27/07/2015

Abaya dari Papa

Abaya adalah Busana wanita muslim berbentuk jubah panjang berwarna hitam, yang biasa dipakai oleh wanita muslim di Arab saudi. Abaya menurut beberapa pendapat sudah ada sejak 4 ribu tahun lalu. Abaya digunakan untuk menutupi lekuk tubuh wanita muslim supaya terhindar dari pandangan buruk. Kini Abaya sudah banyak di modifikasi, baik bahan maupun variasi. Wanita arab biasanya melengkapinya dengan cadar.


Beberapa bulan lalu papa berangkat umroh, salah satu oleh-oleh yang saya terima dari Papa adalah Abaya. Saat menerimanya saya sempet bingung, mau di pake kemana baju jubah hitam begini. Meski saya suka warna atau baju hitam tapi kalau berbentuk jubah/gamis panjang gini ya bingung juga makenya kemana. ( padahal kemana pun bisa di pake, belum niat aja kayanya ) *_*

Mudik kemarin saat adik saya pakai Abaya pemberian Papa, Papa tiba-tiba nyeletuk " Abayamu gak di pake nenk ? gak suka ya ...? " 
Duhh rasanya gimana gitu ya, merasa bersalah karena membuat Papa sampai berfikit begitu. Papa membelikan ketiga anak perempuannya plus Mama masing-masing Abaya, dan dua adik saya malah udah dipakai. Saya merespont dengan suka cita saja tidak hikss....  Akhirnya, saat Mama bilang " Coba pakai nih abaya punya mama, punya nenk gak di bawakan ? Papa pengen lihat kali nenk pakai abaya yang Papa bawa kemarin " 

Akhirnya demi menyenangkan hati Papa, saya pake dong Abaya punya Mama :)), padahal belum mandi jadi deh bagian wajahnya saya tutupin supaya gak mengurangi keindahan Abayanya. Trus saya kasih liat Papa, sambil berlenggak - lenggok ala peragawati muslim xixixi. 
Trus Papa senyum sambil bilang " bagus " heuheuuu...

Taraaaa,.... ini dia Abaya dari Papa :)

Saya masih merasa gak enak hati sama Papa, akhirnya saya bilang " Nenk suka kok Pa, nanti Nenk pake... belum ada kesempatan aja mau di pake kemana " 

Sebenarnya nyaman loh pakai baju panjang dan longgar seperti Abaya ini. Di Arab sana katanya Abaya memang banyak di pake oleh wanita-wanita muslim. Tapi jangan salah di balik abaya yang longgar dan panjang ini mereka tetep pake baju-baju modis juga loh...katanyaaaa, saya gak tahu pasti juga, gunanya ya untuk menutupi lekuk tubuh mereka dari pandangan lelaki. Karena Abaya memang harus longgar dan panjang. Meskipun saat ini abaya sudah banyak di modifikasi dengan ragam bentuk, warna, bahan dan model. Bahkan ada juga abaya yang membentuk lekuk tubuh, haduuhh...

Ada yang punya Abaya hitam dari Arab seperti yang saya punya ? bagus ya...panjang tapi adem.
Abaya adalah busana wanita muslim berbentuk seperti jubah lengan panjang yang biasa dipakai oleh wanita di Arab Saudi. Abaya awalnya hanya berwarna hitam polos, tidak memiliki banyak corak dan dibuat dalam banyak warna seperti saat ini yang lebih modern.
Abaya tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali diluncurkan, beberapa pendapat mengatakan kalau busana sopan itu sudah ada selama 4 ribu tahun lalu dan hanya digunakan oleh wanita muslim untuk menutupi lekuk tubuh mereka. Abaya dan tambahan jilbab atau burqa dipakai oleh wanita Arab untuk melindungi mereka dari pandangan pria yang mungkin bisa berbuat jahat.
- See more at: http://abayazaylila.com/blog/abaya-busana-wanita-muslim-modern-di-indonesia/#sthash.WoUTWRHC.dpuf
Abaya adalah busana wanita muslim berbentuk seperti jubah lengan panjang yang biasa dipakai oleh wanita di Arab Saudi. Abaya awalnya hanya berwarna hitam polos, tidak memiliki banyak corak dan dibuat dalam banyak warna seperti saat ini yang lebih modern.
Abaya tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali diluncurkan, beberapa pendapat mengatakan kalau busana sopan itu sudah ada selama 4 ribu tahun lalu dan hanya digunakan oleh wanita muslim untuk menutupi lekuk tubuh mereka. Abaya dan tambahan jilbab atau burqa dipakai oleh wanita Arab untuk melindungi mereka dari pandangan pria yang mungkin bisa berbuat jahat.
- See more at: http://abayazaylila.com/blog/abaya-busana-wanita-muslim-modern-di-indonesia/#sthash.WoUTWRHC.dpuf

28 comments:

  1. Aku suka pake tp hijabnya kuganti bermotif atau warna cerah biar ngga arab style banget aku pernah liat muslimah disana di wc pake jins kemeja kotak2 rambutnyapirang bergaya masa kini pas mau keluar dari wc dia pasang abaya n hijabnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi...iya katanya di sana mereka modis2 di balik abayanya itu ya mba ^_^

      Delete
    2. Halooo, Kak! Yuk, ikutan Lomba Blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure".

      Tiga blogger terbaik akan diajak menjelajah Kalimantan dan berkesempatan mendapatkan grand prize, Macbook Pro.
      Info selengkapnya: http://log.viva.co.id/terios7wonders2015

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. Pengen beli abaya tapi sayangnya belum busui friendly, jadina sementara pakai gamis dulu aja, hehe

    Mak Neng mah cantik pake apa aja ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaa.... gak ada yg kancing depan ya mak :)
      xixixi, allhamdulillah terima kasih mba *kiss

      Delete
  3. dapat oleh2 dari umrah malahan yg blink2 hoodie itu ...banyak ygh liatin dipake bonceng motor siang2 mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixii...bling-blingnya itu gak nahan ya mba :D

      Delete
  4. Abayanya bagus, pintar milih berarti suaminya mak... hehehe
    saya juga pernah diberi abaya oleh adik ipar ketika dia umroh, tapi blm saya pakai, karena memang wktunya blm ada yg pas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan dari suami mak, papa itu bapak saya xixiii... ini oleh2 dari bapak saya :D

      Delete
  5. Istri saya ada mbak, beli di Tenabang saja. Murmer. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini oleh2 dari papa/bapak saya plg umroh mas... dan bukan dr tanah abang sih, krn oleh2 yg beli di tanah abang sih kebetulan saya yg beliin :))

      Delete
  6. wah bagus mba abaya nya, apalagi kalau udah dimodifikasi kayak gitu :)

    ReplyDelete
  7. Maaf lahir batin mak, maaf baru bisa bw lagi. Mau pakai warna apa aja tetep cantik kok

    ReplyDelete
  8. persis kayak mertuaku mbak.. beliau ngasih model gamia tp bahan spandek, sedang saya gak suka yg bahan spandek, akhirnya tak pake pas mudik aja hihi, gak enak kalo gak dipake. btw, itu abayanya bagus kok mbak, bisa dipake ngemall hehe

    ReplyDelete
  9. simpel modelnya :)
    cocok deh dipake sama mba Irma :)

    ReplyDelete
  10. Klo ngomongin abaya hitam kenapa jadi inget Mb Jihan Davincka ya hehehee... inget ceritanya pas di Jeddah kemana2 ya pakenya abaya hitam. Simple dan ngirit ga usah beli baju macem2 :)
    Mak Irma mah mau dipakein apa aja pasti cantiknya lah.

    ReplyDelete
  11. Dulu pernah punya dibeliin suami, tapi gede banget jadi kayak tenggelem hehehe
    Kenapa ya semua abaya warnanya hitam?

    ReplyDelete
  12. konon katanya baju2 org di arab sana memang sengaja sama smua, kalo perempuan abaya hitam, laki2 gamis putih, spy yang kaya dan miskin gak kliatan, klo di jalanan smua kliatan sama.

    ReplyDelete
  13. Wuaaa saya lg suka sukanya sama abaya cuma kmren mau beli d onlineshop udh abis hik hik

    ReplyDelete
  14. Papanya mak ir pinter milih abaya. Mesti ini yg harganya 200-an real ke atas deh. Hihihi. Soalnya klo yg di bawah 200 banyak blink2-nya dan modelnya biasa aja. :D
    Biasanya pake abaya di Indo itu momen2 lebaran cocoknya, Mak. Kayak kmrn tuh pas sholat ied, atau nanti sholat ied pas idul adha. Pake deh. ^___^

    ReplyDelete
  15. Iya abaya dari arab emang bagus ya mba...mamaku dl juga bawa tapi gedenya pake banget hehehe...

    ReplyDelete
  16. Waktu umroh ibuku juga bawain abaya item utk anak2 tp skrg keteknya udah sobek dipake jalan2 terus. Mungkin krn bahannya ambil yg murah ya. Memang byk yg pake abaya tp bahan kaos atau spandek bikin lekuk tubuh kelihatan. Dibalik abaya sih terserah mau pake apa, kan yg lihat cuma suami. Kalau suami suka manjain istri ya bisa modis didalemnya. Kalau enggak yaaah gitu deh, legging doang wkwkwkkwk

    ReplyDelete
  17. Kalo pake abaya hitam, jangan lupa mata nya di tutup pake cadar hahaha

    ReplyDelete
  18. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)