11/08/2015

Khitan di Usia 3 Bulan

 Credit

Khitan atau sunat adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari alat kelamin pria. Sunat telah dilakukan sejak zaman prasejarah. Alasan tindakan ini masih belum jelas pada masa itu tetapi teori-teori memperkirakan bahwa tindakan ini merupakan bagian dari ritual pengorbanan atau persembahan, tanda penyerahan pada Yang Maha Kuasa, langkah menuju kedewasaan, atau upaya untuk mengubah estetika atau seksualitas. Sunat pada laki-laki diwajibkan pada agama Islam. ( Sumber : Wikipedia )

Kebiasaan orang-orang di Indonesia khususnya orang jawa atau sunda, mereka akan menyunat anaknya saat usia anak-anak sekitar 5-10 tahun. Bahkan ada sebagian yang mengatakan jangan di sunat saat masih kecil karena nanti pertumbuhan tinggi tubuh dan lain-lainnya tidak maksimal. Halahhh,...sekarang sih saya bisa bilang itu hanya mitos belaka. Jaman sekarang sepertinya sudah banyak bayi laki-laki yang baru lahir langsung di sunat. Dengan alasan kepraktisan dan tentu saja kesehatan.

Khitan menjadi saat yang istimewa, biasanya sebagai bentuk rasa syukur mereka mengadakan kenduri atau pesta khitanan. Mengundang kerabat, sodara dan teman-teman. Saya jadi ingat saat putra lelaki saya lahir, Papa saya gembira luar biasa sampai beliau bilang “ Wahhh, khitannya nanti harus pesta besar nih, nanti saat dia di SD kita khitan dan buat syukuran... jagoan eyang nih “ saat itu saya tertawa, itu adalah luapan kegembiraan seorang kakek karena anaknya ketiganya perempuan jadi nggak mengalami masa mengkhitankan anak. Xixixii... Papa, Papa... Akhhh jangankan Papa, ayahnya Sean pun bersuka cita ketika Sean lahir. Ketika Kaka Taz lahir, dia bergembira karena buah hati pertamanya lahir ke dunia dan ketika Sean lahir dia bersuka cita karena mendapatkan anak lelaki. Bahkan sebelum Sean lahir, mobil-mobilan dan segala bentuk mainan anak sudah dia belikan :)))

Tapi sayangnya keinginan Eyangnya untuk membuat kenduri besar untuk cucu lelaki pertamanya tidak bisa di wujudkan, karena dilalahnya putra lelaki saya harus di sunat sejak usianya baru memasuki usia 3 bulan karena mengalami phimosis. Apa sih Phimosis itu ??  Phimosis adalah suatu keadaan dimana ujung prefusium (kulit luar penis) mengalami penyempitan sehingga tidak dapat ditarik ke arah bawah melewati glans (kepala penis) yang biasanya dapat mengkibatkan obstruksi air seni. Bila hal ini dibiarkan terus tanpa ada penanganan lebih lanjut akan mengakibatkan peradangan pada penis, ditambah yang mengalami phimosis ini akan menderita, karena akan nyeri bila sedang BAK. Biasanya yang mengalami phimosis adalah anak-anak kecil atau bayi yang baru lahir , biasanya seiring waktu menjadi dewasa prefusium yang menyempit dengan sendirinya akan melonggar, tapi pada beberapa kasus phimosis masih tetap berlangsung sampai dewasa.

Atas pertimbangan dokter mengingat jika buang air kecil baby sean tampak mengedan dan kesakitan, diputuskan untuk di sunat. Dan mengingat di usia 3 bulan Sean sudah sangat aktif, maka nggak bisa dilakukan sunat seperti umumnya, harus di bius total dan otomatis harus di ruangan operasi RS. Tega gak tega, Sean di sunat di usianya yang baru menginjak 3 bulan. Allhamdulillah semuanya lancar, buang air kecilnya lancar sejak di sunat. Dan gak perlu bikin pesta besar hahaha... :D

Trus sejak minggu kemarin ngajakin Sean bolak-balik ke RS dan klinik bertemu dokter urologi dan dokter bedah mau ngapain lagi nenk ?? yayaya,.... tunggu cerita saya nanti ya *_* 

21 comments:

  1. aaa, 3 bulan mak? tapi sepupu saya malah baru lahir langsung disunat...perkara ini memang bikin ibu2 was2 ya..alhamdulillah anak saya jg udah disunat saat usianya 7 thn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya lbh baik baru lahir krn baby masih anteung dan g terlalu sakit mak...3 bulan udah susah perawatannya krn udh g mau diem *_*

      Delete
  2. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

    Jangan sampai ketinggalan, ya!

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hahahaaa....begitulah nanti aj deh kalo menikahkan yan:p

      Delete
  4. duh kenapa Sean mudah2an gpp ya.

    ReplyDelete
  5. klo dikitan pas masih bocil, biar ga nangis caranya gimana kak? hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhhh pasti ada nangisnya mak palingan di tetein :)

      Delete
  6. Wihhh, 3 bulan. Cepat banget ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa....mau 3 bulan saat itu usianya

      Delete
  7. makk...samaan. anak keduaku, kk rasyad dikhitan usia 6 bln krn phimosis jg. duh rewelnya minta ampun kalo bayi dikhitan. sampe dua hari nangis terus2an. aku pun gendong sepanjang malam sampe ketiduran di kursi hik hik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hikss...hiksss ...aku alami jg mak *_*

      Delete
  8. Kayaknya gak tega kalo sunat masih bayi. Walaupun abis itu urusan selesai, ya.. Peerku tinggal moses aja nih yg belum sunat. Pdhl abangnya dulu umur 5 th :)

    ReplyDelete
  9. di sini banyak yang khitan sejak bayi mak..dan mereka baik-baik saja :). Kalau Bo khitan usia 7 tahun :)

    ReplyDelete
  10. menurut riwayat hasan dan husein dikhitan baru lahir mbak
    itu sunnah dalam islam
    ane dulu disunnat pas kelas 2, kejadiannya juga sama dengan sean
    setalah dikhitan rasanya sangat lega dan Al hamdulillah
    salam buat sean mbak

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)