20/07/2015

Mudik Melewati Tol Cipali

Tol Cipali yang lurus dan panjang

Mudik lebaran tahun ini, untuk pertama kalinya kami melintasi tol yang baru diresmikan sebulan lalu, tol Cipali ( Cikopo Palimanan ) . Dengan harapan perjalanan mudik kali ini tidak harus mengalami kemacetan hingga berjam-jam seperti tahun-tahun sebelumnya. Sepertinya di bangunnya jalur tol ini, salah satunya untuk mengurai kemacetan setiap mudik lebaran dimana volume kendaraan dari tahun ke tahun semakin bertambah. Tol yang terbentang sepanjang 116,75 km adalah tol terpanjang se Indonesia. Tol yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta, Palimanan, dan Cirebon adalah terusan dari tol Jakarta - Cikampek. Sekaligus jalan tol trans jawa yang akan menghubungkan hingga ke jawa timur. Wawww,...luar biasa panjang sekali ya tol Cipali ini.

Jalur mudik yang akan kami lalui melewati tol bekasi barat, cikampek dan keluar gerbang tol Ciperna di kota Cirebon, kota kelahiran saya. Menyimak berita-berita di televisi tentang Tol Cipali ini, agak deg-degan sih... tol dengan jalur lurus ini seringkali melenakan para pengemudi karena jalanan yang lurus dan lengang, membuat pengemudi keasyikan tancap gas trus. Dilalahnya mudik kemarin ternyata pas puncaknya arus mudik, jadi sakses menikmati kemacetan ketika jelang gerbang tol Palimanan. Merayap hingga puluhan kilo jelang keluar tol palimanan karena tumpukan kendaraan.

Credit


Karena tol Cipali adalah jalan tol yang masih baru, jadi sepertinya fasilitas jalanan masih belum sebaik tol jalur cikampek. Dimana penerangan di jalan dan area peristirahatan sudah lengkap. Makanya saya minta hubby, supaya perjalanan mudiknya pagi atau siang hari saja. Tapi jangan khawatir meski belum maksimal, tol Cipali ini sudah memiliki 8 tempat peristirahatan, 7 simpang susun dan 7 tempat pertukaran antara lain di Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Palimanan. Tarif tol Cipali ditetapkan Rp.823/km atau Rp96 ribu jarak terjauh (Cikopo-Palimanan) untuk kendaraan golongan I. Pantesan tarifnya lumayan mahal ya, soalnya jarak tempuhnya juga jauh sekali. Meski saat buka puasa terakhir kemarin saat melintasi tol Cipali, kita gak bisa menepi sekedar mencari restoran atau ke rest area. Rest area yang masih sekedarnya plus rame juga membuat kami males untuk menepi. Jadi batalin puasa di mobil sekedarnya, baru sampai kota kuningan cari tempat makan.

Yang harus diperhatikan dalam berkendaraan mungkin kemana pun jalurnya sudah pasti sama ya  kendaraan kita harus prima, cek mesin mobil, oli mobil sampai ban mobil dengan seksama. Kondisi tubuh kita juga harus fit. Karena jalur tol Cipali sangat panjang, menyimak tips yang saya dengar di tv adalah minimal 2 jam sekali berhenti untuk beristirahat, jangan terlena dengan jalanan yang lurus bebas hambatan. Batasi maksimal kecepatan hanya di 80-100 km/jam saja. Tetap waspada dan fokus berkendara, utamakan keselamatan dan berdoa sebelum melakukan perjalanan.

Gimana perjalanan mudik teman-teman ? semoga lancar semua ya... dan berdoa perjalanan arus balik nanti juga lancar dan selamat sampai ke rumah.

 
Mohon maaf lahir dan bathin ya sahabat blogger semua :)


* blogging dari kehangatan rumah Mama di kota kelahiran, Cirebon :)

Sumber : Wikipedia

17 comments:

  1. Selamat Idul Fitri Mba, Maaf Lahir Batin, Lancar jaya ya, tol nya hehehe

    ReplyDelete
  2. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan bathin.
    Langsung tancap gas ya Mbak lewat tol Cipali.

    ReplyDelete
  3. Pengen cobain toll ini tapi ntar aja deh stlh arus mudik selesai hehehee
    Selamat lebaran ya mba :)

    ReplyDelete
  4. Sealamat idul fitri.. mohon maaf lahir dan batin.. :)

    ReplyDelete
  5. Mohon maaf lahir dan batin juga mbak irma.. kalau mudik atau pergi liburan lebih enak melewati jalan tol jalannya lurus hihihi

    ReplyDelete
  6. wuih merayapnya sampai puluhan km?
    mohon maaf lahir batin juga ya mak :)

    ReplyDelete
  7. mak irmaaa....ttdj mudiknya. kyknya msih blom mcet btuh tolnya hihihi

    ReplyDelete
  8. Selamat idul fitri kak Irma.. mohon maaf lahir dan batin.. :)

    ReplyDelete
  9. Maaf lahir batin, neng Ir. Taqobalallahu minna waminkum, taqobbal ya Kariim ...

    ReplyDelete
  10. walaupun sudah kelewat, mau ngucapin juga .. selamat hari raya idul fitri, minal aidzin walfaidzin .. mohon maaf lahir dan batin :)

    ReplyDelete
  11. selamat lebaran makk,, mohon maaf lahir dan batin..
    saya mudiknya gak pake lewat tol makk, pake motor 2 jam sudah sampai kampung halaman hehe..
    saya sempat takjub dengan berita semalam kalo tol cipali macet sampe 10km, diliat pas malem cantik bgt lampu2nya heheh

    ReplyDelete
  12. pengen nyobain juga deh top panjang ini...maaf lahir batin mba irma

    ReplyDelete
  13. ya kemarin juga mudik lewat tol ini, macet banget

    ReplyDelete
  14. Aku dah ngrengek sama suami pengin nyoba cipali. Katanya iya ntar kapan2 kita rencanain kesana hahahaaa norak banget

    ReplyDelete
  15. Mbak mudik kemana sih Mbak?

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)