18/11/2015

Sendiri Tidak Selalu Sepi


Ada yang bilang bahwa sendirian tidak selalu sepi, dan kesepian tidak melulu berada dalam kondisi sendirian. Jadi, karena setiap hari waktu-waktu saya lebih sering sendirian bukan berarti saya kesepian dan merasa sepi. Hanya saja, keadaan membuat saya sering sendiri... dan saya nyaman menjalaninya.

Semenjak anak-anak beranjak besar, praktis waktu saya lebih banyak sendiri. Jam sekolah mereka yang semakin panjang, nyaris sepanjang hari belum lagi di tambah jadwal les dan mengaji. Begitu juga dengan kesibukan suami yang tidak kalah padat, maka jangan salahkan keadaan karena saya lebih sering sendiri. Untungnya saya menikmati waktu-waktu saya sendiri, banyak hal yang bisa di lakukan tanpa harus murung dan merasa sepi. Saya justru menikmati kesendirian saya.

Saat sendiri saya memiliki banyak waktu untuk fokus pada diri saya, melakukan banyak hal yang saya sukai. Seperti menulis di blog, membaca buku, nonton film, mendengarkan musik, memasak, yoga, atau sekedar menikmati waktu sendiri dengan tanpa melakukan apapun hanya mendengar suara hati. Menengok jauh ke dalam, karena kadangkala dalam keramaian kita sering mengabaikan apa yang terdengar di dalam diri.

Menjalani hari-hari dengan lebih sering sendiri, membuat saya kadang merasa rikuh berada dalam lingkungan ramai. Seringkali saya lebih memilih sendirian, padahal di saat yang bersamaan banyak kesempatan saya berbaur dengan yang lain. Tidak ada perasaan merasa spesial hingga akhirnya memilih sendiri, justru kadang kala saya merasa segan dan sungkan. Bisa di bilang saya juga tidak terlalu banyak memiliki teman, semoga bukan karena saya menyebalkan hingga akhirnya orang-orang sungkan berteman dengan saya. Ada seorang teman yang bilang, sikap acuh dan dingin saya yang membuat orang sungkan, katanya saya selalu memberi jarak. Oh yaaa... ?? padahal sekarang saya lebih membuka diri, bergaul dan bersosialisasi loh di banding dulu :))

Beberapa teman menyebut saya sedikit introvert, merasa nyaman di zona amannya sendiri. Sebagian yang lain bilang saya hanya moody, kadang nyaman berada di tengah banyak orang tapi di lain waktu memilih sendirian dan menghindari keramaian. So saya masuk kategori introvert, ekstrovert atau ambievert ??? 

Lalu kamu ?

Lebih nyaman sendiri, atau berada di tengah keramaian ? sifat-sifat ini terkait erat dengan kepribadian seseorang. Introvert, ekstrovert atau ambievert ?

Cek ciri-ciri ketiga kepribadian tersebut, dan kamu masuk kategori mana ??

Introvert :
- Pendiam/ tidak terlalu banyak bicara
- Lebih memilih sendiri
- Pemalu
- Tertutup 
- Kurang supel
- Memilih berinteraksi dengan perorangan
- Lebih sering menjadi pendengar 
- Senang dengan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan ketenangan, seperti membaca, komputer, dll
- Lebih suka mengamati
- Suka berimajinasi
- Lebih mudah mengungkapkan perasaan lewat tulisan
- Tidak menonjolkan diri, cenderung suka di belakang layar


Ekstrovert : 
- Terbuka
- Suka bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang
- Menyukai keramaian dan banyak berinteraksi sosial di mana pun
- Mudah bosan dengan kesendirian
- Sangat percaya diri
- Mudah bergaul di mana pun, pandai memasuki lingkungan mana pun
- Aktif
- Pandai bicara
- Suka bercerita

Ambievert :
Sifat ambievert adalah gabungan dari introvert dan ekstrovert, mereka mudah bergaul tapi juga nyaman dalam kesendirian. Kekurangan dari sifat ambievert ini adalah mereka cenderung moody dan mudah berubah-ubah.

kalau lihat ciri-ciri di atas sepertinya saya ambievert ya, atau introvert ? yang jelas sih ngakulah,..moody.... :))) Nah kalau teman-teman masuk kategori mana ??

24 comments:

  1. Ketika jaman masih sekolah dulu jujur saya lebih banyak menghabiskan waktu nongkrong bareng temen-temen malah tidur pun jarang dirumah melainkan nginep dirumah temen-temen tapi justru sekarang saya malah gak betahan kalo diajak nongkrong sama temen-temen, sekarang ini saya lebih banyak menghabiskan waktu sendirian.

    mengutip 'ada yang bilang bahwa sendirian tidak selalu sepi', yups saya kadang merasa seperti itu mbak, meskipun di Jakarta saya cuma seorang diri jauh dari sanak keluarga tapi ketika saya lagi asyik ngeblog rasa sepi itu jadi hilang begitu aja...

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau tentang ambievert, berarti saya tipe yang ketiga donk ya ^^ hehehehe...

    ReplyDelete
  3. AKU INTROVERT BANGET ANAKNYAAAAA *ngomongnya sambil jojorowokan* XD

    ReplyDelete
  4. Aku mah ambievert bangettt mba ehehe

    ReplyDelete
  5. Saya ambievert sepertinya... Moody sekaliiii... :-)

    ReplyDelete
  6. Aku sejak SD sampai sekarang juga jarang keluar rumah. Apalagi untuk sekedar berkunjung ke rumah mereka berhaha hihi ria. Jujur aja sih kurang nyaman sama temen SD & SMP. Kalau ikut nimbrung juga malah dicuekin dan di suruh jadi seksi dokumentasi, motoin mereka aja. Kalaupun keluar rumah lebih seneng ketemu temen SMK & temen kuliah di mana aku nggak ngerasa terasing. Aku kayaknya masuk ambievert, dan moody kalau ngerjain sesuatu

    ReplyDelete
  7. Sendiri itu bisa menjauhi dari fitnah

    ReplyDelete
  8. aku ambievert, suka ga jelas hahaha

    ReplyDelete
  9. Aku ambievert deh kayanya. Kadang butuh keramaian. Tapi gak ngerasa bosan juga kalau sendirian :))

    ReplyDelete
  10. antara yang pertama dan yang ketiga...
    sekilas..hampir aja yang ke tiga kebaca ambieyen...hahahah..ga fokus nih..

    ReplyDelete
  11. Waaaah kalo widya mah Ambivert tapinya nyaman juga menghabiskan waktu sendiri. bisa dibilang 70% introvert 30% extrovert :D

    ReplyDelete
  12. Kayaknya saya masuknya ambievert ya Mbak kepribadian saya itu, iya kayaknya.. hehe :)

    ReplyDelete
  13. ambievert.. hahaha LOL, kadang tertutup dengan orang baru, tapi somplak kalau sama orang terdekat.. hihihiii.. *jaim dot com aja deh*

    ReplyDelete
  14. ..aku gabungan keduanyanya...eh moody juda ding !
    Apa kabarnya Mak tjantiikkk...

    ReplyDelete
  15. aku introvert, mak. kalau lagi mau sendiri bisa malah jadi kayak asing dengan lingkungan hehe. tapi kalo ngumpulnya sama anak yang ekstrovert ketularan jadi crewet dikit.

    ReplyDelete
  16. saya dulu orang yang sangat extrovert tapi skrng cenderung ke Ambievert, kadang susaaahhh sekali bergaul dan benci kalo di tempat ramai dan senang menyendiri tapi kadang merasa kesepian dan pengen di keramaian hehe

    ReplyDelete
  17. Kalau aku tergantung suasana dan kerjaan :D
    Kalau kerjaannya butuh konsentrasi tinggi, lebih senang sendirian.
    Tapi kalau tidur, aku nggak bisa sendiri, Irma. Karena aku takut kesepian :))))
    #dirajamirma

    ReplyDelete
  18. Ambivert juga aku, moody-an dan kadang suka berubah-ubah, gak jelas ya?

    ReplyDelete
  19. sendiri aku suka loh enak mau ngapa2in

    ReplyDelete
  20. Mending sendiri di keramaian, daripada merasa sepi di keramaian.

    ReplyDelete
  21. Hemmmm....aku yang mana ya? *bingung sama diri sendiri* ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)