21/04/2015

#K3BKartinian " Ibu Mertua dalam catatanku "

Dua orang Kartiniku, selamat hari Kartini...Mama tercinta dan Mimih terkasih :)

Mimih adalah panggilanku terhadap ibu mertua, bertahun yang lalu saat awal mengenal mimih aku sempat merasa sungkan dan berjarak. Perasaan 'tidak bisa apa-apa' ketika menerima pinangan dan mendampingi putranya tidak membuatnya sinis atau menolak. Katamu pada putramu, ' pahami istrimu, dia masih sangat muda '. Perasaan diterima dan dipahami melegakan perjalanan hatiku membangun hidup bersama hubby.

Mimih adalah seorang ibu dengan 6 orang putra, dan semuanya laki-laki. Mungkin karena mendidik anak laki-laki itulah yang membuat pembawaannya tenang dan terkesan tidak terlalu ekspresif. Mimih dekat dengan cucu-cucunya, meski tidak semesra kedekatan mamaku dengan cucu-cucunya. Mimih juga ibu dan mertua yang tidak terlalu banyak ikut campur terhadap kehidupan anak menantunya. Beliau memberi kebebasan pada anak-anaknya untuk melakukan apapun yang menurut mereka baik. Meski terkesan cuex, tapi mimih slalu mengiringi anak-anaknya dengan doa yang tak putus. Hubunganku dengan mimih sangat baik, bahkan mimih terkesan memanjakanku dalam artian memahamiku dan tidak pernah mencoba mengusik atau membuatku merasa tidak nyaman. 

Menurutku, hubungan ibu mertua dan menantu ini tidak lepas dari peran serta seorang suami. Hubby mampu menjembatani ibu dan istrinya dengan baik, dan aku berusaha untuk slalu berfikir positif jika menyangkut mimih karena beliau adalah ibu dari suamiku. 
Diusianya yang lebih dari 70 tahun, kondisi kesehatan mimih cukup baik. meski beliau sudah bertahun-tahun hidup dengan satu buah ginjal tapi mimih baik-baik saja. Kondisinya yang pernah mengalami masalah kesehatan serius membuat mimih juga sangat memahami kondisi fisikku saat aku harus berjuang melawan kanker dulu. Tidak banyak memang yang bisa kuceritakan tentang mimih, ibu mertuaku. Kami tinggal di kota yang berbeda, dan cukup jarang bertemu kecuali saat kami mudik lebaran. Tapi allhamdulillah, sekian tahun menjadi menantunya semua berjalan baik. Tidak ada drama yang menguras energi dan perasaan. Menurut hubby sebagai ibu mimih adalah ibu yang baik, tidak keras meski tidak juga memanjakan. Keenam anak-anaknya sudah menikah dan memberinya cucu, saat ini mimih menjalani hari-hari tuanya bersama dua adik hubby yang memutuskan tinggal menemani beliau. 

Dear Ibu mertuaku, Mimih...
Terima kasih sudah melahirkan, mendidik dan mencurahkan kasih sayang untuk putramu yaitu suamiku dan ayah bagi anak-anak ku. Terima kasih untuk perhatian dan kebaikan yang Mimih berikan padaku sebagai anak menantumu. Semoga Mimih selalu sehat dan dalam berkah lindungan Allah senantiasa :)

35 comments:

  1. Semoga beliau sehat selalu ya Mak ^_^

    ReplyDelete
  2. Amiiin.. Ibu mertua hebat.

    Selamat Hari Kartini Mak cantik :*

    ReplyDelete
  3. barokalloh Mak punya mertua yg sangat baik :)

    ReplyDelete
  4. Beruntung punya mertua baik. Buntung punya mertua gak baik, hehe..
    Tapi apapun tetap disyukuri. Semoga selalu bahagia.

    ReplyDelete
  5. sudah langka punya granma dengan karakter seperti itu, beruntunglah jika itu kamu :) selamat hari kartinian

    ReplyDelete
  6. Aamiiin.. Tapi kenapa cuma mimih yang diceriataka sedangkan mamanya mba irna ga diceritain mba? hehe

    ReplyDelete
  7. Wah aku harus belajar sama mimih nh yang punya anak laki-laki :)

    ReplyDelete
  8. Mimihnya baik bgt ya Mba Irma :). Senang deh dengan hubungan menantu-mertua yg seperti ini

    ReplyDelete
  9. Semoga sehat terus Mama dan Mimih nya nengnong :)

    ReplyDelete
  10. aamiin..semoga sehat selalu yaa mama dan mimihnya mba irma ^_^

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah.. Semoga beliau-beliau selalu sehat ya, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  12. sehat terus buat mimih dan ibunya .. semoga kelak saya punya mertua yang seperti mbak irma ya .. aamiin :)

    ReplyDelete
  13. semoga mimihnya mbak irna di beri kesehatan selalu

    ReplyDelete
  14. wah selamat hari kartini ya mbak... semoga makin sayang menyayangi....

    ReplyDelete
  15. Semoga mimih selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan ya, Mak :)

    ReplyDelete
  16. ucapan terimakasih buat mimih yaah ,, rromantiisss banget :D

    ReplyDelete
  17. Subhanallah... terimakasih kisahnya mak!

    ReplyDelete
  18. Semoga mimih dan mamah sehat selalu ya Mbak. Eh itu aku mau ketawa baca postnya soalnya Mbak Irma nulis cuex pake X hihihihi!

    ReplyDelete
  19. selamat hari kartini, jadi kangen sama Mamahku di rumah Mba setelah baca ini :(

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. beruntung banget bisa mendapatkan mertua baik banget..sampai2 dimasukkan di k3b kartinian.. ^_^
      semoga kelak aku juga dapat mertua yang baik :D

      Delete
  21. Semoga beliau-beliau selalu sehat ya, mba :)

    ReplyDelete
  22. Semoga mimih dan mama, mak irma juga sehat selalu aamiin

    ReplyDelete
  23. ah ga seru mba irma mertuanya baik, yg seru kalo yg ibu mertuanya rese ato yg sadis kayak di sinetron2 hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Milaaaaa ... bikin ngakak aja :-)

      Delete
  24. Selamat hari kartini, Ayoi berikan penghargaan untuk Kartini Kita (ibu maupun mertua) untuk menikmati liburan di Jogja. Promo Liburan Murah di Jogja, klik saja http://tourfilmjogja.com/liburan-murah-di-jogja/

    ReplyDelete
  25. Salam buat mimih dan mama nya. semoag selalu di beri kesehatan dan panjang umur

    ReplyDelete
  26. Mertua yang baik memang berkah untuk semuaaa...sehat2 selalu yaaa

    ReplyDelete
  27. Semoga Mimih sehat selalu. Keren sekali punya mertua sebaik beliau. Semoga saat menikah nanti, saya dipertemukan dengan mertua yang baik hati.

    ReplyDelete
  28. semoga ibu mertua kita juga pada baik seperti mimih aminnn http://goo.gl/3O1QrE

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)