tips yaaaa. Useful bingit pastinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh ayooo pastikan kembali ke Indonesia aja jeng, supaya kita bisa ketemuan lg ^_^

      Delete
  9. Pindahan rumah enak ya mbak kalau ada saudara atau teman yang bisa bantu, beda di sana sih soalnya sama di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. disana gak ada yang bisa diajak bantu-bantukah mba ?

      Delete
  10. Iya ya mba klo pindahan itu repot ngepakin barang2nya..belum lagi nyari angkutan buat bawa barang2..dulu sy juga 2x pindah rumah..yang kedua kalinya pindah krn beda pulau :D, alhasil pas sampe dirumah baru, ga ada tontonan TV..krn masih dalam perjalanan barang2nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi,...apalagi pindah pulau dijamin repotnya berkali lipat dibanding cuma pindah kota ya mas :)

      Delete
  11. pindah rumah gak pakai repot lagi ya skr

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udah ada jasa pindahan mba :)

      Delete
  12. makasih tips dan postingannya ya sob...
    www.oliviaclub.com

    ReplyDelete
  13. thanks ya sob postingan dan tipsnya..maju terus..

    ReplyDelete
  14. saya paling males beberesnya kalau pindah rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dulu mak, jaman belum nikah sering banget aku pindah2 rumah :)

      Delete
  15. bagus sekali ulasan artikelnya, sangat bermanfaat salam kenal dari ikhram.com situs booking paket umroh murah di indonesia.

    ReplyDelete
  16. ha? mba indah juli kapan pindahnya? kog pindah? yaaaah :(

    ReplyDelete
  17. Kunjungan Perdana soob. Infonya semoga bermanfaat bagi banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga, trima kasih untuk kunjungannya pak :)

      Delete
  18. Makasii infonya mba Irma, mengingat pindah rumah itu memang hal yng ribet deh, karena Dhe juga sudah beberapa kali pindah rumah tp untungnya dipinjami mobil truk dari kantor jadi ya sedikit meringankan kantong untuk nyewa. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, alhamdulillah jd lebih ekonomis ya :)

      Delete
  19. thankyou infonya. Kebetulan banget dalam waktu dekat ini mau pindah ke kos. Ya emang barangnya gak sebanyak pindah rumah, tapi tetep aja ribet. makasih yaaa :)

    ReplyDelete
  20. Pindahan yang akan kuhadapi sekitar bulan 10 nanti, mungkin...
    Tipsnya membantu, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip,..semoga lancar ya pindahannya :)

      Delete
  21. Info berguna nih.. Walopun saya belum ngalamin pindah rumah lagi, dulu sih sekali doang pindah dari rumah ortu diboyong suami ke rumah kami hehehe.., segitu juga rempong yaa.. Tapi tipsnya dicatet mbak sapa tau musti pindah ke rumah lebih gede.. Aamiin :)

    ReplyDelete
  22. ada beberapa kesalahan yang kadang terjadi ketika sudah pindah rumah. mau tahu apa saja kesalahannya? silahkan kunjungi blog saya. Thankz

    ReplyDelete
  23. Enaknya saat pindah rumah adalah, ketika di rumah yg baru, ada kesempatan untuk menata ulang barang-barang di dalam dan luar rumah sesuai yg sudah kita idam-idamkan sebelumnya. Jadi lebih fresh dan menyegarkan kehidupan sehari-hari di tempat yang baru tersebut. Insya Allah.. Salam dan selamat menikmati tempat yg baru ya..

    ReplyDelete
  24. Bagus banget nih tipsnya. Emang pindahan ruma paling cape dan ribet


    Salam kenal dari kami Travel umroh Jakarta

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)