14/06/2015

Graduation Ceremony



Tanggal 13 juni 2015 kemarin lusa, kaka Tazkia di wisuda. Allhamdulillah kaka Taz lulus dengan nilai dan hasil nem yang baik. Entah ya orang tua yang lain, tapi mungkin karena kaka Tazkia adalah putri sulungku, menyaksikannya di wisuda kelulusan SMP dan menyadari anak kami sudah remaja dan sebentar lagi memasuki jenjang sekolah menengah atas membuat aku dan ayahnya terharu. Rasanya baru kemarin aku melahirkan dan membantunya berjalan, rasanya baru kemarin menemaninya di sekolah taman kanak-kanak. Waktu begitu cepat berlalu, sekarang usianya bulan juni ini genap 15 tahun. Lulus dari sekolah menengah pertama dan bersiap menuju sekolah menengah atas, rasanya haru sekaligus tidak percaya.

Graduation Ceremony sekolah kaka di laksanakan di salah satu hotel bintang empat Bekasi, yaitu shantika hotel premiere. Acara yang tepat dimulai pukul 8 pagi ini berjalan khidmat, tapi tetap santai dan menyenangkan. Dimulai dengan pembacaan ayat suci al-quran oleh salah satu orang guru, lalu bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya di susul sambutan dari kepala sekolah, setelah itu sambutan dari ketua yayasan. Lalu ceremony pelepasan siswa-siswi dengan memanggil satu demi satu siswa untuk naik ke atas panggung menerima medali dan buku tahunan.

 

Setelah selesai penyerahan medali, para wisudawan naik ke atas panggung bersama-sama untuk menyanyikan beberapa lagu diantaranya lagu Bunda dan Ayah. Moment selanjutnya sangat mengharukan, mereka turun dari panggung dan menghampiri orang tua atau keluarga masing-masing lalu menyerahkan setangkai mawar. Wajah-wajah haru nyata terlihat dari para orang tua, lega dan bahagia. Meski tahun ini katanya nilai UN rata-rata mengalami penurunan tapi kami sebagai orang tua tahu, anak-anak sudah berusaha dengan sungguh-sungguh. Apapun hasilnya bagi kami dan aku pribadi, tetap bangga pada pencapaian anakku tercinta.

Acara masih dilanjutkan dengan pentas seni, sebuah tari daerah di mainkan dengan apik adik kelas mereka. Lalu para bapak dan ibu guru bersama-sama menyanyikan dua buah lagu, acara di tutup dengan sambutan dari guru kelas 9 yang memberikan pesan pada murid-muridnya. Pesan yang menurutku bagus sekali.

" Jangan lupakan sholat di mana pun, tetap menjalankan kebiasaan yang ditanamkan disekolah yaitu sholat dhuha, tadarus dan puasa sunah. Yang laki-laki harus bisa menahan diri, yang perempuan harus bisa menjaga diri supaya kalian menjadi manusia yang tahu diri " 


Pesannya aku ulang kembali dirumah untuk kaka tazkia juga sean, betapa kehidupan semakin kemari semakin penuh tantangan. Sebagai orang tua jelas tidak mudah mendampingi dan mendidik anak-anak, tidak mudah mengawal anak-anak di tengah perkembangan jaman saat ini. Lingkungan mengambil peranan cukup penting bagi anak-anak kita. Tapi jika dasar sudah diberikan, yaitu pondasi agama , kasih sayang,...pendidikan keluarga. Semoga itu akan menjadi dasar kuat yang akan menjadi bekal dan pegangan bagi perjalanan hidup mereka selanjutnya. Kita tidak akan bisa mengikuti anak-anak kita kemana pun, mereka akan berjalan...berlari menjalani kehidupan mereka dan mengejar impian mereka. Hanya doa yang akan menerangi mereka di manapun. Doa orang tua yang akan terbang ke langit untuk perlindungan dan kebaikan anak-anak kita. InshaAllah...


Graduation Ceremony di tutup dengan doa, lalu para undangan di persilahkan untuk bersantap siang bersama. Selanjutnya para wisudawan berfoto bersama. Dear kaka Tazkia,... Selamat sayang, lanjutkan langkahmu. Ayah dan ibu akan terus mendampingi, mendoakanmu dalam mengejar semua impian dan harapanmu. Terima kasih memberi banyak kebahagiaan selama ini, kami bangga padamu...

25 comments:

  1. Pesan dari sang guru benar-benar indah. Di tengah perkembangan zaman yang semakin hari semakin canggih dan bebas ini, hadir seorang guru dengan pesan yang begitu pas dan menurut saya pesan tersebut akan selalu berguna di zaman apa pun.

    ReplyDelete
  2. selamat ya... atas kelulusannya :)

    ReplyDelete
  3. Selamat ya kakak, semoga mendapatkan sekolah lanjutan yang diidamkan. Amin.

    ReplyDelete
  4. wah ini sekolahnya bagus banget ya, pesan dari gurunya keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pesan gurunya sampai saya ingat juga krn bagus :)

      Delete
  5. Selamat kakak, sdh beranjak remaja deh skrg. Dr kmren liat foto2nya di fb, duuh udh saingan sm mamanya. Gadis cantiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, punya anak remaja nih mak :)

      Delete
  6. Selamat yah kakak, semoga lancar trs sekolahnya. Sukses selalu :)

    ReplyDelete
  7. hi kakak Tazkia, selamat yaaa..sudah diwisudaa, tahap selanjutnya lebih menantang, suka warna kebayanyaaa..yang milih siapaa?

    ReplyDelete
  8. Selamat ya kakak, semoga kedepannya lebih baik dan apa yang di impikan dapat terwujud

    ReplyDelete
  9. selamat, Kaka ...
    semoga Kaka dapat mengamalkan pesan yang telah disampaikan bapak dan ibu guru
    dan makin shalihah, ya

    ReplyDelete
  10. selamat ya udah di wisuda, sukses kaka

    ReplyDelete
  11. Selamat yaa kak tazkia, semoga makin sukses menuntut ilmu kedepan nya.
    Btw wisuda anak2 sekarang keren2 yaaa di hotel, duch ngak sanggup nich :-(

    ReplyDelete
  12. dilihat-lihat alisnya kakak tebal juga ya mba :)

    ReplyDelete
  13. waaah, udah gede ya Tazkia... selamat ya kak Tazkiaa

    ReplyDelete
  14. Selamat buat kaka Tazkia yaa...sukses terus ya Nak..wah Irma sudah punya anak gadis...Mamanya masih awet muda dan awet cantik

    ReplyDelete
  15. Selamat ya....semoga sukses selalu menyertai... Acara wisudaannya keren :)

    ReplyDelete
  16. Selamat ya buat kakak udah di wisuda

    ReplyDelete
  17. Selamat ya :)
    semoga lancar terus sekolahnya

    ReplyDelete
  18. Mbaaa, kamu awet muda sekaliii :O... anakmu udh mw masuk smu pdahal... #SalahFokus ;)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)