20/02/2016

Gampang pilek ? bisa jadi karena imun sedang menurun




" Tuhkan ketularan pilek jadinya,... "

* Saya sibuk mengelap hidung dengan tissu, berkali-kali batuk, bersin, suara serak, mata sembab, muka pucat dan kuyu, ogah senyum maunya manyun* :)))

Komentar sahabat saya ketika tahu saya akhirnya tumbang juga karena flu, beberapa hari sebelumnya saat teman saya sedang flu kami bertemu dan lunch bareng dia sempat mencemaskan saya karena khawatir saya tertular. Saat itu saya jawab, saya kuat nggak mungkin tertular oleh flu... dan nyatanya, saya flu :))). Tapi sebenarnya saya kena flu bukan karena sahabat saya loh, bisa jadi karena imun tubuh saya memang sedang rendah belakangan ini. Ditambah cuaca pancaroba yang sedang nggak bagus untuk tubuh.

Kekebalan tubuh yang sedang menurun membuat kita mudah sakit. Ada beberapa tanda yang mengindikasikan imun kita sedang tidak bagus. Cek yuk...kalau kita mengalami beberapa hal di bawah ini.

1. Mudah sakit
Mudah sakit adalah salah satu pertanda kalau imun kita sedang menurun, tubuh kita mudah terjangkit virus yang berkembang di sekitar kita. Ada keluarga yang kena flu, kita tertular. Ada kerabat yang batuk, besoknya kita ikut-ikut batuk.
2. Stamina lemah
Naik tangga sedikit udah ngos-ngosan, seharian nggak beraktifitas berat tapi tubuh terasa lemah dan lesu. Ini tanda imun kita sedang menurun.
3. Gampang stress
Menurut saya kalau imunitas menurun, berimbas pada kesehatan mental. Mudah stress, mudah panik, cepat kesal. Atau karena sedang banyak pikiran jadi gampang sakit ? heuheuu...entah ya.
4. Mengkonsumsi banyak gula. Maunya melipir trus ke kedai kopi, dan ngemil yang manis-manis. Mengkonsumsi gula atau makanan/minuman yang manis-manis melemahkan respon sel darah putih. Dan mengkonsumsi gula lebih dari 100 gram sehari akan membuat tubuh sulit melawan kuman dan virus. Akibatnya imun menurun dan gampang sakit.

Belakangan saya juga gelisah saat tidur, udara kamar ber AC bukan membuat saya pulas tidur, malah mengigil dan harus berbungkus selimut tebal. Bisa di pastikan kurangnya istirahat akan mempengaruhi kesehatan kita. Flu kali ini lumayan berat, dan sayangnya meski di dera flu saya tetap harus beraktifitas seperti biasa. Itu sebabnya agak bandel flunya, sudah menyerang tenggorokan dan akhirnya batuk juga. Sakit kepala menerus, tapi nggak ada ceritanya karena demam dan pilek trus tidur cantik seharian di rumah. Anak-anak apa kabarnya kalau bundanya terkapar yess ;)

Jadi saya coba banyak makan buah, minum obat penghilang sakit kepala tapi menghindari antibiotik. Karena sekali lagi flu atau pilek nggak butuh antibiotik. Cukup tingkatkan imun dan banyakin istirahat plus konsumsi makanan sehat. Nah, teman-teman ada yang mengalami beberapa ciri di atas ? itu mungkin karena imun sedang menurun, buruan tingkatkan imunitas ^_^

28 comments:

  1. Minggu2 kemarin aku juga sempat kena flu dan demam panas, ya dalam cuaca pancaroba ini kita mesti pinter-pinter menjaga tubuh biar nggak gampang terkena sakit. Asupan vitamin juga perlu ya bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa gampang gituh ya kak, bukannya kakak juga menyediakan imun pilek di blognya? :)

      Delete
    2. Wida : ini lg parah2nya wid... flu beratt :(

      Delete
    3. Cilembu : hahahaa... cuaca kang :p

      Delete
  2. Jaga pola makan dan istirihat yang banyak, minum air putih yang banyak.

    ReplyDelete
  3. Syafakillah ya mb Irma...saya juga menghindari antibiotik dan meminimalisir obat2an kimia, kalo batuk pilek atau flu biasanya minum jahe hangat dengan madu saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... bertahan ga ke dokter. Byk mkn buah dan vit c plus istirahat nih :)

      Delete
  4. untungnya saya mah sedikit bandel dengan yang namanya pilek, nah tuh artinya imun saya kuat ya kak?

    ReplyDelete
  5. kalau saya biasanya, jika tanda-tanda udah sering bersin-bersin, saya langsung minum jahe hangat atau obat mbak.

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat minggu kemarin, aku sama Arya gantian flu. Duh, akunya kurang istirahat, ketularan deh sama Arya.

    ReplyDelete
  7. aku kalau galau aja neng jadi rada nurun imunnya :P *kabur*

    ReplyDelete
  8. Biar lagi pilek tetep gaya foto model ya hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... sbnrnya itu di parkiran nunggu anak2 plg sklh, pusing trus jok mobil di rebahin mil sambil cekot2 tuh pala :)))

      Delete
  9. cepat pulih mbak say....iya musim tak menentu bikin cekot2 dan pilek kadang...

    ReplyDelete
  10. Minum stimuno wahahahaha.. buat anak-anak ya #ngawur.. Istritrahat Mbak, lekas baikan yaaa.. :)

    ReplyDelete
  11. sekarang ada loh injection untuk anti flu. jadi ke klinik aja. minta disuntik anti flu. ntar tubuh kita dalam 1 tahun bisa tahan flu

    ReplyDelete
  12. cuacanya juga lagi dingin terus ya sekarang

    ReplyDelete
  13. Wah modelnya di artikelnya si teteh euy :p

    ReplyDelete
  14. Kalo di luar negeri, biasanya kita divaksin loh.

    ReplyDelete
  15. kalau aku di sini biasanya karena cuaca yang drop memang mak..

    ReplyDelete
  16. Kalau flu saya uda selalu mbak. Saya alergi debu. Jadi klw uda flu slalu mnum obat. Klw gk bisa bersin yerus tnpa hnti & bikin saya gk sggup kerja. Menyiksa sekali lo. :(

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)