28/10/2015

Manfaat Sauna dan Tipsnya

 Credit

Setiap abis nge gym saya selalu menyempatkan untuk sauna, itung-itung menginstirahatkan tubuh yang sudah aktif bergerak. Diam di dalam ruang sauna, selalu jadi saat-saat 'me time' buat saya. Secara kalau di dalam ruang sauna ya diem donk, duduk manis... ngatur nafas sembari menikmati keringat yang biasanya ngucur deras dan bikin badan basah kuyup. HOT,... tapi saya suka moment berpanas-panas tanpa melakukan apapun selain bernafas, kadang kala jadi saat relaksasi dan introspeksi diri. Gak bisa di pungkiri, saat-saat diam tanpa melakukan apapun biasanya tanpa kita sadari ya 'mikir' alias 'melamun' :)))

Okey gak usah di bahas apa yang saya pikirin dan saya lamunin :p, kebiasaan sauna sehabis nge gym ini ternyata lumayan banyak manfaatnya. Meskipun tetep,...ada aturannya ya kalau mau main panas-panasan *baca Sauna.

Manfaat Sauna :

1. Sauna lumayan efektif membantu menurunkan berat badan #catet, nahhh.... ini yang bikin semangat. Bersauna selama 20 menit, dalam suhu 75 derajat bisa membakar 500 kalori. Metabolisme tubuh meningkat, mirip saat kita melakukan aktifitas fisik berolah raga. 500 kalori loh... 75 derajat. Ini menurut google, nyatanya tubuh saya sedikit melangsing sih entah karena rutin sauna atau lari di threadmilnya :)))
2. Sauna membantu pembuangan racun dari dalam tubuh. Saat bersauna kita akan berkeringat sangat banyak, berkeringat salah satu cara efektif membuang racun tubuh.
3. Sauna membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sauna membantu menghasilkan sel darah putih, kita tahu bahwa darah putih melawan infeksi dan penyakit. Orang-orang yang rutin melakukan sauna akan memiliki jumlah darah putih lebih banyak dan ini yang membantu mereka memiliki ketahanan tubuh lebih baik.
4. Sauna membantu kita lebih awet muda. Rutin melakukan sauna akan membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kita. Sehingga kulit mati akan luruh tergantikan dengan kulit baru yang lebih muda dan lebih sehat. Sebelum bersauna biasanya saya oleskan minyak zaitun ke tubuh saya, bisa juga body lotion supaya kulit gak kering.
5. Sauna mengembalikan stamina yang lelah karena berolah raga, bersauna setelah olah raga akan menghilangkan pegal-pegal dan kelelahan tubuh kita. Ini terbukti banget buat saya, abis nge gym badan gak pegel-pegel.
6. Khusus buat saya yang memiliki masalah dengan radang pada sendi bahu, sauna ini membantu banget di saat nyeri dan ngilu melanda. Jadi semacam theraphy :)

Meski pun sauna memiliki banyak manfaat, tetap ada aturannya. Menurut pengalaman saya, ada beberapa hal yang harus di lakukan supaya tetap nyaman dan sehat melakukan sauna. Karena kalau gak sesuai aturan, sauna juga bisa mendatangkan efek tidak baik :)

- Hati-hati terhadap batu bara jika ruang saunanya menggunakan pemanas batu bara. Gak lucu banget kan kalo nyenggol itu batu bara yang panas membara.
- Sebelum sauna, apalagi kalau kamu bersauna setelah berolah raga... banyakin minum air putih, sebanyak-banyaknya supaya gak dehidrasi / overheating.
- Jangan bersauna seorang diri, saya sih suka rada horor kalau bersauna sendirian. Gara-gara pernah liat film trus di kunciin di ruang sauna sampe meninggal heuheu. Baper ya, tapi bener loh...jangan sendirian, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya pingsan, kan serem kalo pingsan di ruang sauna dan gak ada yang nolongin.
- Gak usah terlalu lama bersauna, untuk saya pribadi kalau nafas udah mulai berat dan agak-agak sesak saya berhenti. Apalagi kalau sampai pusing dan mual, STOP.
- Setelah sauna, lakukan pendinginan dulu ya...jangan langsung mandi. Biarkan tubuh menetralkan suhunya kembali, minum air putih banyak-banyak.

Nahh, mau nyobain bersauna ? yuk... :)

15 comments:

  1. ternyata banyak juga ya mbak manfaat nya, saya sendiri pernah juga coba sekitar 3 bulan lalu dan hasilnya badan terasa enteng banget (lebih rileks).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku sih fresh setiap habis sauna mba :)

      Delete
  2. hahahah nggak kebayang kalau saya coba SAUNA ya
    Hehheiheihiee. Pontiank kota saya panas terus soalnya
    Hiehiehiehiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaaa, di sana tanpa masuk ruang sauna pun udh berasa di sauna ya mas *_*

      Delete
  3. biar cepet kurus. hahaha...

    ReplyDelete
  4. saya sauna biasanya klo abis massage/luluran jaman dahulu kala :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya abis nge gym mba, biar gak pd pegel badannya :D

      Delete
  5. mbak ikutan dong sauna bareeeeeeeenggg

    ReplyDelete
  6. Dulu tiap abis latihan bela diri juga suka saunaa.. sekarang mah, boro2 sauna, olahraga aja udah jarang, huhuhu.. Pengen olahraga teratur lagiii :D

    ReplyDelete
  7. aku ga terlalu suka sauna Mak Ir, hareudaaaaang hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiihhhh, tapiiii nanti bisa kuyuusssss :)))

      Delete
  8. akuuu suka bangeeet...tapi sayang di sini mahaal mak hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)