29/07/2015

Tips supaya si Mpok betah


 Ngomong-ngomong si Mpok sering juga ya mejeng di blogku Mpok :)))

Membaca status-status teman di sosial media dan bbm, ikut prihatin karena sehabis lebaran ini banyak yang jadi korban PHP. Bukan korban di php in gebetan, suami, atau pacar yaa... ternyata mereka di PHP in para asisten rumah tangga xixixi. Yang janji bakal balik lagi sehabis lebaran dan mudik, ehh janji manis doang karena mereka gak balik lagi. Pake nyisain baju di rumah majikan pula supaya kesannya akan balik lagi, padahal itu baju-baju yang memang udah gak di pake ckckckk.

Beneran prihatin deh, apalagi untuk teman-teman yang seorang ibu sekaligus wanita pekerja/karier di php-in gini pasti bikin kepala pusing dan galau abis. Pengalaman adik saya yang juga wanita karier dan bergantung banget sama ART  juga bikin saya ngelus dada. Udahlah ART nya lebih galak dari nyonyanya, sok jual mahal juga biar di naikin gaji trus.

Allhamdulillah nih meski di rumah ada ART, saya gak kebagian di php in seperti teman dan adik saya. Sehabis lebaran, saat saya balik ke kota si Mpok yang menjadi asisten rumah tangga di rumah malah udah dateng duluan untuk bersih-bersih supaya saat saya pulang dari mudik rumah rapih dan bersih. Habis lebaran tahun ini, si Mpok genap 11 tahun bekerja di rumah. Allhamdulillah ya Mpok, sesuatu *siapin bonus buat Mpok*

27/07/2015

Abaya dari Papa

Abaya adalah Busana wanita muslim berbentuk jubah panjang berwarna hitam, yang biasa dipakai oleh wanita muslim di Arab saudi. Abaya menurut beberapa pendapat sudah ada sejak 4 ribu tahun lalu. Abaya digunakan untuk menutupi lekuk tubuh wanita muslim supaya terhindar dari pandangan buruk. Kini Abaya sudah banyak di modifikasi, baik bahan maupun variasi. Wanita arab biasanya melengkapinya dengan cadar.


Beberapa bulan lalu papa berangkat umroh, salah satu oleh-oleh yang saya terima dari Papa adalah Abaya. Saat menerimanya saya sempet bingung, mau di pake kemana baju jubah hitam begini. Meski saya suka warna atau baju hitam tapi kalau berbentuk jubah/gamis panjang gini ya bingung juga makenya kemana. ( padahal kemana pun bisa di pake, belum niat aja kayanya ) *_*

Mudik kemarin saat adik saya pakai Abaya pemberian Papa, Papa tiba-tiba nyeletuk " Abayamu gak di pake nenk ? gak suka ya ...? " 
Duhh rasanya gimana gitu ya, merasa bersalah karena membuat Papa sampai berfikit begitu. Papa membelikan ketiga anak perempuannya plus Mama masing-masing Abaya, dan dua adik saya malah udah dipakai. Saya merespont dengan suka cita saja tidak hikss....  Akhirnya, saat Mama bilang " Coba pakai nih abaya punya mama, punya nenk gak di bawakan ? Papa pengen lihat kali nenk pakai abaya yang Papa bawa kemarin " 

24/07/2015

Home Peeling



Peeling wajah dalam dunia kecantikan adalah salah satu therapi atau pengobatan yang biasanya di lakukan pada pasien yang kulit wajahnya sudah mulai timbul masalah/penuaan. Jadi untuk remaja sih sebenarnya gak di sarankan, kecuali yang wajahnya memang bermasalah seperti jerawatan. Gunanya untuk menghilangkan bekas jerawatnya. Karena untuk remaja regenerasi kulit alaminya masih bagus, kalo gak penting banget ngapain di peeling.

Peeling pada wajah dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, meregenerasi kulit, mencerahkan dan mengecilkan pori-pori kulit. Peeling pada klinik kecantikan ada beberapa macam, dan sampai hari ini saya belum berani untuk melakukan peeling di klinik kecantikan. Masih galau aja, ngebayangin wajah kita diolesin cairan kimiawi yang akan mengangkat kulit mati dan meregenerasi kulit kita dengan kulit baru. Lalu aturan setelah peeling yang katanya gak boleh beraktifitas diluar ruangan selama dua atau tiga hari, pernah lihat wajah teman yang habis peeling kok merah-merah gituh. Gak boleh kena paparan sinar matahari dll, akhh repot makanya sakses jaya saya belum pernah peeling meski saya rutin melakukan konsultasi dokter dan menggunakan produk sebuah klinik kecantikan.

20/07/2015

Mudik Melewati Tol Cipali

Tol Cipali yang lurus dan panjang

Mudik lebaran tahun ini, untuk pertama kalinya kami melintasi tol yang baru diresmikan sebulan lalu, tol Cipali ( Cikopo Palimanan ) . Dengan harapan perjalanan mudik kali ini tidak harus mengalami kemacetan hingga berjam-jam seperti tahun-tahun sebelumnya. Sepertinya di bangunnya jalur tol ini, salah satunya untuk mengurai kemacetan setiap mudik lebaran dimana volume kendaraan dari tahun ke tahun semakin bertambah. Tol yang terbentang sepanjang 116,75 km adalah tol terpanjang se Indonesia. Tol yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta, Palimanan, dan Cirebon adalah terusan dari tol Jakarta - Cikampek. Sekaligus jalan tol trans jawa yang akan menghubungkan hingga ke jawa timur. Wawww,...luar biasa panjang sekali ya tol Cipali ini.

Jalur mudik yang akan kami lalui melewati tol bekasi barat, cikampek dan keluar gerbang tol Ciperna di kota Cirebon, kota kelahiran saya. Menyimak berita-berita di televisi tentang Tol Cipali ini, agak deg-degan sih... tol dengan jalur lurus ini seringkali melenakan para pengemudi karena jalanan yang lurus dan lengang, membuat pengemudi keasyikan tancap gas trus. Dilalahnya mudik kemarin ternyata pas puncaknya arus mudik, jadi sakses menikmati kemacetan ketika jelang gerbang tol Palimanan. Merayap hingga puluhan kilo jelang keluar tol palimanan karena tumpukan kendaraan.

15/07/2015

Oleh-oleh Lebaran Dari Dapur Sendiri

 Rendang dan semur daging untuk oleh-oleh

Packing baju udah, service mobil udah, apa lagi ya untuk persiapan mudik ?
Yess, oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Nah bagian ini juga suka agak ribet sih, maunya bawa mentahnya aja gitu alias kartu ATM jadi praktis kan ya. Tapi apa daya, kebiasaan orang tua kayanya deh ya yang kata orang sunda kalo bisa ' ulah lengoh' katanya alias jangan cuma bawa tangan kosong. Bawalah buah tangan meski hanya kue kering atau buah-buah ^_^

Sebenarnya saya gak terlalu telaten urusan ginian, dulu sih cuex aja. Saya pikir lebih praktis bawa uang saku yang banyak trus tinggal di kampung kita berusaha nyenengin keluarga di sana xixixi. Tapi gak bisa cuex gitu ternyata kalau sudah beranak pinak ya :))). Khusus untuk oleh-oleh lebaran biasanya saya beliin baju lebaran untuk mama sama papa dan keponakan yang masih kecil-kecil. Nah untuk oleh-oleh makanannya setiap mudik lebaran saya bawa masakan rendang daging selain bawa kue-kue. Iya,... saya masak rendang sebelum mudik, biasanya untuk di rumah mertua 3 kg, begitu juga untuk di rumah mama saya 3 kg. Kebetulan mama gak pernah bikin rendang saat lebaran, itu ide awalnya kenapa saya masakin rendang untuk lebaran. #anakrajin #emakrajin #terpaksarajinmalusamakakakipar :)))

13/07/2015

Mudik Asyik Tanpa Koper yang Kepenuhan

 Packing Yuk,... 

Akhirnya bertemu kembali dengan waktunya MUDIK, yup tradisi tahunan ala orang Indonesia. Iya kan ya, mudik cuma kebiasaan orang indonesiakan ? xoxoxoo...
Dan salah satu yang harus dilakukan sebelum mudik selain prepare oleh-oleh, cek kendaraan ke bengkel ya packing baju-baju deh. Sejujurnya ini adalah salah satu kegiatan yang bukan favorite saya. Saya gak pernah sakses kalau urusan packing. Selalunya, ada aja yang kelupaan atau kelebihan, seringnya kelebihan barang bawaan. Kadang baju atau celana yang gak harus di bawa, eh malah di bawa. Yang penting untuk di bawa, malah ketinggalan :))))

Ini sih tips yang saya buat untuk diri saya sendiri untuk mudik tahun ini, semoga PAS yaa...gak kelebihan baju, gak cuma menuh-menuhin Koper doang seperti tahun-tahun sebelumnya :p
Kalau temen-temen ada yang punya problem sama, boleh diintips tipsnya ^_^

10/07/2015

Baju Koko Untuk Sean


Sean dengan baju kokonya yang lama sepulang pesantren ramadhan kemarin lusa di sekolahnya, mohon maaf kalo dia pelit kasih liat mukanya, mood nya suka jual mahal kalau di foto :)))

Hari ini di sela waktu jemput kaka dan Sean, saya melipir ke mall deket rumah. Gegaranya pagi-pagi Sean minta di beliin baju koko untuk sholat idul fitri, tumben bujangan kecil minta di beliin baju koko biasanya cuma minta kemeja dan tshirt. Katanya baju-baju kokonya sudah mulai sempit dan gak nyaman. Dilalahnya di mall ternyata agak susah juga mencari baju koko untuk anak seumuran Sean. Di gerai untuk anak-anak, ukuran badannya sudah nanggung, gak ada yang pas...kekecilan. Tapi di ukuran dewasa juga masih sedikit longgar, bisa sih maksa pakai ukuran S tapi motif baju koko dewasa cenderung tua-tua. Gak mau akhh, masa anak kelas 6 SD baju kokonya model abah-abah.

Mungkin kalau nyarinya di pusat grosir baju muslim atau toko online akan banyak pilihan kali yaa, tapi apa daya kaki berat melangkah menuju pusat grosir di jakarta sanah. Dan udah mepet juga ke waktu mudik lebaran. Ngebayangin orang bejubelnya yang pada belanja aja di bulan ramadhan ini, udah lemes duluan *elap keringet. Kok ya keingetan baju koko ayahnya tapi lupa jauh-jauh hari beliin baju koko buat Sean.

09/07/2015

Puisi Cinta


Hai kamu yang selalu menjadi alasan pagi siang dan malam ku
Warna dari keheningan pagi dan gemerlapnya gulita ku.
Meski udara begitu terik, slalu kutemukan alasan menemukanmu
Meski separuh jalan atau sepanjang waktu.

Bagimu aku adalah keniscayaan,..
ketidak mungkinan yang kau cari dan akhirnya kau temukan.
Meyakini Dia memberikan jawaban dari setiap penantian
Bagimu aku adalah impian,...Yang hening dalam doa-doa sederhana.

Kamu pernah bilang, aku adalah sekeping asa yang terus kau dekap 
Lintasan yang terus kau hidupkan, angan yang terus kau kembangkan.
Rindu yang selalu kau nyanyikan, harapan yang selalu kau langitkan.
Entah jika itu semu atau bisu, aku ada di setiap detak jantung dan irama nafasmu.

07/07/2015

Ketika Kegelisahan Menyapa


 " Jangan bengong Nenk,... " :p

Shalat menjadi saat paling intim dalam beribadah di bulan ramadhan kali ini, di saat shalat  saya merasa begitu tenang dan hati begitu lemah lembut. Fisik yang sedang didera haus dan lapar membuat penghambaan kita kepada Alloh terasa lebih luruh. Memohon ampunan dosa, adalah doa yang utama yang terus saya panjatkan. Betapa tidak terhitung dosa-dosa selama ini, tapi tetaplah berprasangka bahwa Alloh Maha Pemberi maaf yang begitu luas.

Sebagai manusia biasa, keimanan kita selalu naik dan turun... dan ramadhan membuat hati kita lebih banyak mengingat Alloh, lebih banyak berfikir tentang ibadah dan amalan-amalan yang bisa kita lakukan di bulan ini. Tapi sebagai manusia biasa juga tidak luput dari godaan. Ada saat-saat tertentu di mana godaan terbesar datang justru dari dalam hati kita sendiri.

Kesendirian, dan waktu luang menjadi musuh terbesar kedamaian hati. Itu sebabnya islam menganjurkan kita untuk melakukan banyak kegiatan positif, menghindari melamun dan bermuram durja karena waktu luang dan kesendirian adalah teman dari kegelisahan dan kehampaan. Itu yang sering saya alami, banyak waktu luang yang saya habiskan seorang diri. Saat itu biasanya berbagai macam pikiran dan perasaan datang berkecamuk di dalam hati. Berfikir begitu jauh, merasakan hal-hal yang sejatinya diabaikan. Mengkhawtirkan masa depan,...menyesali masa lalu, Membuat hati resah dan menghadirkan kegelisahan-kegelisahan yang tak beralasan.

Ketika kegelisahan datang, maka lakukan hal ini..

05/07/2015

ASUS Powerbank ZenPower si mini dengan kapasitas raksasa

Entah sibuk atau sok sibuk, tapi beginilah hari-hari saya. Status sebagai ibu rumah tangga, dengan dua orang anak yang full saya dampingi kesehariannya kemana pun mereka beraktifitas membuat saya lebih sering beraktifitas di luar rumah. Dari jadwal si kaka lanjut jadwal adiknya, belum lagi aktifitas saya sebagai makmin komunitas KEB merangkap blogger membuat saya lebih sering bermesraan dengan gadget. Rempong yaaa,... tapi jangan salah, meski sok sibuk komunikasi dengan orang-orang tercintah saat saya beraktifitas di luar rumah tetap saya jaga, dan lagi-lagi gadget yang menjadi jembatannya. Drama deh kalau tetiba saya gak bisa dihubungin karena lowbat. Sebenarnya akhir-akhir ini handphone saya juga uring-uringan trus, mungkin dia lelah...entah yaa. Kalau nge charge butuh waktu lamaaa. Trus problem lainnya, power bank saya yang segede gaban itu gak bisa di pake nge charge lagi, entah kenapa padahal belum terlalu lama juga saya beli. Kok gak awet ya, jangan-jangan itu power bank abal-abal meskipun merknya sih ternama. Akhirnya beberapa kali datang ke acara saya terpaksa pinjem power bank temen ( duh gak enak banget ) atau maksa nyari colokan listrik dan diem di pojokan nungguin nge cas, asli bete.

Cara lainnya kalau lagi beraktifitas diluar hp saya low bat ya diem di mobil dulu beberapa lama sambil numpang nge cas pake charger mobil. Nyampe sekolah kaka di cabut, berangkat lagi ke tempat les sean di colokin lagi, turun di supermarket di lepas lagi, masuk mobil colokin lagi karena lama banget fullnya, ini bisa bikin handphone saya cepet rusak juga kan. Akhirnya karena jelang mudik juga saya udah niatin tuh mau beli power bank baru, melakukan bepergian jauh dan menyangkut tanggung jawab pekerjaan gak enak kalau harus telat2 balas email atau respont pesan whatsapp makmin lainnya gegara hp lowbat. Tapi sebelum beli saya malah menerima kiriman paket, taraaaaa..... powerbank ASUS ZenPower 10050 mAh. #Girangbukankepalang #AsyikGakUsahbeli

Sebagai blogger yang gak terlalu melek 'daleman'nya teknologi/gadget dan cuma tahu pakenya aja, ini review saya tentang ASUS powerbank ZenPower 10050 mAh. 
 

04/07/2015

Tips Belanja Lebaran ala-ala Irma Senja

*Kebiasaan buruk, gak bisa liat kaca nganggur di mall* :D
Lebaran tinggal dua minggu lagi, apa yang sudah disiapkan oleh sahabat blogger untuk menyambut hari yang fitri ? yang jago bikin kue pasti udah mulai baking ya ? yang mau mudik pasti sudah menyiapkan tiket untuk berlebaran bersama keluarga dikampung halaman jauh-jauh hari dong. Untuk yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, mobilnya sudah di ceki-ceki kan ? atau di bawa ke bengkel untuk tune up supaya saat mudik nanti kendaraan sudah siap dan prima.

Dan Belanja adalah kegiatan yang pasti di lakukan oleh sahabat blogger nih jelang hari raya, ditahun-tahun yang lalu cieeeee.... heuheuu, saya pernah mengalami masa-masa suram alias belanja membabi buta tanpa perhitungan. Belanja secara spontan, bawa duit banyak plus bawa ATM lalu ke mall dan pulangnya bete plus gigit jari karena kadang kala jadi belanja yang sebenarnya gak kita butuhkan. Atau belanja melebihi budget, atau jadi korban diskon. Pernah juga pusing dan mual karena belanja saat berpuasa, akhirnya muntah dan batal. Duhhh sayang bangetkan ?? itu masa-masa saat belum dewasa sebagai emak tuh mak xixixii. Tapi itu yang membuat saya belajar, sekarang inshaallah sudah jauh lebih bijak*cmiiwww

Inih tips belanja hari raya yang saya terapkan ke diri sendiri, mungkin ada manfaatnya juga buat teman-teman. Atau ada temen-temen yang mau share juga tips belanja okenya ? yuk...sinih :

01/07/2015

Selamat menempuh hari-hari di SMA, Kaka ...



Allhamdulillah,...

Kaka Tazkia sudah diterima di salah satu SMAN di kota tempat kami tinggal. Beberapa minggu ini dag-dig-dug mengurus keperluan sekolah kaka. Untuk pertama kalinya ikut ppdb online, pertama kalinya juga mendaftar dan ngurusin sekolah di sekolah negri. Biasanya daftar sekolah diterima langsung di ruang guru/kepala sekolah, semua sudah siap, bayar lalu masuk sekolah. Sekarang bolak-balik ngantri, meskipun langsung kipas-kipas pake duit karena ternyata sekolahnya haratis... serius ?? gak bayar SPP ? *bahagianya emak-emak yang tadinya disekolah swasta bayar lebih dari sejuta perbulan buat sekolah trus sekarang gratis*  *budget shoping nabung nambah* qkqkqkk
( Alasan kenapa masuk sekolah negri, nanti di tsurhat selanjutnya )

Keriweuhan ngurusin sekolah ini, sempat di warnai juga sama hubby yang keukeuh anaknya masuk sekolah negri dekat rumah. Sayangnya kaka tereliminasi saat ppdb online, dilalahnya ada yang nawarin lewat jalur khusus/zonasi tapi anaknya ogah dan keukeuh gak mau. Ayahnya trus melobby ibunya supaya anaknya dibujuk, tapi mana tega ibunya maksain kehendak sama anaknya. Paham juga sih kenapa ayahnya keukeuh di SMA ituh, supaya ibunya gak cape anter jemput katanya karena SMA yang sekarang lumayan jauh. Secara hubby juga gak mau anaknya naik angkot dan gak ngasih ijin naik sepeda motor. Jadi kontrak anter jemput anak diperpanjang 3 tahun lagi. Kalau begitu kedepan saya mau buat komunitas macan ternak saja... mama-mama cantik anter jemput anak :)))