26/11/2015

Rencana Detoxsifikasi dan Resahnya Hati


Istilah Detoksifikasi sebenarnya gak asing buat saya, saat proses penyembuhan dari sakit kanker usus besar saya beberapa kali menjalani proses detox. Tujuannya sudah pasti membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh dan usus besar saya yang saat itu baru menjalani operasi kanker. Pengobatan dengan obat-obatan kimia bahkan khemotheraphy yang panjang membuat dokter menyarankan saya untuk melakukan detox. Detoxsifikasi yang di pilih saat itu adalah enema. Tujuan utamanya sih membersihkan racun dari dalam usus dan hati, tapi sesungguhnya efeknya ke seluruh tubuh. Teman-teman juga pasti tahu atau mungkin pernah mendengar ya enema kopi ? nah proses detox itu pernah saya coba dulu. Berhasil,...proses penyembuhan saya berjalan baik.

Iyessss, Detox memiliki banyak manfaat untuk tubuh bahkan ternyata manfaatnya lebih luas. Tidak hanya membuang efek negatif dari tubuh kita karena pengaruh lingkungan, seperti rokok, asap kendaraan bermotor, makanan yang tidak sehat, pola hidup yang tidak sehat seperti begadang dan lain-lain. Tapi juga memperbaiki fungsi organ-organ di dalam tubuh seperti memperbaiki fungsi lever, jantung, dan darah. Jadi kalau badan kita sudah mulai ringkih dan gampang kecapean, gampang sakit, gak fresh. Atau seperti yang saya rasakan, mulai sering sakit kepala lagi, pencernaan mulai ngadat lagi dan tidur mulai gelisah. Mulai galau lagi, ishhh serius...pikiran yang galau bisa jadi karena fisik kita gak sehat sih ya, gitu juga sebaliknya kan. Jiwa dan raga saling terkait, dan sejatinya keduanya harus seimbang, sama-sama sehat ;)

Nah akhir-akhir ini ya gitu deh, selain ngerasain keluhan fisik seperti yang saya bilang di atas akhirnya jadi khawatir dan cemas karena memiliki history kesehatan yang serius dulu. Takut kanker itu kembali, trauma sama proses pengobatan saat sakit dulu dan bla...bla...bla. Tapi dari pada galau kan lebih baik fokus pada memperbaiki pola hidup dan kesehatan. Bergalau ria gak akan membuat tubuh kita lebih sehat, percaya deh. Saya bokek sedikit aja langsung sakit kepala, kangen aja bisa bikin demam hahaha #ngacoo. Curhat seriusnya nih, keluhan sakit kepala yang gak kunjung hilang, datang dan pergi seperti kamu #ngacolagi dan itu mengganggu banget karena aktifitas saya setiap hari lumayan padat. Saya gak mau badan ngedrop hanya karena kelelahan atau mengulang yang ketiga kalinya, sedang nyetir lalu perut mual dan sakit kepala kumat dan harus bikin hubby khawatir sampai harus di jemput karena gak kuat nyetir sampai rumah. Menurut pemeriksaan dokter semua baik-baik saja, katanya karena pola hidup dan diet yang gak disiplin aja. Banyak racun deh, racun dari paparan rokok atau polusi sampai racun hati/stress dan pastinya pola makan saya yang mulai gak beres. Saya pikir mungkin sudah waktunya melakukan detoksifikasi lagi, udah lama juga sih sejak detox terakhir kali #ngumpulintekad.

Yang mau saya coba sih ikutan program detox juice, kalo detox hati...? banyak istigfar, sholat tepat waktu, sedekah. Dan percaya bahwa sakit dan sehat adalah takdirNya. Ikhtiarnya ya menjaga kesehatan. Ngomongin detox kali ini saya gak mau enema lagi atuh yaaaaa,.... biarkanlah ' bagian belakang ' sana hidup dalam kedamaian setelah berkali-kali kolonoskopi ituh hiksssss. Kali ini saya mau detoxsifikasi yang lebih enak aja. Doakanlah saya konsisten ya, fokus dan semangat.... diniatkan 3 hari full detox juice. Yang terbayang apah ?? kulkas penuh buah, sayur dan berbotol-botol juice segar atau badan saya yang semakin melangsing dan sehat ?? hahahaa.... amiin....

Ya udah tunggu cerita saya setelah program detox dengan juicenya yaaaa.... ;), nanti saya share apa aja yang saya minum, manfaatnya dan hasilnya gimana. SEMANGAT YA NENK.

11 comments:

  1. Aku pilih detox hati aja ah, Mbaaaa

    ReplyDelete
  2. Jusnya bikin sendiri, nggak, Mbak? Eh eh kayaknya aku tahu deh, jusnya yang diaplot itu ya fotonya?

    ReplyDelete
  3. Ditunggu cerita selanjutnya Mak. Ha..ha... soal enema, kenapa malah aku jadi hobi ya.... wkwkwk. Nyaman banget sih :D

    ReplyDelete
  4. Nanti share juga resep juice yg buat detox ya mak biar bisa nyobain bikin juga supaya bisa ikutan detox dirumah

    ReplyDelete
  5. Detox dengan buah gimana caranya? Ajarin dong... pingin detox juga

    ReplyDelete
  6. Aku sebenarnya suka jus tapi yang nggak suka nyuci blendernya. Heheheee. Sehat ya neng....

    ReplyDelete
  7. Aku cuma mulai bissain minum air lemon hangat tiap pagi

    ReplyDelete
  8. Semangaaat ya neeeng.. Detox memang idealnya berjalan terus sepanjang waktu. Tapi aku juga merasakan kok capeknya dan bosennya perjalanan menuju sembuh .. Ah, tapi siapa yang tidak mau sehat. Ayoooo semangaaat :).. Kiss kiss dari sinii

    ReplyDelete
  9. Mau nyatroni rumah yang lagi nyetok jus banyak nih

    ReplyDelete
  10. wah asik ya detoxnya, enak pasti :D

    ReplyDelete
  11. udah selesai dong proses detox 3 harinya? gimana enakan ? mau nambah gak? :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)