07/07/2015

Ketika Kegelisahan Menyapa


 " Jangan bengong Nenk,... " :p

Shalat menjadi saat paling intim dalam beribadah di bulan ramadhan kali ini, di saat shalat  saya merasa begitu tenang dan hati begitu lemah lembut. Fisik yang sedang didera haus dan lapar membuat penghambaan kita kepada Alloh terasa lebih luruh. Memohon ampunan dosa, adalah doa yang utama yang terus saya panjatkan. Betapa tidak terhitung dosa-dosa selama ini, tapi tetaplah berprasangka bahwa Alloh Maha Pemberi maaf yang begitu luas.

Sebagai manusia biasa, keimanan kita selalu naik dan turun... dan ramadhan membuat hati kita lebih banyak mengingat Alloh, lebih banyak berfikir tentang ibadah dan amalan-amalan yang bisa kita lakukan di bulan ini. Tapi sebagai manusia biasa juga tidak luput dari godaan. Ada saat-saat tertentu di mana godaan terbesar datang justru dari dalam hati kita sendiri.

Kesendirian, dan waktu luang menjadi musuh terbesar kedamaian hati. Itu sebabnya islam menganjurkan kita untuk melakukan banyak kegiatan positif, menghindari melamun dan bermuram durja karena waktu luang dan kesendirian adalah teman dari kegelisahan dan kehampaan. Itu yang sering saya alami, banyak waktu luang yang saya habiskan seorang diri. Saat itu biasanya berbagai macam pikiran dan perasaan datang berkecamuk di dalam hati. Berfikir begitu jauh, merasakan hal-hal yang sejatinya diabaikan. Mengkhawtirkan masa depan,...menyesali masa lalu, Membuat hati resah dan menghadirkan kegelisahan-kegelisahan yang tak beralasan.

Ketika kegelisahan datang, maka lakukan hal ini..

- Shalat, ambil wudhu dan kenakan mukena mu karena shalat adalah obat dari kegelisahan dan kesedihan. Jalan keluar dari kemelut, dan cahaya terang dalam gelap.
- Curhat, mengeluh dan mengeluarkan isi hati menjadi salah satu cara supaya hati kita lebih lega. Dan tempat curhat terbaik adalah mengadu pada Yang Maha Mendengar, Alloh. Berdoa, dan mengadulah pada Alloh... keluhkan semua yang kita rasakan. Menangislah jika terasa menyesakan.
- Sibukan diri, buat diri kita sibuk hingga tidak ada waktu luang dan kekosongan untuk merasa gelisah atau bermuram durja. Lakukan kegiatan-kegiatan positif, berinteraksi dengan teman dan sahabat yang baik, lakukan aktifitas yang kita sukai jangan biarkan kekosongan mematikan rasa syukurmu. Bergeraklah dan jauhi kekosongan.
- Menulis, buat saya pribadi menulis selalu menjadi theraphy jiwa yang ajaib. Ketika rasa sedih atau gelisah hadir... saya akan menulis, keluarkan segala yang kita rasakan, kalau perlu tuliskan dalam selembar kertas lalu setelah selesai buang. Jika pada media virtual, tuliskan dalam kolom entri baru lalu save dalam draft. Yang penting unek-unekmu sudah keluar, biasanya perasaan akan lebih ringan.
- Cari jalan keluar, jika keresahan karena suatu masalah maka carilah jalan keluar, menyimpan masalah dan beban perasaan hanya menciptakan penyakit di dalam hati. 
- Bersyukur keras, lihat sekeliling... betapa kita harus bersyukur, banyak hal yang Alloh berikan dan mungkin luput kita syukuri hingga tanpa kita sadari rasa gelisah dan kesedihan menyelinap ke dalam hati padahal begitu banyak nikmat yang sudah kita dapatkan. Syukuri hidup kita, jangan mencari kebahagiaan di tempat yang jauh tapi berbahagialah karena Alloh, jangan menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain, cukup padaNya.

Apa yang teman-teman lakukan saat rasa gelisah atau resah hadir ? perasaan-perasaan ini manusiawi, semua orang pasti pernah merasakannya. Tinggal bagaimana kita menyikapinya jangan sampai mengikis rasa syukur dan mematikan kebahagiaan kita.

PS :  #TalkMySelf #Reminder #RenunganDiri #ngomonginDiriSendiri #BerbagiAtulah

50 comments:

  1. Intinya banyak cara untuk menghilangkan kegelisahan yang menghampiri ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Timur, benar sekali :)

      Delete
    2. Halooo, Kak! Yuk, ikutan Lomba Blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure".
      Tiga blogger terbaik akan diajak menjelajah Kalimantan dan berkesempatan mendapatkan grand prize, Macbook Pro.
      Info selengkapnya: http://log.viva.co.id/terios7wonders2015

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
    3. Wahhhh hadiahnya machbook yaaa....ngileerrrr

      Delete
  2. Makasih tipsnya nya mba.
    aku juga suka gelisah sendiri kalo sendirian. Apalagi pas rasa ngilu2 menyerang. Biasanya aku coba alihkan juga.. biar ngga galau sendiri ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba... saat sakit dulu saat sendiri itu berat bangettt jd suka mikir yg aneh2. Tetap semangat ya mba :)

      Delete
  3. kalo aku tidur atw nonton Mak hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidur jd salah satu alternatif jg sih mak hihihi

      Delete
  4. Shalat dan berdzikir adalah obat yang paling muzarab apabila gelisah menghampiri.

    ReplyDelete
  5. kesendirian dan kegelisahan juga termasuk 'me time'ya maak tanpa ke mall atau ke salon, yang bisa disikapi dengan hal-hal yang sudah disebutkan diatas juga bisa dengan melakukan hobby seperti menyulam yang melepas stres, melukis, atau nyobain resep yang sudah lama dalam to do list.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak... diisi dgn hal2 yg mak sebutin jg bisa mengalihkan rasa gelisah ya :)

      Delete
  6. shalat yang selalu aku lakukan ketika kegelisahan melanda :) hanya kepada alloh lah aku meminta hehehe

    ReplyDelete
  7. kalau gelisah suka menyibukan diri sendiri mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat... biar teralihkan yaaa :)

      Delete
  8. aku mah beberes biasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing2 org pny cara sendiri ya mak :)

      Delete
  9. tambahan, selain sholat, dzikir, dan baca alquran.... tambah dengerin musik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuu.... yuk dengerin musik ^_^

      Delete
  10. bener bgt mak, klo udah sendiri, ngelamun, biasanya suka lgsg galau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn sampe sendirian berarti kita y mak hihihi

      Delete
  11. Aku juga suka gelisah kalau lagi sepi

    ReplyDelete
  12. Aku juga suka gelisah kalau pagi sepi trus swndirian pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dirimu mah plg nonton drakor mak :p

      Delete
  13. entah kenapa keenam poin yang mbak jelaskan.. semuanya saya sangat setuju.. :)

    ReplyDelete
  14. kalau lagi gelisah banget, saya suka berpengaruh dengan kesibukan, Mak. Malah jadi gak konsen. Jadi selain berdoa, saya lebih memilih nonton tv atau tidur hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pp mak... lbh melegakan ketimbang jd susah tdr.

      Delete
  15. Bersyukur itu kunci banget yaaaaa, btw baru minggu kmrn gw ke museum nasional dan foto2 macam diri mu di atas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa.... gak pake celana kebangsaan doang kan om ??? :))))

      Delete
  16. kalau saya lagi gelisah biasanya ngaji kalau nggak aku posting aja di blog heheheh :)

    ReplyDelete
  17. kalo lagi kegelisahan saya suka makan-makan with temen-temen

    ReplyDelete
  18. Bener banget, aku tuh kalau lagi gak sholat suka ada aja godaannya, apalagi kalau dilanjutkan bengong dan dengar lagu-lagu melow, duh pikiran kemana-mana. Jadi memang harus menyibukkan diri dengan hal yang positif dan sholat yang khusu. Thanks banget sudah mengingatkan, ibu cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbaa... udah mikirnya kemana2 ya. Sama2...trima kasih sudah jln2 kesini mba :)

      Delete
  19. Aku kalau resah jadi reseh, bbmin anak2 & suami. Pokoknya mereka harus mau chat sama aku. Gpp aku chatnya udah beratus-ratus kata, mrk cuma jawab sebaris kalimat. Kalau nggak direspon, tak telponin mereka wkwkwkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaaa.... trus resahnya pindah deh k mrk ya mak. Mrk resah krn di bbm in dan ditelponin trus :p

      Delete
  20. kalau lagi bengong dipake menyibukkan diri kalau saya, misalnya blogwalk sambil denger tausiyah di youtube.. asikkk *_*

    ReplyDelete
  21. menulis dan jalan2 menjadi obat yg secara fisik terlihat, dan memang ampuh buat saya mbakk..
    kalo menulis itu rasanya seperti curhat, plong banget di hati, kalo jalan2 bikin fresh pikiran.

    ReplyDelete
  22. jalan-jalan menghilangkan kegelisahan

    ReplyDelete
  23. Curahan perasaan hati yang diungkapkan dengan baik lewat tulisan adalah hasil proses gemar menulis yang dibangun sejak lama, misalnya lewat Diary, dll. Anda menulis dengan lugas dan punya warna, terima kasih telah menginspirasi saya.

    ReplyDelete
  24. samaaa mak...wudhu, tenangnkan diri, minta sama Sang Maha Pemberi...ampuuuh biasanya ya mak...

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)