29/08/2014

Sehat itu lancar

" Pengalaman buruk sejatinya memang menjadi guru yang paling berharga "



 Aneka juice saat sarapan ku

Mungkin itu quote untuk tulisan saya kali ini. Seminggu yang lalu saya pergi ke sebuah salon perawatan. Seperti biasanya saya hanya ke salon untuk potong rambut atau menipedi saja. Seperti biasanya jika ke salon ini saya minta dipesankan jus buah di kantin sebelah salon perawatan ini. Sayangnya penjual jus buah segar itu sedang tidak berjualan.

Si Mbak yang merapihkan kuku saya menawarkan untuk memesan soft drink bersoda, tapi saya menolak.
" Saya pesan air mineral a*ua saja deh mba kalau tidak ada jus "
" Mba irma suka banget jus buah ya, setiap kesini selalu pesan itu gak pernah yang lain " ucap si mba dengan ramah.
" Jus buah atau sayur itu banyak manfaatnya mba, khusus untuk saya...saya ambil manfaatnya untuk pencernaan dan kesehatan pastinya "
" Bagus buat pencernaan juga ya mba ? saya kenapa gak rutin BAB nya ya mba...bisa seminggu sekali saya baru ingin ke belakang loh mba "
Entah kenapa ngobrolin pencernaan jadi ke arah toilet *_*

Tapi saya terbelalak saat si mba bercerita bahwa dia minimal seminggu sekali ke belakang alias BAB, padahal katanya makannya banyak. Ya ampuun....saya bergidik ngeri.
Akhirnya sepanjang menipedi kami malah asyik berbincang, saya mencoba berbagi pengalaman tentang pentingnya BAB secara teratur dan bahayanya jika ' menyimpan ' sampah terlalu lama di dalam usus besar. Benar temans,...jangan abaikan aktifitas ini ya. Pengalaman saya sebagai penyintas kanker kolon, membuat saya sadar pentingnya BAB secara teratur.

Setiap kali saya check up ke dokter, beliau selalu bertanya " BAB nya lancar kan ? perhatikan pencernaanmu ya " . Yup,...buang air besar tidak teratur sama saja menyimpan sampah di dalam usus besar yang bisa menjadi racun, mengakibatkan tumbuhnya polip, tumor bahkan menjadi kanker usus besar. Biasakan untuk rutin melakukannya setiap hari.

Ada tips yang biasanya saya lakukan supaya teratur dan lancar buang air besar setiap hari/pagi. Sudah pasti berkaitan juga dengan makanan yang kita konsumsi. Perbanyak makan buah dan sayur, minum air putih dan juga berolah raga. Gak perlu tiap hari ke Gym tapi minimal ada olah raga meski berjalan kaki atau sekedar lari-lari kecil. Biasanya setiap bangun tidur saya minum dua gelas air putih ditambah perasan jeruk nipis atau lemon. Lalu sarapan jus buah atau sayur, favorite saya jus tomat, wortel dan apel di mix menjadi satu. Atau minum susu hangat juga biasanya memancing keinginan untuk ke belakang ( toilet ).

Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi ya mak, mungkin pengalaman teman-teman bisa berbeda. menurut saya tidak perlu menggunakan pencahar tapi banyak-banyak saja makan buah atau sayur jika kesulitan ke belakang ( BAB ). Kecuali terpaksa. Intinya jangan menunda atau mengabaikan aktifitas ini. Karena ini berkaitan dengan kesehatan kita secara menyeluruh.

34 comments:

  1. Allhamdulillah pagi ini ak sudah setor :)

    ReplyDelete
  2. saya juga suka makan buah mak, terutama pisang dan pepaya mak biar BAB nya lancar. hehe get well soon ya mak

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah mak, saya pun tiap hari/pagi BAB. Setiap bangun tidur, saya selalu minum air putih segelas, dan biasanya setelah itu ada reaksi sakit perut yg mendrong utk BAB. Makasih utk sharingnya ya mak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, sama2... teruskan kebiasaan sehatnya ya mak ^_^

      Delete
  4. aku pernah mak susah BAB, padahal makan buah juga. terpaksa pakai pencahar :(

    tapi sekarang harus banyakin makan buah dan minun air putih. supaya BAB minimal 2 atau 3 hari sekali. pengennya sih tiap hari. tp blm rutin . hehehhe..

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah mak saya Lancar saja srtiap hari..
    Minum air putih sama buah buahan terutama pisang..

    ReplyDelete
  6. kalo aku bangun tidur minum air putih trus kopi panas langsung deh berkontraksi. tapi sering juga sih dibangunin pagi hari nya gara2 mules, belom minum apa2 :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihiii,...berarti percernaanmu bagus mil ;)

      Delete
  7. Ya ampun, seminggu sekali. . .
    Udah jadi apa di dalam sana ya, Mba. :)

    Sayur dan buah emang menyehatkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuuu, kebayang ya gak enak banget *_*

      Delete
  8. Alhamdulillah saya sudah lancar tiap hari, Mbak :)
    Kebiasaan tiap pagi kita mirip, ya, Mbak: 2 gelas air putih. Dulu saya minum air perasan jeruk nipis dengan air hangat juga, tapi 2 tahun belakang ini saya ganti minum air madu hangat.. stok si jeruk di kebun terbatas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga baik mak, madu itu sehat :)

      Delete
  9. betul, betul.. makan buah dan minum air putih yang banyak. tapi yang masih belum disiplin kulakukan itu ya olah raga. harus semangat lagi saya, mak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo semangat lg olah raganya mak :)

      Delete
  10. sarapan buah sangat membantuku mbk hehe...lancarrrrr hehehe

    ReplyDelete
  11. Iya, kalau sehari nggak bab rasanya begah banget. Paginya aku juga minum air + perasan jeruk. Sayangnya aku males banget bikin jus, males nyuci blendernya hahahaaa.... jadi biasanya buah potong saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixiixii, buah potong pun bagus dan menyehatkan mak :))

      Delete
  12. kalau buat yang gak terlalu suka buah gmana mbak ? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyakin sayur, tapi gak suka buah ? rugiiii....:)

      Delete
  13. Kalau saya biasa pagi-pagi minum kopi,,langsung mules dah!!tinggal nyetor ke belakang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kpi di pagi hari perut saya langsung perih merintih :D

      Delete
  14. Setuju dengan dirimu. Ak sendiri lagi sekarang ini lagi kena syndrome Malas. Malassssss bangettt olahraga, jadi badan sakit2 karna memang biasa nge gym.
    Tapi minimal memang badan kita harus aktif untuk memacu jantung bergerak. Minum juice Setiap pagi masih ak kerjain sampe kena syndrome ini, at least yeah, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku agak bberkurang jg semangat yoganya belakangan krn sempat drop kmn, mau mulai lg agak males jg...tp sudah kembali dimulai sedikit2. Ayo nge gym lg mak :)

      Delete
  15. Keren Mak gaya hidup sehatnya. Tapi buat anak kos seperti saya masih susah nerapin :D

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah lancar, dan setelah baca tiba2 langsung pengen ke belakang :)))

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah lancar, dan setelah baca tetiba langsung pengen ke belakang :)))

    ReplyDelete
  18. Yup, bener banget mbak. Sehat memang mahal harganya.Jika kita sehat, semua akan lancar. Ohya mbak, saling berkunjung ya di blog saya.

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)