29/07/2015

Tips supaya si Mpok betah


 Ngomong-ngomong si Mpok sering juga ya mejeng di blogku Mpok :)))

Membaca status-status teman di sosial media dan bbm, ikut prihatin karena sehabis lebaran ini banyak yang jadi korban PHP. Bukan korban di php in gebetan, suami, atau pacar yaa... ternyata mereka di PHP in para asisten rumah tangga xixixi. Yang janji bakal balik lagi sehabis lebaran dan mudik, ehh janji manis doang karena mereka gak balik lagi. Pake nyisain baju di rumah majikan pula supaya kesannya akan balik lagi, padahal itu baju-baju yang memang udah gak di pake ckckckk.

Beneran prihatin deh, apalagi untuk teman-teman yang seorang ibu sekaligus wanita pekerja/karier di php-in gini pasti bikin kepala pusing dan galau abis. Pengalaman adik saya yang juga wanita karier dan bergantung banget sama ART  juga bikin saya ngelus dada. Udahlah ART nya lebih galak dari nyonyanya, sok jual mahal juga biar di naikin gaji trus.

Allhamdulillah nih meski di rumah ada ART, saya gak kebagian di php in seperti teman dan adik saya. Sehabis lebaran, saat saya balik ke kota si Mpok yang menjadi asisten rumah tangga di rumah malah udah dateng duluan untuk bersih-bersih supaya saat saya pulang dari mudik rumah rapih dan bersih. Habis lebaran tahun ini, si Mpok genap 11 tahun bekerja di rumah. Allhamdulillah ya Mpok, sesuatu *siapin bonus buat Mpok*

Kalau denger cerita dari teman dan pengalaman beberapa tetangga yang bolak-balik ganti ART saya sangat bersyukur. Sebelum si Mpok kerja di rumah, jaman-jaman punya baby, allhamdulillah pernah ada seorang mba yang bekerja di rumah plus mba yang cuci gosok dan mereka berhenti bekerja karena menikah setelah 3 tahun bekerja. Lalu si Mpok mulai bekerja dan awet sampe sekarang.

Ada seorang teman yang tanya, kok bisa Mba si Mpoknya awet banget kerja di rumah sampe 11 tahun ? rahasianya apa ? duh...kalao di tanya gitu malah suka bingung juga, si Mpok nya aja betahan orangnya dan tahan banting kayanya xixiixi.

Tapi boleh kali ya sharing pengalaman atau tips supaya si Mpok betah  :) 

1. Anggap partner atau keluarga dan beri kepercayaan untuk melakukan semua tugas-tugasnya
Berikan kenyamanan, bukan hanya fasilitas atau gaji tapi juga kebutuhan pribadi.
2. Sebagai nyonya rumah banyakin maklum, jangan gampang ngomel atau marah, ajak asisten rumah tangga kita untuk mengkomunikasikan segala sesuatunya dengan baik. Jika ada hal-hal yang kurang berkenan sampaikan dengan baik dan sopan, gak usah pakai ngomel atau marah-marah.
3. Perhatikan hal-hal kecil dari ART, misalnya segera bawa ke dokter jika sakit, penuhi keperluannya, perhatian juga sama keluarganya. Misalnya dia curhat anaknya butuh sepatu, ya belikan jika kita punya rejeki lebih. Kalau kita habis bepergian, jangan lupa bawain juga buah tangan untuk ART, saya terbiasa mendahulukan si Mpok di banding tetangga atau teman.
4. Jangan itung-itungan otomatis dia juga gak akan itung-itungan dengan pekerjaannya.
5. Sesekali ajakin ngobrol untuk mengetahui kondisi dan perasaannya. Barangkali dia butuh sesuatu tapi sungkan untuk bicara langsung. Biarkan ART kita untuk tetap bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
6. Sering-sering kasih bonus atau reward saat kita jg dapet bonus atau sedang happy dan dapet rejeki lebih, berbagi kebahagiaan dengan dia misalnya belikan tas wanita, sepatu atau camilan ringan.

Saya bukan termasuk orang yang gampang ngomel atau komplain, seringkali pekerjaan ART tidak sesuai dengan yang saya harapkan tapi rasanya sungkan juga kalau harus ngomel panjang pendek, biasanya saya lebih memilih memberinya contoh dan selanjutnya dia akan melakukan apa yang saya lakukan. Atau mungkin saya salah satu nyonya rumah yang cuex, asal semua pekerjaan beres maka selesai sudah :)

Teman-teman ada yang punya pengalaman atau tips bersama ART  ? yuk share disini... :)

37 comments:

  1. bener banget mbak. karena ART kan salah satu orang kepercayaan kita di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
    2. setuju banget mba Syahdian :)

      Delete
  2. Lama juga ya, mak. Kebutuhan orang memang untuk diajak curhat dan didengar keluhannya. Kadang justru ini yang bikin jadi kayak keluarga sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah mak, 11 tahun sudah nih... :)

      Delete
  3. iya, lebih kurang tipsnya samaan kayaknya mbak...

    aku artnya sekarang yang pulper aja dari subuh sampai kita plg kerja..alhamdulillah awet walau belum 11 tahun, kemarin capek di phpin ART terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixiii,... iya mba, insyaallah sih gimana kitanya ya mba :)

      Delete
  4. pembantuku malah ikut sejak aku masih orok dan sekarang tua juga masih setia mengabdi, udah kayak sodara aja Dhe Min ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhmalah enak kalu gitu ya mba :)

      Delete
  5. ternyata mba irma ini perhatian juga yaa sama ART nya :) enak banget jadi si mpoknya :) yaa gitulah, biasanya kalau kita berbuat baik, pasti bakalan di bales dengan baik pula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. xxixii,...soalnya kupikir aku juga butuh banget dia mba...dan sangat berterima kasih sama bantuannya selama ini ^_^

      Delete
  6. Sama banget sama Si Mbah (ART ku), yang punya rumah masih mudik, dia udah dateng duluan bersih bersih sampe gantiin semua sprei dan gorden. Jadi pulang mudik, akuh langsung bobo cantyik xD

    Sering mejeng di blog ku juga Ahahahaha toss xD

    ReplyDelete
  7. 11 tahun... waah... semoga awet terus ya :)

    ReplyDelete
  8. Mbak Irmanya kan baik, jadi betah, dan sudah anggap keluarga si Mpoknya... hehehe :)

    ReplyDelete
  9. paling seneng kepoin blog mb irma. selalu seger tapi baru kali ini bisa ninggalin jejak krn baru balik ke blogger. hehee lam kenal y mb.maaf blom bs hdir trus pas KEb meeting.

    ReplyDelete
  10. Semenjak menikah belum pernah pakai jasa ART, entah pas nanti punya baby si >.<

    ReplyDelete
  11. Semua pekerjaan masih bisa saya handle bareng mamah saya mba, lagian kalau mau ngadain tenanga kerja ART belum punya ongkos yang gede hihihi

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat yang pernah bantuin mama dirumah, dikuliahin sama mama dan bapak, sampai sudah nikah dia pulang kampung, sampai sekarang masih sering dikirimi hadiah dari mama untuk anak-anaknya.

    ReplyDelete
  13. semoga si mpok betah terus ya

    ReplyDelete
  14. setia banget si mpok udah 11 tahun di sana

    ReplyDelete
  15. wahh keren mba mpoknya bisa betah lama kayak gitu, Thanks mba tipsnya

    ReplyDelete
  16. Wha Mpoknya setia banget :))
    Aku udah 4 tahun tanpa ART :D
    Nggak diPHPin juga hahaha.

    ReplyDelete
  17. wah boleh nih di praktekin cara biar si mpok betah hehe

    ReplyDelete
  18. belum pernah pake ART, mbak. semua diurus sendiri hihi
    btw, mpoknya setia banget ya mbak bisa sampe 11 taun, nyonya rumah pasti baik hati :)

    ReplyDelete
  19. Nggak punya simbok, nggak punya mbak2 *brangkat umbah2

    ReplyDelete
  20. betah banget deh kalau majikannya kaya mba irma :)

    ReplyDelete
  21. Aku belom pernah punya ART. Alhamdulillah masih bisa ditangani sendiri. Kalo pun lagi repot, ada ART tetangga yang bisa di-outsource (halah). Dan kayaknya, gak bakal ada ART yang betah sama aku mah. Aku baweeeeel dan gak percayaan sama kerjaan orang. Pasti aja ada kurangnya. Tapi ini yang bikin repot. Jadinya capek sendiri :D

    ReplyDelete
  22. Iiih...nona irma baik banget, ya. Perhatian ama Mpok. ;)

    ReplyDelete
  23. siph dah memang harta yg kita punya itu harusnya dibagi juga krana ada hak orang lain disana

    sukses slalu deh buat mba irma :)

    ReplyDelete
  24. semoga mpok tambah betah dan menjadi bagian dari keluarga mb y

    ReplyDelete
  25. saya nyimak aja. Udah lama banget gak pake asisten rumah tangga :D

    ReplyDelete
  26. temen ku di kantor tiap 6 bulan pasti ganti ART dan ini bikin dia murka lelah kata nya

    ReplyDelete
  27. wah mpok udh lama juga ya.. biasanya kl makin lama makin betah. hihi... jd pgn tau mak dirumah seperti apa pembawaannya

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)