08/04/2015

Kursi Jati Warisan

Karena terinspirasi makmin Lusi trisnasari yang merekondisi kursi jatinya, saya jadi teringat punya sepasang kursi jati tua, warisan nenek juga yang tadinya di rumah mama dan bertahun yang lalu saya bawa ke rumah saya. Satu dua tahun belakangan kursi jati itu sudah rusak dan teronggok begitu saja. Bahkan jadi alas untuk tumpukan box-box mainan anak yang tidak terpakai lagi. Padahal, dulu kursi itu saya minta dari mama karena nilai historinya. Ada kenangan khusus dan mendalam antara saya dan kursi itu dengan ingatan saya pada nenek dan kakek saya. Sebagai cucu yang katanya cucu kesayangan mereka, ada banyak kenangan masa kecil yang masih saya ingat sampai sekarang.

Okey, cukup bagian mengenang dan mendadak haru nya. Akhirnya setelah membaca tulisannya maklus saya putuskan untuk memperbaiki kursi jati itu. Kayanya kalau benerin sendiri sih, nyerah ya mak. Butuh keahlian khusus sepertinya. Karena gak cuma ngebersihin dan ngasih pernis doang nih. Sofanya malah sudah amburadul dan jebol. Jadi mari kita panggil bapak servis kursi hasil recomend tetangga saya.

Kursi jati warisan yang sudah lapuk *_*

Tenyata pengerjaannya gak sampai seharian

Kalau saya perhatikan, pengerjaannya langsung di bongkar dudukannya. Di ganti spons atau busa nya, di ganti bahan penutupnya, di streples sekelilingnya lalu terakhir di kuatkan lagi menggunakan paku hias di bagian luarnya. Setelah semuanya di ganti dan rapih, barulah di pernis dan di keringkan. Pengerjaannya kurang lebih hanya 5 - 6 jam saja. Lumayan cepat ternyata ya :) saya pikir akan butuh waktu satu atau dua hari. Untuk ongkos servis kursi jati ini 650.000 saja. Gak tahu juga termasuk murah atau mahal karena gak punya pengalaman servis kursi sebelumnya.


Taraaa,... ini dia tampilan kursi jati warisan nenek saya sekarang, menurut saya cukup rapih sih. Menurut teman-teman gimana ? 

23 comments:

  1. uwaaa jadinya,lebih elegan gitu mak..cantik^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii...terima kasih mak. Allhmdulillah...kenangannya jg terselamatkan :)

      Delete
  2. Saya masih ingat juga kursi jati yang dulu pernah ada di rumah kami saat masih di Jakarta dulu sekali saat saya masih duduk di bangku SD Tidak apa bernostalgia Kenangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... ini lbh bernilai krn histori pak :)

      Delete
  3. Berapa kursi yang diperbaiki Mba, kok kaya agak kemahalan ya. Kalau lebih dari lima berarti sama dunk dengan ganti jok motor plus sponnya. Biasanya kalau motor sekitar 100-115 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah masa sih mas ? Kmn saya bayar 650.000. Sepakat 600.000, trus disuruh di tambahin 50.000 sama suami gegara sama2 org sunda :))))

      Benerinnya dua kursi plus pernis mejanya juga. Hmm...kemahalan ya

      Delete
  4. Jadi cakep ya kursinya. Ternyata kalo kita perbaiki bisa dipakai lagi, kan sayang tuh kalo dibiarin hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... dan kursi jati itu harganya skg lumayan mahal y.

      Delete
  5. Kursinya mirip sama kursi makan di rumah yang busanya juga udah muncungul di mana-mana :D Sek, nyiapin budgetnya dulu buat dibikin keren lagi :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakkk....mana kursinya makte, pingin liaattt....

      Delete
  6. jadi bagus lagi kursinya mak, kaya baru.

    ReplyDelete
  7. wow beda banget ya setelah di rapihin...jadi kayak baru. saya suka furniture jati tapi karena mihil nunggu warisan atau keluarga yang mau jual murah hahahh

    ReplyDelete
  8. wow... jadi cling yaa...
    seperti baru

    ReplyDelete
  9. Mahaaaal hahahaa.... Sini kasih aku duitnya, aku bikinin hihihiiii

    ReplyDelete
  10. Kursi peninggalan nenek gw juga akhirnya di bongkar dan disusun ulang dengan tampilan lebih baru dan seger.
    Barang2 lama ini kayu nya bagus2 jadi masih cucok kalo di pake :-)

    ReplyDelete
  11. jadi kelihatan klasik dengan tampilan barunya, Mbak :)

    ReplyDelete
  12. Untuk Ongkosnya cukup mahal bagi kami di wilayah jepara.Untuk busa di jepara atau workshop kami satu kursi atas dan bawah ongkosnya 150rb x 2 =300 rb.Biaya finishing perkursi 100rbx2=200rb jadi total semua 500rb.Itu kalau di jepara tempat kami.Beda wilayah mungkin beda pula harganya.Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. jadi tu kursi di produksi tahun berapa neng

    ReplyDelete
  14. wah bagus banget tuh, jadi terinsprirasi, punya kursi warisan juga soalnya dirumah ..oke thanks yaa

    ReplyDelete
  15. asliii jadi baguuus mak...keyeen :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)