30/06/2015

Buka Puasa di Chiken Village SMB



Hari minggu kemarin kita buka puasa di luar, karena ogah bermacet ria hubby bahkan menolak keinginan kaka Tazkia yang pengen buka puasa di kemang atau kelapa gading. Seperti biasa kita pilih di mall yang tinggal ngesot aja dari rumah, Summarecon Mall Bekasi.

Pengalaman yang sudah-sudah buka puasa di mall itu ya ujian kesabaran, mau dapet tempat duduk aja susah. Sekarang udah tahu triknya kalau kita gak sempat reservasi sebelumnya dateng aja beberapa jam lebih awal dari jadwal buka puasa. Kemarin kita jam 4 lewat udah nyampe mall, pokoknya setelah shalat ashar langsung ngacir. Allhamdulillah masih kebagian reservasi langsung di resto yang kita tuju, Chiken Village. Setelah reservasi, kita bisa cuci mata dulu keliling mall sambil nunggu adzan maghrib. 

29/06/2015

Si Orange Yang Gak Keren



Dua hari ini hari-hari saya sedikit terganggu karena sakit kepala berat, isshhh gak enak rasanya aktifitas sambil menahan nyeri di kepala. Whatever saya gak mau bahas kenapa nyeri sakit kepalanya deh, saya cuma mau ngeluh aja sama pak dokter dan apotekernya. Ngeluh biar puas ya di blog leluasa kan kolomnya bebas gak di batasi berapa karakter xixixii.

Jadi tanpa perjanjian saya ke klinik hari ini, iya hari ini...saya baru pulang dari klinik nih, baring-baring bentar trus buka laptop karena anak-anak juga masih bobo aja sampe siang ginih. Karena gak perjanjian, ternyata dokter yang biasanya gak ada dan hanya ada dokter pengganti. Ya sudah dari pada balik lagi, toh saya cuma mau minta obat penghilang sakit saja. Saya memang selalu menyimpan stok obat penghilang sakit. Diawali dulu sih, dokter onkologi saya memberi obat penghilang sakit supaya saya gak minum obat warung saat saya merasa nyeri. Entah nyeri bekas operasian dulu, nyeri hebat di kepala, atau nyeri di hati  *isshhhh yang itu curcol :)))

28/06/2015

Main Helikopter remote


Assallamuallaikum, selamat pagii... udah subuhan ? nggak kesiangan kan sahurnya :)
 
Liburan di bulan ramadhan benar-benar membawa banyak berkah, anak-anak bisa berpuasa di rumah. Fokus berpuasa, melatih sholat tepat waktu juga mengaji. Liburan membuat mereka tidak lelah beraktifitas, jadi gak uring-uringan karena haus atau kecapean yang ini khusus Sean. Saya juga mengurangi aktifitas, hanya menemani mereka di rumah. Semakin besar kaka Tazkia dan Sean semakin mudah protes kalau ibunya terlampu sering beraktifitas keluar rumah. Meski dijelaskan kegiatannya tapi tetap saja komplain, khususnya Sean. Kalimatnya yang selalu membuat saya mati kutu adalah  " Ibu jangan pergi ya, urusin anaknya " nahloh... *tutupmuka

Nah ramadhan ini kami semakin kompak. Biasanya kegiatan favorite saat bertiga itu uyel-uyelan ditempat tidur sambil ngobrol atau bercanda. Nge Blu Ray bareng, atau ibunya baca buku, kaka nonton reality show korea, sean main game tapi kita berada di satu kamar. Selain uyel-uyelan di kamar sekarang ini kita lagi suka main helikopter pake remote control. Ini mainan helikopter sean yang ke dua. Setelah yang sebelumnya lebih besar tapi hancur berkeping-keping. Nah mainan helikopter yang ini tahan banting, meski jatuh dan nabrak berkali-kali gak hancur atau rusak. Ayahnya bilang alasan belio beliin ini ya karena modelnya kuat, meski kita belum jago nerbanginnya dan lebih sering jatuh. helikopternya tetep utuh. Ternyata nerbangin helikopter-helikopteran ini gak terlalu mudah loh. Karena ternyata lumayan seru, kaka Tazkia dan saya juga ikutan main helikopter ini. ( mungkin karena kami kurang kerjaan ) hihihii

26/06/2015

Ikan Masak Bumbu Kuning dengan Susu

Salah satu makanan favorite suami saya adalah ikan, semua jenis ikan belio suka. Dari ikan mas, gurame, kembung, bawal, lele sampai ikan bandeng. Ikan yang di goreng sampai kering, di masak seperti di balado atau di gulai. Belakangan hasil medical check upnya tidak cukup baik. Kolesterol tinggi, saya gak heran karena dikantor hubby pasti makan di luar alias warung makan, kantin kantor  atau restoran disekitar wilayah kantornya. Pilihan menunya pun bikin saya ngelus dada, sate kambing, bebek goreng atau masakan padang.

Kemarin dia minta di masakin menu ikan, karena beberapa hari sebelumnya sudah makan daging atau ayam dengan cara di goreng. Saya pikir masa di goreng lagi, minyak lagi... atau santan lagi ??
Karena ikan yang di masak kuning juga hubby suka, saya putuskan akan memasak ikan bumbu kuning. Enaknya masakan ini memakai santan jadi berasa banget gurihnya. Tapi santan juga bukan pilihan yang tepat saat ini, akhirnya saya coba berinovasi.

Yukk, intip aja resep ikan bumbu kuning ala dapur saya :)

Ikan Salem segar 1 ekor ukuran lumayan besar di potong lima.
Pilih ikan salem karena selain enak tapi tidak banyak duri, durinya terpisah dari daging ikannya.
Dan karena Mba Sayurnya bawanya ituh :p

25/06/2015

Ketika Asap Menjadi Masalah


Kemarin kaka Tazkia terpaksa bolong puasanya, asma nya sehabis sahur kumat. Akhh sedih rasanya saat melihat dia sesak nafas, kaka jadi susah tidur karena jika berbaring kaka akan merasa lebih tersiksa. Biasanya kaka akan duduk sembari bersandar pada bantal yang saya susun lebih tinggi. Dan paniknya saya, obat asma nya ternyata habis, untuk meringankan sesaknya saya oleskan minyak kayu putih ke dada dan punggungnya. Hanya mengurangi, tapi sesaknya memang harus dengan obat.

Sesak nafas kaka biasanya gak lama setelah minum obat akan membaik, dan pencetusnya subuh tadi adalah saya sendiri hikssss. Jadi dini hari tadi seperti biasa saya bangun jam 3 pagi, dilalahnya semalam sehabis berbuka karena ada tamu saya lupa mencuci piring. Risih melihat cucian piring bertumpuk, saya pikir lebih baik saya cuci piring dulu. Taraaaa.... setelah cuci piring dan melihat jam sudah setengah empat, akhirnya niat hati mau goreng ikan gak jadi. Ganti menu, saya putuskan bikin nasi goreng dan telor ceplok, sosis goreng plus buah melon saja. Dilalahnya lagi tungku kompor gas satunya macet dan saya gak sabar untuk utak-atik, takut. Setelah bikin nasi goreng pedas yang aromanya menyebar kemana-mana, lalu ceplok telor...karena buru-buru dan khawatir imsak saya besarin donk itu kompor, kok ya malah banyak asap. Lupa gak pake exsos fan dan penyedot asap di atas tungku, lupa buka ventilasi udara. Asap berputar di seluruh ruangan. Setelah itu kaka mendadak sesak nafas. *mewekdipojokan.

24/06/2015

Tabungan Berjangka Pilihan Tepat Keluargaku

Tahun ajaran baru sekolah adalah waktunya kita para orang tua mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk sekolah anak-anak. Tahun ini, kaka tazkia ke SMA dan sean naik ke kelas 6. Keduanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan daftar ulang sean ke kelas 6 tahun ini 6 juta lebih. Ini cuma naik ke kelas 6 loh, bukan pendaftaran sekolah. Ya...ya...ya...begitulah sekolah swasta. Ditambah lebaran, ramadhan, dan waktunya bayar pajak kendaraan di bulan ini. Banyak sekali kebutuhan yang harus kami selesaikan bulan ini *pukpuk ayah *Lah malah tsurhat :)))

Untungnya selama ini kami memiliki cara sendiri dalam mengatur keuangan. Saya dan suami sengaja membuat tabungan berjangka, jangka waktunya biasanya kami pilih tepat dengan waktu anak-anak kami lulus SMP atau lulus SD. Jadi saat-saat seperti ini, disaat kebutuhan membengkak terbantu dengan tabungan berjangka yang sudah bisa kami ambil. Dan jika tidak ingin kami ambil pun tinggal diperpanjang jangka waktunya. Nominal dari tabungan pun bisa disesuaikan dengan kemampuan. Dan pilihan memiliki tabungan berjangka ini sangat membantu, rencananya saya dengan suami memutuskan akan membuat kembali tabungan berjangka ( pendidikan ) untuk persiapan kaka kuliah dan sean ke SMA. Ini menjadi salah satu cara disiplin menabung, karena secara otomatis akan terdebet/auto debet dari tabungan kita disetiap bulannya. Untuk saya yang kadang boros dan kurang disiplin menabung, tabungan berjangka sangat tepat untuk disiplin menabung.

22/06/2015

Asyiknya Berlibur Bersama Keluarga

" Horayy, libur tlah tiba.... " teriak kedua anak saya tercinta, kaka Tazkia dan Sean :)

Betapa semangatnya mereka menyambut liburan, karena saat-saat liburan adalah saatnya untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga, khususnya quality time antara anak-anak dan ayahnya yang biasanya jarang bisa bermain atau bercengkrama karena kesibukan. Itu sebabnya saat libur, kami selalu menyempatkan waktu untuk menikmatinya bersama. Meski hanya berlibur di rumah atau bepergian bersama. Dan tempat liburan favorite kami adalah kota Bandung, bertraveling ke kota kembang selalu menjadi pilihan favorite karena banyak objek wisata menarik di sana, berbagai outlet dan butik untuk wisata belanja, aneka tempat wisata kuliner. Kebetulan saya dan keluarga menyukai tempat-tempat liburan dengan nuansa alam yang sejuk. Jadi meski berkali-kali mengunjungi kota Bandung, kami tidak pernah bosan. Untuk liburan kali ini ada beberapa tujuan wisata yang sudah kami buat :

1. Kawah Putih Ciwidey

Image from http://dbagus.com/tempat-wisata-di-bandung 

Sudah lama sekali saya ingin mengunjungi tempat wisata ini, kawah putih Ciwidey terletak di sebelah selatan kota Bandung, kawah putih ciwidey adalah sebuah kawah vulkanik, tanahnya yang berwarna putih karena kandungan belerang yang sangat tinggi. Uniknya tempat wisata alam ini adalah airnya yang selalu berubah warna. Pasti akan menjadi perjalanan wisata yang menyenangkan karena keindahannya. Terbayang serunya mengabadikan moment bersama keluarga disana.

2. Danau Situ Patenggang 

image from http://sebandung.com/2014/03/wisata-situ-patenggang-bandung/

Sengaja saya memilih danau situ petenggang karena jaraknya tidak terlalu jauh dari kawah putih ciwidey, hanya sekitar 7 km dari tempat wisata kawah putih. Kedua anak saya pernah sangat terkesan saat kami berlibur ke kota garut dan berperahu di sana, dan saya ingin mengajak anak-anak menikmati liburannya dengan menikmati pemandangan danau situ patenggang yang eksotik, berperahu air kembali tapi di tempat yang berbeda, dan kali ini di situ patenggang. Ada legenda menarik juga mengenai situ patenggang ini. Tentang pencarian cinta sejati sepasang kekasih yaitu Ki Santang dan putri titisan Dewi, bernama Rengganis. So sweett ya legendanya :)

Rindu



Empat hari sudah kita menjalani puasa ramadhan, allhamdulillah selama itu puasa saya dan keluarga khususnya anak-anak berjalan lancar. Kebetulan ramadhan tahun ini anak-anak libur sekolah, jadi mereka tampak santai saja dan tanpa mengeluh menjalaninya. Etapi mereka sudah besar sih jadi memang sudah bukan waktunya lagi mengeluh haus atau lapar heuheuu.

Ada yang berbeda yang saya rasakan semalam, seperti biasanya saya bangun untuk mempersiapkan makan sahur. Setiap jelang tidur, saya atur jam untuk alarm. Di kompleks perumahan tempat saya tinggal memang tidak ada seruan dari mushola yang biasanya membangunkan warga untuk sahur. Tidak ada puji-pujian atau ayat suci dilantunkan yang biasanya terdengar dari mesjid atau mushola. Biasanya ada satpam kompleks yang berkeliling membangunkan warganya yang muslim untuk sahur, tapi tahun ini kebiasaan itu pun tidak ada lagi. Dan mendadak saya rindu suasana ramadhan di kampung halaman.

20/06/2015

Bermain dan Belajar Sepatu Roda di Dunia Inline Skate TMII

Name Card Dunia Inline Skate

Untuk yang bingung akan mengisi agenda liburan kemana bersama buah hati tercinta, bermain Inline Skate di TMII bisa jadi pilihan nih. Jadi ceritanya minggu lalu, saya dapet undangan untuk mencoba salah satu wahana di TMII yaitu Dunia Inline Skate. Karena temanya bermain dan boleh ngajak anak-anak, semangat dong ya. Kebetulan mereka sudah mulai libur sekolah. Meskipun Kaka Tazkia dan Sean sempet agak senewen, ceritanya kita pernah coba ice skating dan allhamdulillah berdiri aja susah ( mirip kan ya sepatu roda dan ice skating, pikir saya ) tapi akhirnya mereka semangat juga untuk ikut dan belajar sepatu roda anak.

Owner dan tim dari Dunia Inline Skate

Pukul 7 pagi saya dan anak-anak sudah berangkat menuju TMII, khawatir macet dan tidak datang tepat waktu saya memutuskan berangkat lebih awal. Benar saja, tol lingkar luar arah TMII merayap padat. Tapi allhamdulillah pukul setengah 9 saya sudah sampai di lokasi lebih cepat 30 menit dari undangannya, jangan khawatir kesulitan mencari wahana inline skate, karena Dunia Inline Skate berada di area kompleks Keong Mas yaitu area depan dari TMII jadi pasti mudah mencarinya. Kurang lebih pukul 10 acara di mulai. Sementara emak-emaknya berkenalan dan mendengar penjelasan apa sih Dunia Inline Skate dari ownernya langsung, yaitu mas Tomy Sugiarto @tomysugiarto dan istrinya Mba Fithri Widanarty @fithriw. Anak-anak sudah mulai masuk arena sepatu roda untuk diajarin oleh para instruktur, selama kurang lebih 30 menit di beri pelatihan singkat bagaimana belajar dasar-dasar bersepatu roda yang aman. Katanya dalam 30 menit mereka bisa bikin pemula sekalipun bisa berjalan di atas sepatu roda, wahh asyikk ya.

Hobi Baru Sean


          Hobi barunya bikin happy tinggal mengingatkan dia soal posisi membaca yang benar ;)

Kalau kaka Tazkia asyik baca buku atau komik saya gak akan heran, koleksi komik dan buku-buku kami di rumah adalah mayoritas buku bacaan kaka. Sejak kaka Tazkia SD minat bacanya memang lumayan besar, pilihan buku-bukunya juga beragam. Dari KKPK, enyd blyton, komik jepang sampai buku-buku cerita remaja islami. Meskipun hobi membacanya akhir-akhir ini agak berkurang sejak dia mulai keranjingan k-Pop dan drakor *lirik tante Icoel. Nah, akhir-akhir ini justru ada yang berbeda dengan putra bungsu saya Sean. Diawali dengan beberapa kali saya lihat setiap jelang tidur, sean selalu membaca komik-komik kakanya. Awalnya saya biarkan saja karena saya pikir mungkin dia sedang bosan dengan game atau laptopnya. Tapi ternyata kebiasaan membaca bukunya ini sekarang hampir tiap hari, setiap jelang tidur atau sedang bersantai di kamarnya dia pasti membaca komik. ( contoh komiknya, conan, doraemon, miko dll )

19/06/2015

Ayam Panggang Ramadhan


 Ayam panggang ala Irma Senja ;)

Bulan ramadhan sudah tiba, allhamdulillah dipertemukan kembali dengan bulan yang suci ini. Seperti biasa selain melaksanakan ibadah puasa, untuk ibu rumah tangga seperti saya adalah kewajiban menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur. Ada kebahagiaan tersendiri jika melihat keluarga apalagi anak-anak lahap menyantap makanan atau masakan hasil olahan sendiri. Dan untuk saya pribadi, memasak harus yang praktis kadang resepnya pun saya sesuaikan sesuai selera saya ;)

Untuk menu utama buka puasa di hari pertama, sesuai request Sean. Putra bungsu saya itu ingin di buatkan ayam panggang. Dan mumpung bubunnya lagi mood, maka di share deh disini resep ayam panggang ala-ala Nengnong yess ;)

Bahan-bahan :

- Ayam pejantan/kampung ukuran sedang 1 ekor potong 4 bagian
- bawang merah 5 siung
- bawang putih 3 siung
- kunyit 1 jari
- jahe seibu jari 
- lengkuas 1 ruas
- ketumbar setengah sendok teh
- kemiri 4 biji
- garam, gula merah sesuai selera
- daun salam, sereh dan daun jeruk

17/06/2015

Kado Untuk Anak Tercinta

Foto Pribadi 

Sekarang bulan Juni, itu artinya waktunya membeli kado atau hadiah ulang tahun untuk kedua buah hatiku tercinta, yang kebetulan keduanya sama-sama lahir di bulan ini. Sebenarnya memberi mereka hadiah bukan sebuah kewajiban dan keharusan, tapi karena hari kelahiran mereka adalah salah satu moment yang membahagiakan hidupku. Anggap saja hadiah ulang tahun atau syukuran kecil adalah sebagai bentuk rasa syukur pada Allah SWT karena mendapat karunia keturunan. Tidak harus ada perayaan mewah atau berlebihan, tidak juga membelikan mereka hadiah-hadiah mahal sekedar untuk gengsi atau memanjakan mereka secara berlebihan.

Biasanya kami hanya sama-sama berdoa, mengucapkan doa atau harapan untuk anak yang sedang berulang tahun. Dan untuk hadiah, saya selalu menyiapkan sih... tidak perlu barang mahal atau mewah, yang penting adalah anak-anak happy. Dan mengandung pesan atau nasihat, bisa juga reward untuk mereka. Sampai hari ini hadiah buat anak-anak belum di beli, padahal hari ultah mereka yang berdekatan tinggal menghitung hari. Nah ada beberapa tips untuk membeli kado ala aku untuk buah hati tercinta :

14/06/2015

Graduation Ceremony



Tanggal 13 juni 2015 kemarin lusa, kaka Tazkia di wisuda. Allhamdulillah kaka Taz lulus dengan nilai dan hasil nem yang baik. Entah ya orang tua yang lain, tapi mungkin karena kaka Tazkia adalah putri sulungku, menyaksikannya di wisuda kelulusan SMP dan menyadari anak kami sudah remaja dan sebentar lagi memasuki jenjang sekolah menengah atas membuat aku dan ayahnya terharu. Rasanya baru kemarin aku melahirkan dan membantunya berjalan, rasanya baru kemarin menemaninya di sekolah taman kanak-kanak. Waktu begitu cepat berlalu, sekarang usianya bulan juni ini genap 15 tahun. Lulus dari sekolah menengah pertama dan bersiap menuju sekolah menengah atas, rasanya haru sekaligus tidak percaya.

Graduation Ceremony sekolah kaka di laksanakan di salah satu hotel bintang empat Bekasi, yaitu shantika hotel premiere. Acara yang tepat dimulai pukul 8 pagi ini berjalan khidmat, tapi tetap santai dan menyenangkan. Dimulai dengan pembacaan ayat suci al-quran oleh salah satu orang guru, lalu bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya di susul sambutan dari kepala sekolah, setelah itu sambutan dari ketua yayasan. Lalu ceremony pelepasan siswa-siswi dengan memanggil satu demi satu siswa untuk naik ke atas panggung menerima medali dan buku tahunan.

12/06/2015

Karakter Penyuka Warna Hitam

 
 " Kenapa sih nenk suka banget pakai baju warna hitam ? suram tahu kelihatannya ? "

" Jangan pakai baju warna hitam terus, kamu kaya penyihir ... "

" Hitam lagi,... hitam lagi...gak ada lagi bajunya ? "

Hahaha,...kalimat di atas adalah beberapa komentar dari teman atau kerabat yang mungkin bosan melihatku memakai baju atau apapun berwarna hitam. Tapi begitulah, pergi ke mall pun...setiap melirik pakaian atau apapun, pasti yang menarik perhatian biasanya warna hitam yang pertama kali, setelah itu biasanya sadar... ya ampun kok hitam lagi, hitam lagi. Katanya hitam menggambarkan kesedihan, berbeda jika kita menggunakan warna yang lebih terang atau warna-warni, akan terlihat ceria dan bahagia. Benarkah demikian, kalau pemilihan warna menggambarkan karakter atau perasaan  seseorang ? entah ya... tapi aku coba browsing dan menyimpulkan dari beberapa sumber. Oh ya sebenarnya, warna favoriteku hitam dan putih tapi kali ini aku mau bahas warna hitam dulu deh yang lebih dominan.:D

Karakter penyuka warna hitam : 

10/06/2015

Agenda Liburan Anak-anak



Jreeennng,... lebih dari satu bulan sean dan kaka tazkia akan menjalani liburan sekolah. Meskipun liburan kali ini akan melewati bulan ramadhan, tetap saja liburan bagi keduanya adalah harus ada jalan-jalan, piknik, nonton di mall, kulineran, dan hal-hal lainnya yang bisa dibilang mengisi waktu berlibur mereka tapi judulnya bersenang-senang *keukeupin dompet*

Sebagai ibu RT yang bijak saya harus menyiasati donk nih, liburan ditengah-tengah masa tahun ajaran baru yang jelas-jelas sedang membutuhkan biaya yang cukup besar, bulan ramadhan dan idul fitri yang juga tak kalah penting dan membutuhkan budget khusus. Nah bagaimana caranya agar liburan anak-anak tetap menyenangkan bagi keduanya, dan mengisinya dengan hal-hal bermanfaat.

Sebenarnya sudah ada beberapa list yang saya buat nih untuk rencana mengisi waktu liburan mereka, tapi karena kaka Taz dan Sean sudah bukan balita lagi saya udah gak bisa 'sakarepku dewek' menentukan rencana liburan keduanya. Tapi asyiknya karena mereka sudah besar, saya sudah bisa mengajak mereka untuk berdiskusi kemana dan ngapain aja mereka ingin waktu liburannya dihabiskan. Meskipun banyak list yang saya buat mental dan didelete begitu saja sama mereka. Yayayaaa....karena kesepakatan awal sudah mengajak mereka berdiskusi, bundanya harus banyak mengalah tapi tetap mencoba memberi pengertian.

09/06/2015

Hadiah Giveaway dari Bunda Salfa

Hadiah Giveaway Bunda Salfa 

Allhamdulillah, di saat butuh buku bacaan baru dapet kiriman cantik paket buku dari salah satu sahabat blogger bunda Salfa, atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan emak Amma Chemist :)

Ceritanya saya ikutan Giveaway yang diadakan bunda Salfa,beberapa bulan lalu...karena tema GA nya mengingatkan aku pada salah satu moment penting dalam hidup, maka dengan penuh semangat aku ikutan donk ya. Saking semangatnya nulis dan tsurhat, sampe lupa aturan dari giveaway nya yaitu maksimal tulisan tidak lebih dari 500 kata. Dan aku menulis hampir 1300 kata :)))

04/06/2015

Say No to Kanker Kolon


Foto bulan Oktober 2014 lalu di RS *minta susternya fotoin :)))

Dua hari yang lalu saya kedatangan tamu di rumah, seorang adik kelas bersama suaminya dari kota kuningan cirebon. Kebetulan mereka sedang berkunjung ke Jakarta dalam rangka menjalani pengobatan suami adik kelas saya yang sedang sakit. Vonis dokter yang sama seperti yang pernah saya terima bertahun yang lalu. kanker kolon...Kami berbincang banyak hal, khususnya mengenai penyakit yang saat ini sedang di derita suami dari adik kelas saya tersebut. Dan beliau baru saja menjalani operasi pengangkatan kanker pada usus dan colostomy/ pembuatan lubang anus sementara didinding perut. MasyaAllah,... semoga dikuatkan, amiin.

Sebagai seseorang yang pernah menderita penyakit yang sama, saya mencoba berbagi...tentang apa saja yang saya jalani. Pengobatan apa saja dan diet apa saja, hingga saya bisa kembali sembuh seperti saat ini. Sangat di sayangkan kasus dari suami adik kelas saya ini kankernya sudah bermetastase ke hepar/hati. Saya sungguh-sungguh berdoa untuk kesembuhannya, dan untuk adik kelas saya...sahabat ku yang kuat yaa, dampingi suamimu dengan ikhlas... insyaallah jadi ladang pahala buatmu *peluk.

Jadi kalo denger cerita dari suami teman saya itu dan pengalaman pribadi, penyebab dari kanker kolon adalah pola makan dan pola hidup yang salah. Kami sama-sama penyuka junk food atau fast food, hobi mengkonsumsi makanan yang di bakar seperti sate atau ikan bakar. Gorengan, mie instant, dan anti olah raga ( ini dulu yaaa, jaman hidup gak sehat ). Dan untuk suami teman saya itu, dia selalu begadang...tidur dini hari dan bangun siang, perokok berat, dan stress tinggi pekerjaan. Nahh,... dengan gaya hidup seperti itu, gak heran kanker menyapa kami.