16/09/2014

Plum, Buah Imut Kaya manfaat



Akhir-akhir ini saya sedang keranjingan ngemil, tapi bukan ngemil nasi padang loh ya. Saya sedang jatuh cinta bingit sama buah imut yang berbentuk bulat lebih besar dari kelereng dan berwarna kehitaman.
Yup, namanya buah Plum. Buat saya agak sedikit kurang familiar dengan buah ini. Pernah dengar dan baca tapi belum pernah coba sebelumnya. Pernah liat juga disupermarket tapi karena gak mudeng nyobain dan gak tahu khasiatnya ya cuex bebek ajah. Saya lebih milih tomat, apel atau pepaya yang di mba tukang sayur keliling pun ada. Sampai akhirnya saya coba buah plum kering, jadi karena sudah dikeringkan bentuknya agak berkerut ya. Gak cantik lagi sih tapi khasiatnya sama bagusnya.

Rasanya hampir sama dengan kismis, cuma lebih tebal dan segar menurut saya. Harganya 100 gram sekitar 15.000 an. Jangan nyari di warung sebelah atau tukang sayur keliling ya ? dijamin gak akan ada.
Jadi yang bosen sama apel, jeruk atau pisang. Boleh nih buah plum segar atau kering jadi selingan camilan sehatnya ^_^

Manfaat buah Plum : 

Buah Plum mengandung berbagai macam senyawa sehat loh mak, seperti berbagai vitamin dan mineral. Plum mengandung vitamin A, C, folat dan vitamin K. Plum juga mengandung sumber vitamin B1,B2, B6. Mineral dalam Plum mengandung kalsium, fluor, fosfor, magnesuim, besi, kalsium, dan seng. Dan, Plum juga mengandung serat namun rendah kalori dan bebas lemak berbahaya pastinya *penting.

Nah dengan begitu banyak kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki buah unik ini, jangan heran kalau buah Plum ini memiliki banyak manfaat.

Buah Plum bisa sebagai anti oksidan, mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan radikal oksigen. Buah plum juga baik untuk obesitas, membantu menekan laju kolesterol, diabetes dan penyakit kardiovaskular. Buah ini membantu sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan meningkatkan pembilasan usus besar. Buah ini bagus untuk jantung, diabetes, kanker, kesehatan sel, depresi, kehamilan, influenza dan osteoporosis atau masalah di tulang/sendi. Cocok nih buat sendi bahu saya yang suka ngilu-ngilu.

Dan, untuk para emak kece buah Plum ternyata bagus untuk kesehatan kulit juga nih mak, mengkonsumsi buah ini akan membantu mengurangi flek hitam dan kerutan penuaan. Membuat wajah lebih sehat, segar dan berseri. Hayooo,...yang suka selfie kudu banyak-banyak ngemil buah Plum biar fotonya kece :)))

 Waw,... banyak banget manfaat buah imut-imut ini ya. Saya lebih pilih camilan buah Plum ini akhhh dibanding ngemil mie instan :D. Yuuukkk... 
Plum mengandung berbagai macam senyawa sehat, seperti berbagai vitamin dan mineral . Plum mengandung vitamin seperti vitamin A , C ( asam askorbat ) , folat dan vitamin K ( phylloquinone ). Juga merupakan sumber vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ) , B -6 dan vitamin E ( alfa-tokoferol ) . Mineral dalam plum termasuk kalium , fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Plum juga mengandung serat makanan namun rendah kalori dan tidak mengandung lemak berbahaya. - See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-gizi-manfaat-efek-samping-buah-plum-bagi-kesehatan-1238.html#sthash.7Sefw4sR.dpuf
Plum mengandung berbagai macam senyawa sehat, seperti berbagai vitamin dan mineral . Plum mengandung vitamin seperti vitamin A , C ( asam askorbat ) , folat dan vitamin K ( phylloquinone ). Juga merupakan sumber vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ) , B -6 dan vitamin E ( alfa-tokoferol ) . Mineral dalam plum termasuk kalium , fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Plum juga mengandung serat makanan namun rendah kalori dan tidak mengandung lemak berbahaya. - See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-gizi-manfaat-efek-samping-buah-plum-bagi-kesehatan-1238.html#sthash.7Sefw4sR.dpuf
Plum mengandung berbagai macam senyawa sehat, seperti berbagai vitamin dan mineral . Plum mengandung vitamin seperti vitamin A , C ( asam askorbat ) , folat dan vitamin K ( phylloquinone ). Juga merupakan sumber vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ) , B -6 dan vitamin E ( alfa-tokoferol ) . Mineral dalam plum termasuk kalium , fluor, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Plum juga mengandung serat makanan namun rendah kalori dan tidak mengandung lemak berbahaya. - See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-gizi-manfaat-efek-samping-buah-plum-bagi-kesehatan-1238.html#sthash.7Sefw4sR.dpuf

61 comments:

  1. Aku belum pernah makan buah Plum mak :D ahahah. Nyari di supermarket ada gak yah

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Disana ga ada supermarket besarkah mak ?? 😕

      Delete
  3. beloon pernah nyobain mak gimana rasanya :)

    ReplyDelete
  4. Kok item kayak anggur yaa itu plum nya mbak irma, makan plum yaa biar kece yaa waktu selfie #nyari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...hitam warnanya niar. Hihhiiii...:p

      Delete
  5. Wah...bisa di coba.nih mba... buat gantiin camilan favorit pisang hihihi

    ReplyDelete
  6. oala ini to yang namanya plum hihi.. baru tahu saya mak

    ReplyDelete
  7. di hero atau supermarket luar ada biasanya ya

    ReplyDelete
  8. Okeh, ntar kalau ke foodhall atau ranch, nyari deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliin eyke sekalian y mba buat persediaan :)))

      Delete
  9. harus mulai rajin makan buah2an nih biar cantik kaya mba Irma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaaaaa.....xixixiiii *sodorin buah plum*

      Delete
  10. Aku belum pernah makan buah plum....
    Beliin!!!*hloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siniiiiihhhh.... *jejelin buah plum*;😄

      Delete
  11. Kok buah plumnya kisut-kisut gitu ya Mak. Perasaan dulu daku pernah makan nggak kisut2 gitu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg tersisa tinggal buah plum keringnya mak... itu buah yg sudah dikeringkan.

      Delete
  12. aku malah belom pernah makan buah plum yang kering gitu mbak
    setau aku buah plum ya bundar dan segar. kalo yang kering seperti kismis gitu aku belom pernah menemukannya, hehehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, ada yg segar dan ada yg sudah dikeringkan :)

      Delete
  13. Saya belum pernah mencoba buah Plum itu.
    Ternyata manfaatnya banyak juga ya.

    Ingin mencoba, semoga saya tidak termasuk golongan Emak-emak yang suka selfie.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa....selfienya sih gak usah diikutin mas :)))

      Delete
  14. mbak kok susah yah cari plum kering kaya gini? beli dmn yah kalo boleh tau.. keliatannya nikmat sekali dan banyak manfaatnya ,kudu dicoba banget nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari disupermarket atau pasar swalayan besar :)

      Delete
  15. Di daerah susah nyarinya Mak tjantik...

    ReplyDelete
  16. baru ngeh kalo ada buah plum *kemana ajaa*
    kapan-kapan beli ah
    makasih infonya ya mak

    ReplyDelete
  17. Iyaa, mirip kismis, Mba. Buahnya tampak keriput, tapi menyehatkan. Ini buah perempuan bangett. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seperti kismis rasanya untuk plum yg dikeringkan ini :)

      Delete
  18. Mau nyautin kayak kismis, eh sama mbak Irma sudah ditulis hehe. Banyak vitaminnya ya ternyata, baru tau abis baca postingan mbak ini. Nice info mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. trima kasihhh mba :), makasiih kunjungannya ya...

      Delete
  19. Hallo Mbak Senja, mbak aku mau gabung di Bblog gimana caranya ya?

    ReplyDelete
  20. belum pernah nyoba... jd tergerak utk ngemil yg begini jg... bagus ya manfaatnya :)

    ReplyDelete
  21. Belum pernah coba. Aku suka banget kismis. Kalau rasanya mirip-mirip kismis, pasti aku suka juga. :)

    ReplyDelete
  22. chika belum pernah nyobainnya mbak :D
    hehehe, ada gx ya dibengkulu hihhiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi,...iya yaaa ada gak ya disana :D

      Delete
  23. Mak Irma, saya pernah baca kalo untuk mencegah penuaan dini, baiknya makan plum minimal 3 buah per hari. Tapi lumayan juga ya, harganya... Hahaha... Plum ini emang keren. Selain sehat, rasanya juga enak banget ^^ Btw, saya belum nemu yang dried plums, niy, mak, penasaran ama rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, dan ternyata yg enak dan sehat itu mihiilll yaaa :)))

      Delete
  24. Replies
    1. iyaaaa sihh, gak papa sesekali kalo bosen makan tomat sama jeruk :)))

      Delete
  25. ow..ow.. denger namanya aja bikin ncess, plum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plummm, trus tlen gitu ya mak xixixiii

      Delete
  26. Wah langsung banyak yg nyari nih pasti abis baca postingan ini, biar foto selfienya tambah kece2 hahaha... aku malah baru denger ini ada buah namanya plum, ini mesen tukang sayur juga mesti bingung tukang sayure nyari buah plum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa, iyaa ditukang sayur sih adanya salak mas :)))

      Delete
  27. pengen cobaa jadinyaa...apalagi pas tau banyak manfaatnya ihhiiiyy..
    untuk campuran adonan kue kayaknya enak nih mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo cobain, iyaa...boleh cobain untuk adonan kue trus kirim ke bekasi ya :)

      Delete
  28. Lemon aja susah nyari, apalagi plum -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti ubi aja deh ya...lbh mudah dicari dan murah mak :)))

      Delete
  29. wah baru tau ada buah nmanya plum --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan sedikit sulit didapet jg sih -___-

      Delete
  30. Belum pernah liat ataupun denger :|
    Penasaran kalo seger bentuknya kaya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuknya seperti tomat, ukurannya lbh kecil dan berwarna tua :)

      Delete
  31. Manfaat Tersembunyi BUah Plum Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)