15/07/2015

Oleh-oleh Lebaran Dari Dapur Sendiri

 Rendang dan semur daging untuk oleh-oleh

Packing baju udah, service mobil udah, apa lagi ya untuk persiapan mudik ?
Yess, oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Nah bagian ini juga suka agak ribet sih, maunya bawa mentahnya aja gitu alias kartu ATM jadi praktis kan ya. Tapi apa daya, kebiasaan orang tua kayanya deh ya yang kata orang sunda kalo bisa ' ulah lengoh' katanya alias jangan cuma bawa tangan kosong. Bawalah buah tangan meski hanya kue kering atau buah-buah ^_^

Sebenarnya saya gak terlalu telaten urusan ginian, dulu sih cuex aja. Saya pikir lebih praktis bawa uang saku yang banyak trus tinggal di kampung kita berusaha nyenengin keluarga di sana xixixi. Tapi gak bisa cuex gitu ternyata kalau sudah beranak pinak ya :))). Khusus untuk oleh-oleh lebaran biasanya saya beliin baju lebaran untuk mama sama papa dan keponakan yang masih kecil-kecil. Nah untuk oleh-oleh makanannya setiap mudik lebaran saya bawa masakan rendang daging selain bawa kue-kue. Iya,... saya masak rendang sebelum mudik, biasanya untuk di rumah mertua 3 kg, begitu juga untuk di rumah mama saya 3 kg. Kebetulan mama gak pernah bikin rendang saat lebaran, itu ide awalnya kenapa saya masakin rendang untuk lebaran. #anakrajin #emakrajin #terpaksarajinmalusamakakakipar :)))
Lagipula berjibaku di dapur lebih leluasa di dapur sendiri deh ya ada si mpok yang bantuin cuci perabot dan beres-beres, bawanya udah mateng dan siap di makan aja. Meski di kampung halaman ya masuk-masuk dapur juga. So salah satu oleh-oleh saya mudik adalah masakan saya sendiri,  tahun ini rendang daging untuk di rumah ibu mertua dan semur daging untuk di rumah mama. Kata Mama, masakan buatan saya enakk....*pujian mama ke anaknya kadang suka berlebihan memang, maklumin aja ya namanya aja anak sendiri :))

Karena rendang adalah makanan yang bisa tahan lama, saya gak khawatir. Toh mudik lebaran kami biasanya cuma satu atau dua hari jelang Idul fitri. Bikin cukup banyak pun akan tahan lama. Tinggal saya kemas memakai wadah peralatan rumah tangga seperti wadah plastik dari Tuperware, aman deh gak akan tumpah-tumpah di mobil.

Jadi untuk oleh-oleh lebaran tahun ini selain baju lebaran, sama seperti tahun sebelumnya bawa rendang buatan sendiri. Beli kue kering juga sik beberapa toples :p, trus mama minta di bawain dodol betawi plus saya inisiatif bawain asinan bogor made in rawamangun jaktim yang enak dan seger ituh. 
Trus teman-teman bawa oleh-oleh apa untuk di kampung halaman ? 

8 comments:

  1. Oleh-oleh buatan sendiri alias produk dari dapur sendiri tentu lebih terasa nikmatnya ya, Mbak.
    Duuuh, rendangnyaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo, Kak! Mau ikut jelajah Kalimantan GRATIS & dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di http://bit.ly/terios7wonders2015

      Jangan sampain ketinggalan, ya!

      Delete
  2. mak Irma selain cantik pinter masak ih

    ReplyDelete
  3. wahh rendang, kemaren baru beli rendang banyak banget buat di rumah mertua mbakk,, hihi bedanya saya beli, mbak irma bikin. saya mah apa atuh bisa masak sayur sop aja seneng :))

    ReplyDelete
  4. engga bawa apa apa mba, ini juga di kampung halaman :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal
    Kunjungan dari http://arul.my.id

    ReplyDelete
  6. gaa bawa apa-apa mba, lagian kampung halamannya juga disini :D

    ReplyDelete
  7. Tepuk tangan untuk rendang :D :D

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)