16/09/2015

Memperpanjang SIM di Mobil Pelayanan SIM Keliling


 Harus ya ? selfie sama SIM baru :)))
 
Entah gimana awalnya dua minggu lalu tiba-tiba aja pengen ngecek SIM dan KTP, taraaaa beneran deh... SIM sudah habis sejak tanggal 8 agustus lalu, telat sebulan donk dari jatuh tempo yak. Baiklah karena hubby udah ngomel juga nyuruh diperpanjang karena aktifitas saya memang setiap hari harus nyetir, jadi kalau sampai SIM mati waduh gak asyik kayanya ya. Bisa deg-degan trus nanti kalau liat pak polisi di jalan raya, sudahlah terakhir saya ditilang sampe tiga kali dalam waktu berdekatan karena salah jalan, masuk 3 in 1 dan salah jalan lagi hahahaha. Untungnya saat di tilang itu baik SIM mau pun STNK aman, gimana kalau kondisi SIM juga mati. Bisa repot urusannya ;) so,...temen-temen biasain deh tuh tertib surat-surat juga, jangan males ngurusinnya. Ini salah satu bentuk disiplin dan kepatuhan kita pada aturan yang berlaku sebagai warga negara Indonesia :) setuju yaaa.... *ngunyah permen
 
Nah, alhamdulillahnya sekarang ini untuk memperpanjang SIM gak harus ke kantor samsat karena samsat juga mengadakan pengurusan perpanjangan SIM dalam mobil keliling ke berbagai tempat yang dipilih. Karena saya tinggal di bekasi kebetulan setiap hari rabu ada mobil perpanjangan SIM di parkiran carefour Harapan Indah. Lebih asyik sih menurut saya, gak kudu ke kantor samsat  meski sekarang sudah jauh lebih rapih tetep aja banyak calo berkeliaran di sana. Malesin yaa... di parkiran supermarket gini kan lebih nyaman. Kalau laper tinggal ke food court, kalau bete tinggal puter-puter swalayannya asal jangan keasyikan trus nama kamu keburu dipanggil aja

Mobil Pelayanan SIM yang keliling ke tempat-tempat yang dipilih
 
Okey jadi sebenarnya hari rabu minggu lalu saya juga sudah berniat mau memperpanjang SIM ke mobil pelayanan keliling ini, dari informasi yang saya dapet mobil pelayanan datang jam 10 pagi. Jadi jam 11 lewat sedikit saya sampai di tempat. Trus ternyata antrian sudah membludak, begitu daftar sudah gak bisa karena formulir sudah habis, wassalam. Balik badan pulang lagi *_*

 Antrian semakin siang semakin panjang
 
Petugas Samsat yang sedang bertugas ;) 
 
Belajar dari pengalaman minggu lalu, hari ini jam 8 pagi saya sudah sampai carefour HI, bukan saya yang paling pagi ternyata...antrian sudah panjang juga. Saya langsung di kasih tahu sama bapak-bapak (gak tau sapah ) untuk mengumpulkan foto copy KTP yang sudah menumpuk di meja, lalu nunggu sekitar satu jam kemudian jam 9 pagi ada petugas yang dateng kita dipanggil menurut absen pengumpulan KTP tadi sekaligus menyerahkan SIM asli. Lalu menunggu lagi sampai mobil pelayanan datang. Tepat jam 10 mobil pelayanan datang, setelah persiapan dan lain-lain kita mulai di panggil satu-satu untuk membayar asuransi sebesar 30.000 plus diberikan formulir untuk kita isi. Setelah formulir selesai kita isi ( gak perlu semua form kita isi juga, panjang dan ribet cukup data diri lengkap aja ) lalu serahkan ke petugas yang ada di dalam mobil untuk antri di foto. Setelah formulir di serahkan gak terlalu lama kok nunggunya, hanya sekitar 30 menit lalu di foto dan 5 menit kemudian SIM baru saya selesai. Horayyy...

 
Formulir yang harus di isi dan kartu asuransi yang dikasih 
 
Prosesnya sebenarnya gak terlalu lama, tapi yang lama dateng paginya itu supaya kita dapet nomer  antrian yang gak terlalu jauh yang makan waktu.

Catatan untuk memperpanjang SIM di mobil pelayanan keliling : 

- Untuk memperpanjang SIM, bawa foto kopi KTP dua lembar dan SIM satu lembar ( jangan lupa bawa juga SIM asli nya yaa ). Kumaha perpanjang SIM, gak di bawa SIMnya ckckck.
- Bawa Pulpen untuk mengisi formulir , supaya gak rempong minjem ke orang lain.
- Datang pagi-pagi supaya dapet no antrian kecil, terlalu siang pun formulir bisa kehabisan
- Bawa minum atau beli minum, haus deh nunggu lama gituh, gadget dan power bank juga :)))
- Biaya : Bayar asuransi 30.000 biaya perpanjangan SIM nya 105.000 jadi total 135.000 saja 
- Usahakan memperpanjang SIM tidak terlambat lebih dari 3 bulan, di atas itu nanti diminta bikin baru. Susaahh karena pake test-test lagi dan mahaalllll.
-  Kalo kerajinan belum habis mau diperpanjang pun, hanya kurang dari dua minggu dari jatuh tempo baru bisa diperpanjang. Kurang dari itu contoh dua atau tiga bulan mau diperpanjang kerajinan amattt...gak bakalan diterima juga maks :))
- Oh iya mobil pelayanan ini gak sampai sore loh, maksimal jam 3 sudah tutup jadi kalau mau ngurus perpanjangan SIM keliling prepare pagi-pagi aja 

 Foto di SIM biasanya aneh kan ya, yg ini juga...noh berkumis :)))

Legaaaa SIM udah di perpanjang, beraktifitas mengemudi kemana pun tenang... nah, teman-teman SIM nya atau STNK nya piyeee ? udah waktunya diperpanjang belum ?

17 comments:

  1. wuihh.. menarik pengalamanya..
    thank yaa.. :)

    ReplyDelete
  2. oh kirain kartu sim nya yg diperpanjang..

    ReplyDelete
  3. kalau aku ntar bulan oktober mba habisnya :)

    ReplyDelete
  4. Nggak punya SIM, nggak punya STNK, nggak bisa nyetir hehehehe

    ReplyDelete
  5. Beuh tehhh.. Msh mending ingetnya blm telat bgt.. Nah aku dong yahhh telatnya udah 4 bulan! Baru 2 mggu lalu aku sadar klo sim ku mati. Akhirnya lsg perpanjang deh huhuhu

    ReplyDelete
  6. mobil keliling gini memudahkan banget ya mbak? tapi mesti antri dari pagi yee

    ReplyDelete
  7. aih fotonya mpuss cantik :) lebih enak di SIM keliling ya mak lebih cepet kalau menurut aku

    ReplyDelete
  8. keren banget deh, daripada telat perpanjang ya, hehehe

    ReplyDelete
  9. serasa ada yang kurang ya mba kalau ga selfie bareng SIM baru :)

    ReplyDelete
  10. kucingnya miongggg...
    aku masih sampe 2016 xD

    ReplyDelete
  11. Blm pernah nyoba kyknya paktis jg :)

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah punya SIM :D

    ReplyDelete
  13. terima kasih infonya
    bisa cek tkp sim keliling nih
    artikel bermanfaat

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)