11/01/2016

Mengubah kebiasaan dari putih ke merah ( Manfaat Beras Merah )


 Nasi goreng beras merah ;)

Mengubah kebiasaan yang sudah di lakukan bertahun-tahun memang awalnya tidak mudah, seperti mengubah kebiasaan dari makan nasi putih ke nasi beras merah. Karena alasan kesehatan, saya memutuskan mengganti beras putih ke beras merah. Hubby sih gak komplain, belio tahu bahwa beras merah lebih baik untuk kesehatannya. Komplain datang dari anak-anak terutama Sean, dia gak suka dan awalnya makannya sedikiitt dan sekedarnya saja. Tapi itu awalnya, sekarang mereka sudah mau makan nasi beras merah. Wajahnya Sean masih merengut sesekali, tapi sudah mau makan seperti biasa sekarang ini. Ibunya gak bisa kompromi kalau soal beginian :))).

Bukan tanpa alasan mengubah kebiasaan makan nasi beras putih ke nasi beras merah, sudah jelas nasi putih lebih enak di banding nasi beras merah. Tapi karena beras merah memiliki banyak banget manfaatnya untuk kesehatan di banding beras putih biasa, ya akhirnya membiasakan deh mengubah kebiasaan dari putih ke merah.

Manfaat mengkonsumsi beras merah :


- Beras merah bagus untuk membantu menurunkan berat badan, menjaga berat badan tetap stabil. Kandungan kalori pada beras merah jauh lebih sedikit di banding beras putih biasa. Karbohidrat kompleks yang ada beras merah mampu mensuplai energi sehingga kita tidak cepat merasa lapar. Jadi untuk yang menjalankan program diet, boleh mengganti nasi biasanya dengan nasi beras merah.
- Bagus untuk pencernaan, kita tahu bahwa pencernaan kita sangat membutuhkan asupan serat yang cukup. Apalagi untuk saya, yang harus selalu concern pada kesehatan usus besar. Serat menjadi salah satu kebutuhan wajib yang harus dipenuhi setiap hari. Nah, ternyata beras merah memiliki serat yang cukup tinggi yang bagus untuk kesehatan pencernaan.
- Menurunkan kadar LDL ( kolesterol jahat ) dan meningkatkan HDL ( Kolesterol baik ). Kebetulan hubby memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan kolesterol LDL nya yang cukup tinggi. Jadi mengkonsumsi beras merah memang nggak bisa di tawar lagi untuk hubby.
- Meski di rumah tidak ada yang memiliki masalah dengan kadar gula atau diabetes, tapi mencegah lebih baik. Beras merah memiliki kadar glukosa yang lebih rendah di banding beras putih biasa.
- Sumber antioksidan, beras merah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik sehingga bagus untuk menangkal radikal bebas.
- Membantu menjaga kesehatan tulang, beras merah memiliki kandungan nutrisi magnesium yang cukup tinggi jadi bagus untuk kesehatan tulang dan gigi.
- Dapat membantu mencegah kanker, ini salah satu manfaat yang penting banget untuk saya sebagai survivor kanker usus besar. Selenium dan polifenol yang ada pada beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Serat yang tinggi juga antioksidan yang ada pada beras merah mampu mencegah radikal bebas, salah satu yang memicu kanker jenis apapun.

Tips memasak beras merah : 

- Nasi beras merah lebih 'seret' di tenggorokan jika di banding nasi putih biasa. Lebih padat dan lebih cepat membuat perut kenyang. Pernah masak nasi beras merah tanpa campuran, ternyata terasa 'seret' banget di telan. Untuk ngakalinnya saya campur dengan beras putih, tapi dengan perbandingan lebih banyak beras merahnya. Taruh beras merah, misalnya 5 liter beras merah lalu campurkan 2 liter beras putih di satu tempat penyimpanan. Aduk dan nanti saat akan masak nasi, tinggal ambil saja sesuai keperluan kita.

Mengubah kebiasaan memang nggak mudah, tapi kalau ada pilihan dengan manfaat lebih banyak ya kenapa nggak ya maks :) 



26 comments:

  1. sepertinya saya harus mencoba ini. Penting banged untuk kesehatan

    ReplyDelete
  2. Wah makasih tips mencampur beras merah & putihnya ya Mak. Selama ini saya bingung sama takarannya heheheh

    ReplyDelete
  3. beras merah memang lebih bagus utk kesehatan y mba, saya pernah nyoba makan pake nasi merah tapi gak bertahan lama :(

    ReplyDelete
  4. Bismillah, pengen mencoba beralih ke beras merah nih mba..nuhun tipsnya ya...

    ReplyDelete
  5. beras yg coklat jg bagus, istilahnya wholewheat, jd blm dipoles kyk beras putih. lbh bnyk serat tapi gak sekeras beras merah klo matang

    ReplyDelete
  6. jujur sih kalo saya mah g pernah makan beras merah
    beras putih juga sama

    ReplyDelete
  7. kemarin2 sempat beli beras merah organik..liat postingan ini jadi pengen terusin lagi kebiasaan sehatnya

    ReplyDelete
  8. beras hitam juga bagus lho. konon kabarnya itu makanan buat para raja

    ReplyDelete
  9. aku juga dicampur makannya.. tapi beras merah dan beras coklat..

    ReplyDelete
  10. Pernah nyoba tapi gagal. Ga cocok ma lidah :-D

    ReplyDelete
  11. Aku pengen nih nyoba mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pokok sehari2.. Udah cukup umur nih.. dah mulai mikir utk menjaga kesehatan dgn cara memperhatikan pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat seperti beras merah ini..

    ReplyDelete
  12. Penting tuh poin no 1, bantu yang mau kuyusan hahahaha

    ReplyDelete
  13. wah dah pernah nyoba dulu, tapi cuma bisa 2 mingguan, karena rasanya kurang ..makanya balik ke putih :)

    ReplyDelete
  14. Ohhh masih dicampur ya mak ir?
    Kalo aku pernah nyoba, trus udahan, susah ngebersihin rice cookernya. Kalo uap beras merah, kotor gitu kelihatannya dibanding nasi biasa :-)

    ReplyDelete
  15. nasi goreng beras merah..wah ini baru luar biasa, makanya kok pertama lihat gambar paling atas teksturnya biasa, ternyata setelah baca hheeh

    ReplyDelete
  16. Saya juga mengkonsumsi beras merah Mak, tapi kebetulan berasnya hasil panen temen dan pulen sekali, jadi gak berasa seret walau yang dimasak beras merah semua . Malah rasanya lebih enak dari beras putih organik yang kami biasa konsumsi, mungkin karena panenan baru ya :)

    ReplyDelete
  17. Dulu aku pas hamil Mbak pake beras merah, karena keras sekarang gak lagi haha.. selain itu harganya juga lebih mahalll :D

    Lama gak ketemuuu.. blogwalking lagi aku :D

    ReplyDelete
  18. beras merah itu lebih baik untuk penderita penyakit gula nih, saya juga sering mengkonsumsinya hehe... makasih tulisannya mbak irma.

    mampir ke blog ku ya resep perkedel jagung manis yang paling mudah dibuat.

    ReplyDelete
  19. Udah ngurangin makan nasi. Bukan diet banget sih, kalau lapar ganti roti. Gatau ya, dari dulu memang lebih suka roti drpd nasi. Seharusnya aku lahir di yurep.

    ReplyDelete
  20. Saya dulu pernah nyoba, tapi masaknya jadi dua macam. Merah untuk saya, putih untuk suami dan anak-anak.
    Baca ini jadi kepikiran buat beli ricecooker kecil buat saya hehehe...

    ReplyDelete
  21. Boleh juga tuh mba ide nya, dicampur beras putih juga, jadi pas mau masak udah tinggal nakar aja.. Btw aku emmang gak suka beras merah nih.. Pengen move on sih ke beras merah, tapi takut gak ketelen hehehhe.. Sehat itu seret ya mba..

    ReplyDelete
  22. Oooh, jadi masaknya dicampur beras putih ya, Mak? Baru tahu. :)

    ReplyDelete
  23. Aku beberapa kali makan nasi merah ini tapi rasa nya kok aneh dan ngerasa ngak cocok di padu ama lauk pauk yg aku suka

    ReplyDelete
  24. Baru yau kalo beras merah bisa dijadikan nasi goreng. Tapi enak atau gak ya? hehe

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)