26/06/2015

Ikan Masak Bumbu Kuning dengan Susu

Salah satu makanan favorite suami saya adalah ikan, semua jenis ikan belio suka. Dari ikan mas, gurame, kembung, bawal, lele sampai ikan bandeng. Ikan yang di goreng sampai kering, di masak seperti di balado atau di gulai. Belakangan hasil medical check upnya tidak cukup baik. Kolesterol tinggi, saya gak heran karena dikantor hubby pasti makan di luar alias warung makan, kantin kantor  atau restoran disekitar wilayah kantornya. Pilihan menunya pun bikin saya ngelus dada, sate kambing, bebek goreng atau masakan padang.

Kemarin dia minta di masakin menu ikan, karena beberapa hari sebelumnya sudah makan daging atau ayam dengan cara di goreng. Saya pikir masa di goreng lagi, minyak lagi... atau santan lagi ??
Karena ikan yang di masak kuning juga hubby suka, saya putuskan akan memasak ikan bumbu kuning. Enaknya masakan ini memakai santan jadi berasa banget gurihnya. Tapi santan juga bukan pilihan yang tepat saat ini, akhirnya saya coba berinovasi.

Yukk, intip aja resep ikan bumbu kuning ala dapur saya :)

Ikan Salem segar 1 ekor ukuran lumayan besar di potong lima.
Pilih ikan salem karena selain enak tapi tidak banyak duri, durinya terpisah dari daging ikannya.
Dan karena Mba Sayurnya bawanya ituh :p

Bumbu-bumbu yang di haluskan :
bawang merah 5 siung
bawang putih 2 siung
Cabe merah 4 buah
kunyit 1 jari
kemiri 4 biji
lengkuas, sereh, daun salam
garam secukupnya
Penyedap rasa sesuai selera ( saya nggak pake )
Cabe rawit merah utuh untuk sentuhan akhir

Bumbu-bumbu tadi diulek, saya pilih di ulek biar lebih nikmat *iisshhh.
Males juga pake Blender kalau bikin bumbu sedikit.
Ulek aja sekalian olah raga tangan :)))

Tumis sampai harum dan aroma mumbu-bumbu mentahnya hilang,
ini tips supaya masakan gak cepet basi. 

Setelah bumbu harum masukan ikan, aduk rata lalu masukan susu cair sebagai pengganti santan. 
Masak sampai ikan matang. Hubby sedang mengurangi mengkonsumi santan, 
saya pikir pakai susu cair aja sedikit untuk memberi rasa gurih dan kesan kuah santannya.
Biasanya saya pakai susu juga kalau bikin soto daging betawi, tapi buat masak ikan
belum pernah. Gak ada salahnya dicoba ;)
Saya belum tanya om google atau ke dokter juga sih santan di ganti susu ini better atau sama ajah :D

Taraaa,... Ikan bumbu kuning dengan susu siap disajikan, seriously enaaak deh ;) 
Selamat mencoba ya,...maklumin lah ya kalau resepnya suka-suka yang punya dapur
soalnya suka-suka juga masuk dapur dan masaknya *cmiwww

55 comments:

  1. Aku juga suka masak gini, tapi blm nyoba pake susu. Mirip ga rasanya sama santen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang-orang di rumah gak ada yang ngeh itu pakai susu mak, mereka bilang sih enak.. :)

      Delete
  2. wah enak banget keliatanya ya mak ;)

    ReplyDelete
  3. boleh juga dicoba nih, susu sebagai ganti santan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya buat soto betawi jg pake susu jadi suami saya bisa ikut makan :)

      Delete
  4. Ikan bumbu kuning ini aku sangat suka dan sering bikin sendiri.. Cuma kalo pake susu belun pernah nyoba... Paling aku tambahin sedikit santan.. Bener enak ya Mnak ditambahin susu gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut aku sih lebih enak, coba deh :)

      Delete
  5. Wadowwwww.. Ngences pisannnn *nyum*

    ReplyDelete
  6. Aku belom pernah berhasil masak ikan bumbu kuning, ternyata kuncinya di santan thooo. Kalau mamaku santannya diganti bubuk krimer, dirimu pakai uht yaa, mirip fresh krim jadinya. TFS ya maak

    ReplyDelete
  7. ehhh, dganti susu ya mak. coba aahhhh....

    ReplyDelete
  8. kalo aku bikin ini, kunyitnya ga diulek, dirajang aja.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak diulek, kuning merata gitu gak ya ?

      Delete
  9. oo, gitu ya mak, boleh dicoba nanti, secara suami gak suka pake santan..

    ReplyDelete
  10. Andai suka makan ikan mau saya save resepnya dari mak irma, tapi sayangnya aku nggak suka makan ikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sayang banget gak suka ikan mak, bagus loh ikan itu byk proteinnya xixi :)

      Delete
  11. saya biasanya pake santan. Pake susu sekali2nya waktu itu karena suami ga boleh makan yg bersantan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg karena suami kolesterolnya cukup tinggi mak :)

      Delete
  12. Wah baru tau tuh ternyata susu bisa di pake juga buat masak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak menu masakan yg bisa diolah dgn campuran susu )

      Delete
  13. Wah..keliatannya enak nih. Ikannya di goreng dulu, gak Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mak... nggak aku langsung masukin aja. ;)

      Delete
  14. Wauuuu ikan bumbu kuning
    Jika sudah tersaji dipiring
    Bikin suara perut nyaring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan membuat piring dan sendok berdenting :)

      Delete
  15. oh ternyat abisa di ganti susu ya. Tapi aku kalau bikin ikan bumbu kuning gak pakai santan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, lebih enak kalo menurutku

      Delete
  16. Jadi santan bisa diganti susunya ya mak, makasih mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto daging aja enak pake susu loh mak :)

      Delete
  17. Bu Irma, foto terakhir ituuu sungguh luar baisa membuat saya jadi kepingin. Yoook ach masak

    ReplyDelete
  18. Mbaaakkk penasaran ih rasanya masakan ikan gitu pakai susu :)

    ReplyDelete
  19. Wah bikin laper bangeeeettt mak, belum makan malam duuuhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixii,...ayo masak buat makan malem :)

      Delete
  20. D rumah sering bikin, Mak. Tapi memang saya belum pernah nyobain pake susu. Kayaknya boleh juga dicoba, ya. Abis kalau santan, suka males meras kepalanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh , cobain mak...enak dan sehat kok :)

      Delete
  21. kalau pakai ikan patin bisa juga kan ya?

    ReplyDelete
  22. Ini salah satu cara masak favoritku. Untuk masakan spt ini setuju diulek saja. Selain olahraga, aromanya beda lo dg diblender :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju maklusss,... kalo bumbu2 tumisan gini aku cuma di ulek lebih sedepp yaaa ^_^

      Delete
  23. Ikan dengan bumbu kuning kalo di sini disebutnya ikan dipaesmol.. Waaahhh enak bingit ikan dipaesmol itu Mbak... hehe... :) Nah, kalo makan di luar memang nasi padang tidak ada duanya, sate juga kalah, tapi presiden obama lebih memilih sate ketimbang nasi padang waduhhhh... hehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa pesmol namanya diar :)
      nasi padang aku suka, sate kambing juga suka...tp makannya sekdarnya aja :)))

      Delete
  24. Dikasih susu cair? Wah, baru tahu. Kalau dah dipublish, berarti enak, Mak. Coba ah..

    ReplyDelete
  25. Seperti yang dilakukan oleh ibu mertua selalu, kebetulan belio bikin susu kedelai...jadi santan dieliminasi gantinya sule...ya rasanya masaih tetep nikmat kok :)

    ReplyDelete
  26. Kayak orang bule, coconut milknya diganti susu :D

    Aku juga suka ikan bumbu kuning. Enyak, bisa nambah berkali-kali kalo makan lauknya ini :)))

    ReplyDelete
  27. Resep baru nih, kayaknya perlu dipraktikkin juga hehe

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)