12/02/2016

Tumis Tauge Jambal Roti

tumis tauge jambal roti

Liburan ke Carita minggu lalu ceritanya beli ikan asin jambal roti, selain buat oleh-oleh, Hubby dan anak-anak juga suka aneka makanan dengan tambahan ikan asin. Nasi goreng ikan teri, balado jambal roti, atau cuma sekedar di goreng dan makan dengan sambal dan lalapan plus tempe dan tahu. Ikan asin bisa menambah selera makan, tapi tetap ya mak... pilih ikan asin dengan kualitas yang baik dan segar. Nah di pantai Carita Anyer banyak di jual ikan asin dengan kualitas bagus. Ikan asinnya segar makanya saya tergoda beli, dan rasanya enak gurih. Isshhh di jamin makan jadi lahap #umpetintimbangan.

Salah satu favorite kami di rumah adalah tumis tauge jambal roti, di jamin makan jadi nambah deh :))). Resepnya gampang, cepat dan simple banget masaknya.

ikan asin jambal roti
 Ikan asin jambal roti

Bahan :
- Ikan asin jambal roti ( cuci bersih lalu iris ukuran dadu/ sesuai selera ) setelah itu goreng sampai kering.
- Tauge import ( yang besar-besar )1/4 kg
- Daun bawang 3 lembar
- Cabe merah / rawit merah sesuai selera
- Bawang merah 4 siung ( iris )
- Bawang putih 2 siung ( iris )
- Tomat 1 buah ( iris )
- Garam
- Gula pasir

Cara memasak :
- Siapkan wajan dan beri sedikit minyak sayur, lalu tumis bawang merah, bawang putih dan cabe hingga harum dan kekuningan. Masukan tomat tumis sebentar.
- Masukan tauge, lalu beri garam dan gula pasir sesuai selera.
- Masukan daun bawang yang sudah di iris.
- Lalu terakhir masukan ikan asin jambal roti yang sudah di goreng, matikan api lalu hidangkan dengan nasi panas, tempe goreng dan sambal terasi.

Note : Ini masaknya sebentar aja ya mak, jangan terlalu lama menumis taugenya. Pastikan taugenya masih terlihat segar. Setelah ikan asinnya di masukan segera matikan apinya, supaya nanti ikan asinnya tetep kriuk saat di makan. Selamat mencoba tumis tauge jambal roti ... ;)

Foto : Dokumentasi pribadi 

17 comments:

  1. sejak tinggal di Siak Riau dan kumpul sama orang Medan,jadi tau nikmatnya ikan asin dan teri xixixixi...dicampur apa aja nikmatnyaa^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, pake nasi panas makannya ya mak ...yummyyy

      Delete
  2. ikan asin, jambal roti kalau di daerahku biasa aku dapatkan di daerah pangandaran...langsung dari laut jadi masih fresh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, kalau deket pantai dan laut banyak ikan asin ya

      Delete
  3. Aku suka banget sama menu masakan sederhana seperti salah contohnya tumis tauge jambal roti ini bun :G

    ReplyDelete
  4. bikin ngiler pagi-pagi udah dikasih resep makanan yang enak :D

    ReplyDelete
  5. Kayaknya menu cukup sederhana nih. Cocok lah vuat anak most.. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, hemat dan praktis di jamin lbh sehat dari pada mie instan ya anak kost ;)

      Delete
  6. Duh, gampanv banget mak masaknya. Bahannya juga ngga ribet. Capcus bikin ah..

    ReplyDelete
  7. ah aku juga suka jambal roti mbak apalagi kalo dijadiin sambel, nasi goreng atau tumisan :D

    ReplyDelete
  8. Ane suka banget sama tauge, kalau dirumah ibuk masak soto sayuran paling banyak yg ane ambil toge sama seledri. Hehehe
    Ngelihat foto diatas aja udah tergugah selera apalagi nanti kalau menyantapnya :D

    ReplyDelete
  9. Langsung ngiler nggak ketolongan liat ikan asin, padahal baru aja selesai makan. :D

    ReplyDelete
  10. liat ini pas jam makan siang, trus blum makan. perut langsung kriuk kriuk

    ReplyDelete
  11. Neng, kalo masak gini lagi gojekin dong ke PRiok seporsi :P

    ReplyDelete
  12. one of my faveee...tergoda bangeeet deh :)

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan dan komentarnya, salam.... :)