07/10/2015

Sakit Kepala Melanda ? Jangan Abaikan

Aku mah gini orangnya, sakit kepala pun selfie :))) 

Pulang menghadiri acara kemarin sampai rumah malah sakit kepala, gak heran sih... sakit kepala memang bukan sesuatu yang baru buat saya. Makanya di mobil atau di rumah saya selalu sedia obat penghilang sakit. Karena obat penghilang sakit dari dokter saya habis, terpaksa lah minum obat pengilang sakit yang dijual di minimart. Saya tahu gak bagus juga kalau hal ini menjadi kebiasaan, tapi gak setiap sakit kepala trus saya minum obat kok. Biasanya kalau udah gak tahan banget baru deh minum obat, entah obat dokter atau kemarin obat yang di jual bebas. Yang hijau gak mempan trus ganti jadi yang merah obatnya :)).

Ngomong-ngomong sakit kepala ini memang sudah menahun, sejak awal menikah saya sudah sering sakit kepala. Trus sampai di vonis kanker pun beberapa gejalanya saya sering sakit kepala hebat, bahkan sampai berjalan aja gak sanggup dan pernah sampai merangkak karena gak sanggup menahan sakitnya. Pokoknya dramatis banget deh kejadian ituh, ala-ala sinetron... ceritanya mau telpon kakak buat anter ke RS trus gak tahan sampai merangkak menahan sakit ngambil telfon trus pingsan trus ada di ruangan RS, ehhh itu sih adegan di sinetron ya :p tapi ya begitulah ...

Belakangan saya mulai sering sakit kepala lagi, setahun belakangan tepatnya. Saat konsultasi ke dokter katanya stress, kecapean, kurang tidur, maag kronis, atau banyak pikiran. Belum pernah juga di periksa secara menyeluruh misalnya CT Scan bagian kepala atau rontgen kepala gitu. Agak ngeri tapi kalau dokter menyarankan ya hayuu cuma sejauh ini sepertinya masih karena faktor-faktor di atas saja. Semoga yaaa....

Semalam itu saya sempat chat juga dengan dokter, sarannya minum obat dan istirahat. Karena agak gelisah gak bisa tidur saya malah baca-baca tentang artikel-artikel Kesehatan Dan ternyata ada banyak jenis sakit kepala yang bisa menggangu kesehatan kita.

1. Migrain Headache
Sakit kepala ini pasti banyak di kenal dan familiar, saya pun tahunya sakit kepala ya migrain ini. Sakit yang disebabkan adanya perubahan aliran darah menuju korteks selebral, diakibatkan adanya dorongan otak yang mengalami pembengkakan. Biasanya karena stress, kurang tidur dan cara diet yang tidak tepat. Pantesan kalau telat makan, atau diet suka sakit kepala karena ini nih.
2. Tension Headache
Sakit kepala ini biasanya dikarenakan otot pada bagian kepala menegang, lalu mengirimkan perasaan sakit ini ke otak. Biasanya kalau sedang terasa pandangan menjadi buruk, berkunang-kunang.
3. Sinus Headache
Untuk penderita sinus pasti pernah mengalami ini, biasanya sakit kepala jika sinus mengalami peradangan. Disarankan menemui dokter untuk di berikan pengobatan yang tepat.
4. Cluster Headache
Sakit kepala ini mungkin tidak semua orang merasakannya, tapi kalau terasa sakitnya katanya luar biasa. Biasanya di alami oleh mereka yang peminum alkohol atau kafein, sakitnya karena mereka terbiasa meminum alkohol dan ketika tidak mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala cluster headache. jadi jangan coba2 deh, minum sakit gak minum sakit mendingan gak usah nyoba-nyoba ;)
5. Rebound Headache
Hemmm,... ini jangan-jangan yang saya alami, rebound headache ini karena terbiasa mengkonsumsi obat penghilang sakit secara kontinyu. Bahkan bisa membuat rasa sakit semakin menjadi dan berulang, ada teori mengatakan terlalu banyak mengkonsumsi obat penghilang sakit malah akan membuat lonjakan pada otak dan rasa sakit semakin parah.

Nahloh,...truss kalau sakit kepala di apaaiinnn ???? 

Trus kalau baca artikel bahwa  " Sakit kepala dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit saraf serius, seperti stroke, tumor otak, kelainan pembuluh darah otak, dan infeksi otak " tuhhh sereemkan, okey saya gak akan menakut-nakuti diri sendiri dan orang lain tapi yang jelas  " Jangan sepelekan kalau sakit kepala ya ! " Kalau menerus, mengganggu aktifitas sehari-hari, merusak mood dan emosi, membuat kita tidak bisa leluasa beraktifitas, dan mengalami nyeri yang luar biasa segera ke dokter dan cari solusi dan pengobatan yang terbaik.

Ada beberapa gejala sakit kepala yang harus segera di rujuk ke RS jika :

- Sakit kepala hebat dan mendadak
- sakit kepala dan menyebabkan kesadaran menurun
- Leher dan tengkuk kaku dan nyeri
- Sakit kepala hebat dan terus bertambah dengan cepat
- Sakit kepala di sertai baal,sulit berjalan, penghilatan berkurang dan lemah
- Sakit kepala di sertai perubahan dalam kemampuan berbicara, konsentrasi dan berfikir
- Sakit kepala di sertai perasaan berputar, ruangan terbaik, perasaan akan jatuh ke satu sisi
- Sakit kepala hebat setelah mengalami benturan hebat di kepala
- Sakit kepala di sertai demam lebih dari 38 derajat

Dikhawatirkan kita mengalami sakit kepala sekunder yang berasal dari kelainan pada daerah otak. Semoga tidak terjadi ya teman-teman.... tapi gak ada salahnya kita perduli pada hal-hal seperti ini, tidak menyepelekan sinyal yang di berikan oleh tubuh. Pengalaman saya membuktikan bahwa tubuh kita akan memberikan sinyal loh kalau ada yang nggak beres, lebih dini diketahui akan lebih mudah penanganannya.

Heeuuuuu nenk, berat banget tulisanmu pagi-pagi udah bahas sakit kepala...lagi sakit kepala ??? IYA :)))

Sumber : Google

34 comments:

  1. saya sakit kepala kalau telat makan mak, obatnya makan hehe

    ReplyDelete
  2. sama mba..sering bgt sakit kepal, kakau udah gak tahan baru minun obat ...kalau migren seringnya karena faktor hormonal,,jadi mudah2an tidak berbahaya ...

    ReplyDelete
  3. Aku kalo mau dapet tuuh yang sakit kepala banget bangeettt

    ReplyDelete
  4. Kalo Saya sakit kepala mah biarin aja.. ntar juga hilang sendiri hehe #SakitKepalaRingan

    ReplyDelete
  5. Ternyata sakit kepala banyak macemnya ya, mak. Aku biasanya sakit kepala karena flu yang ga sembuh2, jadi kepala pening.

    ReplyDelete
  6. Halo Mak cantik. Kalau bagi aku pribadi, sakit kepala itu bagai alarm bahaya yg sangat penting buat diperhatikan. Biasanya kalau udah mulai sakit kepala aku buru2 koreksi pola makan sama pola hidup keseluruhan. Soalnya kalau diabaikan, pasti ada aja bahaya lanjutannya. TFS Mak.

    ReplyDelete
  7. Kalau aku seringnya sakit kepala akibat kurang tidur Mak. Satu-satunya obat cuma nyungsep ke ke kamar. Hihi

    ReplyDelete
  8. Sakit kepala aja masih terlihat cantikd an ngegemesin #GagalFokus

    ReplyDelete
  9. baru tahu ada banyak jenis sakit kepala ya maks. Saya sering sakit kepala kalo banyak depan laptop, bulan kemaren nyoba bekam daerah sekitar pelipis dan dahi, Alhamdulillah berkurang sakitnya dan jarang kambuh :)

    ReplyDelete
  10. kalau aku pusing pasti kurang tidur atau belum makan :)

    ReplyDelete
  11. Aku paling bete kalo.migrain mbak ga enak banget rasanya.mensing pusing semua daripada xuma separo gitu

    ReplyDelete
  12. Pernah jg sy pny temen. Nyandu obat sakit kepala paramxx jd kalo ga minum obat itu 2 kapsul justru sakit kepala saking nyandu nya. Kira2 tu termasuk rebound ya ternyata.. thanks infonya mba

    ReplyDelete
  13. kalau sekarang-sekarang ini mah, sering pusing karena banyak begadang (blogwalking) :)

    ReplyDelete
  14. memang sakit kepala sering melandan kita shg sering kali diabaikan. Thanks infonya, kalau ada tanda2 yg mencurigakan saat sakit kepala satu2nya cara ya ke dokter ya mbak

    ReplyDelete
  15. sakit kepala penyakit yang sering muncul

    ReplyDelete
  16. sakit kepala memang jangan disepelekan ya mbak, saya sih paling sakit kepala karena cape atau stress akibat pekerjaan, jadi sekarang kerja secukupnya istirahat yang cukup, jangan gadang, kurangi konsumsi kopi dan kafein yang terkandung pada minuman lain, dan makan yang teratur tentunya yah..
    tak lupa setiap pagi aku selalu luangkan waktu buat jalan keluar rumah menghirup udara segar, alhamdulillah rasa sakitnya ga terus-terusan.hehe
    banyak sekali ya macam sakit kepala itu :)

    ReplyDelete
  17. Oh jadi sakit kepala yang sering saya alami termasuk dalam kategori Tension Headache, terima kasih infonya, kalau sudah tahu jenis sakit kepalanya gini kan enak, bisa cari cara penyembuhan yang tepat.
    hehe sekali lagi terima kasih infonya kak

    ReplyDelete
  18. Pernah mengalami yang berputar seakan ruangannya kebalik, tapi kepala nggak terasa sakit sih, ringan aja rasanya pengen jatuh. Ternyata vertigo :"(

    ReplyDelete
  19. ini saya banget, migren sakit kepala sdh jadi makanan sehari-hari, sama sepertinyaa, saya juga selalu siap sedia obat sakit kepala ... huhuhu... btw thx sharingnya, jadi merasa senasib

    ReplyDelete
  20. ternyata ya sakit kepala banyak macamnya, kalau dakuw sakit kepala kalau tanggal tua mak..#plak...sehat selalu ya mba irma :* aamiin

    ReplyDelete
  21. Saya pernah kena sinusitis, Mak. Duh sakitnya minta ampun. Sekarang kalo capek, suka sakit kepala. Moga selalu ceria ya Mak ... salut baca ini, lagi sakit kepala tapi bisa nulis dengan ceria :)

    ReplyDelete
  22. aku sakit kepala kalo tidur terus sakit banget

    ReplyDelete
  23. Iya mbak, sakit kepala mmg tak boleh diabaikan. Beberapa waktu lalu saya sampai ke saraf karena sdh ke dokter umum, sakit kepala tak kunjng reda. Alhamdulillah, diagnosa dari dokter saraf menyatakan jika tdk ada sesuatu yg siginificant

    ReplyDelete
  24. mbak, aku juga seriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing banget sakit kepala

    hiks

    ReplyDelete
  25. Mak Iiiiir, maafkan ya nungguin aku dugikeun ka sakit kepala :(

    ReplyDelete
  26. Aku kalo sakit kepala seringnya didiemin. Males banget minum obat. Paling2 makan pedes. Kalo udah gak kuat banget, baru deh minum obat. :D

    ReplyDelete
  27. paling sering dan paling umum adalah migrain yaa .. saya juga sering tuh tiap minggu atau tiap bulan pasti ada perasaan pusing kaya gitu :)

    ReplyDelete
  28. sakit kepala selalu ada tapi engga parah

    ReplyDelete
  29. Sejak menikah, malah sakit kepala.. Hehehe.. Semoga dengan menikah gak stress dan banyak pikiran ya mba, justru bahagia donk.. Waduh kenapa ya tuh.. Tapi ngeri juga denger kata kanker. Semangat ya mba, keep the faith

    ReplyDelete
  30. Aku tahunya yang warna merah. Kalau warna hijau sih apa, Mbak? Hahaha
    Sehat selalu, ya.

    ReplyDelete
  31. Bener Mak... Mestinya semua tau, kalau pusing itu sinyal yaa... Jd yg harus diobatin sumbernya. BUkan sembuh sesaat.

    ReplyDelete
  32. Coba minum lemon plus madu pagi hari sblm sarapan mak...saya pny vertigo parah alhamdulillah hilang. Prnh ke dokter syaraf dan sarannya olahraga, eh selain olahraga (kalo misal males olahraga hihihi) vertigo td bs jd dikurangin pake lemon tryta.
    Stay healthy mak, smoga kita selalu diberikan kesehatan aamiin.

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)