27/09/2015

Menu Yang Hanya Ada Pada Hari Raya



Lebaran Idul Adha kemarin pada masak apa maks ? pasti beraroma kambing atau sapi yak :))) *jangan lupa buah dan sayurannya yaaaa....
 
Seperti hari raya umumnya, emak-emak seperti saya pasti masak donk ya untuk keluarga di rumah. Menu hari raya di rumah saya sama seperti keluarga lainnya, opor ayam, rendang, ayam goreng, sambal goreng kentang dan ati, dan lain-lain. Kalau opor ayam sebenarnya baru dua hari lalu juga saya masak di rumah, jadi gak melulu harus nunggu lebaran sih kalau masak opor ayam atau rendang apalagi goreng ayam. Tapi menu yang 'hanya' di masak saat hari raya, trus segan dan jarang banget di masak sehari-hari buat saya sih sambal goreng kentang pake ati. Itu kayanya cuma sah di masak saat lebaran deh, dan hampir gak pernah di masak pada hari-hari biasa. Paling-paling kalau dapet nasi kotak saat ada tetangga yang syukuran, biasanya ada seuprit sambal goreng kentang itu pun jarang yang pake ati xixixixi.

Alesyannya apah sambel goreng kentang ati gak di masak di hari-hari biasa? hemmmm, kalau saya sih males ngupas kentangnya bikin jari-jari tangan pada item hahaha. Step by step nya masak menu ini rada ribet. Pertama ngupas kentangnya yang lumayan makan waktu, setelah di kupas lalu di iris pakai pisau trus di goreng. Setelah itu meracik bumbu, ngulek atau ngeblender baru di tumis dan di masak. Belum lagi merebus ati, di potong dan di goreng sebentar. Duhhh, bisa gak keburu ini jemput kaka dan sean, gak sempet ngeblog dan bobo siang, saya bisa nguprek di dapur terus nanti. #Hohoho #Alesaaann #Padahalmales #Padahalnyariyangpraktis

Berhubung lebaran, dan pesanan hubby juga anak-anak minta di masakin sambal goreng kentang pake ati dan gak sah kalau lebaran gak ada menu ini. Jadi kemarin idul adha saya masak sambal goreng kentang pake ati, ati sapi yaaa bukan ati kamuh #Lol

Menu makanan apa di rumahmu yang hanya ada di hari raya atau momen-momen tertentu mak ? meskipun apa pun menunya yang terpenting di nikmati bersama seluruh keluarga, pasti jadi istimewa ya temans, nih Sambal goreng kentang ati ala dapur saya :))

Bahan-bahan ( sesuai feeling saya :p ) :

- Kentang 2 kg
- Ati sapi 700 gram ( beli udah di kemasnya segitu di carefour )
- Cabe merah 1/4 kg
- Bawang merah 7 siung
- Bawang putih 2 siung
- Kemiri 5 buah
- Ketumbar
- Lengkuas 2 ruas jari di geprek
-  jahe satu ruas
- Batang serai dan daun salam
- Garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu halus : 
- Blender cabe, bawang merah putih, kemiri jahe hingga halus.

* Potong kentang lalu goreng tiriskan
* Rebus ati sapi, potong-potong dadu dan goreng sebentarrr aja.
* Kalau mau iris tipis cape merah lalu tumis sebentar

Cara pembuatan : 
- Tumis bumbu halus hingga harum, masukan garam, gula pasir sesuai selera. Masukan lengkuas, salam dan sereh. Tumis bumbu beri sedikit air lalu biarkan hingga harum dan matang.
-  Setelah bumbu wangi, masukan kentang yang sudah di goreng dan ati sapi. Aduk hingga bumbu menyatu dan meresap, lalu angkat dan sajikan ;)

Makan di temani nasi hangat bersama orang terkasih, allhamdulillah... nikmat ya ^_^ 

7 comments:

  1. aduuuuh ngiler siang2 ngeliat beginian.....aku gk suka ati ayam, biasanya diganti daging sapi hihihihi rada maksa sih, drpd kebuang ati ayamnya :D

    ReplyDelete
  2. sesuai feeling aku banget itu, gak punya takaran hehehe

    ReplyDelete
  3. waw...kemarin cuma ngopor ayam ajah...

    ReplyDelete
  4. udah lama juga gak makan makanan yang kayak gitu :)

    ReplyDelete
  5. Masak di hari raya itu masih cita2, secara suami bungsu, jadi udah kenyang duluan dirumah kakak2. Kalau nggak makan dirumah kakak2, ditelponin disuruh datang.

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)