24/06/2015

Tabungan Berjangka Pilihan Tepat Keluargaku

Tahun ajaran baru sekolah adalah waktunya kita para orang tua mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk sekolah anak-anak. Tahun ini, kaka tazkia ke SMA dan sean naik ke kelas 6. Keduanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan daftar ulang sean ke kelas 6 tahun ini 6 juta lebih. Ini cuma naik ke kelas 6 loh, bukan pendaftaran sekolah. Ya...ya...ya...begitulah sekolah swasta. Ditambah lebaran, ramadhan, dan waktunya bayar pajak kendaraan di bulan ini. Banyak sekali kebutuhan yang harus kami selesaikan bulan ini *pukpuk ayah *Lah malah tsurhat :)))

Untungnya selama ini kami memiliki cara sendiri dalam mengatur keuangan. Saya dan suami sengaja membuat tabungan berjangka, jangka waktunya biasanya kami pilih tepat dengan waktu anak-anak kami lulus SMP atau lulus SD. Jadi saat-saat seperti ini, disaat kebutuhan membengkak terbantu dengan tabungan berjangka yang sudah bisa kami ambil. Dan jika tidak ingin kami ambil pun tinggal diperpanjang jangka waktunya. Nominal dari tabungan pun bisa disesuaikan dengan kemampuan. Dan pilihan memiliki tabungan berjangka ini sangat membantu, rencananya saya dengan suami memutuskan akan membuat kembali tabungan berjangka ( pendidikan ) untuk persiapan kaka kuliah dan sean ke SMA. Ini menjadi salah satu cara disiplin menabung, karena secara otomatis akan terdebet/auto debet dari tabungan kita disetiap bulannya. Untuk saya yang kadang boros dan kurang disiplin menabung, tabungan berjangka sangat tepat untuk disiplin menabung.

Selama ini kami menjadi nasabah salah satu Bank di Indonesia, tapi seorang teman memberi tahu ada sebuah situs yang bisa membantu kami untuk memilih tabungan berjangka beberapa Bank tanpa harus repot mendatangi Bank satu demi satu. Dan saya pikir siapa tahu ada Bank yang bisa memberikan manfaat serta kemudahan lebih banyak dari Bank yang kami pilih selama ini.Benar saja begitu saya masuk di web yang teman saya maksud yaitu Cermati.com  saya malah mendapatkan banyak informasi finansial yang saya butuhkan tidak hanya mengenai tabungan atau tabungan berjangka. Ngomong-ngomong apa sih Cermati itu ? Cermati adalah salah satu perusahaan start up yang bergerak di bidang teknologi finansial, agar informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi. Jadi dengan informasi finansial yang mudah di akses, setiap orang akan mampu membuat keputusan finansial secara cermat dan tepat. Bukan hanya Tabungan Berjangka, Cermati memiliki banyak produk finansial seperti Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Multiguna sampai Kredit Motor.
Ada beberapa pilihan tabungan berjangka, saya tinggal pilih mana yang paling tepat

Dengan Cermati informasi finansial menjadi lebih mudah di akses di mana pun dan kapan pun, saya bisa memilah tabungan berjangka dari Bank-Bank yang terpercaya yang sesuai dengan yang kami butuhkan tanpa harus susah payah mendatangi Bank nya satu demi satu. Dan saya bisa memilih tabungan berjangka dengan cermat dan tepat. Thank you Cermati

33 comments:

  1. Biaya pendidikan anak sekarang memang tidak murah ya mak, harus disisihkan dana khusus untuk pendidikan, tabungan berjangka bisa jadi salah satu pilihan.
    Itu daftar ulangnya bener 6 jutaan??? Mahal beneeerr, anakku masuk smp biayanya sekitar segitu :D

    ReplyDelete
  2. Saya pun shock mak, hiks...
    Tahun lalu hanya 3 jutaan, tahun ini 6 jutaan...luar biasah *elap ingus

    ReplyDelete
  3. Tabungan berjangka emang penting & benar2 dibutuhkan banyak orang tua untuk oerencanaan pendidikan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya pendidikan memang harus direncanakan matang-matang ya Mak, solusi yang tepat ya seperti tabungan berjangka ini. Thanks to sharing ya Mak

      Delete
  4. Kalau aku sih pakai 3 cara berbeda:

    1. Reksadana untuk jangka Menengah dan Panjang
    2. Logam Mulia dg teknik khusus
    3. Saham untuk jangka panjang

    Plus 1 Tabungan Berjangka oleh istriku di Bank Mandiri namanya TRM (aku gak tau kepanjangannya walau bisa di googling.. hahaha)

    BTW, numpang pasang Backlink dengan Kata Kunci ya.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ishhh keren nih uda Irfan, beda donk ya kalo pengusaha sakses sih investasinya ;p
      btw trima kasih untuk sharenya uda :)

      Delete
  5. di cermati.com kita bisa dapet info banyak ya mba mengenai masalah finasial, baik itu bank yang cocok dengan ke adaan keuangan kita maupun masalah kartu kredit

    ReplyDelete
  6. Mas Bro Ir, TRM = Tabungan Rencana Mandiri.

    Thanks untuk sharingnya Mbak Irma, sangat bermanfaat. Mekanisme yang diambil oleh mas bro Irfan sudah tepat. Hati-hati untuk tabungan pendidikan jangka panjang, karena bisa jadi nggak ada mekanisme lindung nilai (semacam hedging).

    Maksudnya, nilai yang kelihatan besar sekarang, bisa jadi tidak seberapa saat 10-15 tahun kedepan. Makanya saya ambil 2 mekanisme, yaitu TRM dan logam mulia. Jadi nabung TRM untuk 1-2 tahun, kalau terkumpul agak banyak, dikonversi ke logam mulia.

    Jadi disatu sisi bisa dipaksa nabung, disisi lain nilainya tidak tergerus inflasi dan kalaupun ada pengurangan nilai, nggak terlalu drastis.

    Lha kok malah ngarang cerpen disini? :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya..Tabungan Rencana Mandiri. Sebenarnya saya kurang sreg dg Tabungan Berjangka atau "Tabungan Terpaksa". Returnnya sangat kecil dan mepet dg inflasi. Disclaimer on, Mas..

      Saya lebih memilih ke Reksadana Campuran atau Reksadana Saham. Atau bahkan ke Saham...

      Saya juga gak setuju dg sistem Hedging, Mas...

      Delete
    2. Makasiih juga masukannya mas Vavai,...untuk yang lbh disiplin shoping memang terbantu untuk pilihan tabungan berjangka mas. Mksh cerpennya mas xixixi

      uda : saya lg belajar trading saham uda, tapi jln di tempat nih... gak mudah dan mentalnya blm berani jg untuk ambil resiko, jd main recehan aja deh heuuuu

      Delete
  7. Setuju. Meskipun belum menikah, tapi saya rasa perlu dipikirkan juga mengenai tabungan jangka panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, justru sblm menikah spy setelah menikah semua sudah siap :)

      Delete
  8. iya, tabungan dan perencanaan keuangan itu sangat perlu, neng.
    btw itu uang daftar ulangnya, subhanallah ... mahal skali, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar teteh :)
      iyaaaaaa, itu daftar ulang teh... mihil memang :(

      Delete
  9. memang bener mbak..hrs ada tabungan...biar kita g kalang kabut pas butuh uang.

    ReplyDelete
  10. Waduh aku belum berkeluarga nih.. menabung di tempat foto di dalam dompet kayaknya masih merupakan pilihan yang cocok-cocok aja untuk aku.. hehehehe.. jadi entar kalo udah dapet jodoh uang yang disimpan di tempat foto itu diambil diganti dengan potret jodohku... hehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih bagus dari skg menabungnya, setelah keuangan mapan lalu menikah...pasti smua jd lbh mudah :)
      ssssttttt, wanita yg cerdas akan mencari pria yg mapan secara finansial ;) *just my opinion

      Delete
  11. Tabungan berjangka ya mbak... saya belum pernah coba sih, tapi klw boleh tahu, konsekuensi pake tabungan berjangka itu apa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku konsekuensinya cuma kita gak bisa ambil uang sebelum batas waktu yg sudah kita sepakati. Atau jika boleh pun ada dendanyaa...gitu sih :)

      Delete
  12. Waah, kalo gini lebih praktis ya, Mbak, tidak perlu mendatangi bank secara langsung. Cermati oke neh...

    ReplyDelete
  13. Aku belum deposito...masih nabung :"(

    ReplyDelete
  14. Kaka Tazkia jadinya masuk SMA mana?

    Untung kakakku ada yang kerja di bank, jadi bisa gampang nanya2 kalo soal tabungan dan investasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau coba negri dulu makte...besok pembukaan pendftrn onlinenya. Doakan ya :)

      Ishhh asyikk ya... g ribet jg jdnya

      Delete
  15. jadi udah punya pilihan yang tepat ya mak

    ReplyDelete
  16. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Bagus gan...untuk mengetahui cara menghitung bunga tabungan, silakan kunjungi
    infotentangbank.blogspot.com/2015/06/cara-menghitung-bunga-tabungan.html
    terima kasih

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)