31/03/2015

Tips Mengatur Keuangan Untuk Ibu Rumah Tangga

Image from Google

Apa emak pernah menerima tagihan bulanan membengkak? Apa sering banyak pengeluaran yang tak terduga setiap bulan? Jika sering mengalami hal tersebut, tentunya akan menjadi bendera merah bagi manjemen keuangan kita ya. Apakah itu untuk kebutuhan rutin bulanan, biaya anak sekolah, tabungan pendidikan, cicilan rumah dan kendaraan dan biaya-biaya lainnya tentunya harus benar-benar di atur dengan baik. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, dan ujung-ujungnya kita terus berhutang untuk menutupi pengeluaran biaya tersebut.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, pasti sering kali mendapat ujian mental khususnya tentang bagaimana mengatur keuangan. Terlebih bagi yang sering belanja di mall atau sering makan di luar dengan keluarga, tentunya godaan dari berbagai promo atau diskon yang banyak ditawarkan di luaran sana menuntut kesabaran ekstra.*sembunyiin debit card*

Kita harus lebih disiplin dan punya skala prioritas, mana saja yang kita beli lebih dulu dan mana yang sebaiknya tidak dibeli. Ingat bahwa membeli sesuatu pertama kali harus di dasarkan pada “kebutuhan”, bukan “keinginan”. Memang sih sebenarnya kategori mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan antara orang satu dan lainnya adalah berbeda, namun bagaimana menentukan daftar tersebut kembali lagi tergantung pada skala prioritas yang sebelumnya sudah dibuat.

Tentukan mana saja yang menjadi skala “kebutuhan” dalam pembelanjaan rutin, seperti kebutuhan pokok, tagihan listrik, biaya anak sekolah, gaji pembantu dan lain sebagainya. Maka simaklah tips berikut supaya kita lebih cerdas dalam mengatur belanja harian.

18/03/2015

Kotak Tissu Hitam Putih dari Ladaka Handicraft

Kotak Tissu Hitam Putih dari Ladaka Handicraft

Pasti Udah kenal dong ya Online shop handicraft nya Ladaka ? saya sudah familir dua tahun belakangan sama nama handicraft ini, Ladaka. Secara owner nya adalah salah satu rekan sesama makmin di KEB yaitu makmin Lusi Trisnasari yang tegas namun baik hati ^_^ . Jadi Ladaka itu online shop yang menyediakan kerajinan nusantara, produk-produknya bisa dilihat di sini  Ladaka juga menerima pesanan dan mengikuti pameran-pameran.

Nah cerita saya akhirnya kenalan secara langsung sama produk Ladaka Handicraft adalah saat saya sudah pusing keliling mall dan supermarket sampe ngecengin abang-abang yang jualan perabot di mobil yang dateng di pasar kompleks setiap minggu sekali dan hasilnya nihil.

Trus apa yang di cari sih Nenk ???

16/03/2015

Kaos Pump Kidz yang keren dan nyaman di pakai

 Sean dengan Kaos Pump Kids yang keren dan nyaman dipakai

Buat Sean pakaian yang paling nyaman untuk sehari-hari dirumah,  untuk jalan-jalan bahkan bepergian adalah kaos. Sulit sekali untuk memintanya memakai kemeja. Sesekali mau pakai pun kalau dipaksa dan pergi ketempat yang memang diharuskan berpakaian sedikit formil. Ke pesta undangan pernikahan atau ulang tahun misalnya. Baru deh dia mau pakai kemeja.

Tapi untuk anak laki-laki kaos memang menjadi pakaian kebesaran ya. Bedanya anak laki-laki dan perempuan, jika perempuan punya banyak jenis dan model pakaian tapi kalau laki-laki, kalau bukan kemeja ya kaos. Makanya saya sebagai ibunya berusaha untuk memberikan kaos yang berbahan lembut supaya nyaman di pakai kapan dan dimana saja. Bahannya harus menyerap keringat, tidak kaku, potongannya pas dan enak dipakai dan yang pasti untuk anak seusianya harus ada variasi seperti  variasi warna kaos, tulisan atau gambar supaya tidak bosan di lihat. Nah akhirnya kita kenalan deh sama kaos Pump Kids, kaos untuk anak laki-laki dan perempuan yang keren dan nyaman dipakai.

13/03/2015

Quote of the day


Harga kehidupan seseorang itu ditentukan oleh kemampuannya
menikmati setiap saat dari hidupnya. 

Pada pagi jelang siang ketika buku-buku menjadi kawan,
dan keheningan berisikan pujian sesudah dhuha tadi.
Dan kekosongan tak kubiarkan bertamukan resah.
Aku terus belajar memaknai hidupku...

 

09/03/2015

Cantik bersama Wardah Fabulashes Day EyeXpert

Ada ungkapan bahwa mata adalah jendela hati, jika ingin mengenal seseorang tataplah matanya...ishh. Begitulah kata pepatah atau ungkapan, jadi nggak heran kalau mata adalah salah satu faktor penting penampilan seseorang. Meski aku jarang sekali ber make up lengkap untuk tampilan mata seperti memakai eye shadow dan bulu mata. Aku tetap berusaha dong supaya tampilan mataku lebih indah, dan eye liner plus mascara salah satu senjata andalanku.

Ngomongin mata, sejujurnya mataku tidak terlalu indah. Selain kelopak yang agak sulit diaplikasikan eye shadow, karena katanya kelopak mata sepertiku ini kalau nggak jago-jago banget memulas eye shadow endingnya malah jadi terlihat lebih sembab. Jadi menyiasatinya cukup memakai eye liner dan mascara untuk mempertegas garis mata dan memperindahnya.

Ada dua mascara yang akhir-akhir ini setia menemani keseharianku beraktifitas, selain hitamnya pekat banget, tahan lama, dan kuas nya memudahkan kita untuk mengaplikasikannya. Untuk membersihkannya cukup dengan eyemakeup remover atau bersihkan hanya dengan air hangat.

Aqualash Mascara 

02/03/2015

Etika merenovasi rumah di kompleks perumahan


 Jalanan kompleks perumahan

Tinggal disebuah kompleks perumahan menengah jelas berbeda dengan tinggal di sebuah perkampungan atau wilayah umum. Kecuali kompleks elit dengan luas tanah ratusan meter dan jarak rumah yang satu dengan yang lain tidak terlalu dekat kali ya. Tinggal disebuah kompleks menengah notabene lahannya terbatas, ya segitu-gitunya ya sesuai dengan tipe rumah yang kita miliki. Jika ingin renovasi palingan ditingkat ke atas, sedangkan impian saya ingin punya rumah berhalaman luas, gak pake tingkat, kalau perlu punya kolam ikan di halaman belakang, dengan design rumah banyak jendela supaya udara bisa hilir mudik masuk dan gak melulu pake AC. Mengingatkan saya pada rumah nenek di kampung jaman dulu, luas dan lapang. Nah, rumah impian itu biarkan jadi impian dulu saat ini, tinggal membantu tepatnya mensuport hubby untuk getol menabung dan beli rumah impian di kampung halaman kami di kaki gunung ciremai :D.

Sekarang sih ceritanya tentang rumah kami di kompleks di perbatasan kota Jakarta timur ya, jadi kurang lebih setengah tahun lalu kami sudah rapih-rapih sedikit rumah mungil kami. Ganti cat rumah, benerin yang bocor, mengubah pagar rumah. Niatnya buat garasi lebih luas tapi gak tega sama pohon mangga, ya sudah gak jadi ditebang dan garasi tetap satu. Dilalahnya, nggak lama setelah kami selesai renovasi. Tetangga sebelah rumah juga renovasi yang lumayan banyak, karena hampir sebagian rumahnya dibongkar. Mereka juga sepertinya nge-dak sebagian. Dan,...seperti yang sudah kami duga sebelumnya, mengingat gempuran dag-dug dag dug dari rumah sebelah yang nempel dengan rumah kami, berimbas ke rumah kami sudah suamiku prediksi, tapi anggap saja itu resiko tinggal dikompleks. Imbasnya ya rumah bocor dan rembesan dari sebelah, ada bagian dinding juga yang retak-retak. Kalau retak-retak ini, mungkin karena ruang utama masih bangunan asli dari developer bisa jadi konstruksi atau dindingnya kurang kokoh jadi gampang retak dindingnya:(

Yang rada bikin ngelus dada sih ya bocornya itu yang berkali-kali, otomatis kami sampaikan ke tetangga sebelah. Allhamdulillah tetangga kami cukup baik dan selalu merespont dengan cepat, dan biasanya langsung mereka perbaiki meski pun masih bolak-balik bocor. Sampai kadang saya sungkan dan malu kalo harus memberi tahu mereka bahwa rumah kami kebocoran lagi, setelah diperbaiki bocor lagi. Menurut suamiku masalah sepertinya dari keterampilan tukangnya. Dan itu beberapa kali, alhasil dinding dan plavon/gipsun bagian dalam rumah yang baru beberapa bulan kami cat sudah berbentuk peta-peta lagi karena basah kena bocor. Gak enak diliat lagi. Kejadian ini memberi pelajaran tentang etika merenovasi rumah di kompleks perumahan dengan kondisi rumah yang mesra alias nempel dengan tetangga, karena hal ini lumrah sekali terjadi. Kami cuma berharap renovasi tetangga kami segera selesai dan kelak jika kami harus renovasi lagi, ini akan jadi pelajaran berharga supaya hal ini tidak terjadi pada orang lain dan tidak mengganggu kenyamanan tetangga sebelah kanan atau kiri rumah.