04/07/2015

Tips Belanja Lebaran ala-ala Irma Senja

*Kebiasaan buruk, gak bisa liat kaca nganggur di mall* :D
Lebaran tinggal dua minggu lagi, apa yang sudah disiapkan oleh sahabat blogger untuk menyambut hari yang fitri ? yang jago bikin kue pasti udah mulai baking ya ? yang mau mudik pasti sudah menyiapkan tiket untuk berlebaran bersama keluarga dikampung halaman jauh-jauh hari dong. Untuk yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, mobilnya sudah di ceki-ceki kan ? atau di bawa ke bengkel untuk tune up supaya saat mudik nanti kendaraan sudah siap dan prima.

Dan Belanja adalah kegiatan yang pasti di lakukan oleh sahabat blogger nih jelang hari raya, ditahun-tahun yang lalu cieeeee.... heuheuu, saya pernah mengalami masa-masa suram alias belanja membabi buta tanpa perhitungan. Belanja secara spontan, bawa duit banyak plus bawa ATM lalu ke mall dan pulangnya bete plus gigit jari karena kadang kala jadi belanja yang sebenarnya gak kita butuhkan. Atau belanja melebihi budget, atau jadi korban diskon. Pernah juga pusing dan mual karena belanja saat berpuasa, akhirnya muntah dan batal. Duhhh sayang bangetkan ?? itu masa-masa saat belum dewasa sebagai emak tuh mak xixixii. Tapi itu yang membuat saya belajar, sekarang inshaallah sudah jauh lebih bijak*cmiiwww

Inih tips belanja hari raya yang saya terapkan ke diri sendiri, mungkin ada manfaatnya juga buat teman-teman. Atau ada temen-temen yang mau share juga tips belanja okenya ? yuk...sinih :
- Sebelumnya anggarkan dulu budget untuk belanja, lalu patuh pada budget yang sudah kita buat.
- Kalau bisa jangan belanja menunggu uang THR, misalnya pinjam dari tabungan kita dulu.
  Belanja menggunakan uang tabungan akan membuat kita lebih bijak dalam berbelanja. 
- Jangan belanja saat haus atau lapar sedang tinggi-tingginya, jadi kita bisa berbelanja
  sebelum ramadhan atau saat kita sedang berhalangan. Efek haus dan lapar itu ternyata
  membuat belanja semakin tidak terkendali.
- Sebelum berbelanja, cek lemari pakaian terlebih dahulu. Saya pribadi ternyata sering lupa kalau
  ada baju baru yang bahkan belum pernah di pakai. Nah, kita bisa mengurangi
  pengeluaran dengan memanfaatkan baju yang sudah ada.
- Buat List apa saja yang dibutuhkan untuk hari raya dengan detil, apa saja yang benar-benar
  kita butuhkan. Kadangkala kalo sampe mall, liat baju lucu-lucu kita suka kalapkan ? :)))
- Untuk saya pribadi, biasanya keperluan lebaran sudah saya cicil beli-beli sejak satu atau
  dua bulan sebelumnya. Seperti baju lebaran si mpok, baju orang tua atau anak-anak.
- Jangan berbelanja karena spontanitas, tapi buat perencanaan dan anggaran, ini akan membantu
  kita terhindar dari belanja secara membabi-buta.
- Mix and Match untuk berpakaian, misalnya masih ada kaos yang bagus di lemari untuk
  berlebaran kita tinggal beli bawahan yang sesuai tanpa harus membeli atasan lagi.
- Anak-anak jaman sekarang apalagi yang sudah besar seperti anak-anak saya, gak harus
  seperti mereka kecil deh ya yang beli baju lebaran 3 sampai 5 pasang hahaha... minimal kita
  belikan baju untuk berhari raya atau shalat Ied.
- Saya pribadi yang gak jago banget nawar, lebih memilih belanja di mall yang harganya sudah
  harga pas. Tinggal cari barang yang sesuai budget kita, untuk yang jago nawar dan belanja
  banyak lebih asyik belanja di tempat grosir seperti pasar Tanah abang atau Tamcyt.
  Hari gini asyik juga belanja via online, hemat waktu dan tenaga ;)
- Jangan mentang-mentang THR itu bonus lalu tanpa perencanaan kita habiskan, sisihkan juga
  untuk bersedekah, membayar zakat, berbagi dengan kerabat/ponakan. Sisihkan juga
  untuk menabung dan hari esok yaaa...

Itu saja tips belanja lebaran ala-ala saya...Happy Shoping yaaaa,.... :)

36 comments:

  1. Iya y mbak, harus direncanakan naik2, biar nggak kalaf, ujung2nya malah duit pribadi jg yg kena pakek..
    Tengkiu tipsnya mbak

    ReplyDelete
  2. Tipsnya nggak jauh beda sama aku mbak tapi bedanya mbak ada belanja tambahan untuk anak sedangkan aku belanja untuk sendiri saja hihihi. Iya betul sebelum belanja ada baiknya anggaran perlu di batasi dan perlu juga menulis apa saja yang di perlukan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh gitu ya... pd dasarnya ya begitu ya, perlunya di anggarkan dan dibuat skala prioritas 😊

      Delete
  3. akan lebih enak kalau belanja baju lebaran sebelum ramadhan tiba kayaknya ya mak... gak bejubel di toko :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu... emng gak enak kalo bljr ydh mulai deket2 lebaran. Riweeuuhhhh

      Delete
  4. setuju mba... skr mungkin krn udh nikah, udh nyari duit sendri, jd semua pengeluaran sepertinya dipikiriiin bgt2 :D.. Dulu mah boro2 ya... aku sndiri udh mulai nyicil 1-1..tp supaya ga kalap, aku bnyk beli brg2nya lwt olshop yg udh jd langganan.. jd blanja lbh terkontrol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh tips belanja via online shop jg okey jd terhindar dr lapar mata 😊

      Delete
  5. Efek haus dan lapar itu ternyata membuat belanja semakin tidak terkendali.

    hahhahhaaaaa... LOL..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyusss deh itu berdasarkan penelitian loh :F

      Delete
    2. yaaa biar belanjanya terkendali dan budgetnya tidak minus mungkin butuh aqua hehehehe

      Delete
  6. Tips nya oke juga mba, bisa diterapkan pada diri saya yang suka gaa karuan kalau lagi belanja :)

    ReplyDelete
  7. pasti tak terkendali nafsu belanja saat lebaran heheh

    ReplyDelete
  8. setuju mak tips2nya...aku juga jauh2 hari udah belanja duluan...sebulan sebelumnya...karena pernah pengalaman antre panjang...mn lagi puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangett... males bgt kan yaa kalo hrs antriiiii gituh

      Delete
  9. Aku juga gak bisa nawar makanya belanja di mall, dan paling suka kalau discount.. Hihihii. OOTD nya keceh mba :)

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh sama kita mba ^_^
      Trima kasihhh cantik...

      Delete
  10. akan aku coba tipsnya mba irma ahh biar engga kebablasan saat belanja :D

    ReplyDelete
  11. Hihi bener banget mak kalo belanjanya pake uang tabungan pasti lebih bijak makeknya :D
    Kalo kue-kue selagi masih bisa bikin sendiri bikin aja lagi, rasanya lebih pas sesuai selera. malahan kalo bisa dijual ya dijual aja hahaha *otak dagang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh jualan kue bikinan s3ndiri bisa nambah pundi2 hari lebaran...ide kreatif ituh ^_^

      Delete
  12. Dulu suka kalap beli kue dan makanan akhirnya mubazir ngga ke makan soalnya selama lebaran kita mudik kerumah ortu suami trus kerumah kita ngider lg ke auntie2 n om2 ku karena kami termasuk orang yg muda, tamu rata2 kerumah mama yg deket rumah, mending beliin mama kue deh atau buat zakat n thr asisten2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... aku gitu jg mba,,aku mudik..tp tetep beli2 ya buat oleh2 mudik di rmh ortu dan mertua :)

      Delete
  13. Inti belanja itu harus sesuai kebutuhan ya Mbak, bukan sesuai keinginan yang bisa saja hanya sesaat saja.

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Wahhh lbh asyik kalo g usah belanja.... thr utuh :))

      Delete
  15. Mari kita syopinggggg tehhhhh :D

    ReplyDelete
  16. Wah... tipsnya berguna banget nih. Aku sering gak patuh sama budget. HUhuhuhu...

    ReplyDelete
  17. kalau belanja jangan dekat-dekat lebaran, soalnya pasti rame dan jadi gak nyaman belanjanya :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)