20/06/2015

Hobi Baru Sean


          Hobi barunya bikin happy tinggal mengingatkan dia soal posisi membaca yang benar ;)

Kalau kaka Tazkia asyik baca buku atau komik saya gak akan heran, koleksi komik dan buku-buku kami di rumah adalah mayoritas buku bacaan kaka. Sejak kaka Tazkia SD minat bacanya memang lumayan besar, pilihan buku-bukunya juga beragam. Dari KKPK, enyd blyton, komik jepang sampai buku-buku cerita remaja islami. Meskipun hobi membacanya akhir-akhir ini agak berkurang sejak dia mulai keranjingan k-Pop dan drakor *lirik tante Icoel. Nah, akhir-akhir ini justru ada yang berbeda dengan putra bungsu saya Sean. Diawali dengan beberapa kali saya lihat setiap jelang tidur, sean selalu membaca komik-komik kakanya. Awalnya saya biarkan saja karena saya pikir mungkin dia sedang bosan dengan game atau laptopnya. Tapi ternyata kebiasaan membaca bukunya ini sekarang hampir tiap hari, setiap jelang tidur atau sedang bersantai di kamarnya dia pasti membaca komik. ( contoh komiknya, conan, doraemon, miko dll )
Komik-komik yang sekarang rajin Sean baca

Wahhh, ada apa nih mungkinkah sekarang hobinya sudah berubah seiring usianya yang terus bertambah. Padahal sebelumnya, meski saya sering membelikan dia buku-buku bacaan jangan harap dia mau baca. Buku-bukunya hanya teronggok begitu saja di lemari buku, keyakinan bahwa membaca adalah salah satu aktifitas positif yang ingin saya tularkan pada anak-anak, tidak mempan karena Sean sepertinya tidak punya minat membaca seperti kakaknya. Dan sekarang, meski pilihan bukunya masih komik-komik ringan saya luar biasa senang. Sambil mengingatkan untuk tidak terlalu sering membaca sembari berbaring, perlahan saya dorong dia untuk mulai membaca tidak hanya buku komik. Saya tunjukan bahwa bundanya sangat senang dan mensuport dengan hobi barunya ini. Dan dia mulai meminta untuk dibelikan judul-judul baru, mulai meminta pergi ke toko buku.

Ada obrolan menarik tadi malam dengan Sean, dan saya pikir jangan-jangan ini alasan yang membuat dia tiba-tiba senang membaca buku dan seolah menargetkan setiap hari ada buku yang harus dia baca. Malam itu sesudah berbuka puasa, sambil menunggu waktu sholat isya kami berbincang santai. Tiba-tiba Sean bilang " Bun, bubun tahu nggak gimana caranya supaya kita nggak cepet pikun ? "
Saya agak kaget dengan pertanyaannya, tapi lalu dengan santai saya jawab " gimana caranya ? "
Lalu dengan semangat dia menjawab " caranya dengan banyak membaca bun "

Okeyy,... jadi ini alasan kenapa dia sekarang jadi suka sekali membaca. Dulu alasan yang saya berikan mungkin gak cukup dia pahami yaa ?? atau piyeee...? mungkin gurunya atau entah dia mendengar di mana sampai nasehat itu begitu dia maknai dengan baik. Ayo teruskan kebiasaanmu Nak, dengan membaca kamu bisa pergi ke mana pun yang kamu inginkan tanpa harus melangkah jauh. Dengan membaca kamu bisa melihat dunia :)

16 comments:

  1. posisi bacanya mba perlu dibenerin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, nih pelan-pelan dikasih tahu :)

      Delete
  2. saya juga seneng banget kalau anak-anak suka baca buku. :D

    ReplyDelete
  3. hobi barunya sean membaca nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaadan bundanya senang bukan kepalang sean gak terus2n main PS :))

      Delete
  4. Tinggal memperbaiki kebiasaan membacanya yang sambil tidur dan jarak buku dengan indera penglihatan gak boleh sedekat itu. Minimal 25-30 cm dari jarak pandang biar gak cepat rabun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, membaca sambil tiduran gak baik ya :)

      Delete
  5. Hahah iya harus banyak baca...

    ReplyDelete
  6. Minimalisir pikun dg mambaca ya, Sean. Btw, Tazkia udah mulai nulis KKPK blm, nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, itu kata sean sih hahahaa...

      Delete
  7. Saya dr kecil suka baca mbak, tp sambil tiduran n gelap2kan, akibatnya sekarang minusnya nambah terus,

    ReplyDelete
  8. Kalau butuh Miko, kak Icha lengkap edisinya. Kesini aja :)

    ReplyDelete
  9. jangan-jangan yang bilangin Kak Sean itu adalah gebetannya kali, Mak. Makanya didengerin *eh *kaburSebelumdilemparBuku, hehe

    ReplyDelete
  10. Moses juga lagi seneng baca komik. Sekarang lagi baca Captain Tsubasa dan Kungfu Boy. Kalo lagi asyik baca, posisinya pindah-pindah lokasi :)))

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)