02/10/2015

Hari Batik Nasional


Pagi ini sudah di bikin sibuk sama kaka Tazkia, tadi malam ujug-ujug dia bilang hari ini harus pakai batik ke sekolah. Seragam batik sekolah ada tapi kalau bisa pakai batik bebas karena memperingati hari batik nasional yang tepat jatuh pada hari ini. Bongka lemari donk, dan... gak ada yang muat, karena kaka memang sudah lama sekali gak beli baju batik, ibunya juga sama. Pinjam ke Uwanya juga gak ada yang pas, akhirnya terpaksa pakai seragam batik sekolah. Puk..puk..puk... nanti kita beli batik ya nak :)

Trus jadi mikir, BATIK itu sampai di peringati sebagai hari nasional karena memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Pada tanggal 2 Oktober 2009 PBB yaitu UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Nah pada tanggal 2 oktober ini seluruh lapisan masyarakat, pemerintahan, BUMN, sekolah-sekolah disarankan untuk mengenakan Batik. Harus bangga loh ya sama warisan budaya bangsa batik, trus syediihh baju batik cuma tiga biji doang di lemari Ckckck... trus whatsaapp mama minta di beliin batik Cirebon deh buat kaka dan emaknya :D, asli orang cirebon masa gak punya koleksi batik Cirebon. #dihhhmintadibeliinpulak

Saya memakai batik Sasirangan khas Kalimantan Selatan
 
Kenapa minta di beliin batiknya jauh-jauh ke Mama di Cirebon ? #BiarGratis :p, bukaaannn... karena Batik juga menjadi ikon salah satu wisata belanja di kota kelahiran saya Cirebon. Kampung Batik Trusmi, meski asli wong cherbon saya bahkan baru dua kali kesana sih heuheuu .#diagendakanmudikharuskeTrusmi #TrusNulisDiBlog.

Credit 

Sejarah membatik di desa Trusmi ternyata berawal dari salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati yang mengajarkan membatik sambil menyebarkan agama islam.  Hingga saat ini, di sepanjang jalan desa Trusmi berjejer berbagai showroom batik. Sekitar 4 kilometer sebelah barat kota Cirebon. Pesatnya pertumbuhan bisnis batik di Cirebon khususnya di Trusmi ternyata karena tingginya minat masyarakat cirebon bahkan luar daerah hingga manca negara pada batik Cirebon. Gak cuma maraknya showroom batik tapi juga ke hingga ke online shop loh. Jadi kangen mudik ke kota kelahiran #AyoBorongBatik

Batik Mega Mendung, motif batik khas Cirebon   ~ Image Credit 

Batik Cirebon menjadi salah satu ikon dalam koleksi aneka batik nasional, menurut saya karena batik Cirebon memiliki kekhasannya sendiri. Batik Cirebon termasuk ke dalam golongan batik pesisir, tapi ada juga kelompok batik keraton Cirebon. Dua keraton yang ada di Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman, berdasarkan sejarah dua keraton inilah muncul beberapa desain batik klasik cirebonan yang masih di buat hingga sekarang. Seperti batik Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris, Patran kangkung, Singa payung, Banjar Balong, dan lain-lain. Banyak loh desain batik khas Cirebon ini, yang familiar buat saya ya batik Mega mendung . Katanya batik Mega Mendung ini dulu biasa di pakai hanya oleh kalangan bangsawan Cirebon saja. Sekarang sih ya siapapun boleh pakai :). Menurut saya batik Cirebon lebih berani dalam warna dan motif, warna-warna yang di pilih lebih cerah dan dinamis. Kesannya batik gak TUA lagi... garis-garisnya halus. Trus kenapa batikmu cuma tiga biji nenk ? hahahaa.... #nasibpenyukafashiontanpamotif  #MariBerburuBatik

Mama saya termasuk penyuka batik, adik saya juga sama ... dan Mama hobi banget berburu batik di Trusmi. Menurut Mama, lengkap banget ... kita bisa belanja sesuai budget karena yang murah sampai yang mahal ada. Variasi model dan motifnya juga banyak, Mau beli di toko/showroom atau langsung ke pengrajinnya juga bisa. Dulu saat saya belanja ke Trusmi pun kalap sih, jadi ya kalau mau shoping ke sana budgeting dulu. Kalau ada yang mau jalan-jalan dan shoping ke Trusmi, boleh ngajak saya ya biar saya sekalian mudik :p

    Selamat Hari BATIK Nasional... 
Sumber : Wikipedia Indonesia  

24 comments:

  1. Aku punya Batik Trusmi yang megamendung, tapi nggak mau jahit karena sayang :D

    ReplyDelete
  2. Batik nya cantik. Cocok banget sama yang make. Saya pakai batik kalau kondangan.

    ReplyDelete
  3. Selalu tampil menawan nih mak Irma dengan batik sekalipun :) Selamat Hari batik :)

    ReplyDelete
  4. selamat hari batik nasional mbaa :)
    corak batiknya bagus mbaa :)

    ReplyDelete
  5. Wah batik mega mendungnya keren tuh, naksir yang biru :)
    Selamat hari batik nasional mak Irma

    ReplyDelete
  6. wah batik cirebon cantik 2 ya motifnya

    ReplyDelete
  7. batik ini adalah ciri khas negara kita, jangan sampai di curi lagi.

    ReplyDelete
  8. selamat hari batik ^^ di kantor saya ini juga pada rame2 pake batik... ya meski ada beberapa yg gk pake si :3

    ReplyDelete
  9. saya juga termasuk penyuka batik mba :)

    ReplyDelete
  10. Batik mega mendung motipnya kaya team akatsuki di film naruto :D

    ReplyDelete
  11. Ye ye ye heheh , selamat hari batik juga mbak ..
    kalau blogger mah jarang make batik :3 yg penting rapi aja dan enak dilihat ... :D
    salam kenal

    ReplyDelete
  12. Kak @irma cantikkk kalo pake batikk...

    ReplyDelete
  13. Aku suka batik, punya juga batik cirebon dpt ngasih seh :) teh mau dong batik cirebonnya hihi #dicubit

    ReplyDelete
  14. Samaan, sepupuku malam2 juga hebooh. Pinjem batikku, alhamdulillaah pas di dia. :D

    ReplyDelete
  15. aku jugaaa cintaaa batik...pakai hampir setiap hari di sini, diselingi dengan tenun Indonesia..dan kangeeen Cirebon niih dengan batiknya yang bagus-baguus..

    ReplyDelete
  16. Aku punya trusmi batik cirebon, dikasih kakakku heheee

    ReplyDelete
  17. Warna dan motif bantik sekarang ini dah ngikutin zaman #Seneng

    ReplyDelete
  18. Kayaknya saya harus berkunjung kesana deh :D
    saya juga termasuk penggemar batik soalnya. Hehe

    ReplyDelete
  19. Rasanya pernah lihat juga batik Cirebon di pameran - memang waktu itu ramai sekali banyak peminatnya. Sayang di toko online langgananku belum tersedia batik-batik seperti ini…

    ReplyDelete
  20. Batik cirebon memang terkenal dengan motif dan kualitasnya, jd pengen beli deh..

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)